in

8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

unsplash.com

Manfaat Bawang Putih – Bagi Grameds yang rajin memasak di dapur tentu sudah mengetahui betul betapa pentingnya penggunaan dari bumbu dapur. Tanpa menggunakan bumbu dapur saat memasak, rasanya cukup sulit menghasilkan hidangan yang lezat dan nikmat untuk disantap.

Terdapat banyak sekali bumbu dapur yang Grameds bisa pakai untuk melezatkan masakan kalian. Tiap bumbu memiliki ciri khas dan rasanya tersendiri, sehingga kalian harus berhati-hati dalam memadukan antara satu bumbu dengan bumbu lainnya, agar cita rasa masakan tetap terjaga.

Apa Itu Bawang Putih?

Di antara banyaknya bumbu dapur yang tersedia untuk menghiasi masakan Grameds, salah satu bumbu yang paling sering digunakan adalah bawang putih. Bawang putih dapat digunakan di berbagai macam masakan, terlepas dari proses memasak, bahan masakan, ataupun asal masakan tersebut.

Bawang putih sendiri sesuai dengan namanya termasuk ke dalam keluarga allium atau bawang-bawangan. Jadi, bawang putih ini masih berkerabat dengan bumbu dapur lain seperti bawang merah, bawang bombay, bawang kucai, hingga bawang prei.

Bawang putih memiliki rasa yang terbilang kuat sebagai bumbu dapur. Rasa yang dihasilkan oleh bawang putih terasa gurih dan terkadang menyebabkan bau yang cukup menyengat. Satu sampai dengan dua siung bawang putih sudah lebih dari cukup untuk memberikan rasa terhadap makanan yang disajikan.

Karena rasanya yang begitu kuat, bawang putih biasanya dipasangkan dengan bumbu dapur lain dengan rasa yang lembut seperti thyme dan rosemary. Meskipun begitu, rasa kuat dari bawang putih membuatnya juga bisa digunakan bersama dengan bumbu dapur lain dengan rasa yang sama kuatnya, seperti dengan bawang merah, cabai, dan jintan.

Oleh karena itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bawang putih merupakan bumbu dapur dengan versatilitas di berbagai macam hidangan. Baik itu masakan dari barat maupun masakan dari timur, serta terlepas apapun dari bahan yang digunakan, bawang putih tetap menjadi bahan penting dari banyak masakan.

Bawang putih sendiri tumbuh di dataran tinggi yang memiliki suhu sejuk. Daerah tersebut tidak harus termasuk ke dalam daerah tropis, karena bawang putih akan dapat tumbuh dengan catatan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup dari sinar matahari di lokasi mereka ditanam.

Negara pengekspor bawang putih terbesar di dunia adalah negara Cina. Per tahun 2020, statistik menunjukan bahwa negeri Tirai Bambu ini mengekspor sebanyak 28 juta ton bawang putih, atau 74% dari ekspor bawang putih di dunia. Mereka berada jauh mengungguli negara pengekspor selanjutnya, yaitu India yang “hanya” mengekspor 2.9 ton bawang putih.

Meskipun terlihat mengagetkan, faktanya negara Cina memang di asal usulkan menjadi salah satu dari beberapa negeri yang kali pertama membudidayakan bawang putih, bersamaan dengan Mesir dan Mesopotamia kuno. Penggunaan bawang putih oleh Cina sudah berlangsung selama ribuan tahun lamanya.

Dikarenakan kemudahannya dalam membudidayakan bawang putih, banyak petani di berbagai belahan dunia yang mencoba peruntungannya untuk menanam bawang putih sebagai salah satu sumber penghasilan mereka. Terlebih, stok bawang putih selalu akan dicari oleh masyarakat luas karena kegunaannya.

Di Indonesia sendiri, bawang putih juga menjadi bahan pokok dalam berbagai hidangan nusantara. Grameds yang memahami bidang pertanian dan ingin mencoba mencari keuntungan lewat bercocok tanam bawang putih, dapat membaca buku “Panduan Praktis Budidaya Bawang Putih”.

Manfaat Bawang Putih

8 Manfaat Bawang Putih

Mayoritas dari Grameds sekarang sudah mengetahui kegunaan bawang putih sebagai bumbu dapur. Namun, manfaat bawang putih jauh dari hanya sekedar menjadi bumbu pelezat masakan. Percaya atau tidak, bawang putih memiliki khasiat yang begitu banyak bagi tubuh manusia.

Tercatat dalam sejarah bahwa bawang putih banyak digunakan oleh dokter di zaman dahulu sebagai obat-obatan. Negara-negara seperti Jepang, Cina, Italia, dan Yunani kuno memanfaatkan bawang putih untuk mengobati penyakit macam arthritis, batuk-batuk, dan sebagai antibiotik.

Hingga saat ini pun, manfaat bawang putih masih kerap dirasakan oleh orang-orang yang mengkonsumsinya. Terdapat banyak sekali penelitian yang menunjukan betapa besarnya manfaat bawang putih jika dikonsumsi secara berkala bagi tubuh seseorang.

Di bawah ini, setidaknya terdapat 8 manfaat bawang putih yang bisa Grameds rasakan jika rutin memakan bawang putih. Di balik rasanya yang kuat dan menyebabkan bau ini, ternyata manfaatnya lebih banyak dari yang kita kira ya, Grameds!

1. Melindungi dari Penyakit Ringan

Berdasarkan sejumlah catatan penelitian, bawang putih diketahui mengandung senyawa sulfur di dalamnya. Sulfur atau belerang, dalam dosis kecil diyakini mampu meningkatkan resistensi tubuh manusia terhadap penyakit-penyakit ringan seperti batuk-batuk, flu, hingga demam.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Selain itu, kandungan yang ada di dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi tekanan darah seseorang, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Ilmuwan menemukan senyawa yang ada di dalam bawang putih setara dengan atelonol, yaitu obat yang berfungi menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan Kolesterol

Penyakit darah tinggi yang disebutkan di atas juga berkaitan erat dengan kolesterol atau lemak yang berasal dari hati manusia. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur dianggap menjadi salah satu cara paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Riset menunjukkan bawang putih dapat mengurangi tingkat kolesterol sebanyak 10% sampai dengan 15%.

4. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Alzheimer dan demensia merupakan penyakit yang menyerang otak, menyebabkan gangguan ingatan terhadap pengidapnya. Namun, lagi-lagi hal ini dapat ditangkal dengan konsumsi bawang putih secara rutin. Kandungan antioksidan di dalam bawang putih membantu mencegah kedua penyakit ini.

5. Meningkatkan Performa Tubuh

Bawang putih adalah salah satu makanan yang diketahui membantu meningkatkan fisik dan performa badan. Meskipun demikian, studi ini masihlah belum sepenuhnya dapat dibuktikan karena baru diujicobakan terhadap hewan pengerat alih-alih terhadap manusia.

6. Membantu Detoksifikasi Racun

Kandungan sulfur yang ada di dalam bawang putih, selain dapat meningkatkan imunitas, juga dapat membantu proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh. Salah satu racun yang dapat dikeluarkan dari tubuh berkat bantuan bawang putih adalah zat-zat metal seperti seng atau perak.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Lagi-lagi manfaat yang disebutkan di atas masih perlu penelitian lebih lanjut, karena belum pernah diuji coba secara langsung terhadap manusia. Meskipun begitu, saintis cukup yakin bahwa terdapat suatu kandungan di dalam bawang putih yang diyakini dapat menjaga kualitas dan kesehatan tulang.

8. Memperbaiki Kualitas Hidup Seseorang

Dan berdasarkan beberapa informasi mengenai manfaat bawang putih di atas, Grameds bisa menyimpulkan bahwa bawang putih memiliki banyak sekali khasiat yang dipercaya dapat membantu, menjaga, hingga memperbaiki kualitas tubuh seseorang.

Bawang putih sendiri merupakan salah satu sumber vitamin B6 dan juga vitamin C. Vitamin B6 dapat membantu menjaga kualitas saraf otak, dan khusus untuk ibu hamil, juga menjaga kualitas air susu untuk bayi. Sementara vitamin C berfungsi untuk menjaga serta meningkatkan imun tubuh.

Tidak sampai di sana, bawang putih juga memiliki sejumlah kandungan mineral di dalamnya, seperti mangan, fosfor, kalsium, serta beberapa zat lainnya. Semua mineral yang terdapat pada bawang putih ini dapat meningkatkan fungsi organ tubuh serta sel-sel di dalam tubuh manusia.

Dan Grameds tentu saja tidak harus terus-menerus mengkonsumsi bawang putih ini secara mentah. Kalian tentu bisa menciptakan makanan lezat menggunakan bawang putih ini. Kendati kandungan nutrisi didalamnya akan sedikit berkurang, Grameds tidak perlu khawatir karena itu semua akan terbantu oleh makanan lain yang kalian makan.

Kuncinya adalah selalu konsisten dalam mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Grameds yang ingin mencoba menerapkan hidup sehat dari makanan keseharian kalian, bisa mencoba membaca buku “45 Ragam Makanan Sehat Dan Lezat” sebagai referensi untuk resep makanan sehat dan lezat.

Manfaat Bawang Putih

Bumbu Dapur Lain dan Khasiatnya

Tadi sudah disinggung bahwa bawang putih umumnya digunakan bersamaan dengan bumbu dapur lain agar masakan yang dihasilkan seseorang akan semakin lezat. Kombinasi dari bumbu dapur yang tepat menjadi senjata rahasia bagi para tukang masak dalam menyajikan hidangan yang dapat dinikmati banyak orang.

Tentu saja Grameds dapat menggunakan bawang putih saja tanpa bumbu dapur lainnya ketika memasak. Rasa dari masakan tersebut juga tidak buruk dan dapat dinikmati. Namun, jika bisa membuat masakan semakin lezat, mengapa tidak mencoba variasi bumbu dapur lainnya?

Hebatnya lagi, bumbu-bumbu dapur lainnya selain dapat membuat masakan semakin nikmat untuk disantap, ternyata juga memiliki khasiatnya tersendiri, lho. Ini terbukti dari sejumlah penelitian terkait kandungan yang ada di dalam bumbu dapur tersebut dan manfaatnya bagi tubuh.

Di bawah ini merupakan sejumlah bumbu dapur yang umum ditemukan dalam berbagai masakan, khususnya di Indonesia, serta manfaat dari mengkonsumsinya. Semoga saja kalian semakin tertarik untuk mengeksplorasi aneka bumbu dapur ini dan mendapatkan manfaatnya ya, Grameds!

1. Bawang Merah

Manfaat Bawang Putih
unsplash.com

Bawang merah adalah bumbu dapur lain yang memiliki peran sama pentingnya dengan bawang putih, terlebih dalam masakan nusantara. Rasanya lebih kuat dari bawang putih, dan ketika dipotong bawang merah akan mengeluarkan bau yang bisa membuat seseorang mengeluarkan air mata.

Mengkonsumsi bawang merah secara rutin dipercaya dapat menurunkan kadar gula di dalam tubuh kita, cocok bagi penderita diabetes. Selain itu, serupa dengan bawang putih, bawang merah juga mampu membantu menjaga kesehatan tulang dan menjadi sumber antioksidan untuk mencegah zat radikal bebas.

2. Cabai

Manfaat Bawang Putih
unsplash.com

Cabai juga bumbu dapur lain yang terkenal dengan rasa pedasnya, karena mengandung zat capsaicin di dalamnya. Rasa pedas ini membuatnya tidak disukai sejumlah kalangan karena mereka tidak sanggup mengkonsumsinya. Namun, cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang penting bagi sejumlah masakan Indonesia.

Bumbu dapur ini kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas. Cabai juga memiliki antioksidan yang mampu mencegah penyakit-penyakit kronis seperti kanker dan asam lambung. Mengkonsumsi cabai juga dipercaya dapat menurunkan demam dan menghilangkan flu.

3. Jahe

Manfaat Bawang Putih
unsplash.com

Jahe dikenal banyak orang sebagai bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat, sehingga lebih banyak digunakan sebagai obat-obatan. Meskipun begitu, jahe juga umum ditemukan di beberapa masakan Indonesia dan Asia. Rasanya pedas mirip seperti cabai, tetapi mampu menghangatkan tubuh.

Masyarakat luas menggunakan jahe untuk membantu mereka meringankan penyakit seperti batuk, pilek, dan sakit kepala. Kandungan yang ada di dalam jahe juga mampu mengurangi stres dan membuat badan menjadi lebih rileks. Konsumsi jahe yang paling umum adalah diseduh bersama beberapa bumbu dapur lain bersamaan dengan madu untuk diminum.

4. Kunyit

Manfaat Bawang Putih
unsplash.com

Kunyit memiliki rasa yang pahit sehingga tidak bisa digunakan ke banyak masakan. Meskipun begitu, hidangan yang kaya akan rempah hampir pasti menggunakan kunyit untuk memperdalam rasa. Kunyit juga biasa dipakai sebagai pewarna alami dari banyak cemilan atau masakan lain.

Dengan mengkonsumsi sari-sari kunyit, seseorang dipercaya akan dihindarkan dari resiko penyakit kronis seperti jantung dan kanker. Kunyit juga dapat menguatkan sel-sel otak untuk mencegah penyakit seperti alzheimer. Selain itu, kunyit juga memiliki kandungan yang bisa mencegah penyakit kulit jika digunakan di bagian tubuh luar.

5. Cengkeh

Manfaat Bawang Putih
unsplash.com

Cengkeh adalah bumbu dapur yang cukup populer di Indonesia dan sejumlah negara Asia lainnya, namun kurang terdengar di negara-negara barat. Cengkeh sendiri memiliki rasa yang cukup pedas dan aromatik, sehingga biasanya dipakai dalam masakan berkuah seperti sup atau kari.

Cengkeh dapat membantu seseorang untuk menjaga hati dan ginjal dari potensi penyakit. Kandungan antioksidan di dalamnya juga bermanfaat untuk mencegah radikal bebas. Cengkeh juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang dan memelihara daya tahan tubuh.

Dan selain bumbu dapur di atas, masih banyak lagi bumbu-bumbu dapur lainnya serta khasiat di dalamnya. Grameds dapat memanfaatkan manfaat dari bumbu dapur ini untuk kesehatan tubuh kalian, sambil menikmati makanan-makanan lezat yang dihasilkan dari bumbu-bumbu ini.

Tentunya memerlukan waktu untuk mempelajari khasiat yang kalian bisa dapatkan dari bumbu dapur ini. Oleh karena itu, Grameds yang tertarik memanfaatkan bumbu dapur untuk kesehatan tubuh bisa membaca buku “Sehat Dengan Rempah Dan Bumbu Dapur”.

Manfaat Bawang Putih

Kesimpulan

Dari artikel di atas, Grameds sudah mempelajari bahwa bawang putih adalah salah satu sumber makanan yang dapat menyehatkan tubuh dengan berbagai khasiat di dalamnya. Terdapat banyak sekali penyakit yang bisa ditangkal serta organ tubuh yang semakin sehat karena mengkonsumsi bawang putih.

Grameds juga menemukan bahwa terdapat banyak rempah lain yang memiliki manfaat untuk kesehatan badan kita. Bumbu dapur yang biasa digunakan untuk menyedapkan makanan ternyata memiliki segudang manfaat yang mungkin saja belum terpikirkan oleh beberapa dari kalian.

Meskipun bumbu dapur yang sudah disebutkan di atas memiliki khasiat untuk kesehatan kita, tetapi Grameds tidak boleh melupakan hal penting lain untuk menjaga tubuh kita, yaitu pola hidup sehat. Tidak ada gunanya kita mengkonsumsi bawang putih dan bumbu dapur lainnya jika kita tidak melakukan pola hidup sehat.

Mulai dari rajin minum air putih, menjaga pola makan, tidur secara teratur, hingga berolahraga, itu semua esensial bagi orang-orang yang ingin menjaga kesehatan mereka. Keberadaan bawang putih bertujuan disini yaitu untuk semakin meminimalisir potensial penyakit yang bisa saja datang dari arah tidak terduga.

Semoga saja setelah membaca artikel ini, selain mendapatkan banyak informasi seputar manfaat bawang putih, Grameds juga terinspirasi untuk menjaga gaya hidup agar kalian selalu tetap dalam berada kondisi yang sehat dan prima, demi bisa menjalankan aktivitas dengan lancar.

Selain buku yang membahasan manfaat bawang putih, www.gramedia.com juga menyediakan berbagai rekomendasi buku lain yang bisa membantu Grameds memahami pentingnya menjaga kesehatan. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar Grameds memiliki ilmu dan informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.

BACA JUGA:

  1. 15 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah Bagi Kesehatan
  2. 10 Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan
  3. 14 Manfaat Kunyit Putih yang Perlu Anda Tahu
  4. 30 Macam-Macam Bumbu Dapur dan Manfaat Lengkapnya
  5. 20 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh
  6. 15 Manfaat Serai dan Kandungan Nutrisinya
  7. 10 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan
  8. Resep Masakan Sehari-Hari Anti Ribet Buat Bunda di Rumah
  9. Mengenal Pola dan Cara Hidup Sehat Beserta Manfaatnya
  10. Mengenal Apotek Hidup: Pengertian, Manfaat, Fungsi


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda