in

Kelebihan dan Kekurangan Macbook, Baca Ini Sebelum Beli!

Kelebihan dan Kekurangan Macbook, Baca Ini Sebelum Beli! – Macbook adalah salah satu produk dari Apple. Bisa dikatakan bahwa macbook adalah produk andalannya. Macbook adalah nama dari produk laptop yang dikeluarkan oleh Apple. Macbook memiliki 2 tipe, yaitu macbook pro dan macbook air.

Macbook pro digunakan untuk aktivitas atau kebutuhan yang lebih berat. contohnya seperti desain, rendering dan editing. Sedangkan macbook air digunakan untuk aktivitas yang terbilang lebih ringan. Contohnya seperti hanya untuk mengetik dan melakukan presentasi.

Selain handphone iPhone, produk macbook adalah salah satu produk yang sangat ditunggu kehadirannya. Selain itu, macbook akan merilis tipe baru. Namun, apa saja kelebihan serta kekurangan dari macbook? Artikel ini akan membahas macam-macam kekurangan dan kelebihan dari macbook.

Kelebihan Laptop Macbook

Beberapa kelebihan dari macbook adalah sebagai berikut:

1. Daya Tahan Mesin Kuat

Salah satu kelebihan dari macbook adalah saya tahan mesinnya yang terbilang kuat. Tak hera, meskipun harganya lebih mahal tetapi banyak orang  yang memilih untuk menggunakan macbook. Daya tahan mesin yang kuat membuat macbook dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Selain itu, sistem operasi yang baik juga menjadi keunggulannya dibanding produk lain. Di samping itu, macbook juga memiliki banyak fitur unggulan. Jika membeli macbook, kamu juga akan mendapat aplikasi pengolahan kata atau software office. Ini akan sangat membantu dalam penyelesaian pekerjaan sekolah maupun pekerjaan kantor.

Salah satu yang dapat membuktikan bahwa macbook memiliki daya tahan yang kuat adalah penggunaan seri lama. Penggunaan dari tahun-tahun sebelumnya seperti tahun 2015 masih bisa digunakan sampai tahun 2019. Inilah yang membuktikan bahwa macbook adalah produk dengan mesin dan daya tahan yang baik.

2. Keamanan Sistem Operasi yang Baik

Produk dari macbook ini memiliki keamanan sistem operasi yang baik. Dibanding dengan produk lain seperti Windows, keamananya jauh lebih baik. Selain itu, pengguna macbook juga tidak memerlukan software antivirus tambahan. Software antivirus akan mengurangi penyimpanan memori.

Selain itu, malware, virus, trojan dan lain sebagainya di dalam produk apple ini sedikit jumlahnya. Sehingga tidak ada lagi gangguan dari luar. Virus-virus dari luar juga tidak akan masuk.

Inside Apple, Bagaimana Perusahaan Amerika Yang Paling Dikagumi Dan Suka Berahasia Sesungguhnya Bekerja
Inside Apple, Bagaimana Perusahaan Amerika Yang Paling Dikagumi Dan Suka Berahasia Sesungguhnya Bekerja

Beli Buku di GramediaBuku yang berwawasan luas dan membuka mata ini menyingkap apa yang para eksekutif Apple sebut “saus rahasia”, yaitu sistem, taktik, dan strategi manajemen yang mengizinkan sang ko-pendiri Steve Jobs dan perusahaannya untuk menghasilkan kesuksesan demi kesuksesan dan untuk menginspirasi para penggemar fanatik Mac, iPod, iPhone, dan iPad-nya. Dalam buku tentang inovasi dan manajemen ini, Adam Lashinsky, salah satu jurnalis terkemuka yang meliput Lembah Silikon, mengenalkan kepada para pembaca praktik-praktik mengejutkan di Apple.

4. Design Keren

Tidak hanya dalamnya saja yang memiliki banyak kelebihan. Kelebihan selanjutnya dapat dilihat dari luar produk ini, yaitu desainnya. Desain dari macbook memang terkenal bagus dan keren.

Meskipun memiliki desain yang simple, tetapi macbook tetap terlihat elegan. Ukuran keseluruhan dari macbook juga tipis atau slim. Sehingga tidak berat seperti beberapa jenis laptop lainnya. Ini memungkinkan macbook untuk dibawa ke mana saja. Selain dapat meringankan bawaan, macbook juga dapat menambah produktivitas.

5. Hardware Berkualitas Tinggi

Ketika menggunakan macbook, akan terasa jauh lebih nyaman dari laptop lainnya. Hal ini dikarenakan hardware yang ada memiliki kualitas yang tinggi. Seperti penggunaan keyboard dan trackpad yang mudah. Selain itu sound akan menghasilkan suara yang lebih jernih. Ini adalah salah satu kelebihan macbook sehingga jauh lebih unggul dari jenis laptop lainnya.

6. User Friendly

Kelebihan selanjutnya mengarah pada segi sistem operasi. Laptop macbook yang berasal dari apple ini menawarkan suatu sistem operasi yang baik. Sistem itu bernama Mac Os. Hal ini akan memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Sehingga akan memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Selain mudah digunakan, sistem ini juga memiliki manfaat yang lebih baik.

banner-promo-gramedia

7. Display Layar Baik

Salah satu keunggulan yang dimiliki macbook juga dapat memengaruhi kesehatan. Ketika menatap layar dalam waktu yang lama, mata tidak akan merasa perih. Hal ini karena kualitas dari layar yang sangat baik. Selain itu, diberikan juga fasilitas retina display. Sehingga layar akan tampak lebih baik ketika dilihat.

Keunggulan ini sangat cocok untuk para desainer. Karena tampilan yang ada di layar terbilang bagus dan memiliki warna-warna yang akurat.

8. Bisa Menginstall Windows

Kelebihan selanjutnya di macbook adalah dapat menginstal windows. Sistem operasi windows juga dapat dijalankan di laptop macbook. Jika ingin menginstal windows, kamu bisa menjalankan suatu sistem. Sistem tersebut bernama bootcamp. Sistem ini memungkinkan menjalankan sistem operasi lain secara paralel atau virtual.

Kekurangan Laptop Macbook

Meskipun memiliki banyak kelebihan, macbook juga memiliki beberapa kekurangan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan laptop macbook:

1. Harga Perbaikan atau Repair Mahal

Sama seperti laptop lain, jika terdapat kerusakan atau masalah di dalamnya, macbook juga perlu dilakukan pengecekan atau perbaikan. Namun, perbaikan atau service dari macbook akan dikenakan biaya yang mahal dari yang lainnya.

Contohnya seperti keyboard mac yang rusak, bisa mencapai jutaan rupiah dalam proses perbaikannya. Selain itu, jika display layar rusak juga harus dikenakan biaya yang cukup tinggi. Maka ketika memilih untuk membeli macbook, harus juga disertai dengan resiko pengeluaran dana yang besar pada selanjutnya.

13 Aplikasi Benchmark Untuk PC, Laptop Dan Netbook
13 Aplikasi Benchmark Untuk PC, Laptop Dan Netbook

Beli Buku di GramediaBuku ini akan membahas mengenai software benchmark untuk laptop ataupun notebook. Selain itu, ada banyak bahasan lain yang ada di dalam buku ini. Di antaranya adalah PC Mark, NovaBench, SiSoft Sandra, Autologic BenchTown, WinBench 2000, N-Bench, Audio WinBench, BenchMax, Chamelon Mark, Disk Mark, PC Wizard, HD Speed dan FRAPS.

2. Tempat Service atau Service Center Langka

Salah satu kekurangan dari macbook apple ini adalah langkanya tempat service. Tidak seperti laptop produk lain yang memiliki service center tidak resmi. Produk keluaran apple hanya memiliki tempat service yang resmi atau official. Sehingga produk hanya boleh diperbaiki di tempat tersebut saja, tidak boleh dibawa ke tempat yang tidak resmi. Sayangnya, service center dari apple tidak ada di semua daerah, melainkan hanya ada di kota-kota besar saja.

3. Harga Aksesoris Mahal

Biaya spare part untuk service macbook ini terbilang mahal. Namun tidak hanya itu, aksesoris lain juga terbilang mahal. Seperti kabel data yang memiliki harga sangat mahal. Salah satu yang perlu disiapkan ketika membeli macbook adalah harus siap untuk membeli aksesoris lain yang harganya terbilang mahal.

4. Cepat Panas

Kekurangan selanjutnya dari macbook adalah cepat panas. Tentu saja ini akan mengganggu pekerjaan. Ketika menjalankan aktivitas berat, macbook cenderung menjadi lebih panas. Seperti ketika streaming, edit video, edit foto, render 3d dan beragam aktivitas berat lainnya.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, perlu adanya aksesoris tambahan. Aksesoris tambahan tersebut akan meminimalisir terjadinya pemanasan dari body macbook. Untuk mendapatkan aksesoris ini, diperlukan pengeluaran uang kembali.

5. Dukungan Software & Game Kurang

Kekurangan lain dari macbook adalah dukungan software dan game yang kurang bahkan langka. Software atau game yang berjalan pada sistem operasi windows belum tentu akan berjalan pada Mac Os. Hal itu dikarenakan pada pembuatan software atau game berlintas sistem operasi yang akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Maka dari itu, biasanya pengembang software dan game hanya akan membuatnya pada sistem operasi windows saja. Alasan lainnya karena banyak yang menggunakannya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada laptop keluaran Apple ini. Bagi Grameds yang ini membelinya, harus lebih mengetahui detail dari macbook. Selain itu, ada baiknya untuk mengetahui penggunaan lebih lanjut dari laptop yang akan dibeli. Maka bisa memilih tipe mana yang harus dibeli.

Temukan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi artikel dan buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Mac OS X Mountain Lion
Mac OS X Mountain Lion

Beli Buku di GramediaBuku ini akan mengupas mengenai Pengenalan berbagai jenis produk keluaran Apple, Memahami dan menggunakan burn folder, smart folder, dll, Memahami dan menggunakan Backup, Time Machine, Version, dll, Memahami cara kerja aplikasi Mac, install, uninstall, update, dll, Memahami dan menggunakan Spotlight, pencarian canggih Mac, Memahami dan menggunakan iCloudm sinkronisasi awan, Memahami dan menggunakan aplikasi Safari, Mail, iTunes, iPhoto, dll, serta Integrasi antara Windows dan Mac, Parallels Desktop, VMware Fusion, NTFS for Mac, dll.

Baca juga:

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

banner-promo-gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih