in

Mengenal 19 Daftar Nama Hewan dari P, Ada Apa Saja?

pixabay.com

Daftar Nama Hewan dari P – Ada banyak hal yang bisa bunda lakukan untuk bermain dengan si kecil, agar anak semakin aktif dan rasa ingin tahunya bertambah, salah satunya dengan bermain tebak-tebakan nama hewan.

Di zaman modern seperti sekarang ini, banyak anak lebih memilih permainan game online atau selalu bergantung pada gadget. Oleh sebab itu, ada baiknya bunda mengajaknya bermain keluar dan mengeksplorasi berbagai permainan seru di luar dan mengenalkan nama-nama hewan pada si kecil.

Manfaat Mengenal Hewan

Mengenalkan nama-nama hewan kepada anak ada manfaat tersendiri untuk si kecil. Berikut ini beberapa manfaat memperkenalkan nama hewan kepada anak.

1. Merangsang Sensorik Anak

Mengenalkan nama-nama hewan pada anak yang sedang aktif rasa ingin tahunya, ternyata bisa merangsang sistem sensorik pada anak. Saat berinteraksi langsung dengan hewan, maka kepekaan sensorik pada anak akan bertambah, contohnya saat memegang hewan yang memiliki warna bulu bervariasi, maka anak juga belajar warna, atau saat mendengar suara-suara hewan, maka otak anak akan merespon dan akan merasa lebih dekat dalam mengenali hewan tersebut.

2. Merangsang Perkembangan Motorik

Bermain tebak-tebakan nama hewan juga dapat merangsang perkembangan motorik pada anak, yang mana motorik tergolong menjadi dua macam, yaitu motorik kasar dan motorik halus.

Motorik kasar biasanya yang berhubungan dengan gerakan, misalnya berlari, menari, memanjat, dan seterusnya. Sedangkan motorik halus yaitu kepekaan terhadap yang dikerjakan, misalnya seperti memberi makan hewan, bagaimana memandikan hewan, memetik rumput, dan lain sebagainya.

3. Menambah Kosakata Anak

Dengan mengajak si kecil bermain atau bermain langsung ke kebun binatang akan membuat si kecil semakin ingin tahu dan bersemangat. Tentunya ini juga dapat membuat anak belajar langsung mengenal nama hewan dan melihat bagaimana bentuknya.

Dengan menyebut nama-nama hewan, maka anak pun belajar memperbanyak kosa kata. Ada banyak cara bermain seperti bermain puzzle hewan, membaca buku dongeng tentang hewan, bernyanyi tentang hewan, mewarnai gambar hewan, atau belajar menyebutkan nama hewan sesuai abjad.

Salah satu cara untuk mengenal nama hewan, maka bisa dilakukan dengan mengelompokkannya sesuai dengan huruf. Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang daftar nama hewan huruf P.

Daftar Nama Hewan Huruf P

1. Penguin

Daftar Nama Hewan dari P
pixabay.com

Hewan pertama ialah Penguin. Siapa yang tak tahu hewan satu ini, sebab penguin merupakan jenis burung yang hidup di kutub. Namun, penguin tidak bisa terbang, sebab badannya terlalu besar dibandingkan sayapnya.

Bentuknya yang lucu dan unik, membuat hewan penguin juga dijadikan film kartun lho, penguin banyak ditemukan di kutub selatan, yang mana penguin memang habitatnya di kutub dan mampu hidup dalam cuaca ekstrim. Penguin biasanya hidup secara bergerombol atau berkelompok.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jika kamu ingin tahu bagaimana caranya penguin bisa hidup dalam cuaca yang sangat ekstrim, mampu menyelam dalam air es, dan memahami anatomi tentang penguin atau unggas lainnya, kamu bisa membaca buku berjudul Seri Anatomi Hewan : Penguin dan Unggas Lainnya.

2. Panda

Daftar Nama Hewan dari P
pixabay.com

Hewan yang menjadi ikon negara tirai bambu ini memang terkenal akan tingkah kelucuannya, panda juga banyak sekali ditemukan di negara Cina. Panda mempunyai ciri khas pada matanya, yaitu lingkar berwarna hitam mengitari area matanya, hewan yang mirip beruang ini konon spesies makin sedikit.

3. Pipit

Burung pipit merupakan jenis burung yang berukuran kecil-kecil. Burung pipit sangat mudah dijumpai dimana saja sebab penyebarannya memang cukup luas. Seperti umumnya, burung pipit memakan biji-bijian, dan mempunyai warna yang beragam dan suara yang melengking saat berkicau.

4. Pesut

Jika bicara tentang hewan pesut, mungkin kedengarannya kurang familiar, hewan ini merupakan jenis lumba-lumba, tapi hidupnya di air tawar. Pesut juga memiliki ciri khas yang hampir mirip dengan lumba-lumba, yaitu moncongnya pendek, sirip punggungnya kecil, dan sirip sampingnya agak lebar dan bulat, pesut juga memiliki warna bervariasi, tetapi umumnya berwarna biru tua atau abu-abu.

5. Paus

Daftar Nama Hewan dari P
pixabay.com

Pasti hampir semua orang tahu ikan paus. Paus merupakan hewan mamalia terbesar di lautan, bahkan mencapai bobot hingga berton-ton. Hewan ini pun populasinya kian menurun, sebab pencemaran lautan dan penangkapan ilegal untuk mendapatkan bagian yang penting pada ikan paus ini. Hewan ini biasanya hidup di laut dalam dan memangsa ikan-ikan kecil, cumi-cumi, plankton dan hewan kecil lainnya.

6. Piranha

Daftar Nama Hewan dari P
pixabay.com

Daftar nama hewan huruf P selanjutnya ada Piranha. Piranha adalah jenis ikan buas, ikan ini memangsa daging hewan lain, piranha termasuk hewan karnivora. Biasanya, piranha mencari mangsa dengan bergerombol.

7. Patin

Berikutnya ada Patin. Patin ini merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan patin memiliki ciri khas mirip dengan ikan lele, yaitu memiliki tubuh yang licin dan memiliki kumis, namun ukurannya agak lebih besar daripada lele.

Ikan patin kini mudah sekali ditemukan, bahkan di pasar tradisional pun banyak yang menjualnya, karena ikan ini sudah banyak dibudidayakan dan banyak mengandung protein sehingga sudah dikonsumsi secara umum oleh masyarakat Indonesia.

Apa kamu salah satu penggemar olahan ikan patin? Jika ya, maka kamu bisa membaca buku Gemar Makan Ikan – 24 Cita Rasa Ikan Patin agar dapat mengolah berbagai menu masakan berbahan dasar ikan patin ini. Dapatkan bukunya segera dengan klik gambar buku di bawah ini.

8. Parkit

Parkit merupakan jenis burung, yang kini populasinya sudah semakin langka. Burung ini terkenal dengan kicaunya yang nyaring, dan memiliki warna bulu yang bermacam-macam, seperti kuning, merah, hijau, merah muda, dan mungkin warna lainnya,. Burung ini memakan biji-bijian, bisa juga pakan voer.

9. Pelikan

Pelikan merupakan jenis burung yang hidupnya di dekat perairan atau sungai-sungai. Burung ini memiliki ciri khas pada paruh bawahnya, yaitu ada kantung di bawah paruhnya, tentu fungsinya sebagai tempat menyimpan hasil buruannya.

Burung pelikan dapat dijumpai di seluruh benua, kecuali Antartika, tetapi populasinya kini semakin menurun. Burung pelikan ini merupakan burung dengan bobot yang besar namun dapat terbang.

10. Pari (Ikan)

Daftar Nama Hewan dari P
pixabay.com

Ikan pari merupakan jenis ikan yang hidup di laut. Ikan ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan ikan-ikan lain, yaitu memiliki tubuh yang pipih dan lebar, ukuran ikan pari pun bervariasi, ada yang kecil, sedang, hingga besar.

Ikan ini juga mempunyai tekstur daging yang cukup tebal, sehingga sering kali diolah dengan cara diasap. Namun, keberadaan ikan pari yang langka dan sulit untuk ditangkap, membuat ikan pari ini harganya sangat mahal.

11. Pelanduk

Mungkin nama pelanduk jarang kita dengar, umumnya orang mengenalnya dengan nama kancil. Ya, hewan yang sering ada di cerita dongeng atau film kartun. Pelanduk ini memang keberadaan sudah semakin langka. Hewan ini merupakan kelompok hewan menyusui, dan masih satu keluarga dengan rusa dan kijang.

Jika kamu ingin melihat pelanduk ini, mungkin kamu bisa mengunjungi tempat wisata kebun binatang ya.

12. Pelangi (Ikan)

Mungkin kamu mendengar nama pelangi seperti bukan nama hewan ya?

Pelangi merupakan jenis ikan, seperti namanya, ikan pelangi mempunyai warna tubuh yang cantik dan berwarna-warni seperti pelangi, ada warna merah, kuning, biru, hijau, ungu, dan kombinasi keduanya. Ikan ini merupakan jenis ikan kecil seperti ikan cupang.

Ikan pelangi sangat mudah ditemukan di daerah Papua, sebab persebarannya banyak di danau Sentani Papua. Selain itu, ikan ini juga telah menjadi primadona bagi pecinta ikan-ikan hias. Ikan ini hidup diperairan yang masih bersih dan banyak terumbu karang.

13. Pelatuk

Pelatuk adalah jenis dari nama burung yang sering mematuk batang pohon. Burung pelatuk dapat dijumpai dimana pun dan jumlah spesies nya cukup banyak. Burung pelatuk mempunyai ciri khas yang sangat unik, yaitu mempunyai lidah yang sangat panjang, kecepatan dalam mematuk yang sangat cepat, memiliki tengkorak kepala yang tebal, dan mempunyai jambul yang menambah ciri khasnya.

Jadi, meskipun sering mematuk kayu, burung ini tidak akan mengalami cedera otak, sebab tengkorak kepalanya sangat tebal, dan burung ini dikenal setia lho sama pasangannya.

14. Pelung (Ayam)

Mungkin nama pelung kurang begitu familiar. Namun, jika menyebut ayam pasti semua tahu ya, pelung ini merupakan jenis unggas atau ayam. Ras ayam pelung ini berasal dari Cianjur Jawa Barat.

Ayam pelung ini yang paling diminati adalah peluang jantan, sebab mempunyai suara kokokan yang panjang mengalun seperti lagu. Ras yang paling terkenal dari ayam pelung ini adalah ayam Berg dan ayam tertawa.

15. Penyu

Kalau hewan penyu sepertinya sudah sangat akrab di telinga si kecil ya?

Penyu yang masih sejenis dengan kura-kura ini memang banyak dan mudah dijumpai di setiap pesisir pantai. Apalagi jika kita sedang berwisata ke pantai.

Penyu ini memiliki cangkang yang keras dan kuat sebagai pertahanan hidupnya, hewan ini berkembang biak dengan cara bertelurSaat musim akan berkembang biak, maka penyu-penyu akan menuju ke pinggir pantai untuk menetaskan telurnya.

Ingin tahu gimana caranya penyu menetaskan telurnya? Grameds bisa bacakan si kecil buku dengan judul Pluk! Pluk! Penyu Menetas Seri Hewan Laut dengan cerita dan gambar yang menarik, yang tentunya akan membuat si kecil semakin semangat untuk membaca dan belajar.

16. Perkutut (Burung)

Perkutut ini merupakan jenis burung, di pulau Jawa burung ini banyak sekali peminatnya, dan banyak orang yang memelihara burung ini karena dipercaya dapat memberikan keberuntungan.

Keunikan dari burung perkutut ialah karena bunyinya yang bagus dan mudah dilatih, jadi banyak para pecinta burung mengikuti kontes adu kicau burung dengan suara terindah. Burung perkutut juga mempunyai warna bulu yang bervariasi, burung ini seperti burung pada umumnya, memakan biji-bijian.

17. Puyuh (Burung)

Daftar Nama Hewan dari P
pixabay.com

Selanjutnya ada Puyuh atau burung puyuh. Burung puyuh mempunyai bentuk tubuh yang sedang dan bulat, burung ini tidak bisa terbang, sebab tubuh burung puyuh cenderung lebih bulat dan gemuk, sayap serta ekornya pun lebih pendek, maka dari itu burung puyuh sulit untuk terbang atau tidak bisa terbang tinggi.

Burung puyuh juga termasuk unggas darat, sebab banyak orang yang mengkonsumsi daging burung puyuh ini, selain itu, telur burung puyuh pun dapat dikonsumsi, dan di budidaya oleh masyarakat.

18. Platipus

Hewan Platipus jarang dikenal orang, sebab keberadaannya yang hampir punah, menyebabkan jarang ditemukan, hewan ini berasal dari Australia.

Platipus mempunyai ciri khusus, yaitu mirip dengan berang-berang, namun mempunyai moncong atau paruh seperti bebek, dan berkembang biak dengan cara bertelur. Warna dari platipus umumnya cokelat.

Menurut hasil penelitian, hewan ini termasuk berbahaya atau tidak jinak, sebab di tubuh platipus terdapat banyak racun yang berbahaya, setidaknya ada 80 jenis racun didalam tubuhnya, peneliti mengungkapkan, bahwa gen dari platipus ini mirip seperti hewan yang berbisa lainnya, seperti kadal dan ular.

19. Python (Ular)

Daftar Nama Hewan dari P
pixabay.com

Python atau ular Piton, mungkin saja sering didengar oleh banyak orang. Orang lebih mengenal Ular piton dengan nama ular sanca. Ular ini merupakan ular berbahaya. Meskipun tidak mengeluarkan bisa yang beracun, tetapi ular piton dapat membelit mangsanya hingga lemas atau tewas.

Ular piton juga dikategorikan ular terpanjang didunia, sebab ada yang panjangnya mencapai puluhan meter. Ular ini tersebar di negara-negara beriklim panas dan tropis seperti Indonesia.

Namun, menurut penelitian, ular piton memang tidak memiliki bisa, tapi ular ini membelit mangsanya hingga tewas, piton juga tidak bisa melihat dengan jelas dan tidak bisa mendengar, tetapi mampu mendeteksi gerakan dan suhu di sekitarnya.

19. Punai (Burung)

Punai adalah jenis burung. Burung punai masih tergolong dalam keluarga burung merpati, maka tak heran bentuknya pun mirip dengan burung merpati, namun burung punai memiliki warna bulu yang cenderung bervariasi dan cerah. Burung punai memakan biji-bijian dan buah-buahan.

Penutup

Pada dasarnya, untuk mengelompokkan hewan bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satu dengan mengelompokkannya sesuai dengan abjad. Dengan pengelompokkan yang baik, maka kita akan lebih mudah dalam memahami karakteristik dari hewan itu sendiri.

Dari semua pembahasan tentang daftar nama hewan huruf P di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa pada umumnya hewan dengan huruf P kebanyakan hidup di laut. Meski begitu, ada juga yang hidup di darat. Selain itu, beberapa daftar nama hewan huruf P mungkin saja belum ada yang melihatnya secara langsung.

Nah, itulah ulasan tentang daftar nama hewan huruf P disertai penjelasannya. Semoga tulisan ini dapat membantu serta menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam mengenal nama-nama hewan dan untuk pembelajaran Grameds. Jadi, dari daftar nama hewan huruf P di atas, apakah sudah ada yang pernah kamu lihat secara langsung?

Menambah wawasan tentang hewan sangatlah bermanfaat untuk si buah hati. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk membeli buku tentang karakteristik hewan. Jika ingin mencari buku tentang hewan-hewan, maka kamu bisa mendapatkan buku-bukunya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jadi, jangan ragu untuk membeli buku di gramedia, ya.

Penulis: Veronika Novi

BACA JUGA:

  1. Mengenal Daftar Nama Hewan dari L 
  2. Mengenal Daftar Nama Hewan dari M 
  3. Mengenal 30 Daftar Nama Hewan dari K 
  4. Daftar Nama Hewan dari Z dan Penjelasan Lengkap 
  5. Mengenal Jenis Hewan Peliharaan Beserta Cara Merawatnya 
  6. Mengenal 10 Nama Hewan di Darat 
  7. 14 Hewan Langka di Indonesia yang Dilindungi 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.