in

Rekomendasi Wisata Berastagi yang Wajib Kamu Kunjungi

traveloka.com

Wisata Berastagi – Sudah menjadi hal umum dan diketahui oleh banyak orang bahwa Indonesia sangat dikenal dengan keindahan alam hampir di setiap daerahnya. Bukan hanya keindahan alam saja, tetapi Indonesia juga dikenal dengan banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Dari sekian banyak daerah di Indonesia yang memiliki tempat wisata yang indah, salah satunya adalah daerah Berastagi.

Jika kamu belum mengetahui tempat wisata Berastagi yang wajib dikunjungi, maka bisa simak artikel ini, Grameds. Sebelum membahas wisata Berastagi, ada baiknya kalau kita membahas tentang Berastagi lebih dulu.

Berastagi

Wisata Berastagi
regional.kompas.com

Berastagi merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, yang terletak di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Berastagi sebagai suatu kecamatan terbesar kedua yang berada di dataran tinggi karo setelah Kabanjahe. Selain itu, Berastagi merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Sumatera Utara, serta berbatasan dengan Sibolangit.

Letak geografi Berastagi berjarak sekitar 66 kilometer dari Kota Medan. Kemudian, Berastagi diapit oleh 2 gunung berapi aktif diantaranya Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Di dekat Gunung Sibayak, terdapat suatu pemandian mata air panas. Selain itu, Berastagi terletak di ketinggian lebih dari 1300 mdpl, sehingga menjadikannya sebagai kota ini menjadi salah satu kota yang memiliki suhu yang dingin di Indonesia.

Adapun aktivitas ekonomi di Berastagi sendiri terpusat kepada produksi sayur, buah-buahan, dan juga pariwisata. Bahkan, Berastagi bisa dikatakan sebagai salah satu penghasil sayur serta buah-buahan terbesar di Sumatera Utara. Lalu, buah-buahan dan sayur tersebut dikirim ekspor ke Singapura dan Malaysia.

Mayoritas etnis yang ada di daerah ini yaitu Suku Karo, sehingga umumnya berkomunikasi dengan Bahasa Karo dan dialek Gugung. Demografi Suku asli yang kemudian mendiami Berastagi ialah orang Karo. Sebagai kawasan wisata, maka penduduk dari luar Karo kemudian mulai bermukim serta menetap di Berastagi, sehingga Berastagi menjadi salah satu kecamatan dengan tingkat multietnis serta agama paling heterogen di Kabupaten karo.

Pada tahun 2021, jumlah penduduk kecamatan ini sekitar 48.224 jiwa, dengan kepadatan 1.581 jiwa/km². Berdasarkan kepada data Kementerian Dalam Negeri 2021 kemudian mencatat bahwa masyarakat kecamatan Berastagi mayoritas memeluk agama Kristen yaitu 55,48%, di mana Protestan sebanyak 46,04% serta Katolik 9,44%.

Kemudian, sebagian besar lainnya beragama Islam dengan persentase 42,84%, dan selebihnya merupakan pemeluk agama Buddha yaitu 1,49%, Hindu serta Kepercayaan sebanyak 0,19%. Untuk sarana rumah ibadah, terdapat juga 43 gereja Protestan, 24 masjid, 7 gereja Katolik dan 3 vihara.

Daftar Tempat Wisata di Berastagi

Bagi yang berada di Sumatera Utara, Berastagi bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi. Kota Berastagi juga memiliki banyak wisata keindahan alam, mulai dari danau, sumber air panas, perbukitan, hingga air terjun dua warna yang sangatlah unik. Bagi yang berencana mengunjungi wisata Berastagi, berikut di bawah ini adalah tempat wisata Berastagi yang hits beserta lokasi dan harga tiketnya.

1. Pasar Buah Berastagi

Wisata Berastagi
digtara.com
  • Lokasi: Pasar Buah Berastagi, Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22152
  • Jam Buka: 08.00–21.00
  • Harga: Rp. 20.000

Jika kamu sedang mencari destinasi yang segar dan masih fresh, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pasar Buah Berastagi. Di tempat ini, kamu akan menemukan berbagai macam buah segar yang siap untuk dijual. Untuk harganya sendiri mulai dari 10.000 sampai 100.000 Rupiah tergantung berapa banyak saat membeli.

2. Taman Alam Lumbini

Wisata Berastagi
travel.kompas.com
  • Lokasi: Jl. Barusjahe, Dolat Rayat, Kec. Dolat Rayat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00
  • Harga : Rp. 5000

Ketika kamu berkunjung ke Berastagi, rasanya belum lengkap jika tidak datang tempat Pagoda Taman Lumbini. Tempat wisata ini sebenarnya merupakan tempat ibadah bagi umat Budha, tetapi sekarang dibuka untuk umum. Adapun hal yang menjadikan tempat ini begitu menarik perhatian adalah karena bangunannya yang megah dengan arsitektur yang sangat khas. Bahkan, pagoda yang ini sudah memperoleh rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia.

3. Gundaling Farmstead

Wisata Berastagi
tripadvisor.co.id
  • Lokasi: Jl. Tahura 1 Ds, Jl. Lau Gumba, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 09:00 – 20.00
  • Harga: Rp. 5000

Jika kamu Ingin menikmati dan melihat alam yang hijau serta asri cobalah untuk datang ke tempat wisata di Berastagi yang bisa dibilang masih baru yaitu gundaling farmstead. Bahkan, di tempat wisata ini terdapat pemandangan yang masih fresh, sehingga bisa membuat kita tenang dan rileks dari aktivitas sehari-hari.

4. Air Terjun Sikulikap

Wisata Berastagi
jejakpiknik.com
  • Lokasi: Jl. Tahura 1 Ds, Jl. Lau Gumba, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • Jam Buka: 09:00 – 20.00
  • Harga: Rp10.000

Tempat wisata di Berastagi ini bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata yang ramai pengunjung karena dapat menghilangkan penat serta stres karena kesibukan sehari-hari. Di tempat wisata air terjun ini, kamu bisa mandi, sehingga badan menjadi lebih segar dan menjadi lebih bersemangat.

5. Mikie Funland

Wisata Berastagi
medan.kompas.com
  • Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempaja, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22152
  • Jam Buka : 10.00 – 17.000
  • Harga : Rp. 85.000

Ingin bermain bersama keluarga dan anak-anak maka mikie funland dapat menjadi rekomendasimu. Di tempat wisata ini terdapat banyak sekali area bermain dan memiliki sekitar 35 wahana. Oleh sebab itu, tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan.

6. Penatapan Doulu

Wisata Berastagi
pariwisatasumut.net
  • Lokasi: Jalan Jamin Ginting KM 55, Doulu, Berastagi, Martelu, Sibolangit, Martelu, Kec. Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22152
  • Jam Buka : 24 Jam

Salah satu wisata ini dengan berbagai macam keindahan yang sangat eksotis. Tidak hanya itu, udara di tempat wisata ini bisa dibilang sangat segar, sehingga cocok untuk healing.

7. Tugu Perjuangan Berastagi

Wisata Berastagi
id.wikipedia.org
  • Lokasi: Jl. Listrik Atas, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22153
  • Jam Buka : 24 jam

Salah satu bentuk ikonik yang sangat ramai pengunjung di daerah Berastagi adalah Tugu Perjuangan Berastagi. Tugu ini menyajikan keindahan serta penuh filosofi yang akan membuat kamu terpana.

8. Puncak Gundaling

Wisata Berastagi
medan.tribunnews.com
  • Lokasi: Jl. Gundaling, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22153
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Harga : Rp. 10.000

Tempat wisata di Berastagi selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Puncak Gundaling. Tempat wisata ini berada di Jalan Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi, Kabupaten Karo Ini. Di sini kamu kemudian bisa sangat leluasa untuk menyaksikan pemandangan Kota Berastagi dari ketinggian.

Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 1.575 mdpl ini dan hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Berastagi. Tempat wisata di Berastagi ini bisa dibilang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk berfoto sambil melakukan banyak aktivitas di sekitar Gunung Sinabung. Bahkan, kamu juga bisa berkeliling sambil menunggangi kuda dapat kamu pilih untuk menikmati seluruh keindahan alam di sini dan seru-seruan.

9. Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk

Wisata Berastagi
penginapan.net
  • Lokasi: Daulu, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 20357
  • Harga : Rp. 150.000

Jika kamu ingin berlibur ke tempat wisata pemandian air panas di Berastagi, maka bisa berkunjung ke Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk. Tempat wisata ini terletak di ujung desa Sidebuk Debuk serta terletak di selatan gunung SIbayak.

Kamu bisa mandi di sini setelah melakukan pendakian, sehingga rasanya akan sangat nyaman. Bahkan, airnya sangat alami karena berasal dari gunung berapi Sibayak dan mengandung belerang. Dimana air belerang ini dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

10. Bukit Kubu

Wisata Berastagi
travel.kompas.com
  • Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempaja, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22152
  • Jam buka : 24 Jam
  • Harga : Rp. 20.000

Bukit Kubu bisa dibilang sebagai salah satu tempat wisata di Berastagi yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Berbagai macam aktivitas bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berkeliling dengan menggunakan kuda dan delman, juga bermain flying fox, main mobil remote control, dan lain sebagainya.

11. Air Terjun Dua Warna

jejakpiknik.com
  • Lokasi: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20357
  • Jam buka : 07.00 -17.00
  • Harga : Rp. 25.000

Air Terjun Dua Warna merupakan salah satu tempat wisata di Berastagi yang bisa dibilang wajib kamu kunjungi. Debit air mancur di sini bisa dibilang cukup deras, sehingga pengunjung perlu berhati-hati ketika ingin berenang.

Adapun nama dari air terjun ini karena warna airnya adalah warna biru dan hijau. Aliran air yang mengalir ke air terjun ini berasal dari arus sungai yang terbentuk berkat letusan Gunung Sibayak. Meskipun mengandung air belerang, tetapi air di tempat ini kemudian cenderung tidak lengket dan tidak beraroma belerang sama sekali.

12. Gunung Sibayak

id.wikipedia.org

Gunung Sibayak sebagai gunung berapi yang pernah meletus pada tahun 1881. Orang suku Karo kemudian menyebut gunung ini dengan nama ‘gunung Raja’. Bahkan, tempat wisata ini juga cukup populer di Sumatera Utara serta menjadi destinasi petualangan yang seru. terutama bagi para pecinta alam maupun para pendaki. Mungkin kamu termasuk di antara salah satu wisatawan yang hobi mendaki, maka gunung ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Berastagi yang bisa kamu kunjungi. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk Grameds. Jadi, ketika pergi ke Berastagi, kamu akan berkunjung ke tempat wisata yang mana?

Buku-Buku Terkait

1. Kompas Traveller, Travellog : dari Iberia ke La Bombonera

Ketika pada akhir abad ke-15 Columbus dan awak kapalnya mencapai pulau-pulau yang kini disebut Bahamas, mereka sesungguhnya telah membangun sebuah jembatan tak kasatmata yang menghubungkan Dunia Lama (Benua Eropa) dengan Dunia Baru (Benua Amerika). Jembatan maya itu lebih tepatnya menghubungkan Semenanjung Iberia dan daratan Amerika Selatan. Buku ini berisi kisah pengelanaan wartawan senior Diah Marsidi ke berbagai tempat di Eropa dan Amerika, ke negeri-negeri yang namanya pernah muncul dalam tulisan-tulisan lama dari masa awal penemuan Benua Amerika oleh para pelaut Spanyol dan Portugal, dua bangsa Eropa yang mewariskan pengaruh kebudayaan yang luar biasa besar pada bangsa-bangsa asli dan pendatang lain di sana. Namun, kisah-kisah pelancongan ke Spanyol, Portugal, hingga ke Brasil dan Venezuela ini bukanlah cerita perjalanan sejarah. Tulisan-tulisan dalam buku ini lebih merupakan sebuah mosaik kisah-kisah perjumpaan penulis dengan aneka bangsa, tempat, dan kebudayaan yang diharapkan dapat menambah pemahaman kita tentang dua lokasi geografis berbeda di muka bumi, yakni Semenanjung Iberia di Eropa bagian selatan dan Amerika Latin, serta jembatan maya yang menghubungkan keduanya.

2. Soul Travellers

“Pendidikan dan perjalanan adalah value tertinggi yang saya junjung. Buku ini mengusung keduanya: perjalanan ke berbagai destinasi yang tidak biasa yang ditulis oleh para pejalan yang berpendidikan tinggi. Buku perjalanan yang menarik untuk dibaca dengan ‘kacamata’ baru!” Trinity Penulis buku travelling terlaris seri The Naked Traveler “Bergerak mengiringi jejak-jejak, inspirasi adalah perjalanan yang tak kenal kata berhenti, seperti halnya buku ini. Setiap tempat selalu punya cerita, bagaimana sebuah perjalanan mengajarkan tentang hidup itu sendiri.” Penulis, pegiat buku, produser film “Perjalanan bisa dimaknai dari berbagai hal, mulai dari melepas kepenatan, mendapatkan pengalaman dan teman baru, hingga sebagai suatu proses yang dapat mendewasakan kita. Buku ini spesial karena cerita-cerita perjalanan yang penuh inspirasi ditulis langsung oleh 39 orang penulis muda Indonesia. Alangkah beruntungnya kita dapat ikut merasakan proses itu dan memetik pelajaran dari buku ini.” Muhammad Assad Pengusaha, penulis trilogi buku Notes From Qatar, pembicara.

3. 69 Cara Traveling Gratis

Siapa yang suka traveling? Banyak! Siapa yang mau traveling GRATIS? Mau! Emang bisa? Bisa! Kamu baca, nih, caranya di buku ini! Trinity—penulis buku travel terlaris seri “The Naked Traveler”—dan sahabatnya Yasmin, yang udah sering traveling keliling dunia tanpa pusing kantong bakal bolong, membagi 69 cara untuk traveling gratis. Dari profesi apa saja yang bisa kamu jalani, hingga siapa yang wajib kamu dekati! Jangan khawatir, buku ini nggak akan menjerumuskanmu untuk ikut hal yang aneh-aneh. Satu yang pasti, buku ini akan menjerumuskanmu untuk semakin cinta traveling, sesering mungkin secara gratis! Berangkat!

4. Traveling Hemat Keliling India dan Nepal

Kalau mendengar kata India, mungkin yang langsung terbayang di benak kita adalah film, lagu, sari, dan Taj Mahal. Sedangkan kalau mendengar kata Nepal, mungkin yang langsung terbayang adalah Himalaya. Di buku ini, penulis menunjukkan bahwa India dan Nepal lebih dari itu. Buku ini membahas secara tuntas: Itinerary untuk menjelajah India dari ujung ke ujung, informasi transportasi dan akomodasi di India dan Nepal, tips dan trik traveling secara aman, serta destinasi wisata dan festival yang akan memikat kita untuk menjelajahi indahnya India dan Nepal. Buku ini semakin membuat kami, Ranian Indonesia, terinspirasi untuk mengunjungi India. Kami bisa belajar banyak dan mendapat berbagai informasi dari buku ini. Kami mencintai keindahan dan kebudayaan India. Buku ini sangat direkomendasikan karena sarat informasi dan cerita pengalaman di negara lain;—Elly Mustika, RMBFI-RANI BHARA, Fans Club Rani Mukherjee, Artis Terkenal Bollywood.

Jika kamu ingin mencari buku tentang pernikahan Islami, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 8 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Seru dan Asyik 
  2. 19 Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi yang Wajib Dikunjungi 
  3. Rekomendasi 8 Wisata Alam Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi 
  4. 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Populer 
  5. 5 Tempat Wisata Pangalengan yang Cocok untuk Healing! 
  6. 2 Wisata Wonosobo Terbaik dan Wajib Dikunjungi untuk Healing 
  7. 16 Tempat Wisata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi! 

Written by Ananda