in

Lirik Lagu dan Chord Cinta Terpendam Tri Suaka

Chord Cinta Terpendam – Belum lama ini, nama Tri Suaka, Zinidin Zidan, dan Andika Kangen Band sempat menjadi perbincangan publik. Namun, kali ini ramainya nama Tri Suaka dan Zinidin Zidan bukan karena karya mereka yang menjadi perbincangan, melainkan karena video parodi yang mereka buat dinilai menyinggung Andika Kangen Band.

Mereka menyanyikan lagu Kangen Band berjudul “Selingkuh” dan “Penantian yang Tertunda” di dalam video tersebut. Berkenaan dengan hal itu, warganet menilai Tri Suaka dan Zinidin Zidan mengejek Andika karena cara bernyanyi mereka. Kendati begitu, kedua penyanyi yang dikenal karena menyanyikan lagu milik penyanyi lain itu telah meminta maaf.

Tri Suaka dan Zinidin Zidan mengaku tidak menyangka jika video parodi tersebut akan menyinggung fans Andika Kangen Band. Tri Suaka juga menegaskan bahwa dia menghormati Andika Kangen Band dan Rizal Armada sebagai penyanyi-penyanyi yang lebih dulu terjun ke industri musik tanah air.

Perkara Tri Suaka dan Andika Kangen Band menjadi semakin rumit usai Andika Mahesa melayangkan somasi kepada Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Somasi terbuka itu disampaikan melalui kuasa hukum Andika pada Sabtu (24/4/2022).

Sementara itu, di samping perkara yang menimpa Tri Suaka ini dan dia yang dicap sebagai tukang cover lagu, Tri Suaka sebenarnya juga memiliki lagu sendiri yang berjudul “Cinta Terpendam” dan diunggah di kanal YouTube Musisi Jogja Project pada 1 Agustus 2020.

Lagu ini kembali populer melalui Tiktok dan video klipnya di YouTube setelah ditonton lebih dari sejuta kali. Tri Suaka merilis single terbarunya yang berjudul “Cinta Terpendam” pada 19 Mei 2022. Single ini seolah-olah menepis tudingan netizen yang menyebutnya sebagai tukang cover lagu orang lain. Lagu ini diciptakan sendiri oleh Tri Suaka.

Lirik lagu “Cinta Terpendam” menceritakan tentang seseorang yang tidak bisa mengutarakan rasa cintanya, sehingga perasaan itu hanya bisa dipendam di dalam hati. Lagu yang diciptakan oleh Tri Suaka lainnya yang sukses dan populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah “Aku Bukan Jodohnya”.

Untuk lebih jelasnya, berikut lirik lagu dan kunci gitar “Cinta Terpendam” dari Tri Suaka. Namun, sebelumnya akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai profil dari Tri Suaka.

Profil Tri Suaka Pencipta Lagu Cinta Terpendam

Sebelum sampai ke pembahasan mengenai chord gitar lagu “Cinta Terpendam” milik Tri Suaka, mari simak biodata lengkap Tri Suaka beserta umur, agama, pasangan, dan mantan pacarnya berikut ini.

Penyanyi Tri Aji Suaka merupakan laki-laki yang lahir di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan pada 15 Mei 1994. Saat ini, usianya 17 tahun dan dia menganut agama Islam. Nama Tri Suaka hingga kini terus menjadi perbincagan bersama rekan duetnya, yaitu Nabila Maharani.

Nama Tri Suaka mulai dikenal saat dirinya aktif mengunggah konten cover lagu di kanal YouTube miliknya. Dia sebelumnya diketahui sempat merantau dari Baturaja, Ogan Komering Ulu ke Yogyakarta dengan menjadi seorang penyanyi kafe.

Setelah dirinya viral, dia kemudian pun mengajak seorang perempuan bernama Nabila Maharani untuk membuat proyek bersama dan terus berlanjut hingga saat in. Dirinya yang sering menggung di sebuah kafe bernama pendopo lawas ini pun justru mengajak orang-orang untuk bernyanyi bersamanya hingga bisa dikenal banyak orang.

Sebelum terkenal sebagai penyanyi, Tri Suaka ternyata pernah bercita-cita menjadi seorang angkatan kepolisian (Akpol). Namun sayang, dia gagal setelah mengikuti tes beberapa kali hingga akhirnya memutuskan untuk menjadi penyanyi karena memiliki suara yang dinilai mirip dengan Ariel Noah.

Meski jarang mengungkakan kehidupan pribadinya, termasuk urusan asmara, Tri Suaka disebut-sebut memiliki hubungan spesial dengan rekan duetnya, yaitu Nabila Maharani. Banyak netizen yang menyebut jika Nabila Maharani merupakan pacar dari penyanyi asal Baturaja ini. Sementara itu, diketahui jika Tri Suaka sempat bepacaran dan memiliki seorang mantan pacar bernama Dianita Sari. Dirinya sempat menjalin kasih dan aktif membagikan kebersamaanya dengan Dianita Sari yang merupakan seorang YouTuber asal Yogyakarta.

1. Biodata Tri Suaka

  • Nama: Tri Aji Suaka
  • Nama panggilan: Tri Suaka
  • Tempat kelahiran: Baturaja
  • Tanggal lahir: 15 Mei 1994
  • Zodiak: Taurus
  • Asal: Baturaja, Sumatra Selatan
  • Pendidikan: SMP YPKP Baturaja
  • Profesi: Penyanyi dan Youtuber
  • Hobi: Bernyanyi, Bermain Gitar, dan Bermain Game
  • Pasangan: Nabila Maharani
  • Nama ibu: Ratna Dewi
  • Status: Belum menikah
  • Agama: Islam
  • Usia: 28 tahun
  • Kewarganegaraan: Indonesia
  • Channel Youtube: Tri Suaka Channel
  • Akun Instagram: @xdjtrisuaka
  • Akun Tiktok : @trisuakareal
  • Twitter: @TriSuaka1
  • Lagu: Tunggulah Kasih, Sia-Sia Berjuang, Kutunggu Kau di Surga

2. Karier dan Kasus Tri Suaka

Tri Suaka adalah sosok penyanyi yang sempat viral karena diundang ke layar kaca. Sebelum menjadi penyanyi sukses, Tri Suaka mengisi acara di sebuah kafe-kafe tertentu. Selain memiliki suara yang khas, penyanyi ini juga pandai bermain gitar. Dia juga sering mengcover lagu pop dan diunggah di kanal YouTube miliknya.

Video cover lagu yang sering diunggah Tri membuat namanya kian melejit. Suara khas yang melekat dalam diri penyanyi ini membuat penonton kagum karena hampir mirip dengan Ariel Noah. Setiap tampil, dia selalu membawa gitar dengan menyanyikan lagu secara bagus. Penampilan itulah yang membuat para fans selalu ingin menonton kanal YouTube milik penyanyi tersebut.

Pada 2014, Tri Suaka mencoba merantau ke Kota Yogyakarta untuk menjadi penyanyi kafe. Lambat laun, sekitar tahun 2015 penyanyi itu mulai fokus di YouTube. Saat itu, Tri sering membawakan lagu dengan genre pop yang dicover dengan instrumen musik berbeda, bahkan dia juga sering mengunggah vlog untuk mendapatkan jumlah subscriber yang banyak.

Penyanyi muda tersebut pernah duet dengan Nabila Maharani dan Zinidin Zidan dalam membawakan lagu “Buih Jadi Permadani”. Musik tersebut mampu mengangkat nama Tri Suaka semakin sukses karena berhasil ditonton lebih dari 80 juta kali. Semenjak itu, dia semakin giat dalam melebarkan karier lewat YouTube dan mengunggah cover lagu yang sedang hits.

Perjalanan Tri Suaka dalam mengembangkan bakat bernyanyi masih terus berlanjut hingga sekarang. Sekitar 2020, dia merilis lagu “Ikhlasku Bahagiamu” dan “Menua Bersamamu”. Lagu yang dibawakan oleh penyanyi ini sering menjadi musik favorit penggemar, apalagi dia selalu membawa gitar untuk membuat lagu semakin memiliki kesan tersendiri.

Pada 2021, penyanyi tanah air ini merilis single “Kutunggu Engkau di Surga” yang diunggah lewat kanal YouTube MSI Record. Pada tahun tersebut pula Tri juga mengeluarkan lagu “Aku Bukan Jodohnya” yang banyak dijadikan lagu pengiring, bahkan lagu itu sering muncul di TikTok karena dipakai oleh beberapa kalangan muda. Hal inilah yang membuat Tri semakin semangat dalam menjalani karier.

Namun demikian, nama Tri Suaka dan Andika Kangen Band sempat menjadi perbincangan di dunia maya beberapa waktu lalu. Semua berawal dari video parodi yang dibuat Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Dalam video tersebut, mereka menyanyikan lagu Kangen Band berjudul “Selingkuh” dan “Penantian yang Tertunda”.

Warganet menganggap Tri Suaka dan Zinidin Zidan mengejek Andika karena cara bernyanyi mereka. Tri Suaka bernyanyi sambil memainkan gitar, sedangkan Zinidin duduk di belakang Tri Suaka ikut bernyanyi sambil sesekali tersenyum dan menahan tawa. Zinidin beberapa kali tampak menutup mulut dan menahan senyum.

Video itu kemudian viral dan mendapat caci-maki warganet. Banyak warganet yang menganggap Tri Suaka dan Zinidin Zidan tidak menghormati musikus senior Andika Mahesa atau Andika Kangen Band. Setelah video itu viral, Andika Mahesa sempat menanggapi saat dia hadir di salah satu program acara di ANTV.

Menurut Andika, dia tidak marah dengan perilaku Tri Suaka dan berharap mereka cepat menyadari perbuatannya. Nama Tri Suaka dan Zinidin Zidan kemudian viral di media sosial Twitter. Mereka mendapat hujatan, bahkan juga dibanding-bandingkan dengan musisi senior asal Yogyakarta, yaitu Sheila On 7.

Setelah itu, Tri Suaka dan Zinidin Zidan mengunggah permintaan maaf lewat video di media sosial masing-masing pada Sabtu (24/4/2022). Tri Suaka dan Zinidin Zidan meminta maaf melalui video yang diunggah di akun @xdjtrisuaka. Tri Suaka menyatakan dia menyesal dan meminta maaf kepada Andika, Kangen Band, serta Rizal Armada.

“Dengan adanya video ini, saya ingin meminta maaf kepada Bang Andika dan Kangen Band, lalu ke Bang Rizal Armada juga dengan adanya video parodi gaya bernyanyi,” ujar Tri Suaka. Dia juga mengatakan jika dirinya sama sekali tidak tahu video candaan tersebut akan menjadi perkara panjang dan menyinggung para fans Kangen Band.

“Mungkin Tri waktu itu tidak tahu kalau itu bisa menyinggung perasaan. Namun, insyaallah Tri tidak ada keinginan untuk mengejek atau berniat buruk, karena itu juga yang merekam orang,” jelasnya. Tri Suaka juga menegaskan bahwa dia menghormati Andika Kangen Band dan Rizal Armada sebagai penyanyi-penyanyi yang lebih dulu terjun ke industri musik Tanah Air.

“Tri respek sama karya-karya abang,” kata dia. Perkara Tri Suaka dan Andika Kangen Band menjadi semakin panjang setelah Andika Mahesa melayangkan somasi kepada Tri Suaka dan Zinidin Zidan. Somasi terbuka itu disampaikan melalui kuasa hukum Andika Mahesa pada Sabtu (24/4/2022).

Kasus Tri Suaka dengan Andika Kangen Band berakhir ketika keduanya berdamai dan somasi yang dilayangkan dicabut oleh pihak Andika. Diketahui, Tri Suaka langsung terbang ke Lampung hanya untuk bertemu dengan Andika Kangen Band, Kamis (28/4/2022).

Permasalahan antara Tri Suaka dan Andika Kangen Band pun dinyatakan selesai. Andika Kangen Band dan Tri Suaka sepakat mengakhiri permasalahan dan memilih untuk berdamai. Pertemuan antara Andika dan Tri ini didiampingi oleh tim kuasa hukum sang vokalis, Mario Andreansyah dan Wayan Saka. Saat Tri Suaka sampai di Lampung, pihak Andika Kangen Band langsung menggelar jumpa pers virtual di Bukit Randu Hotels dan Resort.

Chord Cinta Terpendam Tri Suaka

Chord dan lagu yang berjudul “Cinta Terpendam” ini diciptakan oleh salah satu musisi tanah air, Tri Suaka. Karyanya yang satu ini sudah dirilis sejak tahun 2020 silam, tetapi kembali menjadi sorotan pada April 2022 lalu. Pasalnya, lagu tersebut banyak dinyanyikan kembali oleh sesama musisi atau penikmat musik tanah air pada 2022 ini. Video lagu ini di chanel YouTube, sudah mendapatkan jutaan penonton sejak awal perilisannya.

Berikut ini adalah lirik dan chord gitar lagu “Cinta Terpendam” milik Tri Suaka.

(Intro) Am Dm E
Am Dm E
Am Dm E
Am Dm E
Am Dm
Berapa lama aku memikirkanmu
G
Wahai dinda… yang dulu
C                              F
Hanya kuanggap sebagai teman…
Dm
Namun bibit-bibit cinta
E
Begitu saja muncul di pikiranku
Am                       Dm
Setelah… dia meninggalkanmu
G                           C
Kukembali… menghiasi dengan
F
Mimpi-mimpi yang kau rangkai indah
Dm                        E
Bawalah jauh… ke alam cinta…
(Chorus)
Am
Oh Tuhan…
Dm                        G
Berikanku kesempatan sekali lagi
C
Untuk mengungkapkan
F
Rasa yang dulu kupendam
Dm                        E
Apakah mungkin… akan terungkap..
Am
Oh Tuhan…
Dm                        G
Berikanku kesempatan sekali lagi
C
Untuk mengungkapkan
F
Rasa yang dulu kupendam
Dm                        E
Apakah mungkin.. akan terungkap..
Am Dm E    Am Dm E
Oh Tuhan… wooho…
Am                      Dm
Setelah… dia meninggalkanmu
G                          C
Kukembali.. menghiasi dengan
F
Mimpi-mimpi yang kau rangkai indah
Dm                        E
Bawalah jauh… ke alam cinta…
(Chorus)
Am
Oh Tuhan…
Dm                        G
Berikanku kesempatan sekali lagi
C
Untuk mengungkapkan
F
Rasa yang dulu kupendam
Dm                         E
Apakah mungkin… akan terungkap…
Am
Oh Tuhan…
Dm                         G
Berikanku kesempatan sekali lagi
C
Untuk mengungkapkan
F
Rasa yang dulu kupendam
Dm                         E
Apakah mungkin… akan terungkap…
Am
Wow Tuhan…
Dm                        G
Berikanku kesempatan sekali lagi
C
Untuk mengungkapkan
F
Rasa yang dulu kupendam
Dm                        E
Apakah mungkin… akan terungkap..
Am
Wow wow Tuhan…
Dm                        G
Berikanku kesempatan sekali lagi
C
Untuk mengungkapkan
F
Rasa yang dulu kupendam
Dm                         E
Apakah mungkin… akan terungkap…
Am Dm            E Am Dm E
Oh Tuhan… dududu… dudu…
Am Dm            E Am Dm E
Oh Tuhan… dududu… dudu…

Secara umum, makna dari lagu “Cinta Terpendam” karya Tri Suaka ini adalah tentang seseorang yang menyimpan rasa sejak dulu, tetapi tak berani mengungkapkannya. Dalam lagu ini, tersirat tokoh utamanya adalah laki-laki. Dia terjebak dalam hubungan friendzone. Dia memendam rasa kepada wanita yang menganggapnya sebagai teman. Lagu “Cinta Terpendam” Tri Suaka tersebut menggambarkan seseorang yang ingin mempunyai kesempatan untuk berani mengungkapkan rasa cinta yang sejak dulu dipendam.

Para pendengar yang juga pengguna TikTok pun merasakan dalamnya lirik lagu tersebut. Oleh karena itu, tak heran jika lagu yang sedang hits di For Your Page (FYP) TikTok ini menjadi lagu berbahasa Indonesia yang juga viral di Spotify sejak populernya nama Tri Suaka.

Selain mengunduh videonya dari TikTok tanpa watermark, kalian juga bisa mengunduh lagu ini langsung dari TikTok. Caranya gampang sekali dan tentunya gratis, baik dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Kalian juga bisa mengunduhnya melalui aplikasi mendengarkan musik seperti Spotify untuk mengunduh dan mendengarkan lagu “Cinta Terpendam” Tri Suaka secara offline agar hemat kuota.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan akun Spotify kamu sudah premium.
  2. Buka Spotify, cari lagu yang ingin disimpan. Bisa juga klik Spotify player di atas.
  3. Klik ikon download yang ada di bawah.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pengunduhan selesai.
  5. Klik menu Your Library di bagian kanan bawah.
  6. Kamu bisa menemukan lagu yang sudah diunduh tadi.

Cara ini bisa kamu lakukan di smartphone maupun di aplikasi desktop.

Nah, itu tadi chord gitar lagu “Cinta Terpendam” yang dibuat oleh Tri Suaka. Kami juga sudah menjelaskan makna dari lagu tersebut, sekaligus profil lengkapnya. Sekarang kalian bisa lebih menjiwai ketika menyanyikan lagu Indonesia terbaru satu ini, serta dapat berlatih gitar dengan melihat chord lagu “Cinta Terpendam” tersebut. Selain itu, tak ada alasan juga kalian tidak hafal lirik ini saat karaoke dengan teman-temanmu.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien