in

4 Tips Jitu Agar Tidak Mudah Mengantuk Saat Kerja di Rumah / Kantor

sumber foto header: Cultivating Careers

Tips agar tidak mudah mengantuk saat kerja – Pernah nggak sih, kamu merasa sulit banget untuk fokus bekerja di kantor? Akhirnya, kamu malah melakukan hal-hal yang nggak perlu: cek media sosial, asyik ngobrol dengan kanan dan kirimu, atau mengantuk dan cuma ingin tidur.

Akhirnya? Kamu malah menunda pekerjaanmu dan berakhir mengerjakannya ketika pulang kantor.

Banyak distraksi di sekitar meja kerjamu yang membuatmu jadi tak bisa fokus. Belum lagi kebiasaanmu untuk begadang hingga larut malam.

4 Tips Jitu Agar Tidak Mudah Mengantuk Saat Kerja di Rumah / Kantor

Bagaimana cara mengubah kebiasaan-kebiasaan itu, dan jadi produktif di waktu kerja? Simak kiat-kiatnya di bawah ini.

1. Sarapan yang Cukup

Menyempatkan waktu untuk sarapan memang tak mudah. Apalagi jika rutinitas pagimu sudah padat dan kamu mesti terburu-buru berangkat kantor.

Padahal sarapan adalah sesi makan yang paling penting setiap harinya. Seperti halnya mobil yang butuh bensin, kamu juga butuh energi setelah kamu tak mengonsumsi apa pun di malam hari.

Berbagai studi menunjukkan bahwa sarapan dapat meningkatkan ingatan dan konsentrasi, meningkatkan mood kita, dan merendahkan level stres.

Untuk orang dewasa, jumlah kalori yang dibutuhkan ketika sarapan adalah sebanyak 2.500 kkal bagi laki-laki, dan 2.000 kkal bagi perempuan.

2. Olahraga di Sela Waktu Bekerja

Ketika kamu merasa ngantuk, mungkin hal pertama yang kamu akan lakukan adalah meminum kopi. Padahal, mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat membuatmu merasa gelisah dan berakhir sulit fokus.

Alternatif cara lain agar kamu tetap melek di kantor adalah dengan berolahraga di sela-sela waktu bekerja.

Menurut sebuah penelitian, berolahraga selama 30 detik dapat meningkatkan energi sebanyak jika kamu meminum satu gelas kopi. Kamu jadi tak perlu repot-repot mengeluarkan uang lebih agar tubuhmu lebih berenergi.

Olahraga yang dapat kamu lakukan bisa sesederhana melakukan stretching, berlari-lari kecil di tangga kantormu, atau mencari ruang untuk kamu melakukan sit-up dan push-up.

3. Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi dapat membuatmu merasa lelah. Pasalnya, aliran oksigen ke dalam otakmu berkurang, sehingga jantungmu perlu bekerja lebih keras untuk memompa oksigen ke seluruh organ tubuhmu.

Terdapat beberapa opini tentang seberapa banyak kamu mesti minum air putih setiap harinya. Beberapa pakar kesehatan menyarankan untuk meminum 8 gelas air putih per hari, yaitu sekitar 2 liter air.

Ada pula yang menyarankan untuk meminum air secara rutin sepanjang hari, bahkan ketika kita tak merasa haus.

Banyak faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi seberapa banyak kamu mesti minum air setiap harinya. Yang penting, jangan biarkan tubuhmu merasa kehausan!

Baca juga : Mari Belajar Hidup Sederhana dari Orang-Orang Terkaya di Dunia

4. Aturan Dua Menit

Seringkali, kamu menunda-nunda pekerjaanmu karena kamu merasa bebannya terlalu besar untuk diselesaikan. Kamu bisa mencoba aturan 2 menit yang akan mendorongmu untuk tak menunda-nunda pekerjaanmu lagi.

Jika pekerjaanmu dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari dua menit, kerjakan sekarang juga. Banyak hal yang bisa kamu selesaikan dalam dua menit, seperti membuat to-do list untuk hari itu, merapikan kalendar dan menentukan deadline pekerjaan, hingga mengirim email.

Ingatlah: menyelesaikan satu pekerjaan sederhana membuatmu semakin dekat menyelesaikan goals-mu hari itu.Ketika kamu telah memulai mengerjakan hal-hal yang terkesan sepele, kamu pun jadi keterusan untuk menuntaskannya.

Sebagaimana yang dikatakan Isaac Newton: obyek yang diam cenderung untuk tetap diam, sementara obyek yang bergerak cenderung untuk tetap bergerak.

Jadi, mulai bergeraklah!


 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda