in

9 Jenis Aglaonema Disertai Manfaat, dan Harganya

Jenis Aglaonema dan Harganya – Pernahkah Grameds mendengar pernyataan bahwa tanaman bisa mendatangkan keberuntungan? Salah satu jenis tanaman yang populer dan jadi favorit karena keberuntungan yang dibawanya ialah aglaonema. Dalam Bahasa Indonesia, tanaman ini dinamai “Sri Rezeki”, sesuai dengan keyakinan tentang keberuntungan yang menyertainya.

Tanaman aglaonema yang berasal dari China dan Filipina yang tropis ini punya nama lain Chinese Evergreen. Pada dasarnya, tanaman ini termasuk tanaman hias yang mudah dirawat dengan dedaunan yang punya kombinasi putih, hijau tua, merah muda, dan warna-warna lainnya.

https://www.pexels.com/

Tentang Aglaonema

Nama aglaonema berasal dari bahasa Yunani, menggabungkan istilah “agláos” (bersinar) dan ‘néma’ (benang). Ini mengacu pada benang sari bunga yang berkilau.

Berbagai variasi aglaonema telah dinobatkan NASA dalam daftar sepuluh tanaman udara bersih teratas. Alasannya, tanaman ini punya kemampuan alami untuk menghilangkan benzena dan formaldehida, senyawa kimia yang berada di udara. Karena sifat ini pula, aglaonema bahkan bisa saja tumbuh di luar angkasa suatu hari nanti!

Dari penampilannya yang subur dan penuh warna, aglaonema tropis ini tak cuma bisa membersihkan udara, tetapi juga tampak begitu indah di rumah kita. Secara detail, daun aglaonema punya berbagai warna dan tanda halus yang menghiasi. Yang paling populer adalah jenis aglaonema dengan warna hijau pucat. Namun, tanaman hias ini sebenarnya juga punya variasi warna perak, kuning, hingga merah.

[algolia_carousel]

Sebagai informasi untuk Grameds yang kepo, aglaonema sebenarnya berbunga. Namun, bunga yang dihasilkan tak lebih dari bentuk-bentuk sederhana. Pada karakter aglaonema, bunganya berada di bawah daun, serta tumbuh di pangkal dan bagian atas tanaman. Bunga-bunga ini terbilang tak terlalu mengesankan tetapi cukup menghabiskan energi tumbuhan, jadi justru sebaiknya kita memotong bunga jika ingin mempertahankan nilai hias aglaonema.

Mengapa Tanaman Jenis Aglaonema Populer?

Pada dasarnya, jenis tanaman ini tidak selalu mempunyai faktor yang terlihat wow seperti banyak tanaman indoor lainnya. Namun, Sri Rezeki ini tidak bisa diremehkan begitu saja, ada alasan tanaman ini jadi populer. Pertama, tentunya perawatan tanaman ini cukup minimal karena mereka tumbuh dengan lambat dan butuh waktu lama untuk tumbuh lebih besar dari potnya.

Aglaonema adalah tanaman yang tidak rewel. Mereka tangguh dan santai. Secara umum, tanaman ini juga sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan dalam ruangan.

tombol beli buku

Jenis-Jenis Aglaonema

Berikut jenis-jenis tanaman aglaonema yang cukup populer dan bisa menjadi referensi untuk Grameds.

1. Aglaonema Pictum Tricolor

https://e2rzkrvccbw.exactdn.com/

Jenis pictum tricolor adalah variasi aglaonema yang bisa membuat kita jatuh cinta saat pertama kali melihatnya. Seperti namanya, tanaman ini memiliki dedaunan dengan campuran warna yang unik: tiga warna hijau yang terang, sedang, dan gelap, akan menyambut mata kita.

Daun-daunnya berbentuk oval dan tampak seperti kamuflase, membuat tanaman ini kumayan spektakuler untuk diletakkan di ruangan manapun. Perlu kita ingat, tanaman aglaonema ini pun akan tumbuh dengan lambat sehingga perlu disimpan di tempat yang mendapat banyak cahaya, baik itu langsung ataupun tidak. Tujuannya, agar daun-daun mereka bisa mempertahankan warna indahnya!

Meski sangat cantik, variasi aglaonema yang satu ini cukup langka dan mahal. Di Indonesia, aglaonema pictum tricolor dibanderol berkisar Rp75.000 hingga Rp200.000.

 

2. Aglaonema Silver Bay

https://nouveauraw.com/

Jenis aglaonema yang satu ini memiliki dedaunan beraneka ragam yang menakjubkan dalam berbagai kombinasi perak dan hijau muda atau gelap. Tak heran, banyak orang yang menjadikan silver bay sebagai favorit mereka. Selain mengkilap, daunnya juga berbentuk oval yang membentang dengan anggun dari pangkal tanaman hingga sepanjang 12 inci.

Tanaman seharga Rp25.000 hingga Rp50.000 sesuai ukurannya ini cukup cepat tumbuh. Dia bisa menumbuhkan daun baru setiap minggu di bawah kondisi yang tepat. Inilah salah satu variasi aglaonema paling populer dan tersedia secara luas, jadi kita tak perlu kesulitan menemukannya.

 

3. Aglaonema Coklat

https://patgarden.com/

Biasanya, apa pun yang mengandung unsur kata cokelat di dalamnya cenderung menarik bagi kita, bukan? Tidak heran jika aglaonema coklat begitu penuh dengan keindahan sehingga siapa pun yang mengaku menyukai tanaman akan mendambakan untuk membawa pulang keindahan ini secepatnya.

Tanaman ini punya daya tariknya dari dedaunannya yang berwarna hijau gelap kecoklatan dengan urat merah mencolok yang bisa membuat jantung berdetak kencang saking tertariknya. Untuk menikmati rupa jenis ini, letakkan tanaman di tempat yang membosankan dan saksikan suasana menjadi hidup kembali dengan kehadiran tanaman yang berani dan indah ini.

Sayangnya, aglaonema cokelat yang biasa dijual seharga Rp60.000 hingga Rp140.000 ini tidak tersedia secara luas seperti variasi aglaonema lainnya. Jadi, jika Grameds berhasil mendapatkannya, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang tanaman yang menawan ini.

 

4. Aglaonema Silver Queen

https://www.flowerpower.com.au/

Aglaonema silver queen dengan dedaunan beraneka warna perak dan hijau, terlihat sangat anggun dan berkelas sehingga sangat cocok untuk seorang ratu! Ini adalah tanaman yang sempurna untuk digunakan saat ingin menghadirkan suasana tropis yang rimbun ke rumah kita.

Tanaman yang mencolok ini juga kadang-kadang disebut sebagai ‘lidah yang dicat’ dan dapat tumbuh hingga setinggi 24 inci. Daun hijau tuanya memiliki variasi perak yang menarik, tebal dan berbentuk tombak. Daun ini juga tumbuh di batang pendek yang muncul dari tanah.

Batangnya yang tumbuh berkelompok menjadikan keindahan ini pilihan yang bagus jika Grameds mencari tanaman dedaunan lebat. Untuk ukuran sedang, aglaonema silver queen ini dibanderol sekitar Rp35.000.

 

5. Aglaonema Creta

https://thehometome.com/

Kita bisa menghadirkan nuansa drama dan keanggunan ke ruangan-ruangan di rumah dengan aglaonema creta yang rimbun dan penuh warna ini. Daun hijaunya berbentuk lonjong lebar berpola indah, tanaman ini juga memiliki bintik-bintik krem ??pucat dan merah muda cerah mengalir di tengahnya serta membingkai perbatasan setiap daun.

Penuh pesona dan kemewahan yang mudah, tanaman yang bonggolnya dibanderol sekitar Rp20.000 ini bisa menjadi hiasan yang sempurna untuk ruang tamu, kamar tidur, ruang belajar, atau kantor kita. Creta dapat ditempatkan di samping tanaman dedaunan hijau untuk menambahkan semburan warna ke sekitarnya.

Sebagai informasi, jenis aglaonema creta adalah salah satu tanaman yang paling ringan. Jadi, ini jadi pilihan yang bagus untuk kita yang berjuang menjaga tanaman tetap hidup tetapi cukup sibuk untuk terlalu fokus merawatnya.

[algolia_carousel page=2]

tombol beli buku

6. Aglaonema Red Valentine

https://garden.org/

Variasi aglaonema yang satu ini sangat ‘berbahaya’ karena begitu indah, lincah, dan semarak. Daunnya berbentuk lonjong dan besar yang tampak tak biasa, punya tepian berwarna hijau tua, serta percikan warna merah muda dan merah di dalamnya. Membayangkannya saja kita sudah bisa menemukan keindahan campuran-campuran warna, Grameds.

Saat dedaunannya matang, warna pada daun-daun akan berubah perlahan menjadi merah muda lalu berangsur merah. Inilah hal yang paling menarik dan tampak keren.

Dalam kondisi ideal, tanaman seharga Rp70.000 ini dapat hidup selama bertahun-tahun dan terus menambahkan percikan warna ke ruangan kita. Tanaman ini sangat tepat dinamakan red valentine karena berpotensi menjadi cinta sejati kita di segala musim.

 

7. Aglaonema Cutlass

https://nouveauraw.com/

Ini adalah varietas aglaonema yang akan membuat kesan berani. Daunnya yang panjang dan sempit berbentuk tombak hampir terlihat seperti belati, dan berwarna hijau keperakan pucat dengan pola hijau tua yang menarik di atasnya.

Batang di mana daun tumbuh pendek dan bergerombol memberi tanaman penampilan yang penuh dan subur. Tanaman aglaonema cutlass seharga Rp60.000 hingga Rp80.000 ini adalah slow grower yang bisa mencapai ketinggian maksimal 50cm, jadi kita bisa meletakkannya di meja samping, rak buku, countertop, atau meja kantor.

 

8. Aglaonema Maria

https://cdn.shopify.com/

Aglaonema maria adalah jenis aglaonema bermotif indah lainnya yang hadir dengan daun berbentuk tombak panjang yang membentuk rumpun lebat. Dedaunannya tebal berwarna hijau tua dan memiliki beberapa tanda hijau pucat atau krem ????yang menjadikannya penampilan yang unik dan menarik.

Kita dapat menyimpan beberapa tanaman ini di satu tempat untuk menikmati tanaman hijau subur di dalam ruangan, atau menempatkannya dengan jenis aglaonema berwarna-warni lain untuk membuat ruangan menjadi mirip hutan hujan tropis mini.

Perlu dicatat, tanaman yang biasa dijual seharga Rp100.000 hingga Rp150.000 untuk ukuran sedang tidak berwarna cerah seperti beberapa jenis aglaonema lain. Ia akan mentolerir pencahayaan yang lebih rendah daripada yang lain dengan daun yang didominasi merah, merah muda, atau putih.

Tanaman aglaonema biasanya akan menjadi kurang hidup dan kehilangan variasinya dalam pencahayaan rendah, jadi penting untuk tanaman dan memindahkannya ke lokasi yang lebih terang jika diperlukan.

 

9. Aglaonema Red Anjamani

https://media.karousell.com/

Bagi Grameds yang suka nuansa penuh seni, pasti pernah ingin menambahkan suasana nyeni ke dalam ruangan pribadi. Sayangnya, tidak semua dari kita memiliki banyak uang untuk membeli karya seni eklektik.

Meski begitu, kita bisa menggantinya dengan menempatkan tanaman aglaonema red anjamani ini sebagai hiasan di meja. Tampilannya akan menyenangkan dalam pot kecil dan cocok untuk dikagumi karena kehadirannya dapat langsung mengubah suasana.

Red anjamani memiliki daun yang sangat indah dengan warna merah cerah dan beberapa bintik dan batas-batas berwarna hijau tua. Bagian terbaiknya adalah jenis aglaonema yang satu ini dapat mempertahankan rona cerahnya tersebut sepanjang tahun, tidak terpengaruh musim.

Untuk memanfaatkan warna merahnya yang indah, Grameds bisa meletakkan tanaman ini dalam wadah hitam atau perak. Kemudian, bersiaplah untuk menyaksikan bagaimana tanaman ini mengubah suasana ruangan dengan penampilannya yang mencolok. Harga tanaman ini berkisar Rp80.000 untuk ukuran besar dan Rp65.000 untuk ukuran sedang alias remaja.

Manfaat Aglaonema

Setelah mengenal berbagai jenis aglaonema, kita juga perlu tahu, apa saja manfaat memelihara tanaman hias yang satu ini? Tumbuh dengan santai di dalam rumah kita, aglaonema ini juga akan melahirkan berbagai manfaat. Manfaat yang cukup banyak ini pula yang membuat jenis tanaman hias ini populer.

Seperti yang telah kita tahu, aglaonema berasal dari daerah subtropis dan tropis, sama seperti di Indonesia. Otomatis, tanaman ini akan membutuhkan kelembapan sekaligus kehangatan yang pas. Tentunya, kadar yang tepat ini tidak menjadi masalah di rumah kita yang sejuk dan bersuhu normal.

Berikut manfaat yang bisa didatangkan dengan merawat tanaman aglaonema:

  • Sangat mudah dirawat
  • Salah satu tanaman hias paling mudah dan baik hati.
  • Low Light Survivor alias bisa bertahan pada cahaya rendah, bahkan mereka akan cukup senang di tempat-tempat cahaya rendah.
  • Bisa membersihkan udara di sekitar kita.
  • Punya banyak variasi, jadi kita tak akan kekurangan pilihan.
  • Mudah bergaul dan toleran, aglaonema dapat menangani sebagian besar kesalahan kita dalam mengurus dalam pertumbuhannya.

Sifat populer dari tanaman ini telah mendorong banyak  petani untuk menghasilkan jenis  dan kultivar aglaonema yang lebih menarik. Sebagian besar cukup umum ditemukan di toko-toko dan ini berarti harganya cukup terjangkau.

Begitu populernya Chinese Evergreens ini sehingga mereka telah dihibridisasi dan dibiakkan menjadi berbagai macam kultivar. Mereka tersedia dalam berbagai warna dan variasi eksotis!

tombol beli buku

Tips dalam Merawat Tanaman Jenis Aglaonema

Untuk Grameds yang mulai tertarik merawat tanaman aglaonema, kami punya tips  singkat dan menarik dalam merawat jenis tanaman hias yang cantik ini. Mari simak!

Lampu

Variasi yang berwarna hijau lebih gelap dari Chinese Evergreen ini dapat tumbuh di tempat yang teduh, sedangkan jenis dengan beraneka ragam warna membutuhkan cahaya yang sedikit lebih terang. Berhati-hatilah untuk tidak mengekspos tanaman apa pun (apa pun jenisnya) ke sinar matahari langsung, karena sinar yang keras dapat dengan mudah membakar daun yang halus.

Tanah

Pada dasarnya, aglaonema tidak terlalu pilih-pilih tentang tanah tempat ia ditanam. Biasanya, tanah pot yang dikeringkan dengan baik dan sedikit asam sangat cocok untuk tanaman. Jika ternyata pilihan kita menahan terlalu banyak air, coba campurkan pasir atau perlit untuk membantu drainase.

Kita juga harus memastikan menanam tanaman ini dalam pot dengan lubang drainase yang cukup di dasarnya.

Air

Tanaman Sri Rezeki ini tumbuh subur di tanah yang lembap tetapi tidak tergenang air. Untuk mencapai keseimbangan ini, kita harus menyirami tanaman secara menyeluruh, lalu biarkan mengering sebelum disiram lagi. Di Indonesia, kita dapat mempertahankan cara mengurus tanaman ini sepanjang tahun.

Suhu dan Kelembapan

Tanaman ini tidak menyukai angin dingin atau suhu di bawah 65 derajat Fahrenheit. Pastikan untuk menjauhkan tanaman ini dari jendela atau ventilasi yang meledak pada suhu dingin. Semakin hangat tempat yang ada, semakin baik.

Karena persyaratan kelembabannya yang tinggi, beberapa petani menganggap aglaonema sebagai tanaman rumah kaca. Ini akan bagus saat dirawat di lingkungan rumah kaca yang hangat, lembab, dan cerah. Namun, aglaonema masih bisa berhasil ditanam di dalam ruangan dengan kondisi yang sedekat mungkin dengan kondisi tersebut.

Untuk meningkatkan tingkat kelembapan di sekitar tanaman aglaonema, semprotkan air sesering mungkin dan pertimbangkan untuk menempatkannya di area yang rawan kelembapan, seperti dapur atau kamar mandi. Jika rumah sangat kering, kita dapat menggunakan pelembab ruangan kecil untuk diletakkan di dekat tanaman ini.

Pupuk

Untuk hasil terbaik, beri tumbuhan aglaonema dengan pelet lepas lambat atau pupuk cair dalam dua kali setahun, di awal dan akhir musim tanamnya.

 

tombol beli buku

Kesimpulan

Tanaman aglaonema yang punya nama lain Chinese Evergreen dan Sri Rezeki ini sangat menarik untuk dirawat. Selain variasi warnanya yang beragam dalam kelompok warna terang dan gelap, tanaman ini juga membawa banyak manfaat saat dirawat sebagai tanaman hias di rumah kita.

Agar lebih banyak memahami dan mengenal berbagai tumbuhan, kita perlu memperbanyak referensi melalui literasi buku yang dapat dibeli melalui Gramedia. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berkomitmen untuk menyediakan buku-buku terbaru dan berkualitas, termasuk terkait tanaman hias.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca Juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum