in

Cara Mendapatkan Endorse dan Tarif Harga Endorse

Pixabay.com

Cara Agar Dapat Endorse – Istilah endorse yaitu pemasaran di media sosial.

Pengertian Endorse

Dikutip dari The Economic Times,

endorse adalah bentuk iklan ataupun promosi yang menggunakan tokoh maupun selebriti terkenal yang mempunyai kepercayaan, pengakuan, rasa hormat dari banyak orang.

Penggunaan media sosial di era sekarang yang sedang booming, banyak orang mulai terkenal dengan luas yaitu termasuk meraka yang dianggap populer di media sosial. Kelompok ini dinamakan selebgram.

Selebgram dianggap orang terkenal di media sosial karena mempunyai follower atau ratusan ribu bahkan jutaan pengikut.

Semakin banyak jumlah pengikut, semakin besar juga tarif yang dikenakan.

Selain itu, dalam periklanan banyak yang menggunakan nama orang terkenal / selebgram untuk mempromosikan suatu produk ataupun layanan.

Sehingga, suatu produk ataupun layanan yang dipromosikan akan mempunyai pengaruh di penjualan mereka.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan iklan endorsement salah satunya yaitu kedekatan selebgram dengan para follower atau pengikutnya.

Maka, keberhasilan dalam iklan endorse adalah melalui engagement rate. Engagement rate merupakan nilai presentase antara jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial.

Semakin tinggi nilai engagement rate maka semakin besar juga peluang keberhasilan endorsement.

Prosedur endorsement tidak rumit, pengiklan hanya perlu menghubungi sang selebgram melalui pesan singkat kemudian dilanjutkan dengan bertransaksi.

Endorsement menjadi metode dengan pemasaran produk yang berkembang serta semakin populer seiring dengan makin banyaknya pengguna media sosial.

Apalagi dengan poppularitas media sosial yang semakin kesini semakin meningkat sehingga akan memberikan panggung tersendiri.

Cara Agar Dapat Endorse
instagram.com/nandaarsynt

Tidak ada salahnya apabila dikemudian hari para selebgram dinilai dapat memberikan pengaruh yang lebih kuat dibandingkan para influencer lain khususnya untuk membeli produk maupun sekedar menggunakan jasanya.

Karena setiap influencer memasang tarif yang berbeda- beda untuk endorsement, maka semakin banyaknya usaha yang menggunakan jasa endorsement maka semakin meningkat pula tarifnya.

Tujuan Endorsement

Tujuan utama di lakukan endorsement pada pembisnis maupun produsen yaitu untuk meningkatkan penjualan pada produknya. Walaupun masing-masing dari mereka mempunyai tujuan tersendiri melakukan endorsement untuk kegiatan promosinya.

Selain itu, manfaat yang lain adalah pengenalan produk, branding hingga mendapatkan kepercayaan dari para calon konsumen karena menggunakan nama selebgram tersebut.

Yang melakukan promosi ini bukan hanya dari kalangan perusahaan besar saja, namun para pemilik usaha kecil juga bisa melalukan promosi untuk meningkatkan penjualannya.

Cara Agar Dapat Endorse

Hal-Hal yang Diperhatikan Jika Melakukan Endorsment

1. Jumlah Follower

Jumlah follower atau pengikut akan memberikan dampak yang besar di media sosial. Misalnya, ketika ingin melakukan endorsement dengan jumlah pengikut dua juta, kemungkinan iklan juga akan dilihat oleh dua juta orang.

2. Engagement Rate

Semakin besar engagement rate maka semakin besar juga peluang iklan untuk dilihat oleh banyak orang.

Selain itu, engagement rate juga dapat menyelamatkan pengiklan dari jumlah akun yang pengikutnya palsu ataupun fake. Karena banyak juga selebgram yang membeli followers guna meningkatkan harga endorsement.

3. Sosok Representatif

Para pembisnis ataupun produsen harus memperhatikan sosok yang akan dilakukan bekerja sama. Harus sesuai dengan pangsa produk yang dimiliki.

Hal ini, dapat dilihat dari intensitas posting yang disajikan oleh pemilik akun.

Contohnya, apabila ingin melakukan endorse produk make up, maka pilihlah selebgram yang mempunyai keterkaitan pada produk make up.

Sehingga, endorse yang dilakukan akan menjadi tepat sasaran.

4. Harga

Apabila sudah mempertimbangkan semuanya, selanjutnya mempertimbangkan harganya. Setiap selebgram mempunyai rate harga yang berbeda – beda dengan selebgram yang lain. Selebgram yang memiliki engagement rate tinggi akan mematok harga yang lebih tinggi juga.

Kelebihan Promosi dengan Cara Endorse

Kelebihan metode pemasaran dengan menggunakan cara endorse sebagai berikut :

1. Kegiatan Promosi Sangat Efektif

Bagi para selebgram kegiatan sehari – hari yang diunggah ke media sosial menjadi konsumsi masyarakat. Biasanya yang mempunyai pengikut banyak selalu memperhatikan kegiatan mereka,

2. Menghemat Biaya Pemasaran

Selain biaya jauh lebih hemat, dampak yang dirasakan juga besar darpada menggunakan media lain seperti radio maupun TV.

3. Meningkatkan Penjualan dan Jumlah Followers

Ketika selebgram memposting produk kecantikan, dapat dipastikan followers dari selebgram tersebut juga ingin menggunakan produk yang digunakan. Hal ini akan membuat produk laris manis.

Kekurangan Promosi dengan Cara Endorse

Kekurangan metode pemasaran dengan menggunakan cara endorse sebagai berikut :

1. Iklan yang dipasang tidak bertahan lama

Berbeda dengan melakukan promosi di media sosial, iklan yang dipasang akan lebih lama dibandingkan melalui endorsement.

Karena kebanyakan selebgram akan memasang endorsement di feeds ataupun di istagram story mereka sesuai dengan kontrak. Setelah kontrak selesai, unggahan akan dihapus.

2. Endorsement sulit dimonitor

Selebgram biasanya yang memegang data-data engagement rate di akunnya. Untuk mengetahuinya, harus menunggu laporan dari pihak selebgram.

Panduan Memilih Endorsement Sesuai Budget Promosi

Agar budget promosi tidak membengkak, ada beberapa langkah memilih endorsement yang sesuai sebagai berikut :

1. Perhatikan Budget Promosi

Awal memulai bisnis online jangan terburu – buru menghabiskan dana untuk endorse. Lakukan dengan menaikkan followers secara gratis atau menggunakan bantuan instagram Ads.

Karena biaya endorse tidak murah, apalagi jika jasa artis atau selebgram tersebut sudah terkenal. Budget yang dikeluarkan juga jutaan rupiah.

2. Tentukan Target Artis Endorse

Menentukan target selebgram harus dilakukan dengan baik, tidak boleh asal-asalan. Ketika menentukan target endorse secara tidak langsung berarti menentukan juga target pasar.

Misalnya, produk yang di endorse adalah jilbab. Maka target pasarnya adalah anak muda yang mempunyai latar belakang sama.

Apabila salah memilih selebgram hal ini akan menentukan target pasar yang tidak sesuai sasaran.

3. Usahakan Endorse Secara Rutin

Endorsement sebagai proses branding atau media promosi suatu produk. Sebaiknya dilakukan secara rutin. Semakin sering dilakukan maka semakin dikenal produknya oleh masyarakat. Sehingga tidak perlu repot menyakinkan kepada konsumen tentang bagusnya produk.

4. Sediakan Dana untuk Endorsement

Dalam bisnis, pemisahan dana perlu dilakukan seperti dana marketing, dana produksi dan laba yang didapatkan.

5. Pastikan Stok yang Dimiliki Cukup

Ketika melakukan endorse maka stok produk harus banyak, karena biasanya konsumen menginginkan produk yang sama seperti yang diiklankan para selebgram.

6. Mencatat Penjualan dengan Jurnal

Dengan mencatat menggunakan jurnal, maka mencatat seluruh transaksi bisnis mulai dari pembelian, penjualan hingga dapat melihat stok produk yang masih ada.

Cara Agar Dapat Endorse

Jenis-Jenis Endorsement

1. Endorse Berdasarkan Fitur yang Digunakan

Jenis-jenis endorse ada berbagai macam, semua tergantung kerjasama atau tawaran diantara kedua belah pihak.

  1. Fitur endorse yang sering digunakan adalah postingan foto selebgram bersama produk. Kemudian disertai dengan caption sesuai pesanan pemilik produk. Biasanya pemilik online shop akan mengirimkan naskah yang berisi tentang keunggulan produk tersebut.
  2. Postingan endorse berupa video. Bayarannya akan lebih mahal karena waktu dan biaya produksi yang lebih besar. Selain itu, selebgram juga diharuskan membaca narasi tentang produk yang akan diiklankan.
  3. Fitur insta story dan insta TV. Secara umum tarif endorse berbeda – beda sesuai dengan format iklannya. Akan tetapi banyak juga yang memberikan tariff paket yang disesuaikan dengan jangka waktu postingnya.

2. Endorse Berdasarkan Bentuk Kerjasama

Dilihat dari bentuk kerjasamanya, ada tiga jenis endorse yang diterapkan antara lain :

  1. Paid Promote
    Paid promote jenis endorse yang terkenal, yang dimana selebgram dikasih contoh produk kemudian memposting foto bersama produknya serta mempromosikannya. Selebgram tersebut akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kesepakatan awal.
  2. Sponsorship
    Sponsorship merupakan jenis endorse dimana pemilik produk memberikan fasilitas lebih kepada selebgram. Jenis endorse ini dilakukan oleh pemilik brand besar dan selebgram ataupun artis juga dikontrak secara eksklusif, agar tidak menerima kerjasama dengan produk lain.
    Contohnya seperti artis Raffi Ahmad dan Syahrini yang diberi fasilitas berwisata ke luar negeri secara gratis. Hal ini akan dianggap lebih meyakinkan dibandingkan sekedar postingan biasa.

3. Endorse Berdasarkan Jangka Waktunya

Ada beberapa jangka waktu yang diberikan oleh selebgram untuk mempertahankan postingan produk endorse. Secara umum postingan endorse akan dipertahankan selama satu bulan. Tetapi ada juga yang menawarkan durasi posting yang berbeda. Tergantung dari kebijakan masing-masing selebgram ataupun artis.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tarif Selebgram

Beberapa faktor yang mempengaruhi tarif endorsement yaitu :

1. Jenis Selebgram

Jumlah pengikut atau followers akan mempengaruhi biaya posting mereka. Dengan banyak pengikut makan akan menjadi mahal.

Meskipun ada beberapa jumlah followers tidak banyak, tetapi keterlibatan audiens tetentu bisa membuat konten lebih menarik. Maka secara tidak langsung akan membuat hubungan mereka lebih erat dengan pengikut mereka. Begitu juga produk yang mereka iklankan.

2. Tingkat Keterlibatan

Apabila selebgram mempunyai tingkat keterlibatan besar maka mereka juga memounyai jangkauan postingan yang lebih tinggi.

3. Pilihan Media Sosial

Setiap media sosial memiliki tarif yang berbeda – beda. Dimulai dari yang paling mahal yaitu Youtobe, instagram, facebook, twitter dan lain sebagainya. Menurut penelitian, Instagram merupakan saluran media sosial yang paling popular diantara yang lain.

4. Jenis Produk

Harga produk yang diiklankan akan mempengaruhi biaya pemasaran selebgram. Apabila produk yang diiklankan mahal maka tarifnya juga akan lebih mahal.

5. Permintaan Lain

Apabila selebgram meminta melakukan aktivitas tertentu seperti jalan jalan yang memuat lebih dari satu unggahan, mengedit video ataupun mengiklan di seluruh media sosialnya maka tarif yang dikenakan akan lebih mahal.

6. Cara Kolaborasi

Hal-hal yang diperhatikan ketika membahas tarif dengan selebgram :

  • Waktu yang digunakan untuk mencari, bernegosiasi serta membuat sampel
  • Tidak mempunyai jaminan, karena setelah melakukan transaksi hanya bisa menunggu dengan sopan dan tanggung jawab
  • Melakukan analitik secara manual

Cara Mendapatkan Endorse

1. Memilih topik yang sesuai

Niche atau topik khusus yang akan menjadi tema posting di sosial media. Contohnya seperti topik kesehatan, kecantikan, finansial, parenting dan lain sebagainya

Selebgram juga akan mudah membuat ide konten apabila memilih niche. Selain itu, pihak yang akan/ ingin bekerja sama juga jadi tahu apakah pas dengan produk mereka.

Contohnya seperti Elizabeth.zenifer yang memilih topik khusus tentang parenting. Dengan konten yang menarik maka akan banyak produk makanan maupun minuman anak yang bekerja sama.

Cara Agar Dapat Endorse
instagram.com/elizabeth.zenifer

2. Membangun personal branding

Dengan membangun personal branding yang baik maka dapat membangun reputasi di hadapan follower dan pihak-pihak yang bekerja sama atau mengendorse

Contohnya seperti tokoh selebgram Keanuagl, yang terkenal dengan ucapan serta tingkahnya yang suka marah-marah dan asal nyeblak tetapi sering mengundang tawa. Hal inilah personal branding yang dia bangun.

Cara Agar Dapat Endorse
instagram.com/keanuagl

3. Menentukan target audiens

Selain menentukan personal branding juga menentukan siapa saja audiens yang akan di tuju, pengguna usia berapa saja yang akan menjadi target. Apabila sudah ada target audiens, maka akan lebih gampang menentukan jenis konten-kontennya. Contohnya seperti selebgram Anita Noviyanti yang stylenya kekinian ala anak muda, apalagi ditambah caption yang sesuai dengan keseharian mereka para anak muda.

Cara Agar Dapat Endorse
instagram.com/anitanovyyy

4. Mengatur profil akun instagram

Yang pertama kali orang lain mengunjungi instagram yaitu profilnya, maka buatlah profil yang baik, seperti :

  • Foto yang jelas dan menarik
  • Informasi yang jeas di bio instagram
  • Tambahkan kontak yang dapat dihubungi untuk bisnis
  • Menambahkan link website, blog maupun channel youtobe yang dimiliki

5. Konten tidak melanggar

Tidak mendapatkan tawaran endorse apabila mempunyai konten yang melanggar kebijakan. Apabila tawaran yang masuk melanggar maka brand lain juga tidak akan melakukan promosi di akun yang dikelola. Maka jangan sekali-kali membuat konten yang melanggar kebijakan komunitas.

Cara Agar Dapat Endorse

Tarif Endorsement

Tarif endorsement berbeda – beda tergantung rata –rata views. Untuk foto sendiri tarifnya sebagai berikut :

  • Kategori Micro I dengan views sekitar 1.659 tarif rata – rata Rp. 1.321.454
  • Kategori Micro II dengan views sekitar 3.651 tarifnya Rp. 1.850.630
  • Kategori Micro III dengan views sekitar 7.277 tarifnya Rp. 2.557.654
  • Kategori Macro I dengan views sekitar 15.587 tarifnya Rp. 4.522.451
  • Kategori Macro II dengan views sekitar 35.933 tarifnya Rp. 7.220.000
  • Premium I dengan views sekitar 62.029 tarifnya Rp. 9.500.000

Tarif dengan video sebagai berikut :

  • Kategori Micro I dengan views sekitar 1.596 tarifnya Rp. 2.760.526
  • Kategori Micro II dengan views sekitar 3.651 tarifnya Rp. 4.188.690
  • Kategori Micro III dengan views sekitar 7.461 tarifnya Rp. 5. 547.059
  • Kategori Macro I dengan views sekitar 15.804 tarifnya Rp. 7.749.419
  • Kategori Macro II dengan views sekitar 35.722 tarifnya Rp. 12.331.132
  • Premium I dengan views sekitar 61.023 tarifnya Rp. 13.107.143
  • Premium II dengan views sekitar 86.742 tarifnya Rp. 18.970.588
  • Celebrity dengan views sekitar 357.758 tarifnya Rp. 27.718.750

Untuk unggahan instagram stories tarifnya sebagai berikut :

  • Kategori Micro I dengan views sekitar 1.660 tarifnya Rp. 983.333
  • Kategori Micro II dengan views sekitar 3.651 tarifnya Rp. 1.270.291
  • Kategori Micro III dengan views sekitar 7.514 tarifnya Rp. 1.570.604
  • Kategori Macro I dengan views sekitar 15.968 tarifnya Rp. 2.253.008
  • Kategori Macro II dengan views sekitar 36.245 tarifnya Rp. 4.089.583
  • Premium I dengan views sekitar 61.029 tarifnya Rp. 4.608.108
  • Preimum II dengan views sekitar 87.067 tarifnya Rp. 4.714.286
  • Celebrity dengan views sekitar 347.807 tarifnya Rp. 8.028.571

Nah, itulah penjelasan Mengenal Lebih Dalam Tentang Endorse dalam kehidupan bisnis maupun kehidupan sehari – hari. Semoga bermanfaat. Jika Grameds masih membutuhkan referensi untuk memahami tentang Endorse sampai manfaatnya maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di http://gramedia.com

BACA JUGA:

  1. Mengenal Social Media Marketing dan Strategi Jitu Meningkatkan Promosi 
  2. Content Marketing: Pengertian, Bentuk, Kesalahan Umum 
  3. Pengertian Digital Marketing dan 7 Kelebihannya 
  4. Affiliate Marketing: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya
  5. Daftar Buku Digital Marketing Best Seller 2022 di Gramedia 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda