in

25 Lagu Barat Romantis Yang Enak Didengar

25 Lagu Barat Romantis – Apakah teman-teman Grameds suka mendengarkan musik? Tepat sekali, musik sampai saat ini memang memiliki ruang tersendiri bagi sebagain orang. Dalam perkembangannya musik juga terus berkembang mulai dari genre sampai style musik itu sendiri.

Salah satunya lagu romantis yang tidak tidak termakan zaman dan bisa terus bermakna bagi sebagain orang. Jadi tak heran jika banyak orang yang mencari rekomendasi 25 lagu barat romantis yang terkenal di zamannya bahkan masih populer hingga sekarang.

Sebenarnya ada beberapa faktor mengapa musik-musik zaman dulu masih populer hingga sekarang. Salah satunya karena makna lirik lagu tersebut yang bisa mengambil hati pendengarnya.

Lirik lagu memang memiliki peran penting dalam sebuah lagu karena lewat liriklah ekspresi sang pencipta lagu dapat tersampaikan. Dari lirik lagu pula seorang pendengar dapat menangkap pesan tertentu yang bisa jadi sesuai dengan yang mereka alami.

Contohnya pada lagu-lagu romantis yang menyampaikan pengalaman-pengalaman perasaan sayang, cinta, kerinduan, dan hal romantis lainnya yang banyak dirasakan orang. Grameds tidak perlu khawatir karena ada rekomendasi 25 lagu barat romantis yang enak dengar dan penuh makna berikut ini:

1. My Love – Westlife 

Lagu “My Loveyang dinyanyikan grup musik westlife adalah salah satu lagu barat romantis lawas yang masih populer hingga sekarang. Banyak orang yang menganggap karya Westlife yang satu ini tak pernah lekang oleh waktu dan selalu mendapat tempat di hati penggemar musik.

Lagu “My Love” ini memiliki makna sangat romantis tentang seseorang yang selalu memikirakan kekasih atau cintanya. Lirik lagu tersebut juga berisi harapan yang dalam untuk kisah cintanya.

2. The Day You Want Away – M2M

Lagu “The Day You Want Away” yang dinyanyikan M2M, grup dua asal Norwegia ini sempat menjadi ikon musin anak muda di zamannya. Marit Larsen dan Marion Ravel berhasil membawakan lagu ini dengan sangat apik dan enak di dengar.

Lagu ini memiliki lirik yang khas peraasan cinta anak remaja yang menggebu-gebu. Itulah sebabnya lagu ini enak didengar dan diterima oleh banyak kalangan, terutama anakmuda.

3. Closest To You – Carpenters

“Closest To You” rilis pada tahun 1970 yang dibawakan oleh Carpenters dan berhasil menjadi lagu barat romantis lawas yang masih populer hingga sekarang. Makna dari lagu ini adalah menyampaikan perasaan suka kepada sesoerang yang disukai.

Makna yang dalam tentang perasaan seseorang tersbut diperindah dengan musik yang sederhana namun enak didengar. Bahkan sampai sekarang lagu ini sudah banyak dicover orang dan masih populer hingga sekarang.

4. How Deep Is Your Love – Bee Gees

 Lagu “How Deep Is Your Love” datang dari salah satu grup pop musik Bee Gess yang dibentuk 1958. Lagu ini memiliki melodi yang lembut dan bernuansa romantis dengan makna lirik lagu yang manis.

Pada tahun 1978 lagu ini menjadi pemenang di The 20th Grammy Awards untuk kategori Best Pop Performance by group.  Tak heran jika sampai sekarang musik ini masih enak didengar.

5. I’ll Always Love You – Whitney Houston

Lagu “I’ll Always Love You” yang dinyaikan Whitney Houston wajib masuk list 25 lagu barat romantis karena sudah dinobatkan sebagai salah satu lagu romantis sepanjang masa.

gramedia back to kampus

Saking populernya lagu ini bahkan pernah diputar di air mancur Dubai Fountain yang menjadi air mancur terbesar di dunia.

Kualitas musik dan makna lirik bernuansa romance yang dalam membawa lagu ini berhasil mendapat 16 penghargaan sepanjang tahun 1993 hingga 1994. Bahkan menduduki puncak tertinggi di tanga lagu bilboard 100.

6. L-O-V-E – Nat King Cole

Lagu “Love” yang dinyanyikan Nat King Cole sudah tidak perlu diragukan lagi kepopuleran karena sudah banyak musisi terkenal yang mengcover lagu ini. Bahkan dimasukan dalam salah satu album populer mereka, seperti Michael Bube, Diana Karll, Joss Stone, dan Olivia Ong.

Jadi tidak heran jika mungkin Grameds bingung siapa sebenarnya penyanyi asli lagu “Love” ini karena banyak yang membawakannya meskipun dengan gaya musik yang berbeda. Penyanyi asli lagu “Love” adalah Nat King Cole, seorang penyanyi dan pianis jazz asal Amerika yang merilis lagu ini pada tahun 1965.

7. When You Say Nothing at All – Ronan Keating

Lagu “When You Say Nothing” dirilis dalam album bertajuk “Notting Hill” tahun 1999 oleh Ronan Keating. Makna lagu ini menggambarkan seorang cowok yang mengungkapkan rasa cintanya kepada seorang cewek karena terpesona dengan senyumannya dan mengungkapkan betapa rasa sayang dan cintanya kepada sang cewek. Musik dan lirik lagu ini berhasil menduduki puncak tangga lagu di sejumlah negara, seperti Inggris, New Zealand, dan Irlandia. Bahkan hingga sekarang lagu ini masih didengar banyak orang yang banyak pula mengcovernya menjadi lebih populer.

8. Love Of My Life – Queen

Siapa yang tidak kenal band legendaris asal Inggris ini karena Queen berhasil membawakan “Love Of My Life” yang dinobatkan sebagai salah lagu satu balad terbaik sepanjang masa. Lagu ini dirilis pada tahu 1975 yang diciptakan oleh Freddy Mercury sang fokalis yang menyampaikan makna kisah percintaannya dengan sosok Mary Austin di tahun 1970-an. Iringan harmonis piano dengan suara merdu sang vokalis membuat lagu ini semakin menyayat hati. Jadi tak heran jika banyak orang yang memfavoritkan lagu romantis ciptaan Fredy Mercury ini.

9. Real To Me – Brian McFadden

Brian McFadden yang memutuskan solo karir dan hengkang dari Westlife ini berhasil membawakan lagu “Real To Me” menjadi lagu barat romantis yang melegenda. Lagu ini ia rilis dalam albumnya yang bertajuk Irish Son pada tahun 2004. Album ini diproduseri oleh Guy Chambers, Mark Taylor, Paul Stacey, Phil Thornalley, dan Richard Flack yang kemudian berhasil menduduki puncak tangga lagu di sejumlah negara, seprti Irlandia, Denmark, Inggris, dan Norwegia. Maka lirik dalam lagu ini adalah menceritakan ironi dirinya sebagai public figure

10. Best Part – Daniel Caesar Feat H.E.R

Lagu barat romantis yang akhir-akhir ini sedang populer adalah lagu Best Part yang dinyanyikan oleh Daniel Caesar dengan H.E.R (Gabreiella) dengan genre R&B. Lagu ini ditulis dan diciptakan oleh Caesar dan dan Gabreiella dalam album Freudinan yang menceritakan tentang seseorang yang begitu mencintai seseorang yang amat berarti. Lirik yang dalam dan musik R&B yang kental membuat lagu Best Part jadi vaforit banyak orang dan sangat populer pada masanya sampai saat ini.

11. Drive – Incubus

Lagu Drive dirilis oleh Incubus tahun 2000-an yang cocok didengarkan dalam segala susana. Lagu romantis yang ditulis Brandon Boyd, Chris Kilmore, Mike Einziger, Alex Katunich, dan Jose Pasillas ini mengajak pendenganrnya untuk melepaskan diri dari rasa takut yang sering membelenggu perasaan seseorang. Ada dalam album Make Yourself, lagu ini berhasil menduduki puncak tangga musik di Billboards modern rock charts dalam kategori  Modern Rock Single of The Year pada tahun 2021.

12. My Heart Will Go On- Celine Dion

Apakah Grameds tahu film Titanic? tepat sekali, siapa sih yang tidak kenal dengan film legendaris ini termasuk lagu “My Heart Will Go On” yang menjadi soundtrack juga melekat legendanya dengan film ini. Rilis tahun 1997, lagu yang dinyanyikan Celine Dion ini memiliki lirik lagu romantis yang dalam dan sangat memorable bagi penikmat musik. Lagu My Heart Will Go On ini ditulis oleh James Horner dan Will Jennings dan berhasil menduduki puncak tangga lagu di berbagai negara, seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Irlandia. Jadi jangan heran jika lagu romantis ini masih populer ditelinga kita sampai saat ini.

novel romantis

13. If I Ain’t Got You – Alicia Keys

Lagu “If I Ain’t Got You” dinyanyikan Alicia Keys untuk mendiang sahabatnya bernama Aaliyah ini rilis pada tahun 2003. Ada dalam album The Diary of Alicia Keys, lagu ini berhasil mencuri perhatian pendengarnya dengan lirik yang sangat romantis dan dalam. Hingga saat ini lagu “If I Ain’t Got You” masih banyak didengar orang bahkan sudah banyak cover lagu ini bahkan dinyanyikan oleh penyanyi terkenal. Jadi tidak heran jika lagu ini tidak asing dikalangan anak muda sekarang.

14. Too Love Somebody – Bee Gees

Lagu “Too Love Somebody” milik Bee Gees sudah dirilis puluhan tahun lalu, tepatnya tahun 1967 namun hingga sekarang masih populer dan enak didengar. Lagu ini layak dinobatkan sebagai lagu romantis sepanjang masa dengan liriknya yang dalam dan bermakna. Vokal Berry dan Robin Gibb yang khas membuat lagu ini semakin enak dinikmati dalam susana yang sendu.

15. Love – Taylor Swift 

Penyanyi Taylor Swift pasti sudah tidak asing bagi kawula muda karena menjadi penyanyi pop yang sangat terkenal di tahun 2000-an bahkan sampai sekarang. Lagunya yang berjudul “Love Story” ini memiliki lirik yang cheesy tetapi sangat melekat bagi pendengarnya. Makna dari lirik lagu ini menceritakan tentang kisah percintaan Romeo dan Juliet namun berakhir bahagia meskipun sempat tidak memperoleh persetujuan dari orang tua mereka.

16. Can’t Help Falling in Love – Elvis Presley

Jika Grameds menyukai musik Rock And Roll pasti sudah tidak asing lagi dengan Elvis Presley sang legenda yang karya-karyanya tidak akan lekang oleh waktu. Lagunya yang berjudul “Can’t Help Falling in Love” berhasil menjadi lagu romantis terbaik sepanjang masa yang banyak diminati orang. Lagu ini memiliki lirik yang bermakna tentang keinginan seseorang pria bersama wanita pujaannya yang sangat ia cintai.

17. I Will – The Beatles

Lagu barat romantis  berikutnya datang lagi dari band legendaris asal Britania Raya berjudul “I Will” milik The Beatles. Lagu ini bermakna persaan hati yang begitu berbunga-bunga saat jatuh cinta dan mempresentasikan besarnya perasaan cinta tersebut. Makna lagu “I Will” ini sangat cocok Grameds gunakan untuk moment-moment romantis dengan pasangan, misalnya merayakan hari jadian atau bahkan saat proses pernikahan.

18. Always – Bon Jovi

Karakter suara Bon Jovi yang tinggi membuat lagunya yang berjudul Always sukses menarik perhatian banyak orang untuk menikmatinya. Lagu romantis bergenre rock progresif ini tetap enak didengar meski diringi gitar elektrik yang keras. Lagu Always memiliki lirik yang menampilkan lelaki yang sedang patah hati karena ditinggal kekasihnya dan dia akan terus mencintainya.

19. Little Things – One Direction

One Direction adalah grup penyanyi asal Inggris yang populer tahun 2000-an termasuk lagu “Little Thing” yang membesarkan namanya. Lagu ini memiliki lirik yang menyentuh hati dengan cerita ungkapan cinta seorang pria kepada wanita yang sangat ia kagumi dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ia punya.

20. Old & Crazy – Bruno Mars Feat Esperanza Spalding

Berduet dengan Esperanza Spalding, Bruno Mars berhasil membawakan lagu “Old & Crazy” jadi lagu romantis yang menyenangkan untuk dinikmati. Lirik lagu ini memberi makna kepada penikmanya untuk tetap menerima kekurangan apa saja yang ada pada pasangan kita, bahkan hingga lanjut usia.

21. Fix You – Coldplay

Lagu barat romantis terbaik selanjutnya berjudul “Fix You” yang datang dari penyanyi hits bernama Coldplay. Lagu ini memiliki makna romantis yang dalam yakni menceritakan seseorang yang ingin merubah kehidupan kekasihnya yang gelap dan terpuruk. Musik bersemangat membuat lagu romantis ini bisa dinikmati oleha banyak kalangan bahkan hingga sekarang.

22. John Mayer – You’re Gonna Live Forever in Me

Tahun 2017 John Mayer mengeluarkan lagu berjudul “You’re Gonna Live Forever in Me” yang memiliki lirik sangat puitis dan dalam. Lagu ini menceritakan tentang perasaan seseorang yang akan terus ada untuk mencintai dan menyayangi kekasihnya.



23. Perfect – Ed Sheeran

Baru-baru ini Ed Sheeren mengeluarkan lagu berjudul perfect yang sangat populer dan banyak diminati orang. Lagu romantis ini memiliki makna lirik yang bercerita tentang perjalanan cinta seseorang yang akhirnya menemukan wanita idamannya dan ingin melanjutkan hubungan lebih serius sampai memiliki keturunan.

24. I’m With You – Avril Lavigne 

Lagu berikutnya datang dari penyanyi pop punk legendaris, Avril Lavigne yang berjudul “I”m With You”. Lagu ini menjadi lagu barat romantis yang legendaris sepanjang masa meskipun sekarang sudah bukan lagi zamannya penyanyi pop-punk tetapi lagu ini masih populer hingga sekarang. “I’m With You” rilis ditahun 2002 dengan lirik lagu yang menunjukan kerapuhan dan emosional seseorang yang sangat dalam dan sendu. Lagu ini ditulis oleh Avril sendiri bersama Lauren Christy, Scott Spock, dan Graham Edwads.

25. Without You – Air Supply

Lagu “Without You” patut masuk list 25 lagu barat romantis yang legendaris dan legendaris karena kesuksesannya menempati posisi ke 48 di tangga lagu U.S Adult Contemporary tahun 1991. Sentuhan musik rock klasik dan suara vokalis Air Supply yang melengking membuat lagu ini ciptaan Badfinger terdengar sangat dalam dan mengharu biru. Makna lirik dari lagu “Without You” menggambarkan betapa besarnya rasa suka, sayang, dan cintannya kepada sesoerang yang berarti dalam kehidupannya.

Nah. itulah beberapa rekomendasi 25 lagu barat romantis yang enak di dengar dan penuh makna dari tahun 90-an hingga sekarang. Apakah ada lagu favorit Grameds? Lagu-lagu barat romantis di atas dapat dibilang menjadi legenda dalam dunia permusikan karena terbukti sampai sekarang bahkan lagu-lagu tersebut masih populer dan banyak didengarkan orang.

Lagu romantis memang memiliki tempat tersendiri bagi penikmat musik karena biasanya dapat mewakili perasaan kita. Jadi tidak heran jika banyak orang yang menyukai lagu-lagu romantis dan genre musik ini terus berkembang sampai sekarang. Kita bahkan tidak akan kehabisan referensi untuk menemukan musik-musik romantis yang bagus dan enak didengar.

Baca juga artikel terkait :

Jika teman-teman Grameds penggemar berbagai macam genre musik maka wajib tahu lagu-lagu hits, baik dalam negeri maupun manca negara. Grameds bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di http://www.gramedia.com untuk mendapatkan referensi buku tentang lagu-lagu hits yang sayang jika dilewatkan.

List lagu tersebut bisa jadi rekomendasi musik untuk didengarkan setiap hari dan menemukan musik favorit. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia tentang daftar lagu hits atau populer di Indonesia maupun mancanegara: Selamat membaca. #SahatTanpabatas.

tombol beli buku

tombol beli buku

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti