in

7 Cara Membuat CV Online Mudah Tanpa Software, Gratis!

Cara Membuat CV Online – Curriculum Vitae (CV) atau yang dikenal dengan daftar riwayat hidup adalah salah satu dokumen penting yang harus kamu siapkan ketika akan melamar pekerjaan, internship (magang), atau melamar beasiswa. Daftar riwayat hidup ini berisi, nama, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, dan keterampilan-keterampilan yang kamu kuasai.

Biasanya Curriculum Vitae (CV) dilampirkan menjadi satu dengan surat lamaran pekerjaan. Hal ini ditujukan agar perusahaan dengan mudah mengetahui siapa pelamar di perusahaan tersebut dan nantinya CV tersebut akan dijadikan sebagai acuan dalam wawancara.

Pada saat melamar pekerjaan, biasanya curriculum vitae menjadi komponen utama yang dilihat oleh Human Resource Department (HRD). Tidak hanya isinya yang menjadi perhatian HRD dan tim rekrutmen, namun juga keseluruhan dari CV termasuk tampilannya. Semakin menarik CV yang kamu buat, semakin besar peluang untuk mendapatkan panggilan wawancara dari HRD.

Ada beberapa faktor yang menentukan CV kamu dianggap layak untuk dipertimbangkan oleh tim rekrutmen.

Langkah-langkah Buat CV

cara buat cv online

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat membuat CV antara lain:

1. Buat personal statement

Buatlah personal statement pada bagian atas CV dan deskripsikan diri kamu secara singkat mengenai apa minat terbesarmu serta kemampuan dam bidang dan industri yang ingin kamu lamar

2. Cantumkan informasi yang mendukung

Perhatikan posisi dan pekerjaan yang kamu ingin lamar, pilihlah kemampuan dan pencapaian yang sekiranya dibutuhkan untuk posisi dan pekerjaan tersebut. Misal, ingin mendaftar di posisi jurnalis, kamu bisa mencantumkan pengalaman menjadi staf publikasi dan dokumentasi di kegiatan-kegiatan kampus.

3. Ukurlah kemampuan dan pencapaianmu

Kamu perlu mengukur secara konkret pencapaian-pencapaian yang telah diraih dan kemampuan dalam setiap pengalaman yang kamu cantumkan.

4. Hindari CV yang terlalu panjang berlembar-lembar

Maksimal 2 halaman. Hal ini akan sangat membantu tim rekrutmen atau HRD dalam membaca dan memeriksa poin penting yang menjadi pertimbangan CV kamu. Tim rekrutmen memiliki waktu yang terbatas untuk membaca CV, surat lamaran yang masuk ke perusahaan.

5. Jujur

Pengalaman yang kamu cantumkan harus diisi dengan jujur berdasarkan pengalaman yang kamu pernah menjalaninya. Yang penting adalah bagaimana kamu bisa mempresentasikan pada saat sesi wawancara dan menerapkan ilmunya di dunia kerja.

6. Desain Clean dan Profesional

Desain yang lega dan bersih membuat desain CV kamu terlihat lebih menarik. Pilihlah desain yang simple namun elegan, jangan terlalu ramai warna dan gambar.

7. Sesuaikan CV kamu dengan tipe industri dan perusahaan yang ingin dituju

Ada yang mengatakan CV harus dibuat sekreatif mungkin dan ada juga yang mengatakan cukup dibuat sederhana. Tidak ada aturan pasti, yang penting kamu harus melakukan penyesuaian konten dan desain CV kamu dengan karakter perusahaan yang dituju. Oleh karena itu, kamu perlu riset terlebih dahulu.

8. Gunakan Bahasa Yang Mudah Dimengerti

Gunakan bahasa dan istilah yang mudah dimengerti. Untuk mendeskripsikan sesuatu, dianjurkan menggunakan kata-kata yang profesional tetapi dituliskan dalam kalimat yang sederhana.

gramedia back to kampus

9. Gunakan Foto yang Profesional

Meskipun menampilkan foto dalam CV bukan suatu kewajiban, tapi sah-sah saja jika kamu mencantumkannya. Apabila kamu tidak ingin mencantumkan foto resmi dengan background merah atau biru. Kamu bisa menggunakan foto casual dengan wajah yang tetap terlihat jelas dan tidak menggunakan filter yang tidak perlu.

10. Double check

Menurut survei di Amerika tahun 2016, hampir 60% lamaran pekerjaan yang dibaca perekrut mengandung kesalahan penulisan (typo). Selain mengurangi profesionalitas, typo juga bisa menyebabkan kesalahan fatal lain seperti kesalahan info, atau bahkan lamaran kamu tidak terkirim ke penerima yang ditujukan.

Kesalahan yang Tidak Boleh dilakukan Saat Buat CV

1. Jangan tuliskan informasi pribadi yang tidak perlu

Tulislah identitas nama lengkap, nomor telepon, domisili, email, atau akun media sosial yang bisa dihubungi. Hal ini akan memudahkan tim rekrutmen untuk menghubungi kamu untuk panggilan interview hingga diterima kerja.

2.Jangan tuliskan informasi yang tidak relevan

Meskipun kamu aktif di berbagai organisasi atau menjadi volunteer di berbagai kegiatan, tapi jangan sampai kamu memasukkan pengalaman yang tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar.

3. Tidak detail

Hindari kalimat yang rancu seperti memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik atau mampu berbahasa Inggris. Lebih baik berikan contoh konkrit mengenai apa kemampuan yang kamu miliki dan bagaimana kamu melatihnya.

4. Terlalu panjang

Jika CV kamu terlalu panjang dan banyak informasi yang tidak relevan maka akan membuat tim rekrutmen kehabisan waktu membaca CV kamu.

5. Memuat informasi hoaks

Apabila kamu mencantumkan kemampuan dan pencapaian palsu, bukan berarti HRD atau tim rekrutmen akan langsung menerima, justru akan menjadi bumerang untuk kamu sendiri dan ketika kamu tidak bisa menerapkan ilmu tersebut di dunia kerja kamu bisa di-blacklist karena ketahuan berbohong.

6. Jangan gunakan desain yang terlalu ramai dan mencolok

Desain yang terlalu ramai dan warna yang mencolok membuat CV kamu terlihat sesak. Hindari terlalu banyak menggunakan jenis font, warna dan grafik.

7. Jangan sampai copy-paste

Jangan gunakan satu CV yang sama untuk mendaftar ke beberapa perusahaan lain dengan industri yang berbeda. Kamu perlu menyesuaikan konten serta desain CV dengan perusahaan atau industri masing-masing.

8. Jangan gunakan bahasa yang tidak konsisten

Misalkan yang diminta tim rekrutmen CV berbahasa Inggris, cukup kirimkan CV yang berbahasa Inggris. Jangan mencampur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu CV. Cukup puluh salah satu.

9. Jangan gunakan foto selfie.

Gunakan foto pada CV dengan foto yang professional dan tidak bermacam-macam gaya.
Jangan langsung kirim CV tanpa recheck.

Kamu perlu memastikan bahwa CV yang akan kamu kirim tidak ada kesalahan penulisan (typo) dalam aspek apapun untuk menghindari kesalahpahaman dengan HRD atau tim rekrutmen.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Cara Mudah Membuat CV Online Mudah Tanpa Software

Untuk membuat Curriculum Vitae (CV) secara online, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mendesain dan mengatur formatnya karena di dalam aplikasi atau website di bawah sudah disediakan template atau beragam contohnya.

Sobat Gramedia, simaklah beberapa tutorial di bawah ini :

1. Cara Buat CV dengan Canva

cara buat cv online

Link : www.canva.com

Aplikasi Canva bisa digunakan untuk membuat Curriculum Vitae online secara gratis. Aplikasi memiliki beragam template yang bisa kamu gunakan sesuai dengan CV yang kamu perlukan. Canva bisa digunakan melalui smartphone maupun komputer atau laptop. Kamu juga bisa langsung membuat CV dengan membuat akun di laman canva.com.

Fitur-fitur yang ada di Canva antara lain:

  • Template siap pakai
    Ketersedian template yang beragam membuat jutaan orang menggunakan fitur yang ada pada Canva. Walaupun ada beberapa yang berbayar, opsi gratis pun sudah cukup pilihan. Pilihan gratis Canva tidak akan habis meskipun dipakai untuk desain CV yang berbeda setiap minggunya. Banyak pilihan, tinggal bagaimana kreativitas kamu merancang CV yang menarik.
  • Font
    Kamu bisa mengubah teks termasuk jenis hurufnya. Berbagai pilihan jenis huruf (font) yang bisa kamu pilih sesuai selera.
  • Warna
    Apabila font yang kamu inginkan sudah dipilih, kamu juga bisa mengubah warna teksnya. Pilihan warna juga beragam.
  • Format
    Format juga tersedia pada aplikasi canva sehingga pengguna bisa memilih untuk menampilkan teks dalam tebal, cetak miring, atau capital. Terdapat pilihan perataan, rata kanan, kiri, atau tengah. Canva juga menyediakan opsi spacing.
  • Background
    Canva memiliki banyak opsi untuk mengubah tampilan background. Kamu bisa mengambil foto dari galeri memori internal, gambar dari Canva, warna solid atau juga pemanis berupa filter yang telah disediakan Canva.
  • Duplikasi
    iFitur duplikasi memudahkan pengguna untuk mempercepat duplikasi pengaturan teks di mana pengguna hanya tinggal mengganti isi teks duplikasi dengan teks yang baru.
  • Share dan Download
    Fitur share berarti membagikan CV yang telah kamu buat dan di saat bersamaan Canva juga akan mengunduh CV ke memori internal. Kamu juga bisa membagikan CV yang telah dibuat ke berbagai layanan pihak ketiga.

Nah, jika kamu sudah memiliki akun Canva maka bisa langsung membuat CV online dengan cara berikut.



Langkah-langkah membuat CV online dengan Canva

  • Pilih dari pustaka Canva atau melalui template-template CV yang telah disediakan di dalam
  • Canva atau desain dari awal dengan template A4 kosong.
  • Klik kotak teks untuk menambahkan pengalaman profesional yang pernah kamu miliki dengan mudah pada template yang tersedia.
  • Sesuaikan warna, font, dan tata letak sesuai kebutuhan kamu.
  • Setelah selesai, kamu hanya perlu mengunduh CV lamaran kerja dalam format apapun sesuai yang kamu butuhkan, sematkan secara online atau cetak.

2. Cara Buat CV Online dengan BikinCV.com

cara buat cv online

Link : https://www.bikincv.com/

BikinCV merupakan sebuah platform untuk membuat Curriculum Vitae (CV) secara online dengan praktis. Pengguna hanya perlu mengisi data dengan lengkap kemudian CV bisa didownload dalam bentuk PDF. Pada aplikasi ini disediakan berbagai template yang menarik yang kamu bisa pilih sesuai selera.

Langkah-langkah membuat CV dengan BikinCV

  • Login ke dashboard BikinCV di laman www.bikincv.com
    Isi data, pengguna akan diminta untuk mengisi form data diri, foto terbaru, riwayat pendidikan, hobi, riwayat pekerjaan, kemampuan dan beberapa data lain untuk melengkapi CV.
  • Pilih desain, pada bagian ini kamu bisa memilih desain sesuai selera. Beragam desain CV menarik yang bisa kamu pilih dengan berbagai warna.
    Setelah semua tahapan selesai, kamu bisa mendownload CV melalui dashboard.

3. Cara Buat CV dengan Kickresume

kickresume - buat cv online

Kickresume merupakan salah satu aplikasi untuk membuat Curriculum Vitae (CV) dengan berbagai desain yang unik dan menarik. Aplikasi ini juga bisa digunakan pengguna secara gratis dan tanpa membuat akun pun bisa. Untuk pemula, kickresume sangat direkomendasikan karena toolsnya yang mudah dipahami.

Langkah-langkah :

  • Klik pada laman https://www.kickresume.com
  • Isi data diri secara lengkap
  • Apabila data sudah terisi dengan lengkap, kamu bisa mengunduhnya sebagai PDF.

Pada aplikasi Kickresume tersedia fitur grammar checker di mana bisa memudahkan pengguna yang akan membuat CV dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menyesuaikan CV dengan background dan pekerjaan yang kamu lamar. Apabila ingin lebih mudah, Kickresume juga bisa membuat CV melalui data LinkedIn kamu.

4. Cara Buat CV dengan Zety.com

Salah satu situs yang tidak kalah menarik dalam pembuatan CV adalah Zety. Pada situs ini sebelum membuat CV secara online, kamu bisa mendapatkan tips atau rekomendasi dari tim rekrutmen profesional. Zety juga menyediakan berbagai jenis template yang membuat pengguna bisa leluasa memilih.

Langkah-langkah membuat CV dengan Zety.com

  • Kamu bisa ke laman ww.zety.com
  • Kamu harus login terlebih dahulu, apabila belum memiliki akun, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Kamu bisa menghubungkan ke google account, facebook, atau twitter.
  • Kemudian kamu bisa memulai membuat CV sesuai yang kamu inginkan sesuai kreativitas.
  • Apabila kamu baru memulai membuat CV, maka Zety akan memberikan berbagai tips, pada bagian atas template terdapat kolom tips yang bisa kamu baca.
  • Setelah kamu membuat CV dari template yang tersedia, kamu bisa mengunduhnya.

5. Cara buat CV dengan CVMaker

Situs pembuatan CV online secara gratis lainnya adalah CV Maker. Tidak perlu mendaftar dengan akun baru untuk login, kamu bisa memulai login dengan akun facebook. Kamu bisa menikmati beragam template yang disediakan CV Maker. Situs ini terkenal lebih mudah dibanding situs-situs yang lain. CV Maker bisa menyimpan CV dalam format PDF, HTML, dan TXT.

Langkah-langkahnya :

  • Login ke situs https://cvmkr.com atau kamu bisa login dengan akun facebook.
  • Kemudian kamu pilih creat CV.
  • Buat CV sesuai kreativitas kamu.
  • Setelah selesai, kamu bisa mengunduhnya.

6. Cara Buat CV dengan Novoresume.com

Situs untuk membuat CV online selanjutnya adalah novoresume. Situs ini memiliki beragam desain seperti situs-situs yang lain. Pada novoresume terdiri dari tiga jenis dokumen yang tersedia yaitu CV, resume, dan cover letter. Beragam desain mulai basic, executive, college, dan creative bisa kamu pilih untuk membuat CV.



Langkah-langkahnya :

  • Login ke situs hhtps://novoresume.com
  • Buat akun agar bisa login
  • Setelah akun terbuat, kamu bisa memulai membuat CV dengan beragam template yang telah tersedia, tinggal tulis saja kontennya.
  • Pada fitur optimizer, kamu bisa melihat ada atau tidaknya kesalahan dalam CV yang kamu buat. Jika ada kesalahan, maka situs akan mencari secara otomatis dan memberikan rekomendasi yang bisa mengubah CV kamu.
  • Setelah CV yang kamu buat selesai kamu bisa memilih untuk mengunduhnya.

7. Cara Buat CV dengan Easel.ly

Situs www.easel.ly menyediakan beragam template untuk membuat CV di mana kamu bisa menyampaikan informasi dalam bentuk data yang menarik. Di situs easel.ly pengguna bisa menemukan beragam template dengan warna-warni yang menarik dan atraktif supaya bisa digunakan untuk desain CV.

Desain CV pada easel.ly sangat direkomendasikan untuk kamu yang bergelut di industri kreatif. Untuk mendapat template, ilustrasi, dan gambar yang lebih banyak, kamu juga bisa menggunakan akun pro alias berbayar.

Langkah-langkahnya :

  • Buatlah akun terlebih dahulu pada situs https://www.easel.ly. apabila kamu sudah memiliki akun, maka langsung login saja.
  • Setelah berhasil login, sudah tersedia beragam template, kamu pilih sesuai selera dan buat sekreatif mungkin.
  • Setelah selesai, kamu bisa mengunduhnya dan siap digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang industri kreatif.

Sobat Gramedia, demikian langkah dan beragam website gratis untuk membuat CV online yang bisa kamu gunakan.

Gunakan terlebih dahulu versi gratisnya, kemudian bandingkan dari semua aplikasi tersebut. Pilihlah yang sesuai dengan gaya kamu. Atau kamu juga bisa menggunakan versi yang berbayar untuk mendapatkan tools dan template yang lebih lengkap. Selamat berkarya!

Baca juga artikel terkait “Cara Membuat CV Onlin” berikut ini :

Rekomendasi Buku tentang Dunia Kerja

1. 99+ Tips Jobs Interview

Beli Sekarang

2. Kerja Kerja Kaya

Beli Sekarang

3. Rahasia Sukses Seleksi Wawancara (Cover Baru)

Beli Sekarang

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad