in

Profil Yoon STAYC, Sang Mood Maker Dalam Grup

https://stayc.fandom.com/

Yoon STAYC – Salah satu girl group rookie yang tengah disorot karena lagu-lagunya yang selalu easy-listening adalah STAYC. Yap, grup yang berada di bawah naungan High Up Entertainment ini memang baru debut pada 2020 lalu, tetapi telah berkali-kali memenangkan penghargaan besar, salah satunya adalah Rookie of The Year pada ajang Golden Disc Awards.

Grup yang namanya memiliki akronim berupa ‘Star to a Young Culture’ ini memiliki 6 member yakni Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon, dan J. Salah satu member yang kerap disoroti karena keaktifannya ketika tampil di panggung adalah Yoon STAYC.

Shin Ja Yoon atau yang akrab disapa dengan nama Yoon STAYC ini sering dipuji karena ekspresi wajahnya yang begitu bahagia ketika mendengarkan lagu-lagu milik seniornya SEVENTEEN.

Lantas, bagaimana sih profil dari seorang Yoon STAYC? Bagaimana pula perjalanan karirnya selama menjadi member STAYC? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Yoon STAYC

Yoon STAYC
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Shim Ja Yoon
  • Nama Panggung: Yoon
  • Tanggal Lahir: 14 April 2004
  • Zodiak: Aries
  • Zodiak China: Monyet (Monkey)
  • Tinggi Badan: 170 cm (5’5”)
  • Golongan Darah: A
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Gajaeul High School
  • MBTI: ENFP

Perjalanan Karir Yoon STAYC

2019: Menjadi Trainee di High Up Entertainment

Yoon STAYC
https://www.koreaboo.com/

Sebelum menjadi trainee di High Up Entertainment, Yoon telah belajar terlebih dahulu di Joy Dance Plug In Academy yang terletak di Gwangju.

Tidak hanya itu saja, sebelum menjalani masa pelatihan di agensi tersebut, Yoon ternyata sudah terkenal akan visualnya yang menawan. Banyak netizen yang mengomentari betapa cantiknya foto kelulusan Yoon saat sekolah dasar.

Selama menjadi trainee di High Up Entertainment, Yoon banyak berlatih vokal dan dance seperti layaknya trainee lainnya.

2020: Debut Bersama STAYC

Yoon STAYC
https://stayc.fandom.com/

Pada 14 Oktober, akhirnya Yoon berhasil mengakhiri masa pelatihannya dan debut bersama kelima member STAYC lainnya. Yoon diperkenalkan sebagai member keenam alias terakhir di grup STAYC pada 15 Oktober melalui teaser yang dirilis oleh pihak agensi.

STAYC resmi debut pada 12 November dengan album single Star To A Young Culture dan lagu debutnya berjudul “So Bad”.

2021: Terjadi Kontroversi Karena Komentarnya

Yoon STAYC
https://www.allkpop.com/

Dilansir dari channel-korea.com, pada 28 Mei 2021 J dan Yoon STAYC tengah melakukan siaran langsung melalui V-Live. Selama siaran, mereka berdua menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para penggemar.

Hingga suatu saat, ada seorang penggemar yang turut berkomentar dan menyatakan bahwa “I’m an army man and I watch STAYC’s videos at least three times a day. I love you~~~ Come perform for us!” 

The Architecture of Love | Di balik Pena

Atas komentar tersebut, J menjawab bahwa dirinya memang sangat ingin tampil di sana, kemudian Yoon STAYC menambahi komentar tersebut. “If it weren’t for COVID-19, we might be able to go there. Actually, my father is also an army man.”

Mungkin bagi Grameds, komentar tersebut terdengar biasa saja. Namun bagi netizen Korea Selatan, pernyataan Yoon STAYC tersebut menuai pro dan kontra.

Para penggemar yang kontra menyatakan bahwa jawaban tersebut sangatlah tidak etis dan memiliki konteks negatif. Terlebih lagi, anggota STAYC masih sangat muda.

Melihat banyaknya pro dan kontra yang ditimbulkan atas komentarnya itu, Yoon kemudian menjelaskan bahwa yang dimaksud bukanlah pertunjukan militer, tetapi hanya pertunjukan musik biasa. Namun, walaupun dirinya sudah menjelaskan hal tersebut, tetapi sebagian penggemar masih memperdebatkannya.

Dilansir dari allkpop.com, banyak orang yang tidak setuju dengan komentar ajakan dari penggemar yang mengaku sebagai tentara tadi.

Menurut mereka, member STAYC masih berada di bawah umur dan tidak ‘pantas’ datang di sebuah acara militer. Menurut rumor, girl grup yang pergi ke acara militer, biasanya rentan dengan pelecehan seksual.

Akhirnya, ada beberapa penggemar STAYC yang meredam kontroversi tersebut dengan komentar “She read the comment by herself and she talked about her father being a military officer. It doesn’t make sense for her to talk about it in a condescending manner.” 

15 Fakta Menarik Seputar Yoon STAYC

Yoon STAYC
https://gfycat.com/
  1. Yoon STAYC lahir dengan nama asli Shim Ja Yoon di Gwangju.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah yang merupakan seorang tentara, ibu, dan seorang kakak perempuan.
  3. Posisinya di grup STAYC adalah lead vocal.
  4. Sebelum menjadi trainee di High Up Entertainment pada tahun 2019, Yoon telah berlatih di Joy Dance Plug in Academy Gwangju.
  5. Di grup, Yoon adalah seorang mood-maker yang mampu membuat suasana grup menjadi lebih ceria.
  6. Yoon STAYC menjadi member tertinggi dari seluruh member STAYC.
  7. Yoon STAYC sangat tidak tahan dengan cuaca panas, sehingga dirinya selalu mengenakan atasan lengan pendek.
  8. Yoon memiliki sertifikat Microsoft Excel.
  9. Role-modelnya adalah Lisa BLACKPINK.
  10. Yoon adalah penggemar girlgrup Red Velvet dan GFriend.
  11. Sudah sejak lama Yoon menginginkan kolaborasi dengan (G)I-DLE maupun Little Mix.
  12. Banyak orang yang mengatakan bahwa Yoon sangat mirip dengan Jooyeon AFTER SCHOOL.
  13. Di Dorm, Yoon sekamar dengan Sumin.
  14. Yoon juga penggemar dari BTOB dan bergabung dalam fandom Melody.
  15. Yoon menjadi member terakhir yang diperkenalkan oleh agensi pada 15 Oktober 2020.

Mengenal 5 Member STAYC Lainnya

1. Sumin

https://stayc.fandom.com/

Sumin alias Bae Sumin adalah member tertua di STAYC sekaligus member kedua yang diperkenalkan kepada publik. Sumin lahir pada 13 Maret 2001 di Pohang. Di dalam grup, Sumin memiliki posisi sebagai leader (ketua), vocalist, sekaligus rapper. Sebelum debut bersama STAYC, Sumin sempat menjadi trainee di agensi Plan A Entertainment (yang sebelumnya bernama Play M Entertainment). Bahkan Sumin juga menjadi trainee bersama dengan member Weekly.

Tidak hanya itu saja, sebelumnya Sumin juga pernah mengikuti audisi untuk survival show bertajuk “Produce 48” di channel Mnet, tetapi usahanya tidak berhasil. Atas hal itu, Sumin kemudian keluar dari agensi Plan A dan bergabung dengan High Up Entertainment, tepatnya pada tahun 2018. Jika ditotal, maka Sumin telah menghabiskan waktu sekitar 5 tahun 6 bulan untuk masa trainee. Sebelum debut, Sumin juga pernah muncul di MV milik Huh Gak berjudul “The Last Night”.

2. Sieun

Yoon STAYC
https://stayc.fandom.com/

Sebenarnya, Sieun alias Park Sieun ini adalah seorang aktris cilik yang telah memulai debutnya di dunia akting sejak tahun 2014 di bawah naungan agensi FE Entertainment kemudian pindah ke JYP Entertainment pada 2017. Selama di JYP Entertainment, Sieun juga menjadi trainee dan berteman baik dengan para member ITZY.

Sieun lahir pada 1 Agustus 2001, merupakan anak dari aktor berkenamaan Park Namjung. Selama menjadi aktris cilik, Sieun sudah banyak membintangi banyak acara televisi hingga drama, sebut saja ada variety show Happy Together, Kids Are Life’s Blessing, hingga serial drama Signal, Mystic Pop-Up Bar, dan Still 17.

Berhubung Sieun sangat bertekad untuk menjadi idol, dirinya pun pindah ke High Up Entertainment pada tahun 2019 dan akhirnya dapat debut bersama STAYC. Di grupnya, Sieun memiliki posisi sebagai main vocalist dan dirinya juga mampu memainkan piano. Bahkan pada tahun 2019, Sieun juga mengikuti kontes menyanyi dengan karakter ‘Chaos’ untuk acara The King of Masked Singer.

Meskipun sibuk dengan kehidupan idol, Sieun tidak lantas melupakan pendidikannya begitu saja. Pada tahun 2020 lalu, dirinya mendaftar sebagai mahasiswi di Chung Ang University, Performance and Visual Creation Department, dengan jurusan teater.

3. Seeun

https://stayc.fandom.com/

Seeun alias Yoon Seeun lahir pada 14 Juni 2003 di Pyeongtaek, Gyeonggi. Sama seperti Sieun, Seeun juga pernah menjadi seorang aktris cilik dan berada di bawah naungan Kiara Entertainmnet. Beberapa drama yang yang pernah Seeun bintangi adalah “Circle” dan “The Guardians”.

Pada September 2020, Seeun menjadi member ketiga yang diungkap kepada publik. Bahkan Seeun ternyata juga merupakan mantan trainee di Plan A Entertainment, sama seperti Bae Sumin. Lalu pada tahun 2019, Seeun memilih hengkang dari Plan A Entertainment setelah menghabiskan waktu trainee bersama member Weekly.

Seeun adalah seseorang yang kidal dan mahir dalam memainkan alat musik seruling. Ketika debut bersama STAYC, Seeun memiliki posisi sebagai vocalist.

4.  Isa

https://stayc.fandom.com/

Isa memiliki nama asli Lee Chae Yong yang lahir pada 23 Januari 2002 di Busan. Di grupnya, Isa mendapatkan posisi sebagai vocalist, main dancer, hingga visual. Sebelum debut bersama STAYC, Isa adalah siswa di Busan’s Hak Enter Academy. Lucunya, Isa ini dianggap sebagai ‘Ibu’ di dalam grup STAYC karena sifatnya lemah lembut dan sabar dalam merawat member lain, layaknya seorang Ibu di sebuah keluarga.

Isa bergabung dengan High Up Entertainment pada tahun 2018 dan menjadi member pertama yang bergabung, karena memang agensi tersebut baru saja didirikan. Selama tiga tahun, Isa menjadi trainee di agensi tersebut. Sebelum debut, Isa kerap menghadiri fansign Hyuna dan dianggap sebagai fans yang beruntung.

5. J

Yoon STAYC
https://stayc.fandom.com/

Nama J itu bukan nama asli kok, melainkan nama panggung. Nama aslinya adalah Jang Ye Eun, lahir pada 9 Desember 2004 di Daejeon, Chungcheong. Di grup, J memiliki posisi sebagai vocalist, rapper, sekaligus maknae alias member yang paling muda.

J adalah seorang INFJ yang sangat menyukai berbagai film Disney. Film favoritnya adalah Rapunzel dan hobinya adalah menggambar.

Jika Sieun dapat menyanyi dengan nada tinggi, maka J dapat menyanyi dengan nada rendah karena dirinya memiliki suara yang dalam. J juga merupakan penggemar Dua Lipa.

Pembentukan Grup STAYC dan Perjalanan Karirnya

2020

https://stayc.fandom.com/

Pada 8 September 2020 menjadi tahun terbaik bagi STAYC karena mereka berhasil debut meskipun High Up Entertainment adalah sebuah agensi baru. Seperti debutnya girlband lain, pihak agensi juga mengumumkan masing-masing member dengan merilis film prolog mereka secara berurutan.

STAYC debut dengan single utama bertajuk “So Bad”. Lagu tersebut diproduksi oleh Black Eyed Pilseung sekaligus founder agensi High Up Entertainment.

Perlu diketahui ya Grameds, Black Eyed Pilseung adalah duo produser terkenal yang mana lagu-lagu produksinya selalu populer, sebut saja ada lagu “TT” (Twice), “Touch My Body” (SISTAR), “Roller Coaster” (Chungha-soloist), hingga “Dumhdurum” (APINK). Black Eyed Pilseung memang bertekad menggambarkan STAYC sebagai girlband yang memiliki konsep ‘Teen Fresh’.

Lalu pada 12 November, MV milik STAYC yang berjudul “So Bad” resmi rilis dan mendapatkan sekitar 2,6 juta penonton pada 24 jam pertama. Bahkan album mereka berhasil terjual sekitar 10 ribu copy pada minggu pertama.

Selanjutnya pada 31 Desember, tepat 50 hari setelah debut, STAYC mengumumkan nama fandom resmi mereka yaitu “Swith”. Oh iya, nama fandom “Swith” tersebut adalah hasil undian yang dipilih dari total 1.000 lebih nama atas hasil usulan oleh para penggemar sebelumnya. Makna dari “Swith” tersebut adalah kombinasi dari STAYC dan ‘With’. Selain itu, kata “Swith” ini juga terdengar seperti pelafalan kata “Sweet” oleh orang Korea, yang mengacu pada “sweet dan lovely” (manis dan menyenangkan).

2021

Yoon STAYC
https://stayc.fandom.com/

Pada tahun 2021 ini, tepatnya 18 Maret, pihak agensi mengungkapkan bahwa STAYC tengah mempersiapkan comeback pertama mereka. Enam hari kemudian, sebuah teaser diposting di sosial media grup untuk mengumumkan bahwa single kedua mereka akan bertajuk Staydom dan lagu utama berjudul “ASAP”. Bahkan untuk comeback tersebut, STAYC juga mengganti logo menjadi lebih komikal dan bubbly, guna menyesuaikan dengan tema comeback kali ini.

Lalu pada 1 April, pihak High Up Entertainment selaku agensi STAYC menyatakan bahwa girlband asuhan mereka telah terpilih sebagai model untuk merk kosmetik LG Household & Health Care.

Kemudian pada 4 Agustus, pihak High Up Entertainment kembali mengkonfirmasi bahwa STAYC akan comeback yang ketiga. Tak lama setelah itu, sebuah gambar spoiler dirilis untuk mini album pertama mereka yang bertajuk Stereotype. Pada 14 September, STAYC berhasil mendapatkan kemenangan pertama mereka di acara musik SBS The Show untuk lagu “Stereotype”.

2022

https://stayc.fandom.com/

Pada 28 Januari, pihak agensi yaitu High Up Entertainment telah mengumumkan kembali bahwa STAYC tengah dalam persiapan album baru dan akan rilis sekitar bulan Februari. Hal tersebut tentu saja menjadi berita baik bagi fandom Swith. Lalu pada 7 Februari, muncul video teaser spoiler guna memperlihatkan bahwa STAYC akan comeback yang ke-4 dengan mini album keduanya yang bertajuk Young.Luv.com. Hari berikutnya, mini album kedua mereka rilis dengan lagu utama berjudul “Run2U”.

STAYC akhirnya melakukan comeback kelima pada bulan Juli lalu. Sebelumnya pada 30 Juni, pihak agensi telah mengumumkan bahwa girlband mereka tengah menyelesaikan syuting MV untuk comeback kelima, yang diperkirakan akan rilis pada pertengahan Juli. Kemudian pada 1 Juli, foto teaser diunggah kembali di media sosial grup untuk menyatakan bahwa STAYC akan comeback yang bertajuk We Need Love dengan single utama berjudul “Beautiful Monster”.

Pada 14 Juli menjadi waktu dimana STAYC mengadakan fanmeet pertama mereka yang bertajuk ‘STAYC 1st Fanmeeting Stay Cool Party’ yang akan digelar pada 13 Agustus di Daeyang Hall, Universitas Sejong, Seoul. Sayangnya, fanmeet tersebut harus ditunda hingga 9 Oktober karena empat member yakni Sumin, Seeun, Sieun, dan Isa STAYC dinyatakan positif Covid-19.

Tiga bulan setelah itu, STAYC mengumumkan debut Jepang mereka dengan perilisan single lagu berjudul “POPPY” pada 23 November.

2023

https://stayc.fandom.com/

Pada tahun 2023 tepatnya di tanggal 17 Januari, pihak High Up Entertainment mengonfirmasi bahwa STAYC akan comeback kelima yang rilis di bulan Februari. Sejak akhir Januari, telah dirilis photo teaser masing-masing member untuk single “Teddy Bear” mereka.

Lalu, STAYC juga melakukan comeback kedua Jepang. Album Jepang tersebut rilis pada 5 April dengan judul “Teddy Bear -Japanese Ver”

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Dapatkan buku-buku yang berkaitan dengan Yoon STAYC di gramedia.com

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai.

Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

2. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://kpop.fandom.com/

https://kprofiles.com/

https://stayc.fandom.com/

https://en.kepoper.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.