in

Memahami Arti Indigo, Ciri-Ciri, dan Karakteristik Seorang Indigo

pexels.com

Arti Indigo – Jika bicara tentang indigo mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya. Indigo merupakan suatu kemampuan istimewa yang kemudian dapat dimiliki oleh seseorang. Istilah indigo sendiri pertama kali muncul pada awal tahun 1970 melalui berbagai pembahasan.

Seiring dengan berjalannya waktu, istilah indigo mulai berkembang sekitar tahun 1990-an. Berkembangnya istilah indigo ini banyak disebut di berbagai buku. Selain itu, tidak banyak orang yang mengetahui, apakah seseorang memiliki kemampuan indigo atau tidak.

Ketika seseorang memiliki kemampuan indigo biasanya cenderung lebih memiliki sifat yang menonjol serta berbeda, sehingga mendorong mereka untuk senantiasa lebih aktif. Pada dasarnya, orang-orang yang memiliki indigo dapat diamati melalui beberapa ciri-cirinya.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang arti indigo, maka kamu perlu mengetahui tanda-tanda seseorang memiliki indigo dan karakteristik dari indigo. Namun, sebelum membahas itu semua, ada baiknya kalau kita membahas tentang arti indigo terlebih dahulu.

Arti Indigo

Arti Indigo
pixabay.com

Arti Indigo adalah kemampuan yang pada dasarnya dimiliki oleh seseorang secara unik.Kata indigo sebagai suatu kemampuan seseorang ini berasal dari bahasa Spanyol yang berarti nila.

Secara umum, arti indigo kemudian lebih dikenal luas sebagai salah satu kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh seseorang. Namun, pada awalnya istilah indigo ini hanya digunakan pada mereka yang memiliki cakra warna tubuh nila ataupun kombinasi dari ungu serra biru. Cakra warna nila ini sendiri diketahui bertanggung jawab atas seluruh organ dalam suatu rongga kepala. Salah satunya yakni fungsi dari panca indra yang kemudian mampu memberikan tambahan energi pada intuisi serta perasaan.

Maka dari itu, seseorang yang memiliki kemampuan indigo ini dipercaya memiliki kemampuan berpikir yang cepat serta taktis. Jadi, dapat dikatakan bahwa indigo adalah kemampuan yang dapat diamati melalui karakteristik seseorang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti indigo adalah karakter manusia yang dicirikan dengan kecerdasan dan kemampuan spiritual yang tinggi, seperti dapat melihat masa depan, melakukan telepati, berkomunikasi dengan alam gaib, dan membaca pikiran.

Tanda-Tanda Seseorang Memiliki Kemampuan Indigo

Anak indigo merupakan sebutan bagi seorang anak yang dipercaya punya kemampuan dan karakter yang berbeda dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Selain itu, mereka juga sering dianggap memiliki kemampuan seperti halnya paranormal, misalnya saja dapat memprediksi masa depan atau melihat apa yang tak mampu dilihat oleh para orang biasa.

Tentunya, pola asuh anak yang diterapkan untuk anak dengan kondisi ini pun sangat berbeda. Secara fisik, anak indigo kemudian tidak berbeda dengan anak lainnya, tetapi ada tanda-tanda yang khas kalau seorang anak memiliki kemampuan indigo, antara lain:

1. Memiliki Persepsi Sensori Ekstra

Intuisi atau bahkan tidak mampu menjelaskan jenis firasat yang dimiliki anak. Mereka tampaknya hampir memiliki ESP atau ekstra sensorik persepsi karena mereka membuat pilihan yang benar hingga membuat seolah-olah mereka tahu sesuatu akan terjadi. Contohnya, ketika memilih untuk menepi sebelum sepeda motor yang dikendarainya akan kecelakaan.

Para peneliti di Journal of Parapsychology ini mempelajari anak-anak asli Amerika serta kemampuan mereka untuk menebak bentuk pada kartu tes ESP yang disembunyikan dari layar. Mereka memiliki hasil persepsi yang tinggi di atas rata-rata. Anak-anak asli ini dapat memprediksi kartu dengan peluang 700 banding 1, dibandingkan dengan hasil tipikal dengan pada peluang rata-rata.

2. Mengetahui Apa yang Akan Terjadi

Jika anak sangat perspektif serta mengetahui ketika ada sesuatu yang salah, bisa jadi ia kemudian adalah seorang indigo. Misalnya, Si Kecil kemudian mengetahui kalau ibu dan ayah sedang bertengkar meski ibu tidak memperlihatkannya. Bahkan, tak jarang kalau si Kecil akan cerita kalau ibu dan ayah akan bertengkar.

3. Melihat Hal yang Tidak Dapat Dilihat Orang Lain

Ciri anak indigo berikutnya ialah dapat melihat sesuatu, yang tak dapat orang lain lihat. Makhluk fantasi sepertinya tertarik pada keterbukaan anak ini untuk menerima berbagai jenis energi. Kemudian, anak akan berbicara dengan mereka ataupun memberi tahu kepada orang lain tentang apa yang dilihatnya.

4. Kesulitan Bersosialisasi dengan Orang Lain

Apakah anak kemudian memiliki bakat untuk merasakan aura serta hal-hal yang tak dapat dilihat orang dewasa? Atau apakah anak kemudian merasa canggung secara sosial? Beberapa peneliti kemudian percaya bahwa telah terbentuk suatu konsep New Age mengenai anak indigo untuk dapat membingkai ulang “masalah” psikologis pada masa kanak-kanak, seperti ketergantungan pada teman khayalan.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa anak indigo akan dipandang memiliki kepribadian yang lebih positif serta unik, bukan masalah psikologis. Para peneliti di The Journal of Alternative and Emergent Religions kemudian mengatakan bahwa anak-anak indigo memiliki aura berwarna nila serta kemampuan spiritual yang unik. Anak-anak ini kemudian mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi sosial serta sering di diagnosis dengan Attention Deficit Disorder.

5. Memiliki Kepribadian yang Unik

Arti Indigo
pixabay.com

Anak indigo ini sangat cerdas dan mampu memecahkan berbagai masalah dengan cara yang tak bisa dibayangkan oleh para orang dewasa. Tidak hanya itu, mereka juga akan tampak terganggu atau lalai, bisa jadi karena sesuatu yang tak terlihat menarik perhatian mereka. Anak itu juga sering tampak lebih serius daripada tersenyum. Bertindak seperti orang dewasa di dalam kebijaksanaan, sehingga merasa kalau dirinya telah hidup di kehidupan sebelumnya.

6. Perbedaan aura

Saat melakukan foto, maka aura anak indigo tak selalu menunjukkan warna nila atau menunjukkan cakra ajna yang aktif. Sementara itu, jika dilihat secara fisik, anak indigo kemudian mengalami pertumbuhan serta perkembangan yang tak berbeda dengan anak-anak lain pada umumnya.

7. Memiliki kemampuan yang bersifat rasional dan dapat digunakan untuk arah positif

Anak indigo sebagai anak yang sangat rasional, anak indigo juga sering kali mempertanyakan manfaat serta tujuan dari aturan serta perintah yang diberikan oleh orang tua serta guru. Oleh karena itu, anak indigo sering dianggap sebagai anak yang sangat bermasalah serta menentang sistem.

8. Merupakan individu yang cerdas

Secara akademis, anak indigo tak memiliki masalah dalam memahami pelajaran di sekolah, namun sering kali tak menyukai sekolah karena adanya aturan dan perintah-perintah yang diberikan oleh para guru karena mereka dianggap tidak masuk akal.

9. Mengamati lingkungan baru

Arti Indigo
pixabay.com

Anak indigo ialah anak yang memiliki pengalaman ESP (Extra Sensory Perception) atau kemampuan indera keenam, beberapa kemampuan ESP yang dimiliki oleh anak indigo adalah apparitional phenomena, precognition, dan postcognition. Oleh karena itu, ketika sedang ada di lingkungan yang baru, maka anak indigo akan melakukan pengamatan terlebih dahulu. Lalu, jika lingkungan yang diamati dirasa baik, maka anak indigo kemudian akan merasa cocok dan nyaman.

10. Pendiam

Anak indigo sering kali mengungkapkan emosi secara lahiriah saat melihat sesuatu yang tak sesuai dengan jalan pikiran mereka. Namun, tak jarang anak indigo kemudian menutup diri dan diam karena merasa lingkungan tak memahami mereka.

11. Memiliki kemampuan pikiran serta mengetahui keberadaan makhluk halus

Arti Indigo
pixabay.com

Setiap kali orang berpikir serta beremosi, kemudian otak akan memancarkan gelombangnya. Gelombang ini juga berfrekuensi rendah yang kemudian merembet serta memantul dengan kecepatan cahaya.

Lalu, akan diterima oleh panca indera dan disensor di otak yang kemudian diubah menjadi sebuah gambaran. Kemampuan membaca pikiran serta perasaan dalam menangkap gelombang dimiliki hampir semua orang Indigo, termasuk diantaranya juga anak-anak Indigo yang masih bayi. Adapun hal yang membedakannya adalah anak indigo mampu berkomunikasi secara jarak jauh dan mampu mengirimkan gelombang.

12. Mudah menangkap informasi meskipun belum pernah diajarkan sebelumnya

Kecerdasan atau IQ orang Indigo rata-rata di atas 120. Kelebihan mereka yang tak dimiliki orang biasa ialah kemampuan analisa data secara lebih cepat, luas dan kontinyu. Data-data yang tersebar dan acak ini kemudian akan dikumpulkan dan saling dihubungkan dengan cepat. Kemungkinan hal ini berhubungan dengan kapasitas dan kemampuan proses di otak yang lebih besar dibandingkan dengan orang biasa.

Karakteristik Anak Indigo

Arti Indigo
pixabay.com

Menurut Virtue terdapat beberapa karakteristik yang perlu kamu ketahui tentang seseorang yang dianggap sebagai indigo, antara lain:

1. Kondisi Fisik

Secara umum, kondisi fisik anak indigo hampir sama seperti anak normal lainnya. Mereka kemudian mengalami proses perkembangan serta pertumbuhan yang sama, tetapi, sebagian besar anak indigo yang dilahirkan umumnya menunjukkan proses perkembangan yang lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak normal.

Anak indigo yang melakukan kegiatan fisik, kemudian banyak dan terlalu kuat akan mengalami gangguan karena tubuh mereka menjadi lebih sensitif. Beberapa anak indigo menunjukkan kemampuan yang lebih dalam bidang seni untuk kemudian mengekspresikan kreativitasnya, seperti menari, melukis, serta menulis, atau keterampilan lain dengan usaha yang besar.

2. Kondisi Emosi

Dalam mengolah emosi, anak indigo bisa dibilang memiliki cara yang berbeda. Hal ini karena mereka mempunyai harga diri yang cukup tinggi dan integritas yang kuat. Secara emosi, anak indigo lebih mudah bereaksi, sehingga terkadang mereka mempunyai masalah dengan kemarahan.

Anak indigo juga memiliki keinginan yang kuat serta mandiri dengan melakukan apa yang ada di pikirannya dibandingkan dengan mematuhi kehendak orang tua. Kondisi emosi anak indigo akan lebih sensitif terhadap lingkungan sekitar, atau bahkan mereka bisa mengetahui sesuatu yang tidak dapat dipersepsi pancaindera, serta lebih tertarik dengan alam dibanding kepada hal-hal kemanusiaan.

3. Kemampuan Intelegensi

Anak indigo ini memiliki kemampuan tajam untuk mengamati dengan daya ingat yang baik. Keinginan untuk mengetahui sesuatu kemudian sebagai suatu kebutuhan bagi anak indigo. Anak indigo juga biasanya mempunyai sifat kreatif serta mampu mengorganisasi dan mendata informasi dengan cepat serta membuat hubungan secara mental. Kemampuan inilah yang menyebabkan anak indigo juga dianggap sebagai anak cerdas.

4. Kehidupan Sosial

Terdapat beberapa karakteristik kehidupan sosial para anak indigo, diantaranya adalah anak indigo sering kali tidak merasa cocok dengan anak seumuran serta merasa lebih cocok dengan sesama indigo atau teman yang lebih dewasa.

Anak indigo juga kerap memperlihatkan kecenderungan ingin menarik diri berkumpul dengan orang lain, sehingga mereka kemudian dapat berdiam diri dengan berbagai pemikirannya. Anak indigo juga mendapat kesulitan dengan kedisiplinan otoritas, serta menolak mengikuti perintah, mudah bosan dengan pekerjaan rumah, serta mudah frustasi dengan sistem ritual.

Demikian pembahasan tentang arti indigo dan juga karakteristiknya. Semoga semua pembahasan di atas bisa menambahkan wawasan untuk Grameds.

Buku-Buku Terkait Arti Indigo

Berikut ini buku-buku terkait insting dan kaitannya dengan pikiran atau otak manusia yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.

1. The Language Instinct Steven Pinker Karya Steven Pinker

Dalam buku The Language Instinct, Pinker sang penulis mengkritik sejumlah gagasan umum tentang bahasa, misalnya bahwa anak-anak harus diajari untuk menggunakannya, tata bahasa kebanyakan orang buruk, juga kualitas bahasa terus menurun. Dan bahwa jenis fasilitas linguistik yang disediakan oleh suatu bahasa memiliki pengaruh besar pada kemungkinan jangkauan pemikiran seseorang , misalnya beberapa bahasa memiliki kata-kata untuk menggambarkan terang dan gelap, tetapi tidak ada kata untuk warna (hipotesis Sapir–Whorf). Hewan (bukan manusia) pun telah diajari bahasa (seperti bahasa kera besar).

2. Isi Otak Orang-Orang Terkaya di Dunia Karya N. Huda

Arti Indigo

Perbedaan orang kaya dan orang miskin salah satunya yaitu cara berpikirnya. Orang kaya mampu berpikir cepat dan simpel, sedangkan orang miskin merumitkan hal-hal yang sebenarnya sepele. Waktu bagi orang kaya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk hal-hal yang produktif, sedangkan bagi orang miskin waktu sering disia-siakan. Cara berpikir orang-orang terkaya di dunia ada dalam buku ini. Apakah Anda berpikir seperti mereka? Buku ini membedah apa isi kepala dari orang-orang terkaya di dunia. Apa saja sebenarnya yang membuat mereka semakin kaya? Dan apa yang mereka lakukan dengan kekayaannya?

3. A Whole New Mind: Bagaimana Para Pengguna Otak Kanan Mampu Menguasai Masa Depan Karya Daniel H. Pink

Buku ini merupakan panduan yang dahsyat untuk bertahan, melaju, dan menemukan arti di dunia yang penuh guncangan akibat pengalihan pekerjaan ke luar negeri dan komputerisasi yang terjadi di hidup kita. Pengacara, akuntan, radiolog, pakar software, demikianlah pekerjaan yang diharapkan oleh orang tua jika kita telah dewasa. Tapi mereka salah. Masa depan kini milik orang dengan pemikiran yang sepenuhnya berbeda. Era yang didominasi oleh “otak kiri”, dan era Informasi yang dihasilkannya, kini telah bergeser ke dunia baru, di mana kemampuan artistik dan holistik “otak kanan”-lah yang menentukan siapa yang sukses dan siapa yang gagal.

4. Keajaiban Otak Kanan Karya Dr. Shigeo Haruyama

Tahukah Grameds bahwa otak memegang peranan yang sangat penting bagi kesehatan kita? Meskipun ilmu kedokteran telah ada sejak dahulu kala, ternyata penjelasan tentang otak sangat terlambat. Karena itu pernyataan “tidak akan berumur panjang apabila tidak menggunakan otak dengan baik” pasti sangat memancing rasa ingin tahu kita. Kepandaian menggunakan otak ternyata sangat berkaitan erat dengan kesehatan dan usia yang panjang. Hal-hal penting yang perlu kamu ketahui dalam buku ini ialah otak kanan memiliki hubungan yang erat dengan bakat seseorang, kamu bisa menggambarkan sesuatu di dalam kepala sebagai bentuk suatu latihan kegiatan apa pun. Otak kanan juga bisa diaktifkan dengan 4 hal sederhana, yaitu berpikir positif, berolahraga, meditasi, dan makan makanan bergizi.

5. Strategi Pengembangan Otak Karya Conny R Semiawan

Buku ini memberi penjelasan yang menarik mengenai revolusi mental yang dapat dilaksanakan di sekolah serta perwujudannya. Revolusi mental pada hakikatnya menggali nilai-nilai budaya bangsa Indonesia serta mewujudkannya dalam hidup keseharian menuju masyarakat yang beradab (civilized) atau masyarakat madani (civilized society).

Jika kamu ingin mencari buku tentang pengembangan otak, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: Dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Foto Hantu Seram (16 Gambar Hantu Seram) 
  2. 10 Hantu Terseram di Dunia, Kamu Berani? 
  3. Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Melihat Hantu 
  4. 10 Cara Mengusir Hantu yang Ada di Rumah
  5. Cara Agar Tidak Takut Hantu, Ampuh Patut Dicoba! 
  6. Doa Saat Melihat atau Mendengar Suara Hantu 
  7. 16 Rekomendasi Film Hantu Indonesia Terseram, Cocok untuk Menemani Akhir Pekan 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda