in

Kenali Dompet Digital Terbaik Di Indonesia dan Dunia

Dompet digital – Kita mulai jarang memakai dompet fisik konvensional dan beralih ke dompet digital demi keamanan dan kenyamanan. Smartphone, tablet, laptop, dan smartwatch adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di dunia digital. Orang dapat menggunakan perangkat ini untuk banyak tugas sehari-hari, seperti memeriksa email, mengakses rekening bank, dan melakukan pembelian, dengan dan tanpa kartu kredit fisik.

Revolusi dompet digital telah tiba, dan semakin banyak bisnis relevan yang memasuki pasar. Saat metaverse terus berkembang, pembayaran digital melampaui pembayaran di dalam toko dan touchless online karena orang dapat menyimpan informasi pembayaran, baik mata uang kripto dan mata uang digital secara langsung di platform untuk toko virtual.

Baru-baru ini, Meta mengumumkan perluasan dompet digitalnya, Meta Pay, untuk metaverse dengan menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan informasi pembayaran berkali-kali dan mempercepat pengeluaran konsumen. Dompet digital ini juga akan menyimpan barang virtual di metaverse.

Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan dompet digital? Untuk mengetahuinya, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai, Grameds.

Apa Itu Dompet Digital?

Dompet digital menyimpan informasi pembayaran di perangkat seluler, termasuk rekening bank, kartu debit, dan kartu kredit. Pembayaran touchless semakin populer selama pandemi dan membantu meningkatkan penggunaan dompet digital.

5 Dompet Digital Terbaik di Indonesia

Kita bisa bertransaksi tentang apa saja dengan mudah, seperti bayar BPJS, tagihan TV, belanja online, PLN, dan lainnya, dengan adanya dompet digital. Tak cuma itu, kita juga akan mendapatkan berbagai macam promo, seperti diskon atau cashback selain hanya sekadar melakukan berbagai transaksi secara non tunai.

Banyaknya produk dompet digital saat ini menawarkan berbagai keunggulan dan fitur yang cukup membuat kita berpotensi bingung akan menjadi pelanggan yang mana. Meski begitu, mari kita lihat daftar 5 dompet digital terbaik di Indonesia versi Ponselio dan fiturnya!

  1. GoPay
  2. OVO
  3. DANA
  4. LinkAja
  5. ShopeePay

Lebih lengkapnya, mari lihat dalam ulasan berikut:

1. GoPay

Google Play

Mungkin, Grameds sudah bisa menebak GoPay yang merupakan bagian dari aplikasi GoJek ini. Ia merupakan salah satu layanan dompet digital yang masif di Indonesia. GoPay menyediakan berbagai fitur terbaru untuk berbagai transaksi, tak cuma untuk membayar layanan GoJek.

Adapun, terdapat dua kategori yang membagi akun yang ada di GoPay, yakni akun GoPay standar yang cuma mampu menampung saldo transaksi sampai dua juta, serta akun GoPay Upgrade yang bisa menampung hingga maksimal 10 juta saldo.

Berikut transaksi yang bisa dilakukan dengan layanan GoPay sebagai dompet digital:

Layanan dari Gojek.

Pembayaran belanja di toko maupun mitra usaha dari GoPay.

Fitur PayLater untuk pelanggan.

Transfer ke sesama pengguna GoPay maupun ke bank lainnya.

Menariknya, GoPay saat ini juga sudah tersedia di marketplace Tokopedia. Tentu saja, ini bisa terjadi berkat merger yang terjadi antara perusahaan Gojek dan Tokopedia yang melahirkan satu grup raksasa.

2. OVO

Google Play

Selanjutnya, ada OVO yang merupakan salah satu dompet digital Indonesia yang sistem pembayarannya berbasis seluler. Pengguna OVO dan vendor yang menerima pembayaran OVO juga tak berbeda jauh dengan GoPay.

Selain itu, Grameds juga bisa memperoleh berbagai kemudahan ketika memakai OVO, misalnya:

Bisa menggunakan OVO Poin untuk dikumpulkan dan membayar sesuatu. Satu OVO poin setara dengan Rp1.

Terdapat update terkait promo dan penawaran eksklusif.

Harus melakukan peningkatan ke akun OVO Premier agar bisa bertransaksi secara peer to peer dan dapat mentransfer bank sampai menyimpan saldo hingga Rp 10 juta.

Top up saldo OVO bisa dilakukan dengan memakai internet banking, ATM, m-banking, sampai kartu debit.

Berbagai macam transaksi seperti pembayaran tagihan, listrik, pulsa, dan lain sebagainya bisa dilakukan.

3. DANA

Google Play

Berikutnya, ada layanan dompet digital DANA yang secara fungsi tak jauh berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya. Meski begitu, terdapat fitur menarik seperti DANA bisnis dan DANA Enterprise bagi bisnis atau UMKM.

Tujuan dari DANA Bisnis ialah untuk menerima pembayaran cashless. Di samping itu, DANA Enterprise bertujuan agar data keuangan perusahaan menjadi lebih rinci, mulai dari mobile app merchant, detailed transaction report, sampai all in one dashboard.

Selain itu, DANA juga bisa dipakai untuk berbagai keperluan transaksi, misalnya membayar dengan barcode, bayar tagihan, sampai belanja di e-commerce.

4. LinkAja

Google Play

DIterbitkan oleh perusahaan PT Fintek Karya Anak Bangsa alias Finarya, aplikasi LinkAja dapat disebut sebagai salah satu layanan dompet digital terbaik yang tersedia di Indonesia. Hal yang menarik darinya ialah aplikasi ini merupakan produk yang dipunyai oleh perusahaan terbesar di Indonesia, yakni Bank Mandiri. Tak heran, banyak kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan dalam bertransaksi kebutuhan sehari-hari di sini.

Hampir seluruh kategori transaksi non tunai tersedia di aplikasi ini, mulai dari transaksi belanja makan dan minum, bayar transportasi, tagihan listrik, pulsa, BPJS, sampai kebutuhan harian lainnya.

5. ShopeePay

Google Play

Saat ini, ShopeePay juga tengah naik daun dan menjadi salah satu layanan dompet digital paling digandrungi di Indonesia. Ia merupakan salah satu layanan yang tersedia untuk membayar transaksi online shopping di marketplace Shopee.

Tak hanya online, ShopeePay juga bisa dipakai untuk berbagai transaksi online di merchant yang sudah bekerja sama dengan ShopeePay. Meski begitu, pembeda layanan ShopeePay dan yang lainnya ialah kembalian dana yang bisa diberikan dalam bentuk poin.

Dompet Digital Terbaik di Dunia

Nah, Grameds, setelah mengetahui jenis dompet digital terbaik di Tanah Air, bagaimana dengan dompet digital secara global? Mari kita ulas peringkatnya di bawah ini.

1. Amazon Pay

Amazon Pay menjadi salah satu e-wallet yang paling banyak diterima dan digunakan secara luas berkat jangkauan Amazon. Ia terintegrasi ke dalam mekanisme pembayaran dompet lokal dan memberikan pengalaman bayar lewat kartu dan rekening bank. Proses pembayaran di toko Amazon pun menjadi sangat cepat dengan adanya Amazon Pay ini.

Fitur

  • Akun Amazon bisa dipakai berbelanja di ribuan situs mitra
  • Pembayaran super cepat lewat aplikasi, situs web, dan Alexa.
  • Perlindungan yang lengkap untuk pembelian yang memenuhi syarat.
  • Tersedia sebagai dompet digital seluler, web, maupun Alexa.
  • Pembayaran bisa diatur terjadwal dan berulang, serta membagi tagihan.

2. Google Pay

Salah satu nama yang paling mendominasi dalam teknologi, termasuk dalam pembuatan artikel ini: Google, ialah yang menawarkan aplikasi pembayaran Google Pay yang paling banyak digunakan. Demi memenuhi aturan, bahkan terdapat versi yang berbeda untuk tersedia di negara tertentu. Dirancang dengan baik, aplikasi ini intuitif dan sarat dengan fitur.

Grameds bisa menggunakan rekening bank dan kartu kredit untuk menambah saldo dompet digital yang satu ini, yang juga memungkinkan transfer yang mudah dari dan ke rekening bank. Google Pay juga tersedia lewat Google Assistant dan perintah suara pada perangkat yang berbasis Android dan aplikasi seluler

Fitur

  • Pembayaran cepat.
  • Kompatibel dengan PayPal.
  • Punya berbagai lapisan keamanan.
  • Pembayaran cepat di Google Play Store dan dalam aplikasi.
  • Mendukung transaksi berbasis suara, Kode QR, dan nomor Ponsel.
  • Pengingat dan pembayaran tagihan otomatis.
  • Tidak ada biaya.
  • Integrasi API yang mudah untuk developer.
  • Menawarkan cashback dan hadiah yang tak tanggung-tanggung.
  • Didukung oleh semua platform seluler utama.

3. PayPal

Salah satu platform pembayaran tertua dan satu-satunya yang bertahan dari gelembung teknologi tahun 1990-an, PayPal sekarang tersedia sebagai aplikasi yang nyaman dan mudah digunakan. Kita sekarang dapat menggunakan PayPal untuk pembayaran mikro, belanja offline dan online, dan membagi tagihan dengan teman.

Fitur

  • Platform tertua dan paling andal.
  • Sangat aman.
  • Proses checkout cepat.
  • Manajemen informasi yang hebat.
  • Tidak ada biaya untuk menggunakan aplikasi.
  • Diterima di seluruh dunia.

4. Apple Pay

Kini, Apple menawarkan berbagai teknologi dalam lingkup pembayaran, seperti Apple Cash, Apple Card, sampai Apple Pay. Dengan mulus, layanan ini berkolaborasi satu sama lainnya dan bekerja sama dengan lancar dalam App Store. Dengan menautkan Apple Pay ke kartu debit atau bank, kita bisa mulai menggunakan aplikasi ini dengan aman.

Fitur

  • Keamanan lebih baik daripada kebanyakan tempat untuk mengamankan perangkat dan transaksi.
  • Pemantauan real-time dan pendeteksi penipuan.
  • Dapat mengajukan klaim untuk transaksi tidak sah dalam waktu 90 hari.
  • Tim pendukung khusus.
  • Bekerja dengan sebagian besar bank dan kartu.
  • UI/UX yang intuitif.
  • Model yang kompatibel lebih tinggi dari 5s.
  • Tidak ada dukungan untuk checkout belanja online.
  • Transfer P2P terbatas hanya untuk pengguna Apple.

5. Venmo

Venmo adalah satu-satunya aplikasi global pusat yang mendukung pembayaran dan transfer berbasis SMS. Versi gratis membatasi transaksi mingguan, sementara akun terverifikasi dapat mengirim hingga USD 3.000/minggu. Pendekatan terfokus dengan eksekusi yang solid menjadikan Venmo pesaing yang jelas untuk pemimpin pasar di sebagian besar pasar tempat Venmo hadir.

Fitur

  • Jaringan orang-orang yang dapat dipercaya.
  • Daftar pedagang yang disetujui.
  • Lakukan pembayaran P2P dan minta pembayaran dari media sosial.
  • Transfer dana ke rekening bank.
  • Keamanan terhadap transaksi yang tidak sah.
  • Biaya standar dibebankan untuk top-up kartu kredit.
  • UX intuitif.
  • Pembayaran cepat.
  • Mudah untuk dipelajari.

6. Cash App

Square Cash, atau Cash App, adalah aplikasi kaya fitur dan dimuat dengan desain sederhana. Ini memungkinkan semua transfer uang biasa dan akan memungkinkan kita untuk berinvestasi dan menghasilkan keuntungan dalam perdagangan Bitcoin.

Seperti namanya, ini benar-benar pengganti uang tunai. Tidak ada biaya yang dikenakan untuk mentransfer dana dari Cash App ke rekening bank karena berfungsi seperti kartu debit.

Fitur

  • UI yang mudah digunakan.
  • Pembayaran aman.
  • Tukar tambah mata uang kripto.
  • Berinvestasi dalam saham dan kelas aset lainnya.
  • Hanya tersedia di AS.

7. Zelle

Zelle merupakan aplikasi yang mesti dimiliki semua pengguna yang tinggal atau bekerja di Amerika Serikat. Aplikasi ini dibuat untuk konsorsium bank yang berbasis di Eropa dan AS. Sebab itulah, ia memungkinkan penggunanya untuk mengakses rekening bank di salah satu bank konsorsium dengan sangat mudah. Semua tanda terimanya dikreditkan ke rekening bank tertaut secara otomatis.

Fitur

  • Transfer dana instan antar jaringan bank mitra.
  • Transaksi P2P secara real-time di bank mitra.
  • Keterlibatan pelanggan meningkat.
  • Interface yang mudah digunakan.
  • Bank penerima dan pengirim yang harus bermitra.
  • Tidak bisa digunakan untuk belanja offline dan online.
  • Tidak mendukung pembayaran internasional.

8. AliPay

AliPay pernah dianggap sebagai inovasi dan memimpin pemikiran dalam dunia pembayaran lewat e-wallet. Platform ini punya 1 miliar lebih pengguna di seluruh dunia! Tak heran, ia memang menawarkan solusi pembayaran yang cepat, aman, dan mudah. Jika menggunakan AliPay, bisa mendapatkan keamanan terbaik sesuai kelasnya, penggantian 100 persen jika terjadi transaksi tidak sah, serta perlindungan pembayaran sampai 90 hari.

Fitur

  • Teknik enkripsi tingkat lanjut.
  • Kerangka manajemen risiko yang kuat.
  • Pemantauan transaksi, risiko, dan peluang investasi secara real-time.
  • Tim pendukung khusus.

9. Samsung Pay

Dikembangkan oleh Samsung, pemimpin dunia dalam pembuatan perangkat keras, Samsung Pay adalah salah satu aplikasi terbaik untuk melakukan belanja online atau dalam aplikasi. Platform ini dapat dengan mudah dihubungkan ke kartu kredit kita dan melakukan pembayaran di mesin PoS. Sebab itu, tidak dapat digunakan secara sosial untuk biaya P2P.

Fitur

  • Basis pengguna siap pengguna ponsel Samsung.
  • Program hadiah besar.
  • Voucher dari katalog penukaran.
  • Tiga tingkat keamanan: pemindai Iris, tokenisasi digital, dan Samsung KNOX.
  • Pembayaran melalui pilihan Show Code, Scan Code, dan Send Money.

10. PayTM

Meskipun basis pengguna utama PayTM adalah India, pendukung globalnya memungkinkannya menjadi pasar yang siap di yurisdiksi internasional. Sekarang, PayTM tersedia di Kanada dan Jepang, selain India. PayTM juga menjadi salah satu aplikasi pembayaran paling banyak digunakan dan terpercaya, penggunanya tembus 450 juta!

PayTM menawarkan dompet, platform e-Commerce, pemesanan tiket, pembayaran biaya sekolah, dan layanan perbankan. Baru-baru ini, ia juga meluncurkan operasi pialang investasi.

Fitur

  • Bayar tagihan dan isi ulang.
  • Bisa mengatur pengingat, peringatan, sampai isi ulang saldo e-wallet secara otomatis.
  • Digunakan untuk memesan penerbangan dan hotel.
  • Menawarkan layanan premium seperti rekening Bank PayTM untuk penarikan uang dengan mudah.
  • Kartu kredit merek bersama.

Satu Dompet Digital untuk Semua

Revolusi seluler di ruang smartphone telah mendekatkan orang bahkan ketika mereka terpaksa berada di kejauhan. Transaksi digital memungkinkan roda perekonomian bergeser bahkan pada saat-saat terburuk. Sekarang Gramrds tidak perlu berdiri di antrean ATM, mengunjungi cabang bank, atau menulis cek untuk melakukan pembayaran.

Yang kita butuhkan saat ini hanyalah smartphone yang bisa melakukan pembayaran, seperti ke teman, toko lokal, belanja online, tagihan listrik, bahkan sampai investasi.

Dompet seluler atau dompet elektronik dapat mengakses rekening bank kita atau kartu yang disimpan untuk membebankan biaya atas transaksi apa pun. Kita dapat melakukan pembayaran sekecil beberapa rupiah untuk camilan hingga jutaan rupiah untuk pemesanan tiket.

Mengapa Kita Harus Menggunakan E-Wallet?

Inilah beberapa alasan tangguh yang membuat kita merasa harus menggunakan e-wallet!

  1. Aplikasi seluler E-Wallet
  2. Pembayaran tagihan otomatis
  3. Tidak perlu aplikasi terpisah
  4. Hadiah penggunaan dan loyalitas
  5. Bayar ke orang lain
  6. Bayar ke diri sendiri
  7. Menerima uang
  8. Bayar ke toko online
  9. Tanpa biaya (atau biaya rendah)
  10. Batas pembayaran tinggi
  11. Mendukung transaksi internasional
  12. Mendukung pembayaran online
  13. Aman
  14. Bisa untuk pre-order

Penutup

Menarik sekali saat kita bisa menikmati dan turut mengembangkan teknologi hingga tercipta fitur-fitur seperti e-wallet yang sangat praktis. Perkembangannya menjadi bukti bahwa dunia terus berubah dan kita berharap itu ke arah yang lebih baik.

Kunjungi situs Gramedia.com untuk koleksi buku menarik dan berkualitas, sambil membaca artikel bermanfaat di blog kami. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

 

Link



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy