in

13 Cara Promosi Produk Baru: Terbukti Ampuh Tingkatkan Penjualan

pexels.com

Cara Promosi Produk Baru – Membangun bisnis tak bisa semudah yang dipikirkan. Harus ada banyak strategi yang dilakukan untuk bisa menjadikan bisnis tersebut menjadi lebih berkembang dari sebelumnya. Terlebih lagi, untuk saat ini sudah banyak kompetitor lain yang bergerak dalam bidang bisnis yang sama.

Oleh karena itu, Anda jadi pelaku bisnis haruslah pandai dalam mencari celah untuk bisa menjadikan produk yang Anda jual terlihat berbeda dengan produk kompetitor lain yang ada di bidang yang sama. Dalam hal ini promosi juga perlu dilakukan, meski saat ini juga sudah banyak platform media online yang bisa dimanfaatkan.

Namun, Anda tak bisa dengan mudah menggaet target pasar. Harus ada beberapa strategi khusus yang digunakan untuk menarik perhatian para calon pembeli ataupun mempertahankan pelanggan lama agar bisa menggunakan produk yang Anda miliki.

Dimana ketika Anda bisa mempertahankan para pelanggan lama, maka Anda bisa dengan mudah menjual produk baru kepada mereka meskipun produk baru tersebut tidak memiliki promo khusus. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa disimpulkan jika pelanggan sudah mendapatkan manfaat dari produk yang Anda jual.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan cara promosi produk baru. Penting bagi Anda untuk tahu apa saja cara tersebut agar bisa membantu proses promosi produk baru yang akan Anda jual.

Cara Promosi Produk Baru

Cara Promosi Produk Baru
pexels.com

Dalam perjalanan pengembangan bisnis, tentunya para pelaku bisnis akan mengeluarkan produk baru. Bahkan ketika awal perjalan bisnis sekalipun Anda sebagai pelaku bisnis akan menawarkan produk baru.

Dimana keberadaan produk baru ini diharapkan menjadi gerbang pembuka proses perkembangan bisnis menjadi lebih besar dari sebelumnya. Permasalahannya adalah yang mengeluarkan produk baru tak hanya Anda seorang diri saja.

Namun, banyak kompetitor lain yang mengeluarkan produk baru mereka. Bahkan, dalam bidang bisnis yang sama, banyak juga para kompetitor yang terus mengeluarkan produk inovasi mereka.

Tentunya dalam kondisi seperti ini diperlukan strategi khusus untuk bisa menjadikan produk Anda bisa terlihat berbeda di tengah banyaknya produk baru yang terus berdatangan. Ada beberapa cara promosi produk baru yang bisa Anda lakukan.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara promosi produk baru yang bisa Anda terapkan.

1. Buat Promosi Musiman Agar Dapat Menjangkau Konsumen Baru

Mungkin Anda juga sudah tahu jika beberapa brand besar selalu mengeluarkan promo musiman pada hari-hari tertentu. Dimana Anda sebagai pelaku bisnis juga bisa menggunakan strategi promosi musiman untuk menggaet konsumen baru.

Misalnya adalah pada saat hari besar seperti Tahun Baru, Natal, Lebaran maupun Harbolnas. Anda bisa memberikan teman campaign yang sesuai dengan moment yang dipilih agar promo tersebut terlihat lebih up to date serta lebih menarik. Dengan melakukan strategi ini diharapkan bisa memberikan peluang peningkatan penjualan produk baru.

2. Buat Konsep Unik Agar Bisa Menarik Perhatian Konsumen

Tak hanya memberikan promo musiman saja, tetapi Anda juga bisa membuat suatu konsep untuk agar lebih mudah menarik perhatian para calon pembeli.

Jika biasanya memberikan diskon atau potongan harga pada produk khusus atau pada hari-hari tertentu. Anda bisa mencoba untuk membuat suatu konsep potongan harga tertentu namun hanya diberlakukan berdasarkan nama pelanggan atau ulang tahun pelanggan.

Misalnya adalah pada saat hari kemerdekaan Indonesia, Anda bisa memberikan potongan harga tertentu kepada mereka yang memiliki nama Agus. Meski sama-sama menggunakan metode potongan harga, namun jika dikemas dengan konsep unik akan mempermudah Anda untuk menggaet para pelanggan baru.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan strategi bundling, cross selling, atau upper selling. Dimana Anda sebagai pemilik produk bisa memberikan nilai tambah pada produk yang akan dibeli oleh pelanggan.

Tak bisa dipungkiri jika semakin unik konsep promosi yang ditawarkan juga akan semakin mudah untuk mendapatkan para pelanggan baru.

Cara Promosi Produk Baru

3. Terapkan Batas Waktu

Agar bisa menarik perhatian para konsumen, Anda bisa mencoba memberikan batas waktu pada promo yang diberlakukan, mulai dari jangkauan waktu mingguan, harian atau per jam seperti flash sale bisa Anda terapkan para promo yang sedang dilakukan.

Ketika ada promo dengan batas waktu, para konsumen akan lebih mudah tertarik pada produk yang Anda jual. Mereka akan berpikir untuk sesegera mungkin membeli produk yang Anda tawarkan agar tak ketinggalan.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan batas jumlah customer yang bisa mendapatkan promo yang diberlakukan. Strategi ini akan mendorong para konsumen untuk berlomba-lomba mendapatkan produk yang sedang Anda jual tersebut.

4. Berikan Minimal Pembelian

Cara Promosi Produk Baru
pexels.com

Agar bisa membuat para customer melakukan jumlah transaksi yang lebih besar. Anda bisa menetapkan minimal pembelian agar para customer bisa mendapatkan promo dengan jumlah yang lebih besar.

Misalnya adalah dengan memberikan potongan harga jika para customer melakukan pembelian barang dengan jumlah tertentu seperti ketetapan yang ada.

Strategi ini juga masuk ke dalam golongan cara promosi unik dan kreatif. Sebab, para strategi ini bisa mengubah pemikiran para customer yang awalnya ingin membeli barang dengan jumlah sedikit berubah melakukan jumlah transaksi pembelian dengan jumlah barang yang sesuai dengan ketentuan agar bisa mendapatkan promo yang berlaku.

Namun, Anda sebagai pelaku bisnis juga harus bisa menghitung dengan detail biaya promosi dengan keuntungan yang akan didapatkan. Hal ini perlu dilakukan agar bisnis yang Anda jalankan tidak mendapatkan kerugian.

Cara Promosi Produk Baru

5. Memanfaatkan Berbagai Macam Platform untuk Proses Promosi

Kemajuan teknologi yang begitu pesat memberikan dampak positif bagi para pelaku bisnis. Dimana para pelaku bisnis bisa dengan mudah memanfaatkan media online untuk menjalankan strategi promosi yang akan dilakukan.

Beberapa strategi promosi yang memanfaatkan platform media online adalah seperti email marketing, push notification, Whatsapp, dan media sosial. Selain itu, jenis konten yang bisa Anda terapkan untuk menarik perhatian para customer terbilang cukup banyak, mulai dari jenis konten foto, video, infografis, Q&A, polling dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa membuat sebuah promo yang bagi para customer dengan ketentuan seperti para customer harus repost informasi promosi pada akun sosial media mereka. Ketika para customer sudah melakukan hal tersebut, nantinya mereka akan mendapatkan promo yang telah diberlakukan.

Dengan metode ini akan menjadikan banyak orang untuk tahu promo yang sedang Anda buat. Strategi ini tak hanya bisa meningkatkan penjualan saja,tetapi juga bisa membantu meningkatkan brand awareness.

6. Bekerja Sama dengan Influencer

Cara Promosi Produk Baru
pexels.com

Salah satu cara untuk membantu memperluas jangkauan target pasar adalah bekerja sama dengan para influencer. Dalam hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan para influencer melalui metode endorsement atau paid promote.

Beberapa influencer memang terkadang mematok harga tertentu. Oleh karena itu, dalam hal ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan dana promosi yang dimiliki. Jangan lupa untuk memberikan kode promo khusus kepada influencer.

Hal ini perlu dilakukan agar para pengikut influencer tersebut tertarik untuk menggunakan produk yang Anda miliki hingga akhirnya bisa meningkatkan penjualan. Tentunya, untuk mensukseskan strategi promosi ini, Anda juga harus memastikan jika influencer tersebut memiliki jumlah real follower yang sesuai dengan target pasar pada produk yang ingin dijual.

Ketika follower dari influencer tersebut tidak sesuai dengan target pasar yang Anda inginkan, maka akan menjadikan strategi yang dijalankan menjadi tak berguna karena tak bisa menarik minat para customer untuk melakukan pembelian produk yang dijual tersebut. Apalagi jika biaya kerja sama dengan influencer tersebut juga tak sedikit.

Cara Promosi Produk Baru

7. Jangan Sungkan Memberikan Reward Kepada Pelanggan Setia

Promo tak hanya bisa Anda tujukan kepada para customer baru saja. Pasalnya Anda juga bisa memberikan promo khusus kepada para pelanggan setia produk yang Anda jual. Menariknya memberikan sebuah reward kepada para pelanggan setia bisa menjadi salah satu strategi promosi yang cukup efektif.

Sebuah studi menunjukkan jika biaya untuk bisa mendapatkan customer baru ternyata lima kali lebih besar dibandingkan mempertahankan pelanggan lama. Oleh karena itu mempertahankan loyalitas pelanggan lama juga termasuk ke dalam strategi dalam menmggembangkan bisnis. Selain itu meningkatkan retensi pelanggan lama sebesar 5 persen diklaim mampu meningkatkan profit penjualan hingga 25 sampai 95 persen.

Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis juga harus selalu menjaga kepuasan dan loyalitas yang dimiliki oleh pelanggan lama. Selain itu, Anda juga harus bisa melakukan suatu dorongan kepada para pelanggan lama untuk tetap melakukan transaksi pembelian.

Misalnya, dengan memberikan sebuah promo khusus kepada para pelanggan setia yang telah melakukan proses transaksi pembelian produk lebih dari tiga kali. Tindakan ini akan menjadikan para pelanggan merasa mendapatkan apresiasi atas transaksi pembelian yang ia lakukan.

Dimana ketika para pelanggan setia mendapatkan promo khusus tersebut, mereka akan senang hingga tak ragu untuk berbagai pengalaman yang didapatkan kepada pelanggan lainnya. Jadi, secara tidak langsung reward yang Anda berikan akan bisa menjadikan para pelanggan untuk mempromosikan atau merekomendasikan produk tersebut kepada pelanggan lainnya.

8. Berikan Penawaran Khusus Kepada Pelanggan Setia

Berikutnya, masih berhubungan dengan pelanggan setia. Dimana Anda bisa memberikan penawaran khusus kepada para pelanggan setia untuk bisa meningkatkan penjualan. Misalnya adalah adanya pesta pra peluncuran pribadi, tatap muka atau tur online maupun demo produk terbaru dari bisnis yang Anda jalankan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengirimkan sampel produk terbaru kepada para pelanggan setia sekaligus meminta mereka untuk mengirimkan feedback, seperti testimoni maupun dalam bentuk lainnya. Strategi ini tak hanya bisa menarik perhatian para pelanggan setia, tetapi juga bisa menjadikan mereka turut terlibat sekaligus menjaga loyalitas para pelanggan setia.

Dimana nantinya para pelanggan setia yang sudah percaya terhadap produk yang Anda jual bisa jadi akan mempromosikannya kepada pihak lain secara cuma-cuma. Hal ini akan mempermudah orang lain untuk tahu keberadaan dari bisnis yang Anda jalankan.

9. Share Ulasan dari Para Pelanggan

Cara Promosi Produk Baru
pexels.com

Strategi promosi yang diyakini bisa menarik perhatian para customer adalah dengan memberikan testimoni dari para pelanggan yang telah menggunakan produk dari bisnis yang Anda jalankan. Dimana nantinya Anda bisa meminta kepada para pelanggan untuk menuliskan review dari produk Anda yang telah mereka gunakan.

Selanjutnya, Anda bisa mengumpulkan ulasan tersebut dan mengunggahnya dalam bentuk konten ke sosial media maupun platform promosi lainnya. Sebuah survei menunjukkan jika ada 84 persen konsumen percaya ulasan online sebagai bentuk rekomendasi pribadi.

Oleh sebab itu, testimoni yang diberikan oleh para pelanggan menjadi salah satu faktor penting yang harus Anda perhatikan. Jika memang Anda memiliki website pribadi, akan lebih baik untuk menyediakan space khusus untuk membantu para pelanggan menuliskan review produk yang Anda miliki.

10. Buat Kuis Berhadiah Menarik

Tak ada salahnya bagi Anda untuk membuat sebuah kuis menarik dengan hadiah tertentu. Anda bisa membuat beberapa persyaratan tertentu agar produk dan merek bisnis Anda lebih mudah diketahui oleh para pelanggan.

Misalnya, Anda bisa meminta para peserta kuis untuk membagikan postingan yang didalamnya ada produk Anda ke media sosial pribadinya. Hal ini akan menjadikan banyak orang lebih mudah mengetahui keberadaan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Agar bisa mendukung terealisasinya strategi ini, maka Anda bisa memberikan kuis tersebut ke seluruh platform yang biasanya digunakan sebagai media promosi. Dengan begitu, akan ada banyak orang yang mengetahui hanya mengikuti kuis tersebut.

Tentunya brand awareness bisnis yang Anda jalankan juga turut meningkat. Selain itu, kuis berhadiah juga mampu meningkatkan engagement akun bisnis yang Anda miliki. Selain itu, strategi ini bisa memberikan dorongan yang lebih banyak terhadap trafik ke situs website bisnis Anda secara organik. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mendapatkan pelanggan baru.

11. Bagikan Sampel Produk Terbaru Secara Gratis

Salah satu strategi promosi yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan membagikan sampel produk secara gratis kepada para pelanggan. Strategi ini bisa Anda terapkan ketika akan dilakukan peluncuran produk terbaru.

Dimana nantinya Anda bisa membagikan sampel produk terbaru kepada pelanggan dan meminta mereka untuk memberikan ulasannya. Ulasan dari para pelanggan ini akan bisa menjadikan Anda memproduksi produk terbaru dengan kondisi lebih baik.

Selain itu, membagikan sampel produk secara gratis dipercaya sebagai strategi promosi yang begitu efektif untuk dilakukan sekaligus mampu memperluas target pasar yang ingin dijangkau.

12. Manfaatkan Konten Dari Para Pelanggan

Ide promosi tak selalu bisa datang dari pemilik bisnis saja, tetapi Anda sebagai pelaku bisnis juga bisa menggunakan konten yang dibuat oleh pelanggan untuk membantu proses promosi yang sedang Anda jalankan.

Misalnya adalah ketika Anda membuat suatu kuis yang mengharuskan para pelanggan mengambil foto atau membuat sebuah video yang di dalamnya berisikan cara penggunaan maupun review tentang produk yang mereka pakai dan membagikan konten tersebut ke sosial media pribadi mereka.

Dimana konten ulasan yang dibuat oleh para pelanggan terbukti lebih efektif untuk menarik perhatian para customer baru dibandingkan dengan iklan dari produk itu sendiri. Sebab, banyak pelanggan lebih percaya dengan review orang lain tentang produk tersebut dibandingkan dengan iklan produk itu sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan ulasan dari para pelanggan dalam bentuk konten dan menjadikannya sebagai salah satu bentuk strategi promosi.

13. Manfaatkan Email Marketing

Menggunakan email marketing adalah salah satu strategi promosi yang bisa Anda terapkan. Namun dalam hal ini, Anda juga harus memiliki list email dari para pelanggan. Dimana list email ini bisa Anda dapatkan melalui situs website atau toko online di e-commerce. Sebab website atau toko online akan secara otomatis memiliki data pelanggan seperti email.

Keberadaan dari email marketing akan mempermudah Anda untuk share informasi penting. Misalnya, promo atau peluncuran produk baru secara langsung kepada para pelanggan.

Meskipun email marketing tak sepenuhnya bisa memberikan hasil transaksi pembelian, tetapi setidaknya email marketing bisa membantu menjaga hubungan baik antara Anda sebagai pelaku bisnis dengan para pelanggan.

Nah, itulah beberapa cara promosi produk baru yang bisa Anda lakukan. Meski tak semua bisa memberikan hasil secara langsung, tetapi sebagai pelaku bisnis juga harus percaya akan proses dan jangan pernah berhenti untuk mencoba.Jadi, menurut kamu cara promosi produk seperti apa yang paling tepat?

Jika ingin mencari berbagai macam buku tentang marketing, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto 

BACA JUGA:

  1. Cara Promosi Produk Online yang Efisien
  2. 6 Tips Jualan Online yang Bisa Kamu Terapkan dalam Bisnismu
  3. 10 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Para Pemula
  4. 10 Cara Jualan Online Laris? Yuk Baca Tips Berikut
  5. Cara Memulai Bisnis Online: Jenis, Keuntungan, Tantangan 
  6. 15 Ide Jualan Online dan Tipsnya Agar Laris
  7. Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dan Tips-Tipsnya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda