in

14 Rekomendasi Drakor Sekolah Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

wikipedia

Drakor Sekolah – Siapa disini pecinta drama Korea? Drama Korea biasanya lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan singkatan drakor. Drakormemang menjadi salah satu pilihan jika ingin menonton. Drama Korea memiliki berbagai genre yang membuat pecinta drama Korea untuk terus menontonnya.

Meski terdiri dari berbagai macam genre, tetapi Grameds perlu mencoba untuk menonton drakor bertema sekolah. Tertarik? Simak penjelasan rekomendasi drakor sekolah sebagai berikut.

Rekomendasi Drakor Sekolah

1. Boys Over Flowers (2009)

Drakor Sekolah
Tribun-Bali

KDrama Lovers tentu tahu drama yang satu ini. Rekomendasi drama Korea sekolah Boys Before Flower merupakan drakor terbaik ini begitu fenomenal pada masanya, sehingga mampu meninggalkan kesan mendalam bagi para penontonnya.

Boys Before Flower merupakan drama adaptasi yang diadaptasi dari manga Jepang Hana Yori Dango. Boys Before Flowers sendiri mulai ditayangkan tanggal 5 Januari 2009 di KBS2TV dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2009 dengan 25 episode.

Sebelumnya, serial ini sudah pernah dibuat dari negara Asia seperti Jepang, Taiwan, serta Indonesia. Film ini bergenre romantis, tak luput dari serial dari negara sebelumnya serial ini cukup menyorot penonton di Korea Selatan. Meskipun serial ini pernah dirilis, tetapi sutradara membuat serial ini lebih berbeda dari serial sebelumnya dengan artis dan aktor pendatang baru.

Film ini menjadi gebrakan hits di berbagai negara luar Korea Selatan seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan berbagai negara lainnya. Berkat popularitasnya yang sangat tinggi, “Boys Before Flower” masih tetap jadi tontonan yang menarik hingga saat ini.

2. Reply 1997 (2012)

Drakor Sekolah
kapanlagi.com

Meskipun drama ini sudah lama, tetapi drama ini tetap menjadi salah satu tontonan wajib bagi pecinta drama Korea. Jika berbicara soal drama Korea tentang sekolah, tentu tidak lengkap tanpa menyebut karya dari Shin Won-Ho yakni “Reply 1997”.

Drakor ini menjadi pembuka gerbang dari series “Reply” yang membuat jutaan penonton terpikat. Tema besar yang diangkat oleh serial drama ini adalah kehidupan anak SMA di tahun 1997. Tak pelak, menonton serial ini seperti diajak bernostalgia dan mengenang kembali momen menyenangkan dan memorable saat berada di bangku sekolah. Jumlah episode drakor Reply 1997 sebanyak 16 episode.

Reply 1997 merupakan serial televisi Korea Selatan yang ditayangkan di seluruh kabel tvN pada tahun 2012 lalu. Drama yang satu ini bergenre romance, komedi dan remaja. Drama Reply 1997 diperankan oleh Jung Eun-ji Seo, In-guk, Hoya, Shin So-yul, Eun Ji-won, Lee Shi-eon, Sung Dong-il, Lee Il-hwa, Song Jong-ho.

3. The Heirs (2015)

Drakor Sekolah
Viu

The Heirs atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Dia yang Ingin Memakai Mahkota, Bertahan Ini Berat. “The Heirs” sendiri dibintangi oleh artis Korea yang kini sangat terkenal seperti Park Shin-hye dan Lee Min-ho.

Drama yang satu ini merupakan kisah anak sekolah di SMA elit. Drama Korea sekolah ini dipenuhi oleh intrik sekolah, pertemanan, dan bisnis keluarga yang dibumbui oleh drama cinta segitiga. The Heirs sendiri mengisahkan tentang perjalanan hidup Cha Eun Sang (Park Shin Hye). Ia adalah putri dari asisten rumah tangga yang bisu di keluarga orang kaya raya.

Meski hidupnya berat, tetapi ia adalah pekerja keras yang rela kerja paruh waktu selepas sekolah. Kesulitan hidup di Amerika membuatnya bertemu dengan Kim Tan (Lee Min Ho). Meski awalnya bertengkar, Kim Tan setuju untuk menolong Eun Sang selama di Amerika.

Kebetulan lain pun hadir, ternyata keluarga Kim Tan adalah keluarga yang mempekerjakan ibunya. Eun Sang pun akhirnya diberikan beasiswa untuk sekolah di Jeguk, sekolah bergengsi tempat anak-anak orang kaya. Di sanalah, ia bertemu dengan Kim Young Do (Kim Woo Bin). Sahabat Kim Tan yang kemudian malah menjadi saingannya. Dari situlah drama cinta segitiga ini dimulai.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai alur drama satu ini, Grameds bisa saja langsung nonton ya!

4. Cheer Up! (2015)

Drakor Sekolah
Tribun Wiki

Cheer Up! adalah serial televisi Korea Selatan pada tahun 2015. Drama ini mengikuti kehidupan para remaja di sebuah regu pemandu sorak di sekolah menengah atas di Korea Selatan. Serial televisi ini disiarkan oleh KBS2 pada hari Senin dan Selasa pada pukul 22.00 untuk 12 episode yang dimulai pada tanggal 5 Oktober 2015.

Drama Cheer Up! berjumlah 12 episode. Drama ini diperankan oleh Jung Eunji sebagai Kang Yeon Doo, Lee Won-geun sebagai Kim Yeol, Chae Soo-bin sebagai Kwon Soo Ah, Cha Hak Yeon sebagai Ha Dong Jae, Kim Ji-soo sebagai Seo Ha Joon. Penasaran? Langsung saja tonton drama satu ini!

5. Solomon’s Perjury (2015)

Drakor Sekolah
curcol.co

Cerita Solomon’s Perjury berawal dari seorang siswa bernama Lee So-Woo (diperankan oleh Seo Young-Joo) yang secara mengejutkan ditemukan telah tewas di halaman sekolah. Polisi dan pihak sekolah sepakat bahwa itu adalah kasus bunuh diri.

Beberapa waktu kemudian, sebuah surat yang berisi pernyataan seorang saksi dikirimkan pada Ko Seo-Yeon (Kim Hyun-Soo), ketua kelas So-Woo yang sekaligus putri seorang detektif polisi senior, menyatakan bahwa So-Woo tidak bunuh diri, melainkan mati dibunuh oleh Choi Woo-Hyuk (Back Cheol-Min), berandalan sekolah yang kebetulan ayahnya adalah pria yang berpengaruh dan memiliki kuasa, CEO Choi (Choi Joon-Yong).

Perbedaan pemikiran dan kepentingan antara ‘orang dewasa’ (pihak sekolah, orang tua, kepolisian) dengan ‘anak muda’ (siswa sekolah) membuat Seo-Yeon memutuskan untuk menyelidiki sendiri kasus kematian So-Woo bersama dengan teman-temannya.

Drama korea dengan genre misteri bernuansa suspense. Dijamin Grameds akan menyukai drama yang satu ini jika menontonnya!

6. Who Are You: School 2015 (2015)

Drakor Sekolah
Detik HOT

Who Are You: School 2015 merupakan serial televisi Korea Selatan pada tahun 2015. Drama ini disiarkan di KBS2 dari tanggal 27 April hingga 16 Juni 2015 pada hari Senin dan Selasa pukul 21:55 dengan jumlah 16 episode.

Drama Korea Selatan satu ini adalah angsuran keenam seri KBS “School” yang disiarkan dari tahun 1999 sampai tahun 2002, kemudian dilanjutkan pada tahun 2013; seri realistis menggambarkan perjuangan dan dilema yang saat ini sedang dihadapi oleh pemuda Korea.

Who Are You: School 2015 dibintangi oleh yang Kim So-hyun, Yook Sung-jae dan Nam Joo-hyuk.

7. School Girl Detectives (2014)

Drakor Sekolah
wikipedia

School Girl Detectives merupakan serial televisi Korea Selatan pada tahun 2014 yang didasarkan pada novel yang berjudul sama karya Park Ha-ik. Serial televisi ini dibintangi oleh Jin Ji-hee, Kang Min-ah, Lee Hyeri, Lee Min-ji, Stephanie Lee, dan Kim Min-joon, disiarkan di jTBC dari tanggal 16 Desember 2014 hingga tanggal 17 Maret 2015.

Drama ini berjumlah 14 episode. School Girl Detectives merupakan drama Korea sekolah yang bergenre detektif dan misteri. Seperti judulnya, kamu bakal mengikuti lima siswi yang menjadi detektif di sebuah SMA swasta. Awalnya, mereka hanya menangani masalah bullying antar siswa SMA saja.

Namun, lama-kelamaan mereka mau tidak mau harus berurusan dengan kasus yang lebih menantang. Jadi, bakal ada banyak adegan kekerasan yang ditampilkan di drama ini.

8. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016)

Drakor Sekolah
Tribun Wiki

Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo merupakan serial televisi Korea Selatan yang dibintangi oleh Lee Sung-kyung sebagai pemeran wanita utama. Serial televisi ini merupakan drama olahraga yang bertemakan masa muda, yang terinspirasi dari kehidupan peraih medali emas Olimpiade Angkat Besi, Jang Mi-ran. Serial televisi ini ditayangkan pada hari Rabu dan Kamis pada pukul 22:00 (WSK) di MBC mulai November 2016.

Kisah atlet memang jarang dijadikan tema utama dalam sebuah drama Korea sekolah. Padahal, jika dikemas dengan apik, hasilnya bisa sangat menarik seperti halnya “Weightlifting Fairy Kim Bok-joo”.

Kim Bok-joo (Lee Sung-kyung) adalah seorang mahasiswi di Universitas Olahraga Haneol. Dia memiliki kekuatan melebihi anak-anak lainnya sejak dia masih kecil. Hal ini juga dipengaruhi oleh ayahnya yang dulunya merupakan seorang atlet angkat besi. Ibunya telah meninggal semenjak dia masih kecil.

Jadi ayahnya membuka sebuah restoran ayam, Bok Chicken, untuk membiayai kehidupan mereka. Dia terlihat seperti seorang gadis yang ceroboh, tetapi sebenarnya cukup peka dan seorang pemerhati yang baik. Jung Joon-hyung (Nam Joo-hyuk) adalah teman masa kecil Kim Bok-joo.

Dia adalah seorang perenang yang hebat, tetapi dia menderita sebuah trauma sehingga didiskualifikasi pada pertandingan internasional pertamanya. Bersama-sama dengan Kim Bok-joo, dia mengatasi masalah-masalahnya dan berusaha menemukan mimpi serta cintanya. Song Shi-ho (Kyung Soo-jin) adalah seorang pesenam yang juga bersekolah di Universitas Olahraga Hanwool.

Dia mulai menekuni senam sejak berumur 5 tahun dan memenangkan Asian Games saat 18 tahun. Dia selalu menjadi yang terbaik di kelasnya, tetapi tekanan mental membuatnya memutuskan hubungannya dengan Jung Joon-hyung pada masa lalu, yang sekarang merupakan keputusan yang disesalinya.

Drama Korea ini mengemas perjuangan untuk meraih mimpi dan kisah cinta segitiga dengan gaya komikal.

9. At Eighteen (2019)

Drakor Sekolah
wikipedia

At Eighteen merupakan serial televisi Korea Selatan pada tahun 2019. Drama ini dibintangi oleh Ong Seong-wu, Kim Hyang-gi, Shin Seong-ho dan Kang Ki-young. Drama ini menjadikan Ong Seong-wu sebagai peran utama untuk pertama kali. Seri ini tayang mulai 22 Juli hingga 10 September 2019.

Drama At Eighteen berjumlah 16 episode. At Eighteen bercerita tentang Choi Joon-woo (Ong Seong-wu) yang berusia delapan belas tahun dimana kehidupan remajanya terbentuk dari kehidupan keluarga yang kekurangan dan konflik yang dihadapinya di sekolah.

Ia terpaksa pindah sekolah karena pelanggaran yang tidak dilakukannya,[4] ia pindah ke SMA Cheondung dan memutuskan untuk tidak menjadi siapa-siapa (seorang penyendiri yang diam-diam naik kelas 11). Sedikit yang ia ketahui tentang lika-liku dan kejutan yang akan muncul di hidupnya pada usia delapan belas tahun.

Tidak lama, seorang penyendiri di dalam Joon-woo harus keluar dari zona nyamannya. Tidak hanya Joon-woo tetapi teman-temannya yang berusia delapan belas tahun masih belum dewasa dan belum berpengalaman juga harus mengalami konflik dan naik turunnya emosi serta menghadapi prasangka dunia mereka yang terbentuk oleh orang dewasa di sekitar mereka.

Bersama-sama, mereka harus menjalani hidup mereka dengan maksimal dan membuat keputusan yang mengubah hidup. Dan yang terpenting, mereka tidak boleh lupa untuk menghargai setiap momen dalam hidup mereka. Sejauh yang mereka tahu, adanya ingatan usia kedelapan belas mungkin menjadi yang paling manis, paling berharga, dan paling tak terlupakan.

10. Extraordinary You (2019)

Drakor Sekolah
wolipop

Berbeda dengan kebanyakan drakor sekolah lainnya, serial ini menggabungkan unsur romance dan cerita fantasi. Hal ini menjadikan para penonton dibuat takjub dengan alur cerita yang dikemas cukup kompleks.

Drama satu ini dibintangi oleh Kim Hye-yoon, Kim Ro-woon, Lee Jae-wook, Lee Na-eun, Jung Gun-joo, Kim Young-dae, dan Lee Tae-ri. Seri ini berdasarkan pada webtoon yang pertama kali diterbitkan pada Januari 2018 di Daum Webtoon.

Seri ini bercerita tentang seorang siswi bernama Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon) yang bersekolah di sebuah akademi bergengsi. Suatu hari, ia mengetahui bahwa dia dan semua orang di sekolahnya sebenarnya adalah karakter dalam manhwa yang berjudul Secret.

Ia memiliki kondisi jantung yang semakin memburuk, Dan-oh adalah karakter pendukung yang ditakdirkan segera meninggal dalam cerita ini.

Tidak puas dengan takdir tersebut, dia memutuskan untuk membuat takdirnya sendiri dengan mencoba menentang alur cerita yang ada dan menemukan cinta sejati.

Harapan untuk terlepas dari kuasa Penulisnya semakin kuat setelah bertemu karakter tak bernama Siswa Nomor 13 (Kim Ro-woon). Untuk kelanjutan ceritanya, langsung tonton saja ya!

11. Class of Lie (2019)

Drakor Sekolah
kompas.com

Drama yang dirilis pada 2019 ini juga memiliki judul lain Mr.Temporary, yang digarap oleh sutradara Sung Yong II. Drama ini diperankan oleh Yoon Kyung Sang, Geum Sae Rok, Jun, Choi Yoo Hwa, Choi Kyu Jin, Han So Eun, dan Kim Myung Ji.

Class of Lies bercerita tentang pengacara bernama Kim Moon Hyeok (Yoon Kyung San) yang mendapat tugas untuk mengungkap kasus pembunuhan di sekolah elit. Tugas ini diberikan oleh pimpinan sekolah demi memperbaiki citra mereka di mata publik.

Kim Moon Hyeok memang sebelumnya terbiasa menangani kasus untuk kalangan atas Korea. Dia hampir tidak pernah kalah di persidangan dan menggunakan berbagai cara demi kemenangan dan uang.

Namun, semenjak menangani kasus ini, karir cemerlang Moon Hyeok justru tercoreng. Untuk itu dia bertekad mengungkap kasus ini dengan berpura-pura menjadi guru demi memuluskan proses penyelidikan. Meski fokus kasus yang ingin diungkap adalah pembunuhan yang dilakukan salah seorang siswa.

Ingin tahu kelanjutan ceritanya? Grameds bisa menonton drama satu ini di layanan streaming VIU.

12. Extracurricular (2020)

kpoper

Extracurricular merupakan seri televisi Korea Selatan pada tahun 2020. Drama ini dibintangi oleh aktor muda, yaitu Kim Dong-hee, Jung Da-bin, Park Ju-hyun, Nam Yoon-soo, Choi Min-soo, Park Hyuk-kwon, dan Kim Yeo-jin. Drama ini disiarkan di Netflix pada 29 April 2020 dengan jumlah 10 episode.

Drama populer di Netflix ini mengisahkan sisi gelap anak SMA yang melakukan berbagai kejahatan demi mendapatkan uang. “Extracurricular” tergolong drakor tentang sekolah yang mengusung tema berbeda dibandingkan kebanyakan drama korea lainnya.

Oh Ji-soo (Kim Dong-hee) adalah siswa terbaik di kelasnya. Dia menjalankan bisnis ilegal untuk mendapatkan uang karena tinggal terpisah dari ayahnya.

Bae Gyu-ri (Park Ju-hyun) berasal dari keluarga kaya. Dia ditekan oleh orang tuanya untuk mengambil alih bisnis keluarga.

Ketika Gyu-ri mengetahui rahasia Ji-soo, dia tidak punya pilihan selain membiarkan gadis itu bergabung. Semuanya berjalan baik sampai Seo Min-hee (Jung Da-bin), salah satu teman sekelas mereka yang juga terlibat dalam bisnis, ditangkap polisi.

Tidak ada cerita manis, yang ada beragam adegan perkelahian dan pembunuhan yang penuh darah.

13. True Beauty (2020)

wikipedia

True Beauty adalah drama Korea romantis komedi yang diangkat dari webtoon The Secret of Angel karya Yangyi. Popularitas dari tayangan Korea ini cukup menjanjikan saat penayangannya.

Drama ini berjumlah 16 episode. Serial ini dibintangi oleh Moon Ga-young (sebagai Im Ju-gyeong), Cha Eun-woo (sebagai Lee Su-ho), Hwang In-yeop (sebagai Han Seo-joon), dan Park Yoo-na (sebagai Kang Su-jin).

Im Ju-gyeong (Moon Ga-young) adalah seorang siswi SMA yang menjadi terkenal sebagai gadis cantik setelah menguasai seni rias dari YouTube.

Dia berubah menjadi dewi karena keterampilan rias wajahnya, tetapi ia lebih memilih mati daripada menunjukkan wajahnya tanpa riasan kepada siapa pun. Sedangkan Lee Su-ho (Cha Eun-woo) adalah anak laki-laki yang menarik dan tampan yang tampak dingin karena masa lalunya yang kelam, tetapi sebenarnya sangat perhatian.

Lalu, bagaimana cerita selanjutnya? Langsung saja menonton drama satu ini!

14. Law School (2021)

suara.com

Untuk rekomendasi drama Korea Selatan Sekolahan yang terakhir adalah Law School. drakor sekolah ini mengisahkan tentang asam garam kehidupan yang harus dihadapi oleh mahasiswa jurusan hukum.

Drama ini menampilkan Kim Myung-min, Ryu Hye-young, Kim Bum, dan Lee Jung-eun. Selagi menikmati drakornya, penonton bakal disuguhi berbagai informasi seputar hukum, pengadilan, dan masih banyak lainnya.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi drakor sekolah yang wajib Grameds tonton. Untuk mendapatkan informasi lebih seputar Korea Selatan, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 20 Rekomendasi Web Drama Korea Populer yang Wajib Kamu Tonton dari Gramedia 
  2. Daftar Rekomendasi Drama China Tentang CEO
  3. 12 Rekomendasi Drakor Terbaik yang Wajib Kamu Tonton! 
  4. Drama Korea Terbaik Berbagai Genre yang Wajib Ditonton
  5. 20 Rekomendasi Drama Korea Terpopuler 
  6. Rekomendasi Drama Korea Komedi yang Wajib Ditonton 

Written by Ananda