in

17 Lagu Anak Punk Dalam Maupun Luar Negeri

Daftar Lagu Anak Punk – Perkembangan zaman juga menjadikan sebuah aliran musik mendapatkan banyak perubahan lho. Bahkan dari satu genre musik, saat ini sudah banyak sekali “cabang” dari genre atau aliran musik tersebut. Namun ada juga genre musik yang tetap awet atau memiliki jumlah peminat yang cukup banyak. Contohnya adalah aliran musik punk.

Aliran musik punk memang memiliki ciri khasnya tersendiri. Bahkan aliran musik punk juga banyak diterima oleh penikmat musik di Indonesia. Tentunya kalian juga tahu jika banyak juga musisi luar dan dalam negeri dengan aliran musik punk.

Selain itu ada beberapa lagu yang cukup melegenda di telinga kita untuk genre musik ini. Bahkan satu penggal lirik saja, Grameds pasti sudah tahu jika lagu tersebut memiliki aliran musik punk. Nah artikel ini akan memberikan sedikit ulasan tentang beberapa daftar lagu anak punk yang bisa juga masuk ke dalam playlist musikmu.

Apa saja itu? Simak penjelasan selengkapnya hanya di dalam artikel ini.

https://www.pexels.com/

17 Rekomendasi Lagu Anak Punk

1. Welcome to Paradise – Green Day

Lagu dengan judul Welcome to Paradise milik Green Day masuk ke dalam daftar lagu anak punk yang pertama. Green Day juga bisa disebut sebagai salah satu band yang mempengaruhi tersebarnya musik punk di industri musik internasional.

Lagu Green Day yang mulai banyak dikenal sejak akhir tahun 90-an hingga 2000-an membuat aliran musik punk semakin tersebar luas. Sampai saat ini Green Day juga masih memiliki banyak pendengar setianya.

Green Day memiliki ciri khas yang mudah sekali dikenali oleh para pendengar musik. Mulai dari melodi gitar yang terbilang selalu menggunakan tempo cepat, vocal yang terbilang cukup merdu dan inti setiap lagu yang dibawakannya adalah ciri khas dari Green Day.

Beberapa ciri tersebut juga tertuang pada lagu Green Day dengan judul Welcome to Paradise. Tak percaya? Coba dengarkan sendiri bagaimana menariknya lagu Green Day tersebut.

2. All The Small Things – Blink-182

Dalam perkembangan industri musik, Blink-182 memberikan banyak pengaruh besar terhadap aliran musik pop punk pada tahun 2000-an. Aliran musik pop punk bisa dibilang juga sebagai turunan dari genre punk.

Menariknya lagu-lagu dari Blink-182 mudah sekali diterima oleh telinga penikmat musik. Hal ini terbukti dari beberapa lagu Blink yang pernah menjadi raja pada tangga musik di beberapa negara. Baik Blink-182 atau Green Day, keduanya mampu memberikan atmosfer pada industri musik dengan aliran pop punk.

Bicara tentang Blink-182 tentunya lagu yang sampai saat ini masih tetap banyak didengarkan adalah All The Small Things. So, jika kalian memang ngaku penggila musik pop punk. Tentunya lagu milik Blink-182 dengan judul All The Small Things sudah masuk ke dalam playlist musik kalian dong.

3. Pieces – SUM 41

Berikutnya ada lagu dari SUM 41 dengan judul Pieces. Pieces adalah sebuah lagu yang menceritakan tentang seseorang yang ingin berkumpul dengan orang lain. Namun karena dirinya merasa tak pantas, ia tak bisa melakukan hal tersebut.

Bahkan lagu Pieces milik SUM 41 ini juga menceritakan bagaimana tentang perjuangan seseorang dalam melawan dirinya sendiri. Nah, lagu Pieces milik SUM 41 ini juga cocok banget lho kalian dengarkan di keseharian. Meski gerenya pop punk, namun masih tetap enjoy jika didengarkan.

tombol beli buku

4. The Saddest Song – The Ataris

The Saddest Song milik The Ataris juga bisa masuk ke dalam playlist musik dengan genre pop punk milik kalian. Sesuai dengan judulnya, yakni The Saddest Song tentu saja lagu ini memiliki makna yang cukup sedih.

Lagu ini berpusat tentang anak perempuan dari vokalis The Ataris. Dimana saat ulang tahun anak tersebut, sang ayah tak bisa menemaninya. Karena hal itulah lagu The Saddest Song bisa tercipta.

5. Adam’s Song – Blink-182

Berikutnya masih ada lagu milik Blink-182 dengan judul Adam’s Song. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Blink-182 adalah sebuah band yang turut andil dalam perkembangan musik dengan genre punk.

Sampai saat ini penggemar dari grup band Blink-182 masih terus setia, bahkan selalu bertambah. Salah satu lagu milik Blink-182 yang bisa kalian nikmati dikala santai adalah lagu dengan judul Adam’s Song.

Lagu Adam’s Song bisa dibilang adalah cerita dari sang bassis Blink-182. Mark Hoppus sang bassist dari Blink-182 merasa begitu kesepian ketika dua rekannya, Tom Delonge dan Travis Barker sudah memiliki kekasih masing-masing.

Mark Hoppus juga merasakan bagaimana rasa kesepian ketika ia pulang dari manggung. Selain itu lagu Adam’s Song juga terinspirasi dari seorang anak muda yang memutuskan mengakhiri hidupnya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Awalnya Mark Hoppus merasa takut jika lagu Adam’s Song tidak diterima oleh dua rekannya. Namun siapa sangka keduanya menerima lagu tersebut dan menjadikan Adam’s Song tetap begitu nikmat didengarkan hingga saat ini.

tombol beli buku

6. My Orphan Year – NOFX

My Orphan Year milik NOFX juga bisa masuk ke dalam playlist musik punk kalian. Meski begitu, sebenarnya lagu My Orphan Year milik NOFX ini terbilang bercerita tentang kesedihan lho. Sang vokalis memang terkenal begitu piawai dalam membuat sebuah lagu dengan berbagai tema. Mulai dari lucu, senang dan sedih bisa diciptakan oleh vokalis NOFX yaitu Fat Mike.

My Orphan Year adalah pembuktian dirinya bisa membuat sebuah lagu dengan tema sedih. Lagu My Orphan Year menceritakan tentang seorang ayah yang masih dalam kondisi sakit keras. Meski begitu, kondisi dari orang tua tersebut tidak ditemani oleh anaknya. Hal tersebut juga bisa dilihat dari lirik lagu My Orphan Year.

7. Wish You Were Here – Neck Deep

Wish You Were Here menjadi salah satu lagu milik Neck Deep yang menceritakan tentang kesedihan. Sang vokalis dari Neck Deep memang ingin menceritakan sebuah alur cerita gelap dan sedih pada lagu Wish You Were Here.

Dilihat dari lirik lagunya, Wish You Were Here menceritakan tentang seseorang yang mengalami kondisi kecelakaan mobil dan akhirnya meninggal dunia. Jika kamu penasaran, jangan lupa untuk mendengarkan lagu Wish You Were Here milik Neck Deep.

8. London Calling – The Clash

Banyak yang bilang jika The Clash adalah salah satu band yang memiliki pengaruh besar dalam dunia musik. Tak hanya pada genre musik punk saja, namun hampir semua jenis genre musik.

London Calling menjadi bukti jika The Clash mampu memasukkan beberapa unsur genre musik di dalam satu lagu. Hasil yang didapatkan juga begitu unik, menarik dan tampak begitu cerdas. Tentunya kalian juga memasukkan lagu milik The Clash dengan judul London Calling ke dalam playlist musik punk.

tombol beli buku

9. Blitzkrieg Pop – The Ramones

Selanjutnya ada lagu milik The Ramones dengan judul Blitzkrieg Pop. Ya, lagu ini memang sampai sekarang memiliki pengaruh besar dalam industri musik khususnya pada genre punk.

The Ramones memiliki ciri khasnya tersendiri ketika membawakan sebuah musik. Setiap mendengarkan lagu Blitzkrieg Pop membuat para pendengar selalu merasakan energi dari The Ramones itu sendiri.

Bahkan jika kalian tak pernah mendengarkan lagu milik The Ramones. Tentunya pernah melihat tulisan The Ramones pada kaos hitam. Nah hal ini juga bisa jadi salah satu tanda jika kejayaan The Ramones dalam dunia industri musik masih belum mati hingga sekarang.

So, jika kalian memang suka dengan lagu dengan genre punk. Bisa juga lho memasukkan Blitzkrieg Pop milik The Ramones ini ke dalam playlist musik favorit kalian.

10. I Turned Into a Martian – The Misfits

Punk adalah salah satu genre musik yang memiliki banyak turunan. Selain ada pop punk, ternyata ada horror punk. Banyak yang menyebutkan jika The Misfits adalah salah satu band pelopor aliran musik horror punk.

I Turned Into a Martian menjadi salah satu bukti jika The Misfits mampu membuat genre horror punk mendapatkan popularitas yang cukup tinggi. Ciri dari genre horror punk adalah adanya lirik yang tampak begitu mencekam, brutal dan tidak jauh dari hal seperti pembunuhan.

Adanya The Misfits juga mampu memberikan inspirasi lahirnya band-band baru dengan genre yang sama pada tahun tersebut. Gak ada salahnya lho kalian memasukkan lagu milik The Misfits dengan judul I Turned Into a Martian ke dalam playlist lagu punk.

11. Hilang Harapan – Stand Here Alone

Bicara tentang aliran punk tentunya juga mulai merambah ke negara Indonesia. Banyak band-band lokal yang terus menciptakan karya terbaiknya. Salah satunya adalah band Stand Here Alone dengan lagu Hilang Harapan.

Sebenarnya aliran dari Stand Here Alone sendiri adalah pop punk turunan dari genre punk itu sendiri. Nah, lagu Hilang Harapan milik Stand Here Alone ini cocok banget lho nemenin kamu ketika berada di dalam kamar sendirian.

tombol beli buku

12. Pergi, Hilang dan Lupakan – Remember of Today

Masih band pop punk dalam negeri nih, Remember of Today berhasil memberikan sebuah warna pada musik dengan aliran tersebut. Tentunya kalian juga tak asing dengan judul lagu Pergi, Hilang dan Lupakan milik Remember of Today.

Ya, lagu bertemakan tentang kehidupan dan masalah percintaan ini seakan-akan sesuai dengan realita yang kerap dialami oleh anak jaman sekarang. Meski awalnya terdengar seperti lagu biasa saja, tetapi ketika sampai di tengah terasa seperti sebuah rasa yang begitu hancur.

Temukan lagu Pergi, Hilang dan Lupakan milik Remember of Today di platform musik favorit kamu, ya…

13. Ingin Hilang Ingatan – Rocket Rockers

Para anak jaman 90’an hingga 2000’an pasti tak sing dengan band Rocket Rockers. Lagunya memang tampak legendaris. Bahkan dengan genre pop punk yang diusungnya, menjadikan Rocket Rockers memiliki ciri khas tersendiri.

Ingin Hilang Ingatan menjadi salah satu lagu milik Rocket Rockers yang ternyata memiliki pendengar cukup banyak. Meski dibawakan versi akustik. Namun tetap saja, lagu Ingin Hilang Ingatan milik Rocket Rockers masih begitu enak didengarkan.

Bahkan petikan gitar dari awal hingga vocal pertama bisa membuat orang tahu jika itu adalah lagu milik Rocket Rockers. Hal ini menandakan jika Rocket Rockers banyak diterima oleh semua kalangan, lintas generasi pun masih enjoy mendengarkan lagu ini.

Bagi kalian yang sedang putus cinta dan patah hati. Cocok banget lho untuk dengerin lagu Ingin Hilang Ingatan milik Rocket Rockers. Apalagi pas menjelang tengah malam, yakinlah vibe-nya akan  berbeda banget ketika dengerin lagu Ingin Hilang Ingatan dari Rocket Rockers.

14. Detik Tak Bergerak – Pee Wee Gaskins

Balik lagi dengan grup band dalam negeri dengan nama Pee Wee Gaskins. Jika kalian adalah salah satu penikmat musik tahun 2000-an tentunya tak asing dengan nama Pee Wee Gaskins.

Pee Wee Gaskins muncul dengan genre musik pop punk yang ternyata bisa menambah kesan unik di dunia musik. Detik Tak Bergerak menjadi salah satu lagu milik Pee Wee Gaskins yang ternyata masih begitu seru untuk didengarkan.

Sebenarnya Pee Wee Gaskins masih banyak lagu menariknya. Namun, Detik Tak Bergerak memang memiliki lirik yang cukup menarik. Nah, jika kalian ngaku penggila musik, cobalah dengerin salah satu lagu Pee Wee Gaskins seperti Detik Tak Bergerak agar lebih banyak pengetahuan tentang karya musisi dalam negeri.

tombol beli buku

15. Menunggu Bintang Terang – Closehead

Kadang kita memang butuh waktu sendiri untuk meresapi apa yang sedang terjadi dalam hidup ini. Nah lagu milik Closehead dengan judul Menunggu Bintang Terang bisa menjadi salah satu teman kala sepi nih.

Mengusung genre pop punk, menjadikan Closehead sebagai salah satu band yang begitu populer di kalangan anak muda. Bahkan para penikmat musik lintas generasi juga masih kerap menjadi lagu milik Closehead dengan judul Menunggu Bintang Terang masuk ke dalam playlist musik di platform unggulan mereka.

Closehead mampu memberikan lirik yang cukup bagus di lagu Menunggu Bintang Terang. Tak percaya, coba deh dengerin lagu milik Closehead dengan judul Menunggu Bintang Terang ini.

16. Sebuah Rahasia – Pee Wee Gaskins

Berikutnya masih ada lagu dari Pee Wee Gaskins dengan judul Sebuah Rahasia. Lagu ini emang tampak mudah diingat liriknya lho. Bahkan dengan balutan musik yang begitu ringan membuat lagu Sebuah Rahasia mempu mendapatkan jumlah pendengar yang cukup fantastis.

Meski lagu Sebuah Rahasia sudah cukup lama dirilis. Namun para penggila genre pop punk masih kerap menjadikan lagu tersebut masuk ke dalam playlist musik mereka. Hal ini juga bisa menjadi bukti jika Pee Wee Gaskins diterima oleh masyarakat.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Pee Wee Gaskins adalah salah satu band dengan genre pop punk yang sampai saat ini masih terus mengeluarkan karya terbarunya. Bahkan setiap karya dari Pee Wee Gaskins selalu diterima oleh para penikmat musik.

17. Mantan – Stand Here Alone

Stand Here Alone memang menjadi salah satu band dengan genre musik pop punk yang selalu mengeluarkan karya terbaiknya. Banyak lagu dari Stand Here Alone yang masih nyaman didengarkan hingga saat ini.

Salah satunya adalah lagu dengan judul Mantan milik Stand Here Alone. Ya lagu ini memang menggambarkan dua kondisi yang berjalan beriringan. Kamu tak hanya akan merasakan rasa bahagia saja.

Namun, pada lagu Stand Here Alone dengan judul Mantan juga akan membuat kalian merasakan sebuah kepedihan. Meski begitu, lagu tersebut memang cocok banget sih didengerin bersama teman setongkrongan.

tombol beli buku

Nah, itulah daftar lagu anak punk yang bisa kalian dengarkan. Meski beberapa adalah turunan dari genre punk seperti pop punk dan horror punk. Namun, tetap saja beberapa daftar lagu di atas masih nikmat didengarkan. Lantas, apakah ada lagu favoritmu pada daftar di atas?

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

  1. 50 Lagu Pop Indonesia Terpopuler 
  2. 25 Lagu Barat Romantis yang Enak Didengar 
  3. 41 Lagu Persahabatan Terbaik Bahasa Indo, Inggris, dan Korea 
  4. 20 Lagu Anak-Anak Paling Enak dan Banyak Didengar [+Lirik] 
  5. 6 Lirik dan Chord Lagu Judika 
  6. Daftar Lagu Galau di Indonesia

Penulis: Hendrik Nuryanto

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum