in

Kenali Manfaat Push Up dan Tips Meningkatkan Push Up

Manfaat push up – Bagi kamu yang sering berolahraga mungkin saja sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gerakan push up. Bahkan, gerakan push up ini sudah kita kenal sejak kita masih menempuh pendidikan di sekolah. Gerakan push up ini bisa dibilang sangat beragam, ada yang melakukannya dengan kedua tangan, ada yang melakukannya dengan 1 tangan.

Untuk gerakan push up yang dilakukan dengan satu tangan ini tidak bisa dilakukan sembarangan orang dan pastinya memerlukan pelatihan khusus. Oleh sebab itu, jika ada pendamping atau tidak ada pelatihan khusus, maka sebaiknya jangan melakukan push up dengan satu tangan.

Bukan hanya gerakannya saja yang beragam, tetapi push up juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Benar sekali, ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh ketika melakukan push up secara rutin.

Nah, apakah kamu sudah mengetahui manfaat push up? Di kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang manfaat push up, tetap simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Manfaat Push Up Setiap Hari

Kompas.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau push up memiliki banyak sekali manfaat. Nah, manfaat push up, antara lain:

1. Membuat Sendi Menjadi Semakin Kuat 

Manfaat push up yang pertama adalah membuat sendi menjadi semakin kuat. Dengan kamu melakukan push up secara rutin, maka beberapa sendi akan semakin kuat terutama pada bagian sendi bahu.

Tidak hanya itu, ketika melakukan push up, otot dan tendon yang ada di bagian bahu akan semakin kuat juga terutama untuk menjaga bagian tulang lengan yang ada di atas soket bahu.

Meski push dapat meningkatkan kekuatan sendi dan juga otot serta tendon, tetapi jika dilakukan secara berlebihan bisa menjadi cedera. Selain itu, jika kamu salah melakukan gerakan push up, maka bisa menyebabkan cedera juga. Jadi, tetap hati-hati ketika melakukan push up.

2. Kesehatan Kardiovaskular Meningkat 

Manfaat selanjutnya dari push up adalah kesehatan kardiovaskular meningkat. Oleh sebab itu, ketika melakukan gerakan push up secara rutin, maka kamu bisa terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019 tentang jumlah push up yang berhasil dilakukan akan mempengaruhi kardiovaskular di 10 tahun kemudian. Penelitian tersebut diikuti oleh 1.104 laki-laki paruh baya.

Dari hasil penelitian tersebut diperoleh data bahwa laki-laki yang berhasil melakukan push up lebih dari 40 memiliki 96% lebih kecil mengalami penyakit kardiovaskular. Sementara itu, laki-laki yang hanya melakukan push up kurang dari 10, memiliki risiko lebih besar terserang penyakit kardiovaskular.

Meskipun penelitian tersebut dilakukan pada laki-laki paruh baya, tetapi tidak ada salahnya untuk para pemuda agar tetap rutin dalam melakukan push up. Selain itu, para perempuan juga bisa melakukan push up secara rutin agar bisa mendapatkan kesehatan sekaligus kebugaran tubuh.

3. Memperbaiki postur tubuh

Akibat dari berbagai aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan mengurus rumah, postur tubuh kita bisa menjadi semakin buruk seperti pundak yang menunduk dan tulang belakang yang membungkuk. Apabila dilakukan dengan benar, manfaat push up yang juga bisa dirasakan adalah memperbaiki postur tubuh kita yang buruk.

Shaun Zetlin, Certified Strength and Conditioning Specialist asal Brooklyn sekaligus penulis buku Pushup Progression menjelaskan bahwa gerakan push up melibatkan scapula dan romboid atau dua otot punggung yang kurang dilatih tanpa memberikan tekanan berlebihan pada otot di pundak dan leher.

4. Meningkatkan Keseimbangan Atau Kebugaran Tubuh

Bukan hanya dapat meningkatkan sendi dan otot saja, tetapi dengan melakukan push up secara rutin, maka kamu juga bisa merasakan manfaat berupa keseimbangan tubuh yang terus meningkat. Hal ini bukan tanpa alasan karena sendi dan otot semakin kuat juga.

Dengan keseimbangan dan juga kebugaran tubuh yang baik, maka kehidupan sehari-hari yang kita jalani ini akan semakin baik. Dengan begitu, kamu pun akan semakin semangat dalam menjalani berbagai macam aktivitas.

5. Kualitas Tidur Menjadi Meningkat 

Manfaat selanjutnya dari melakukan push up secara rutin adalah kualitas tidur menjadi meningkat. Dengan kualitas tidur yang semakin meningkat, maka ketika memulai aktivitas esok hari akan menjadi lebih semangat. Tidak hanya menjadi semangat, tetapi kamu akan menjadi lebih segar dan pastinya menjadi lebih fokus.

6. Dapat Membuat Bisep Menjadi Renggang 

Dengan melakukan push up secara rutin, maka bisep kamu bisa menjadi renggang. Dengan begitu,, otot bisep kamu bisa semakin kuat dan dapat mengurangi risiko cedera di bagian otot bisep.

Otot bisep yang dapat meregang ini disebabkan karena ketika melakukan push up, kamu akan menurunkan badan hingga sedekat dengan permukaan lantai. Dengan hal itulah, maka otot bisep akan mengalami rangsangan dengan baik.

7. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Manfaat push up ternyata bukan hanya berdampak baik bagi tubuh bagian luar saja, tetapi juga berdampak bagi kesehatan hormon. Hal ini karena dengan push up, maka bisa merangsang hormon pertumbuhan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Hormon pertumbuhan ini memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan pertumbuhan sekaligus menjaga kesehatan pertumbuhan pada sel-sel. Tidak hanya itu, hormon yang semakin meningkat ternyata bisa mengembangkan massa otot tanpa lemak, sehingga tubuh pun menjadi lebih sehat.

8. Meningkatkan Hormon Testosterone 

Selain hormon pertumbuhan, manfaat yang diperoleh dari gerakan push up juga dipercaya meningkatkan produksi hormone testosterone. Testosterone sebagai hormone yang muncul secara alami di dalam tubuh pria maupun wanita. Akan tetapi, fungsi hormone ini dinilai lebih penting untuk pria. Hormon testosterone mempunyai peran dalam performa fisik, massa otot, produksi hormone lainnya, libido (gairah seks) hingga pertumbuhan rambut.

9. Meningkatkan Kesehatan Pada Tulang 

Dengan push up secara rutin bukan hanya bisa meningkatkan kesehatan dan massa otot saja, tetapi bisa juga meningkatkan kesehatan tulang. Kesehatan tulang dapat meningkat dengan push up disebabkan karena dalam melakukan push up akan ada gerakan seperti beban tubuh terutama pada saat menurunkan badan hingga hampir menyentuh permukaan dan menaikkan badan dengan tangan yang lurus.

10. Membakar Kalori 

Jika kamu ingin menurunkan berat badan pastinya membutuhkan pembakaran kalori yang ada di dalam tubuh. Pada dasarnya, hampir setiap gerakan olahraga dapat membakar kalori dalam tubuh, salah satunya adalah gerakan push up. Jika kamu melakukan gerakan push up dengan baik dan benar, maka kalori pada tubuh bisa menurun, sehingga berat badan pun bisa kurus.

Perlu diketahui bahwa gerakan olahraga yang meningkatkan massa otot di seluruh tubuh dapat mendukung proses metabolisme yang cepat dan membantu grameds membakar lebih banyak kalori.

Di samping itu, grameds juga perlu melatih kekuatan sekaligus meningkatkan detak jantung. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa memiliki berat badan yang ideal. Ketika push up, kekuatan dan juga detak jantung akan meningkat,  sehingga sangat pas untuk kamu yang ingin menguruskan berat badan.

11. Dapat Mengencangkan Payudara dan Bagian Tubuh Lainnya

Manfaat push selanjutnya bukan hanya bisa dirasakan oleh laki-laki saja, tetapi bisa juga dirasakan oleh perempuan. Salah satu manfaat push up bagi perempuan adalah dapat mengencangkan payudara. Tidak hanya itu, dengan push up yang dilakukan secara rutin, bisa juga menyehatkan payudara.

Selain dapat mengencangkan payudara, push up yang dilakukan secara rutin bisa juga mengencangkan bagian tubuh lainnya, seperti lengan perut, dan sebagainya. Jadi, bagi para wanita jangan pernah ragu untuk melakukan push up secara rutin ya.

12. Mencegah Gangguan Kesehatan Sarcopenia

Sarcopenia adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat massa otot mengalami penurunan. Biasanya, kondisi gangguan ini sering dialami oleh para lansia. Ketika seseorang menderita sarcopenia, maka tubuhnya akan menjadi lebih dan sulit digerakkan. Hal ini dapat terjadi bagi mereka yang jarang berolahraga.

Untuk mencegah dan memperlambat sarcopenia, smaka sangat disarankan untuk melakukan olahraga dengan rutin. Salah satu olahraga rutin yang dapat dilakukan adalah push up. Dengan melakukan push up secara rutin, maka massa otot akan terbentuk dengan rapi.

13. Mencegah Sakit Punggung Bagian Bawah

Manfaat push selanjutnya adalah dapat mencegah punggung bawah sakit. Itu artinya, punggung bawah akan menjadi lebih kuat. Dengan begitu, tulang bisa membantu menopang tulang belakang dengan baik.

Tubuh yang stabil membuat sakit punggung bisa dicegah. Olahraga ini juga sangat cocok untuk grameds yang sering membawa atau mengangkat barang dalam jumlah banyak.

Resiko Melakukan Push Up Secara Berlebihan

Meskipun push up memiliki banyak sekali manfaat, tetapi sebenarnya push up bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehat. Terlebih lagi, apabila push up dilakukan secara berlebihan. Bahkan, kamu bisa saja tidak merasakan manfaatnya, melainkan malah merasakan tubuh yang sakit atau bisa cedera.

Cedera otot yang dapat terjadi karena push dilakukan secara berlebihan disebabkan karena otot dan tulang tidak mampu menahan beban tubuh. Dengan begitu, tubuh pun akan lebih cepat lelah.

Selain dilakukan secara berlebihan, push up yang dilakukan dengan tidak baik juga bisa menyebabkan cedera otot dan tulang. Jadi, sebisa mungkin bagi para pemula untuk melakukan push up dengan tutorial yang baik atau lebih baik lagi menggunakan instruktur atau pelatih.

Jika cedera otot yang diterima semakin parah, maka bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika sudah seperti itu, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Cara Melakukan Push Up yang Benar

pixabay

Jika kamu belum mengetahui cara melakukan push up, maka bis asimak pembahasannya di bawah ini.

  1. Pertama-tama kamu berlutut di atas lantai atau bisa juga di atas matras dan kemudian menyatukan kaki di belakang.
  2. Setelah itu, bungkukan badan ke depan untuk melakukan posisi seperti papan. Sementara itu, letakkan kedua telapak tangan di atas lantai.
  3. Lebarkan tangan selebar bahu dengan jari–jari yang ke depan.
  4. Pada bagian kaki harus ada di belakang dengan punggung harus rata, sebaiknya jaga keadaan perut supaya bisa terus kencang.
  5. Setelah posisi push up sudah baik dan benar, maka kamu bisa melakukan gerakan push up dengan menaikkan dan menurunkan tubuh. Ketika melakukan hal ini, sebaiknya jangan sampai punggung bawah turun terlalu bawah atau jangan sampai pinggul terangkat ke atas.
  6. Saat menurunkan badan, sebaiknya hingga dagu atau dada kamu menyentuh ke permukaan.
  7. Lakukan gerakan tersebut secara berulang dan jangan lakukan secara berlebihan.

Tips Meningkatkan Push Up

pixabay

Grameds sering melakukan push up, namun merasa bahwa kemampuannya segitu-segitu saja? Tenang. Ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan push up nih, simak ya!

  • Modifikasi gerakan

Lakukan gerakan push up yang dimodifikasi atau lebih variatif agar lebih menantang. Contohnya, grameds sudah terbiasa melakukan push up dasar. Jadi, kamu bisa mencoba melakukannya dengan push up sambil menepuk sebelah tangan. Hal ini baik untuk dilakukan karena dapat meningkatkan ketangkasan tangan dan beberapa otot.

  • Perlebar jarak antara kedua telapak tangan

Grameds juga bisa meningkatkan kemampuan push up dengan memperlebar jarak antara kedua telapak tangan pada setiap latihan. Jadi, ketika melakukan push up tetap perhatikan jarak antara kedua tangan.

  • Pastikan pinggul tidak menyentuh lantai

Pinggul memang tidak boleh diangkat sendiri ketika melakukan push up, namun bukan berarti dia bisa menempel di lantai. Pastikan pinggul grameds tetap ‘melayang’. Jika sudah terbiasa melakukan ini, maka kemampuan push up akan meningkat.

  • Utamakan kualitas daripada kuantitas

Seberapa banyak grameds melakukan push up tidak akan berpengaruh jika kualitas gerakan belum tepat. Oleh sebab itu, fokus pada kualitas gerakan dahulu. Dengan begitu, kualitas dan kuantitas akan menyusul, yang artinya kita bisa lebih banyak melakukan push up dan kemampuan akan meningkat.

Penutup

Alangkah baiknya bagi kamu para pemula mintalah seorang teman untuk memastikan gerakan sudah benar ya grameds. Selain itu, kamu juga perlu mempertahankan agar tangan tetap berada di lantai atau di atas matras, sehingga pergelangan tangan terlindungi. Jika ini terlalu sulit, mulailah dengan menggunakan lutut. Selamat mencoba ya!

Alangkah baiknya, jangan pernah berhenti di tengah jalan, atau lebih tepatnya kamu coba terus menerus untuk push up secara rutin agar bisa menjaga kesehatan tubuh, sehingga ketika masa tua tubuh pun tetap bisa fit.

Demikian penjelasan tentang manfaat push up setiap hari, ya grameds, Jika Grameds masih bingung, dan membutuhkan referensi terkait tentang manfaat push up setiap hari secara lengkap kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Grameds. Semoga artikel ini menginspirasimu ya. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah

Sumber: 

  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-push-up
  • https://www.yesdok.com/en/article/manfaat-pushups-bagi-kesehtan-tubuh/
  • https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-push-up
  • https://borobudurnews.com/ketahui-sederet-manfaat-push-up-bagi-kesehatan-tubuh/
  • https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/6194737de8222/13-manfaat-push-up-untuk-kesehatan-tubuh-yang-perlu-diketahui


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy