in

Review iPad M2 2022: Spesifikasi, Fitur, Keunggulan, dan Harga

Review iPad M2 – Bulan Oktober kemarin Apple baru saja merilis iPad Pro generasi teranyar dengan dukungan chipset andalan Apple tahun ini, yaitu M2. Selain itu, iPad M2 juga hadir dengan berbagai fitur baru, seperti kemampuan merekam video ProRes dan juga Apple Pencil Hover.

iPad M2 muncul dalam dua model ukuran layar, yaitu 11 inci dan 12,9 inci dengan dua pilihan warna silver atau space grey. Selain itu, penyimpanan internal yang disediakan cukup beragam, mulai dari 128GB, 256Gb, 512Gb, 1TB, hingga 2TB.

Yang menarik lagi dari tablet terbaru Apple adalah aksesoris tambahan yang bisa dibeli secara terpisah, yaitu Apple Magic Keyboard dan Apple Pencil. Magic Keyboard dibanderol dengan harga $349 atau Rp5,4 juta sedangkan Apple Pencil dihargai $129 atau sekitar Rp2 jutaan.

Penasaran bagaimana spesifikasi, fitur, dan kelebihan dari iPad M2 yang baru rilis bulan Oktober kemarin? Simak review nya di bawah ini, ya!

Spesifikasi dan Fitur iPad M2

Kalau dilihat dari tampilan, iPad Pro yang baru bisa dibagi menjadi dua jenis. Pertama iPad M2 11 inci yang dilengkapi teknologi layar Liquid Retina IPS LCD dan sudah mendukung refresh rate 120Hz, Dolby Vision, HDR 10, serta resolusi 1.668 x 2.388 pixel.

Yang kedua ada versi layar 12,9 inci dengan layar Liquid Retina XDR mini-LED, 120Hz refresh rate, HDR 10, Dolby Vision, dukungan kecerahan layar mencapai 1.600 nits dan resolusi 2.048 x 2.732 pixel.

Di samping itu, iPad M2 juga sudah mempunyai kemampuan perekaman video ProRes yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Apalagi di bagian belakang, ada dua buah kamera, yaitu kamera 12 MP wide dan kamera 10 MP ultra-wide. Ada juga sensor ToF3D LiDAR yang akan memenuhi kebutuhan depth-nya. Lalu di bagian depan, kamu bisa mengandalkan kamera selfie beresolusi 12 MP.

Chipset Apple M2

Beralih ke bagian jeroan, Apple menyematkan chipset M2 yang sebelumnya dipakai di MacBook Air M2 dan MacBook Pro M2. Maka dari itu, tak heran jika Apple mengklaim iPad M2 sebagai seri iPad yang paling kencang performanya.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Apple M2 sendiri memang mempunyai spek 8-core CPU yang membuat performanya 15% lebih cepat dari M1. Sementara di bagian GPU, Apple M2 sudah didukung oleh 10-core GPU yang 35% lebih unggul dari M1.

Lalu ada 16-core Neural Engine yang memungkinkan Apple M2 untuk memproses 15,8 triliun operasi per detik atau 40% lebih cepat dari M1. Tak sampai di situ, bandwidth memory CPU terbaru Apple ini sudah mendukung hingga 100GB/detik alias 50% lebih cepat dibanding M1.

1. Koneksi Wi-Fi Super Ngebut, Wi-Fi 6E!

Dari segi koneksi, iPad M2 mendapatkan dukungan Wi-Fi tercepat, yaitu Wi-Fi 6E yang kecepatan downloadnya mampu mencapai angka 2,4Gb/s atau dua kali lebih cepat dari Wi-Fi generasi sebelumnya. Dengan teknologi ini, kamu bisa browsing, maraton film, mengunduh atau mengunggah file lebih cepat.

Sementara itu, untuk iPad M2 model Wi-Fi + Cellular sudah mendapatkan dukungan antena sub-6GHz serta mmWave yang bisa menangkap jaringan 5G lebih optimal di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

2. Apple Pencil Hover

Review iPad M2Apple.com

iPad M2 juga hadir dengan fitur baru bernama Apple Pencil Hover yang memungkinkan tablet terbaru dari Apple ini untuk mendeteksi ujung Apple Pencil dari jarak 12mm sebelum menyentuh layar alias saat melayang-layang di atas layar.

Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan preview sebelum membuat garis atau titik sehingga gambar yang dihasilkan jadi lebih presisi. Pihak Apple juga mengatakan bahwa pengembang aplikasi ketiga bisa menggunakan fitur hover ini untuk mode drawing dan marking dengan gaya baru yang akan memudahkan pengguna.

3. Fitur baru dari iPadOS 16

Terakhir, iPad M2 datang dengan sistem operasi iPadOS 16 yang kaya fitur-fitur baru. Contohnya seperti Stage Manager yang memungkinkan kamu melakukan multitasking hingga 4 aplikasi di layar utama, serta pindah antar aplikasi secara cepat.

Ada juga fitur Reference Mode yang akan tersedia di semua iPad Pro 12,9 inci dengan Liquid Retina XDR. Fitur baru ini bisa digunakan untuk menyamakan warna dokumen multimedia saat pengerjaan color grading, compositing, serta detail akurasi lainnya.

Kelebihan iPad M2

1. Performa kencang

Klaim Apple soal iPad M2 menjadi tablet yang paling kencang tampaknya tidak bisa dianggap isapan jempol belaka. Soalnya, dengan dukungan chipset dan sistem operasi mutakhir, tablet ini akan mampu bekerja maksimal untuk penggunaan sehari-hari. Bahkan performanya jauh lebih hebat dibanding tablet-tablet atau beberapa laptop lain.

Chipset Apple M2 pada iPad M2 ini akan mampu menangani berbagai macam pekerjaan tanpa gangguan yang berarti. Kamu juga bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus puluhan tabs Safari secara langsung tanpa kendala apapun.

Untuk performa main games tak perlu diragukan lagi, game sekelas Genshin Impact atau Asphalt 9 bakal dilibas habis oleh iPad M2 ini. Yang lebih menarik lagi, fitur Stage Manager nya memungkinkan kamu untuk membuka empat aplikasi secara langsung sambil menonton film dalam mode picture-in-picture. 

Yang lebih berat lagi seperti ilustrasi 3D di SketchUp atau video editing pun tak akan jadi masalah. Apalagi kalau hanya buka email, menulis di office, dan chattingan.

2. Tampilan layar yang halus dan menakjubkan

Keputusan Apple untuk tidak membuat perubahan pada layar iPad M2 memang tepat, pasalnya teknologi tersebut sudah mampu membuat tampilan yang halus dan menakjubkan–meskipun bukan teknologi terbaik di kelasnya.

Liquid Retina “XDR” atau Extreme Dynamic Range pada panel layar iPad M2 ukuran 12,9 inci mampu menampilkan warna yang lebih vivid dan kecerahan yang lebih tinggi daripada layar dengan teknologi HDR display yang standar. Teknologi ini membuat semua hal yang ada di layar menjadi lebih berwarna.

Namun yang menjadi keunggulan utamanya adalah teknologi ProMotion dengan kemampuan 120Hz refresh rate. Teknologi ini memungkinkan kamu untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan lebih lancar. Scrolling media sosial pun jadi lebih smooth. Tapi hati-hati, kalau terbiasa melihat layar dengan refresh rate 120Hz, kamu mungkin bakal merasa kagok saat melihat layar yang refresh rate-nya hanya 60Hz saja.

3. Desain yang ringan

Dari segi desain, bisa dibilang iPad M2 ini punya desain yang ringan dan terasa nyaman di tangan. Walaupun ukuran layarnya terlalu lebar untuk dioperasikan dengan jari tangan. Jadi lebih disarankan untuk mengoperasikan tablet ini dengan keyboard, kecuali kamu menggunakannya untuk keperluan menggambar atau mewarnai.

Soalnya Magic Keyboard yang dipasangkan khusus untuk iPad Pro memang salah satu aksesoris keyboard terbaik yang ada saat ini. Apalagi keyboard-nya sudah dilengkapi dengan backlit keys yang terasa seperti modern MacBook.

Selain itu, desain keyboard yang bisa disesuaikan ulang terasa lebih nyaman saat disimpan di pangkuan daripada keyboard untuk tablet pada umumnya. Karena itu, kamu bisa mempertimbangkan iPad M2 sebagai pengganti laptop atau desktop di rumah.

4. Apple Pencil Hover

Fitur baru yang satu ini memang pantas menjadi unggulan dari iPad M2. Apalagi teknologi ini bisa digunakan dalam berbagai hal selain keperluan menggambar, seperti memilih icon aplikasi atau menu. Dengan fitur hover ini, maka kamu bisa melihat preview sebelum benar-benar menekan pencil ke layar. Pada dasarnya, Apple Pencil Hover sama seperti kursor mouse yang biasa kamu gunakan di laptop atau desktop.

Misalnya, untuk Adobe Fresco, kamu bisa memanfaatkan fitur hover dalam memilih brush atau erase dengan cara meletakkan pencil di atas icon-nya. Atau di aplikasi notes, kamu bisa mendapatkan preview saat ingin menggabungkan satu warna dengan warna yang lainnya sebelum menggunakannya secara langsung.

Di bagian home screen atau Safari, kamu bisa memanfaatkan Apple Pencil Hover sebagai pengganti kursor mouse untuk mengeksplorasi banyak hal, menandai beberapa teks, atau memilih tabs. Dengan begitu, kamu bisa tahu apa yang akan kamu pilih sebelum benar-benar menekan pensilnya ke layar.

Sebenarnya, agak disayangkan fitur ini hanya bisa digunakan pada iPad Pro terbaru yang menggunakan chipset M2. Padahal, kalau dilihat dari kegunaan, kesederhanaan dan harga Apple Pencil Generasi kedua yang dibanderol $129, fitur ini harusnya bisa digunakan pada iPad yang lain. Akan tetapi, mungkin Apple memang ingin membuatnya menjadi “nilai lebih” dari iPad M2.

Kekurangan iPad M2

Review iPad M2Apple.com

1. Mahal

Yup, iPad Pro memang memiliki banyak fitur menarik dan powerful namun semua itu datang dengan harga yang mahal. Untuk iPad Pro M2 varian 11 inci dengan memori internal 1288GB dan konektivitas Wi-Fi saja, kamu perlu merogoh kocek $799 atau sekitar Rp12,5 juta. Kalau ditambah Magic Keyboard seharga $349 dan Apple Pencil Generasi kedua seharga $129, maka kamu harus mengeluarkan uang sebesar $1.277 atau Rp20 jutaan.

Bahkan, kalau mau lebih nyaman, kamu harus membeli iPad Pro M2 varian 12.9 inci dengan memori internal 1288GB dan Wi-Fi seharga $1099 atau Rp17,2 juta. Artinya butuh $1.577 atau Rp24,7 juta untuk membeli aksesoris lengkapnya.

Jika dibandingkan dengan Galaxy Tab S8 Ultra yang harganya dibanderol sekitar Rp20 jutaan dan sudah termasuk S Pen Stylus, harga iPad M2 jelas jauh lebih mahal.

Selain itu, harga Rp24,7 juta yang diperlukan untuk iPad M2 12,9 inci lengkap dengan Magic Keyboard dan Apple Pencil justru setara dengan MacBook Air M2 512GB yang lebih besar dibandingkan 128GB milik iPad Pro.

So, sebelum memutuskan membeli iPad terbaru dari Apple dan aksesoris lengkapnya, sebaiknya pastikan dulu apakah kamu memang butuh semua fitur yang ada di dalamnya atau tidak. Sebab bisa jadi, keperluan kamu ternyata bisa diurus oleh tablet atau laptop yang harganya lebih murah.

2. Stage Manager masih perlu dioptimalkan

Sebagai fitur baru yang datang bersama dengan iPadOS 16, Stage Manager pada iPad M2 nampaknya masih perlu dioptimalkan lagi. Apalagi mengingat fitur ini sejak awal dicanangkan menjadi alat multitasking termutakhir yang memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain dengan lebih cepat.

Di atas kertas, fitur ini memang bisa saja membuat iPad Pro menjadi pengganti laptop namun pada prakteknya masih ada beberapa kekurangan yang tak bisa dikatakan minor. Melansir dari cnn underscored, fitur ini terasa aneh saat ukuran layar aplikasi disesuaikan.

Misalnya, kamu membuka Safari, Messages, Slack, dan Outlook secara bersamaan untuk keperluan pekerjaan. Semuanya berjalan lancar, namun jika kamu mencoba mengubah ukuran layarnya, Stage Manager terasa kaku–apalagi jika dibandingkan dengan multitasking pada Windows atau macOS.

Akibatnya, kamu akan butuh waktu lebih lama untuk merapikan jendela aplikasi-aplikasi di layar agar terlihat lebih enak dipandang. Lebih jauh lagi, lanjut CNN, beberapa aplikasi bahkan tidak bisa merespon langsung saat disentuh atau di klik dan ada juga yang tiba-tiba menutup saat di-drag ke arah kiri. Selain itu, masih ada beberapa bug saat membuka Stage Manager, seperti tidak bisa memasukkan teks pada aplikasi Messages dan Safari.

Sebagai fitur baru, Stage Manager memang tidak akan begitu mengganggu dan menghilangkan keseruan menggunakan iPad Pro M2 ini. Namun jika melihat potensi fitur ini dan juga iPad M2 yang termasuk ke dalam tablet high-end Apple yang digadang-gadang bisa menjadi pengganti laptop, seharusnya Stage Manager bisa lebih optimal lagi.

Harga iPad M2

Apple.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, iPad Pro M2 hadir dengan 2 versi, yaitu versi layar 11 inci dan layar 12,9 inci. Sementara untuk tipe koneksinya, dibagi menjadi Wi-Fi Only dan Wi-Fi + Cellular. Selain itu, iPad M2 dijual dengan 2 pilihan warna, yakni Space Gray dan Silver.

Pada 18 Oktober 2022 kemarin, produk iPad M2 sudah bisa dipesan di Apple.com untuk lebih dari 28 negara di dunia. Sementara penjualan resmi di Apple Store sudah dilakukan sejak tanggal 26 Oktober. Meski begitu, sampai saat ini masih belum ada kabar mengenai tanggal rilis iPad M2 di Indonesia.

Buat Grameds yang tertarik membawa pulang tablet terbaru dari Apple ini, berikut ada bocoran harga jual iPad M2 di Amerika Serikat. Tapi ingat ya, ada kemungkinan saat sudah resmi masuk ke Indonesia nanti, harganya mengalami kenaikan. Namun informasi ini bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk mengetahui apakah budget yang kamu miliki cukup atau tidak.

Varian Harga
iPad M2 11 inci 128GB Wi-Fi $799 (Rp12.530.277)
iPad M2 11 inci 256GB Wi-Fi $899 (Rp14.098.522)
iPad M2 11 inci 512GB Wi-Fi $1099 (Rp17.235.012)
iPad M2 11 inci 1TB Wi-Fi $1499 (Rp23.507.992)
iPad M2 11 inci 2TB Wi-Fi $1899 (Rp29.780.972)
iPad M2 11 inci 128GB Wi-Fi + Cellular $999 (Rp15.666.767)
iPad M2 11 inci 256GB Wi-Fi + Cellular $1099 (Rp17.235.012)
iPad M2 11 inci 512GB Wi-Fi + Cellular $1299 (Rp20.371.502)
iPad M2 11 inci 1TB Wi-Fi + Cellular $1699 (Rp26.644.482)
iPad M2 11 inci 2TB Wi-Fi + Cellular $2099 (Rp32.917.462)
iPad M2 12.9 inci 128GB Wi-Fi $1099 (Rp17.235.012)
iPad M2 12.9 inci 256GB Wi-Fi $1199 (Rp18.803.257)
iPad M2 12.9 inci 512GB Wi-Fi $1399 (Rp21.939.747)
iPad M2 12.9 inci 1TB Wi-Fi $1799 (Rp28.212.727)
iPad M2 12.9 inci 2TB Wi-Fi $2199 (Rp34.485.707)
iPad M2 12.9 inci 128GB Wi-Fi + Cellular $1299 (Rp20.371.502)
iPad M2 12.9 inci 256GB Wi-Fi + Cellular $1399 (Rp21.939.747)
iPad M2 12.9 inci 512GB Wi-Fi + Cellular $1599 (Rp25.076.237)
iPad M2 12.9 inci 1TB Wi-Fi + Cellular $1999 (Rp31.349.217)
iPad M2 12.9 inci 2TB Wi-Fi + Cellular $2399 (Rp37.622.197)

Demikian pembahasan tentang review ipad m2. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu tertarik untuk membeli ipad m2?

Jika ingin mencari buku tentang Steve Jobs, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang Oktaviana Putra



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Humam

Saya Emka Humam dan biasa dipanggil Umam. Saya suka membaca banyak hal terutama yang berkaitan dengan bahasa Indonesia, IPA, dan Biologi.

Kontak media sosial Instagram Profile: Emka Humam