in

Profil Wang Yiren, Maknae Grup Sekaligus Visual EVERGLOW

https://kpop.fandom.com/

Wang Yiren – Jika Grameds mengikuti ajang survival show Produce 48 di saluran Mnet, pasti tidak akan asing dengan nama Wang Yiren yang merupakan trainee dari Yuehua Entertainment. Yap, ajang survival tersebut memang populer secara global karena merupakan kolaborasi dari para trainee Korea Selatan dengan sejumlah member AKB48 dan beberapa sub unitnya.

Meskipun sejumlah member AKB48 dan beberapa sub unitnya memang telah debut sebelumnya, tetapi dalam ajang survival ini mereka akan menjalani masa pelatihan mulai dari awal.

Eksistensi Wang Yiren langsung disorot publik karena dirinya memiliki visual yang tidak main-main. Banyak orang yang menganggap bahwa wajahnya mirip dengan Tzuyu TWICE. Saat pertama mengikuti ajang ini, Wang Yiren memperkenalkan sebagai trainee yang berada di bawah naungan Yuehua Entertainment bersama 2 rekannya yakni Choi Yena dan Kim Sihyeon.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Wang Yiren yang ternyata dianggap sebagai ‘China’s Princess’ di negara asalnya? Apa saja fakta-fakta menarik seputar Wang Yiren yang telah debut bersama grup EVERGLOW ini? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Wang Yiren

Wang Yiren
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Wang Yiren
  • Nama Panggung: Yiren
  • Tanggal Lahir: 29 Desember 2000
  • Zodiak: Capricorn
  • Zodiak China: Naga (Dragon)
  • Tinggi Badan: 163 cm (5’34”)
  • Golongan Darah: O
  • Kewarganegaraan: China
  • Pendidikan: Zhejiang Vocational Academy of Art
  • Masa Pelatihan: 2 tahun 2 bulan
  • Posisi Di Grup: Center, Sub Vocalist, Sub Rapper, dan Lead Dancer

Perjalanan Karir Wang Yiren Bersama EVERGLOW

Wang Yiren lahir di kota Hangzhou, Tiongkok, pada 29 Desember 2000. Keluarganya terdiri atas ayahnya yang merupakan seorang insinyur IT, ibunya yang merupakan sarjana, dan seorang kakak perempuan.

Informasi tentang latar belakang keluarga Wang jarang diketahui publik karena memang Yiren sendiri sangat menjaga privasi kedua orang tuanya.

Sejak kecil, Yiren memang sudah tertarik dengan menari dan bahkan mengambil les tari saat usianya 7 tahun. Tidak hanya itu saja, Yiren turut belajar menyanyi dan modeling untuk menunjang karirnya di usia dini.

2015: Wang Yiren Menjadi Model Untuk Majalah China

Wang Yiren
https://asiachan.com/

Pada tahun 2015, saat usianya tepat 15 tahun dirinya telah menjadi model untuk beberapa majalah terkenal di China. Beberapa majalah yang menjadikan Yiren sebagai model adalah HIM dan Middle School Life.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Diketahui juga bahwa Yiren telah bersekolah di Tiongkok sebelum lulus pada tahun 2019, kemudian barulah dirinya mengejar karir sebagai penyanyi. Yiren menunda untuk meneruskan pendidikannya di universitas karena masih fokus pada karirnya sebagai idol.

2018: Wang Yiren Berpartisipasi Dalam Ajang ‘Produce 48’

Wang Yiren
https://kpop.fandom.com/

Pada tahun 2018, Wang Yiren yang masih berstatus sebagai trainee di bawah naungan Yuehua Entertainment, berpartisipasi dalam ajang survival show Produce 48. Wang Yiren tentunya tidak sendirian, melainkan bersama dua rekannya yakni Choi Yena dan Kim Sihyeon.

FYI, Kim Sihyeon sebelumnya juga pernah bergabung dengan ajang survival show Produce 101 Season 1 pada 2016, tetapi saat itu dirinya masih sebagai individual trainee. Dua tahun setelah acara tersebut selesai, Kim Sihyeon berpartisipasi kembali pada ajang yang sama tetapi konsep berbeda yakni Produce 48 bersama Wang Yiren dan Choi Yena.

Sejak kemunculannya di episode pertama, nama Wang Yiren sudah lumayan melejit di mata publik karena visualnya yang begitu membuat terpesona.

Ditambah lagi keterampilan menarinya yang sangat bagus sehingga membuat juri maupun peserta lain merasa takjub. Pada episode pertama pun, nama Wang Yiren sudah berhasil masuk dalam peringkat 12 besar dan terus mengalami naik turun sepanjang acara.

Melalui ajang survival show Produce 48, Yiren juga terpilih sebagai ranking 1 dalam pemilihan Visual Center dari seluruh peserta. Yiren berhasil bertahan hingga episode final dan tergabung dalam tim “See You Again”. Namun sayangnya, dirinya tidak bisa debut sebagai bagian dari IZ*ONE karena peringkatnya turun hingga ke-28.

Sementara itu dari ketiga perwakilan agensi Yuehua Entertainment pada ajang survival show ini, hanya Choi Yena saja yang berhasil debut bersama IZ*ONE. Dengan kata lain, Choi Yena harus menjalani kegiatan promosi IZ*ONE dan berpisah dengan Kim Sihyeon serta Wang Yiren.

FYI, Yuehua Entertainment adalah sebuah agensi hiburan yang berpusat di Beijing, China. Pada tahun 2014, Yuehua berhasil melebarkan cabangnya di Korea Selatan dan menjalankan kerjasama dengan beberapa agensi, salah satunya Starship Entertainment.

Beberapa artist yang berada di bawah naungan Yuehua Entertainment adalah UNIQ, Wang Yibo, Everglow, TEMPEST, soloist Choi Ye Na, hingga aktor populer Lee Do Hyun.

2019: Wang Yiren Berhasil Debut Bersama EVERGLOW

Wang Yiren
https://kpop.fandom.com/

Sebenarnya, dari keenam member EVERGLOW, kebanyakan dari mereka memang mengikuti ajang survival show untuk menambah pengalaman dan supaya lebih dikenal oleh publik.

Tidak hanya Wang Yiren dan Kim Sihyeon saja yang berpartisipasi dalam ajang survival seperti Produce 48, tetapi juga ada Onda yang turut berkompetisi dalam acara Idol School pada tahun 2017.

Barulah pada 17 Februari 2019, pihak Yuehua Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan sebuah girl group baru bernama EVERGLOW.

Saat pengumuman tersebut dirilis, banyak penggemar yang berspekulasi bahwa Choi Yena semestinya masuk dalam line-up EVERGLOW, tetapi karena dirinya masih sibuk menjalani masa promosi dengan IZ*ONE sehingga tidak memungkinkan untuk “menunggu”.

Setelah perilisan nama EVERGLOW yang diposting di sosial media, akhirnya terungkap bahwa akan ada 6 member yakni Aisha, Mia, Onda, Wang Yiren, Sihyeon dan E:U. Sebagian besar penggemar K-Pop telah mengenali keberadaan Wang Yiren dan Kim Sihyeon karena memang mereka sering menempati ranking atas saat masih mengikuti Produce 48.

Pada 13 Maret, pihak agensi merilis teaser MV untuk lagu debut EVERGLOW yang berjudul “Bon Bon Chocolat” dan berhasil ditonton sebanyak 5 juta orang hanya dalam waktu 2 hari saja.

Sebelum debut, banyak media yang menyebut bahwa EVERGLOW akan menjadi “monster rookie” karena berisikan member yang memiliki potensi hebat. EVERGLOW memulai debutnya pada 21 Maret di program musik M Countdown dan mendapatkan kesuksesan besar dalam penjualan albumnya.

Lalu pada 19 Agustus, EVERGLOW comeback untuk pertama kalinya dengan lagu “Adios” yang ada di dalam album Hush. Lagu “Adios” berhasil mencapai peringkat ke-1 di iTunes K-pop Chart dan ke-2 di Billboard World Digital Song Sales. Atas kesuksesan besar dalam penjualan albumnya itulah, EVERGLOW turut menyabet trofi pertamanya di acara musik The Show.

2020: Melangsungkan World Tour Di Amerika

Wang Yiren
https://kpop.fandom.com/

Pada 21 Januari, pihak agensi mengumumkan bahwa Wang Yiren beserta grup EVERGLOW akan melangsungkan world tour di Amerika Serikat bertajuk “Everlasting Tour in USA” untuk 5 kota yakni Dallas, Atlanta, Chicago, New Jersey, dan Los Angeles. Sayangnya karena saat itu masih pandemi Covid-19, sehingga konser di Los Angeles pun dibatalkan.

2021: Mengikuti Kampanye UNICEF

Wang Yiren
https://twitter.com/EVERGLOW_STAFF

Pada bulan Agustus, Wang Yiren bersama grupnya EVERGLOW bekerja sama dengan UNICEF untuk kampanye “Promise” yang diselenggarakan guna mempromosikan perdamaian dunia demi anak-anak di seluruh dunia.

Pada 25 Agustus kemudian, EVERGLOW pun merilis MV bertajuk “Promise” sekaligus dance challenge yang nantinya akan didonasikan pada UNICEF. Donasi yang didapatkan tersebut akan digunakan untuk vaksin polio dan campak, serta kelambu anti-malaria untuk anak-anak.

2022: Debut Solo dan Hiatus Untuk Melanjutkan Pendidikan Di Tiongkok

Wang Yiren
https://kpop.fandom.com/

Pada 9 Januari, pihak Yuehua Entertainment mengumumkan bahwa Wang Yiren akan hiatus sementara untuk melanjutkan pendidikannya di Tiongkok sekaligus menghabiskan waktu bersama keluarganya. Berhubung pada Desember 2021, EVERGLOW tengah melangsungkan comeback “Pirate”, maka setelah pengumuman tersebut grup akan promosi dengan 5 orang.

Para penggemar pun merasa hiatus yang dilakukan oleh Wang Yiren ini merupakan hal bagus untuknya karena sejak Covid-19, Yiren memang belum sempat mengunjungi keluarganya di Tiongkok. Pengumuman resmi akan hiatusnya Yiren tersebut dapat dilihat disini.

Selama Yiren kembali ke Tiongkok, dirinya turut merilis lagu debut solonya berjudul “Call Call”. Debut solonya itu berada dibawah label Yuehua Entertainment yang ada di Tiongkok. Pada bulan Desember, barulah Yiren kembali ke Korea Selatan dan melanjutkan aktivitasnya bersama EVERGLOW.

25+ Fakta Menarik Seputar Wang Yiren

Wang Yiren
https://kpop.fandom.com/
  1. Wang Yiren lahir pada 29 Desember 2000 di kota Hangzhou, Tiongkok.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan.
  3. Dari seluruh member EVERGLOW, Yiren adalah satu-satunya anggota non-Korea dan merupakan maknae alias member termuda.
  4. Sejak kecil, Yiren telah belajar tarian tradisional Tiongkok. Dirinya pun mendapatkan tawaran casting oleh salah satu staf Yuehua Entertainment saat perjalannya menuju asrama dari Zhejiang Arts Vocational Academy. Akhirnya, Yiren datang ke audisi tersebut bersama ibunya.
  5. Sebenarnya, Yiren adalah trainee di Yuehua cabang Beijing. Namun dirinya ditransfer ke Korea Selatan untuk mendapatkan pelatihan di Yuehua Entertainment Korea.
  6. Pada tahun 2018, Wang Yiren berpartisipasi dalam ajang survival show Produce 48 bersama rekannya Kim Sihyeon dan Choi Yena. Yiren berhasil bertahan hingga episode final dengan ranking akhir 28.
  7. Saat Yiren menjadi guest star Running Man, namanya terus-menerus menduduki peringkat atas dalam pencarian Naver.
  8. Memiliki keterampilan khusus berupa memainkan alat musik tradisional Tiongkok yakni g?zh?ng.
  9. Yiren termasuk pribadi yang cepat belajar karena usianya masih terlalu muda untuk datang ke Korea, tetapi kemampuan berbahasa Korea-nya sudah fasih.
  10. Berteman akrab dengan Aurora NATURE dan Ningning AESPA.
  11. Hobi: Berbelanja dan memasak
  12. Yiren tidak bisa makan ikan bakar, tetapi dia sangat suka dengan sushi.
  13. Makanan favorit: pasta, kentang goreng, pizza, dan minuman yang memiliki campuran susu.
  14. Pada acara Halloween VLive, Yiren berdandan sebagai penyihir pada tahun 2019 dan pada tahun selanjutnya sebagai Black Widow.
  15. Yiren diperkenalkan dengan Yuqi G(I)-dle oleh rekannya Choi Yena.
  16. Yiren mengaku dirinya lebih suka mengenakan pakaian sederhana daripada pakaian mewah.
  17. Pada Desember 2020, Yiren dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19.
  18. Banyak penggemar yang berspekulasi bahwa Yiren berasal dari keluarga kaya karena dirinya memiliki seorang kakak perempuan. FYI, sejak 2015 memang China telah menerapkan kebijakan satu anak per satu rumah tangga.
  19. Yiren sangat suka hal-hal yang berbau tentang unicorn.
  20. Selama mengikuti ajang Produce 48, Yiren berhasil menempati posisi pertama dalam pemilihan Visual Center.
  21. Saat ada waktu luang, Yiren akan menggunakan waktu tersebut untuk menggambar dan menonton acara mukbang.
  22. Di dorm, Yiren sekamar dengan Aisha dan menganggapnya sebagai saudara perempuan.
  23. Role model: Yoona SNSD dan aktris Jun Jihyun.
  24. Saat marah atau tengah bersemangat, Yiren akan berbicara secara cepat.
  25. Yiren menganggap E:U sebagai ibunya dan Aisha sebagai saudara perempuannya.
  26. Yiren memulai debutnya sebagai solois di Tiongkok pada 31 Agustus 2022, dengan single “Call Call”

Itulah pembahasan tentang Wang Yiren, semoga setelah membaca ulasan ini sampai akhir bisa menjadi inspirasi kalian. Jika sedang mencari buku tentang K-pop, maka kalian bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

5 Rekomendasi Buku Terkait Wang Yiren

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Wang Yiren

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    74% 484 / 654
  • Belum
    18% 121 / 654
  • Masukkan keranjang
    7% 49 / 654

2. K-Pop Fever

Wang Yiren

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    74% 484 / 654
  • Belum
    18% 121 / 654
  • Masukkan keranjang
    7% 49 / 654

5. KPopers? So What?

Wang Yiren

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://en.kepoper.com/

https://kpopwiki.org/

Yiren (Everglow) Profile and Facts

https://kpopping.com/profiles/idol/Yiren

https://everglow.fandom.com/wiki/Yiren#Produce_48

https://en.wikipedia.org/wiki/Everglow

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.