in

13 Rekomendasi Kerja Sampingan di Rumah yang Menjanjikan

Kerja Sampingan di Rumah – Kebutuhan yang semakin meningkat namun yang tak diimbangi dengan pemasukan yang sesuai menjadikan banyak orang menginginkan pemasukan tambahan. Oleh karena itu, kerap kali banyak orang mulai melakukan pekerjaan sampingan guna mendapatkan tambahan penghasilan mereka.

Biasanya, pekerjaan sampingan ini akan dilakukan dari rumah yang memang pada dasarnya tidak memakan banyak waktu, tenaga serta penggunaan modal yang terlalu besar. Hal ini juga disebabkan karena tujuan awal dari pekerjan sampingan adalah untuk menambahkan pemasukan dari pekerjaan utama mereka.

Tak bisa dipungkiri jika saat ini sudah banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh siapapun asalkan mereka bisa membagi waktu dan tetap profesional dalam melakukannya. Nah, dalam artikel ini ada beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan.

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kebutuhan yang semakin besar, tetapi tidak diimbangi dengan jumlah pemasukan yang selaras dari pekerjaan utama menjadikan banyak orang mulai melakukan pekerjaan sampingan.

Kerja sampingan di rumah memang bisa memberikan tambahan pemasukan bagi yang menjalankanya. Bahkan, saat ini memang banyak kerja sampingan di rumah dari berbagai bidangnya. Oleh karena itu, mereka yang menjalankan pekerjaan sampingan ini terlihat leluasa karena sesuai dengan bidang yang mereka kuasai.

Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi kerja sampingan di rumah yang bisa Anda lakukan.

1. Mengikuti Survei Online

Survey online adalah salah satu pekerjaan sampingan yang paling banyak diminati pada tahun 2022 ini. Pasalnya, banyak aplikasi yang menawarkan berbagai macam survey untuk diisi.

Dimana pada dasarnya Anda hanya perlu mengisi suatu kuesioner yang tersedia, berikan pendapat Anda tentang suatu hal dan nantinya akan ada imbalan khusus sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan.

Salah satu kelebihan dari kerja sampingan ini adalah tidak memerlukan keahlian khusus atau sertifikasi tertentu. Dimana Anda hanya perlu mendaftarkan diri pada aplikasi survei online dan bisa langsung bekerja.

Bentuk imbalan yang akan Anda terima biasanya akan dikirimkan melalui aplikasi dompet online. Namun meski banyak aplikasi atau situs website survei online. Di sisi lainnya, beberapa diantara mereka ada yang memang bermodus penipuan. Oleh karena itu, memang harus jeli dalam hal ini agar tak mendapatkan penipuan.

2. Jual NFT

Jika kita lihat tren saat ini, berjualan NFT memang sangat diminati banyak orang. Apalagi ketika salah satu orang yang berasal dari Indonesia bernama Ghozali berhasil meraup keuntungan dari berjualan foto selfie dirinya sebagai NFT.

Meningkatnya minat seseorang terhadap NFT juga terjadi seiring dengan meningkatnya minat orang terhadap Metaverse. NFT sendiri merupakan singkatan dari non fungible token. Secara mudahnya, NFT adalah aset digital yang bisa menjadi wakil objek yang ada di dunia nyata.

Misalnya adalah seperti seni, music, item dalam suatu permainan hingga video. Pada dasarnya, NFT yang dibeli atau dijual secara online akan menggunakan mata uang kripto. Saat ini, beberapa platform jual beli NFT juga sudah cukup banyak, seperti OpenSea dan Rarible.

Kerja Sampingan di Rumah

3. Buat Podcast

Makin kesini ternyata peminat akan menjadi pendengar siaran podcast juga turut meningkat. Bahkan, saat ini sudah banyak juga platform yang mempermudah kita untuk mendengarkan siara podcast.

Nah, siaran podcast juga bisa menjadi salah satu kerja sampingan yang bisa Anda jalankan. Kartika jumlah audiens pendengar suara podcast yang Anda buat sudah mulai meningkat hingga dalam jumlah yang cukup besar, maka Anda bisa mencoba untuk menawarkan siaran podcast untuk jasa endorsement suatu produk tertentu.

Tak bisa dipungkiri jika akan ada kekhawatiran jika peminat dari siaran podcast juga mungkin akan menurun. Hal tersebut wajar saja, tetapi jika kita lihat kondisi saat ini keberadaan podcast sama seperti platform lain seperti media sosial, blog maupun platform streaming video yang begitu penting dan dibutuhkan. Oleh karena itu, minat akan siaran podcast sampai saat ini masih belum meredup.

4. Menjadi Penulis Freelance

Kerja Sampingan di Rumah
pexels.com

Penulis freelance adalah salah satu pekerjaan sampingan yang saat ini masih terus diminati banyak orang. Kebutuhan akan konten digital berbasis tulisan menjadikan profesi penulis freelance begitu banyak dicari.

Bahkan, pekerjaan yang dikerjakan oleh para penulis freelance juga cukup beragam sekali. Mulai dari artikel SEO, copy writing di media sosial hingga menulis script yang digunakan untuk konten video atau podcast.

Akan lebih menjanjikan lagi ketika Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Dimana ketika Anda mampu menguasai bahasa lain selain bahasa Indonesia secara otomatis jangkauan yang Anda miliki juga akan menjadi lebih luas lagi.

Kerja Sampingan di Rumah

5. Menjadi Content Creator

Content creator bisa Anda jadikan salah satu pilihan pekerjaan sampingan. Saat ini, banyak perusahan yang membutuhkan pekerja content creator untuk membuat berbagai macam konten yang mereka butuhkan.

Misalnya adalah pembuatan video pendek untuk media sosial tertentu atau bisa juga video dengan tujuan untuk campaign di suatu platform streaming video.

Jika Anda adalah seorang freelance content creator, maka Anda bisa menjadi kolaborator dengan beberapa perusahaan yang membutuhkan. Namun, ketika Anda bisa berkolaborasi lebih dari satu perusahaan, profesionalisme kinerja juga harus Anda lakukan.

Sebab, terkadang beberapa project datang secara bersamaan hingga menjadikan Anda terlalu sulit mengatur waktu dan menyebabkan kinerja yang dilakukan tidak bisa dalam kondisi terbaiknya.

6. Membuat Blog

Selain menjadi freelance penulis, Anda juga bisa membangun blog pribadi. Namun, untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog pribadi dibutuhkan waktu yang terbilang cukup lama. Meski begitu, ada beberapa peluang penghasilan dari blog seperti pemasangan iklan PPC atau pay per click, afiliasi, kompetisi blog hingga endorsement.

Carilah topik yang memang menarik bagi diri Anda, lalu buat postingan secara berkala namun konsisten. Agar blog Anda bisa berada di posisi pertama di halaman pencarian bagian Awal, sebaiknya Anda juga mempelajari yang namanya SEO atau Search Engine Optimization.

7. Menjadi Manajer Media Sosial Untuk Bisnis Kecil

Saat ini banyak bisnis kecil hingga menengah yang memang membutuhkan bantuan manager media sosial. Dimana bisnis ini menggunakan media sosial sebagai campaign. Meski begitu kendala terbesar yang kerap terjadi adalah minimnya tenaga yang mampu mengelola media sosial tersebut.

Hal ini karena biasanya para pelaku usaha tersebut lebih fokus terhadap bisnis utama yang mereka jalankan. Oleh karena itu, banyak bisnis kecil yang mencari seseorang yang bisa membantu mengelola sosial media mereka.

Biasanya, manager sosial media akan membantu membuka konten yang juga content calendar yang berhubungan dengan bisnis tersebut.

Kerja Sampingan di Rumah

8. Membuka Kelas Online

Kerja Sampingan di Rumah
pexels.com

Memiliki kemampuan atau keahlian khusus ternyata juga bisa menjadi gerbang pembuka kerja sampingan. Dimana keahlian khusus yang Anda miliki juga akan bisa membantu orang lain.

Salah satunya adalah dengan membuka kelas online, workshop online atau mungkin webinar. Saat ini, memang sudah banyak platform yang bisa digunakan sebagai media kelas online.

Tak ada salahnya untuk memulainya dengan membuat suatu video tutorial pada platform streaming video seperti YouTube. Namun, Anda juga harus menyiapkan kurikulum dari pertemuan pertama hingga pertemuan akhir.

Agar bisnis yang Anda jalankan makin lancar, Anda juga bisa bisa melakukan promosi di beberapa platform sosial media.

9. Freelance Pembukuan Online

Jika memang Anda memiliki keahlian dalam perhitungan atau bahkan memiliki dasar pengetahuan akan akuntansi, Anda bisa juga kerja sampingan di rumah dengan membuka jasa pembukuan online.

Dimana untuk saat ini sudah banyak bisnis baru yang masih dalam fase pertumbuhan. Namun tak semua pelaku bisnis memiliki tenaga dan pengetahuan dalam pembukuan.

Melihat kondisi tersebut, maka bisa menjadi salah satu peluang kerja sampingan di rumah. Anda hanya perlu menawarkan jasa pembukuan secara online dengan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi pembukuan.

Tugas pokok Anda hanya sekadar pembukuan, seperti penyeimbang neraca perusahaan, mengirimkan invoice, melakukan penggajian, mengumpulkan dokumen yang digunakan untuk menghitung pajak dan lain sebagainya.

10. Membuat Produk Kreasi Untuk Dijual Kembali

Jika Anda memiliki bakat untuk menciptakan suatu produk kreasi, maka hal tersebut bisa jadi modal sampingan untuk memproduksi suatu barang kreasi yang pada akhirnya nanti akan dijual kembali.

Kreasi tersebut bisa dalam bentuk yang beragam. Misalnya tentang karya seni, karya literatur, kerajinan tangan atau bahkan tentang suatu produk makanan. Manfaatkan setiap keahlian yang Anda miliki akan semakin bisa membuat pekerjaan sampingan yang Anda jalankan jadi lebih enjoy.

Bahkan, saat ini banyak banget platform jualan yang bisa digunakan, mulai dari marketplace, aplikasi chatting hingga media sosial. Tentunya, Anda juga harus melakukan promosi tertentu untuk mendukung kesuksesan bisnis yang sedang dijalankan ini.

11. Fotografer Produk

Kerja Sampingan di Rumah
pexels.com

Tahukah Anda jika foto produk adalah salah satu faktor yang bisa menjadikan produk tersebut lebih mudah terjual? Foto produk yang menarik bisa memungkinkan menggaet perhatian para customer.

Meski begitu, tak semua pelaku usaha mampu memberikan suatu foto produk terbaiknya. Bahkan, mungkin Anda juga sadar jika para pelaku usaha yang menawarkan produknya di beberapa platform menggunakan foto produk apa adanya.

Melihat kondisi tersebut, maka tentunya bisa menjadi salah satu peluang kerja sampingan Anda. Dimana Anda bisa mencoba menawarkan jasa sebagai fotografer produk. Namun tetap saja jika Anda menawarkan jasa ini diperlukan suatu keahlian khusus dalam bidang fotografer.

Jika Anda sudah memiliki keahlian dalam bidang tersebut jangan lupa untuk memiliki portofolio dalam bentuk foto. Keberadaan dari portofolio ini akan mempermudahkan Anda untuk mendapatkan suatu project dari client.

12. Buka Jasa Desain Grafis

Rekomendasi kerja sampingan di rumah yang berikutnya masih ada hubungannya dengan keahlian pribadi Anda. Dimana ketika Anda memiliki keahlian khusus dalam bidang desain grafis, maka keahlian tersebut juga bisa menjadi peluang usaha sampingan yang Anda jalankan.

Saat ini, banyak banget pelaku usaha yang membutuhkan jasa desain grafis. Para pelaku usaha tersebut sudah sadar betul akan keperluan tenaga desain grafis. Ada banyak job project yang bisa Anda kerjakan dengan kemampuan desain grafis.

Misalnya, membuat berbagai ragam jenis desain seperti membuat cover buku, logo, desain UX UI, kemasan produk, postingan untuk sosial media dan berbagai macam jenis project lainnya.

Saat ini, sudah ada software pendukung pekerjaan desain grafis., mulai dari yang berbayar hingga yang free bisa Anda gunakan dengan lebih mudah. Bahkan, untuk situs khusus freelance yang digunakan untuk jenis pekerjaan desain grafis juga sudah ada.

Layaknya jasa fotografer produk, jasa desain grafis juga membutuhkan portofolio. Jadi, Anda bisa mencoba memilih jenis project yang memang bisa dijadikan sebagai portofolio.

13. Mengikuti Program Afiliasi

Saat ini, sudah ada yang namanya program afiliasi. Tugas dari seorang afiliator adalah mempromosikan produk dan memasukkan suatu link. Lalu, untuk komisi yang akan Anda dapatkan adalah ketika ada customer yang melakukan klik pada link tersebut hingga terjadinya proses transaksi pembelian.

Meski begitu, Anda sebagai seorang affiliate juga harus bisa cermat dalam memilih produk. Sebab, tak semua produk memiliki izin legalitas. Jangan sampai Anda memilih barang dengan kondisi tidak memiliki legalitas atau dilarang edar hingga melanggar hukum.

Jadi, pilihlah jenis produk yang memang aman untuk dipromosikan untuk dijual kepada masyarakat umum.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kerja sampingan di rumah yang bisa Anda pilih. Banyak banget pilihannya, tinggal Anda pilih sesuai dengan keahlian hingga akhirnya penghasilan tambahan bisa diterima.

Tips Memilih Kerja Sampingan

Kerja Sampingan di Rumah
pixabay.com

Setiap orang pasti memiliki sebuah awal. Hal ini juga berlaku dalam kerja sampingan. Jika awalnya Anda hanya fokus pada pekerjaan umata saja dan memutuskan untuk membagi waktu untuk melanjutkan ke pekerjaan.

Tentunya Anda akan memulai dari awal lagi meski sudah memiliki keahlian khusus pada bidang tertentu. Memulai dari awal di sini bisa diartikan dalam tahap mencari pekerjaan sampingan atau menawarkan jasa yang ingin Anda jadikan kerjaan sampingan.

Nah, agar Anda juga semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan sampingan. Di bawah ini ada beberapa tips atau kiat yang bisa diterapkan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan diluar pekerjaan utama.

1. Hubungi Rekan Kerja Atau Atasan

Sebelum memutuskan untuk memiliki pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama Anda. Akan lebih baik jika Anda menceritakan keadaan sebenarnya yang sedang dijalani saat ini kepada rekan atau atasan.

Sebab, ada beberapa atasan atau rekan kerja yang bisa memberikan pekerjaan tambahan dalam lingkup lingkungan kerja hingga akhirnya dihitung di luar gaji pokok atau dihitung sebagai gaji lembur.

Tanyakan kepada mereka apakah ada project di luar jam kerja yang membutuhkan tenaga tambahan yang sesuai dengan keahlian Anda. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan akan lebih mudah.

2. Coba Cari Kerja Sampingan Yang Berbeda Dari Pekerjaan Utama

Tak ada salahnya jika Anda mencoba mencari pekerjaan sampingan yang berbeda dengan pekerjaan pokok. Misalnya, Anda mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan hobi pribadi.

Sebab, beberapa orang merasa jika melakukan pekerjaan sampingan yang selaras dengan bidang pekerjaan utama akan menjadikannya merasa berada di kehidupan yang monoton. Hal ini juga akan berpeluang menjadikan Anda mudah merasa bosan karena melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencari pekerjaan sampingan yang berbeda dengan pekerjaan pokok agar keduanya bisa berjalan dengan lancar.

3. Carilah pekerjaan dengan sistem WFH

Menjalankan dua pekerjaan dalam satu hari akan memberikan efek lelah pada badan. Tak bisa dipungkiri jika pekerjaan pokok yang dilakukan di kantor juga akan memakan banyak sekali tenaga.

Oleh karena itu, cobalah untuk mencari pekerjaan sampingan yang mendukung sistem WFH atau work from home. Bekerja dari rumah setidaknya tidak akan memakan terlalu banyak tenaga.

4. Memanfaatkan Media Internet

Mencari pekerjaan sampingan akan lebih mudah jika Anda memanfaatkan media internet. Saat ini banyak loker yang di share melalui media internet. Anda bisa memilih sesuai dengan keahlian atau setidaknya sama dengan apa yang ingin dijalankan.

Saat ini, sudah ada banyak sekali platform pencarian lowongan pekerjaan freelance. Cobalah untuk mencari pekerjaan dari platform tersebut.

5. Tawarkan Jasa Atau Jual Suatu Produk

Memiliki keahlian tertentu memang bisa menjadi modal untuk mendapatkan pekerjaan sampingan. Misalnya, Anda begitu ahli dalam bidang desain grafis, tentunya keahlian tersebut bisa Anda tawarkan kepada para pelaku usaha yang membutuhkan bantuan pekerjaan sampingan desain grafis.

Selain itu Anda juga bisa menjual suatu produk kreasi yang dibuat secara mandiri. Hal ini juga masih berhubungan dengan keahlian khusus yang Anda miliki. Manfaatkan keahlian tersebut untuk memproduksi suatu produk kreasi yang akhirnya bisa dijual pada platform tertentu.

Itulah beberapa tips dalam mendapatkan pekerjaan sampingan. Dengan memiliki pekerjaan sampingan tentunya Anda akan semakin bisa mendapatkan tambahan pemasukan di luar gaji pokok. Meski begitu, jika kamu memilih kerja sampingan di rumah,sebaiknya tetap harus bisa mengatur waktu yang tepat agar pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu.

Demikian pembahasan tentang kerja sampingan di rumah, semoga semua pembahasan di atas memudahkan kamu dalam memilih kerja sampingan yang cocok. Jika ingin mencari buku tentang freelance, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

BACA JUGA:

  1. 15 Ide Usaha Sampingan
  2. 15 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan
  3. 12 Ide Usaha Sampingan di Rumah yang Menguntungkan
  4. 14 Ide Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan
  5. 10 Peluang Bisnis Usaha yang Cocok untuk Anak Muda
  6. 20 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend
  7. Ragam Ide dan Peluang Usaha Terbaru 2022 di Era Digital
  8. Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal, Patut Dicoba, Nih!

Written by Ananda