in

14 Tips Menghilangkan Mata Panda agar Terlihat Lebih Sehat dan Fresh

health.kompas.com

Tips Menghilangkan Mata Panda – Lingkaran bawah mata atau yang biasa juga disebut dengan mata panda sendiri merupakan kondisi yang disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kelelahan, kurang tidur, pola hidup yang kurang sehat, pertambahan usia, dan sebagainya.

Jika kamu mengalami mata panda, maka pada bagian bawah mata akan menjadi menghitam serta kolagen yang menjaga elastisitas berkurang. Pada umumnya, mata panda ini hanya bersifat sementara serta tidak berbahaya. Namun, munculnya mata panda ini akan mengganggu penampilan.

Jika kamu mengalami mata panda, tak perlu cemas karena pada artikel ini kita akan membahas lebih dalam tentang tips menghilangkan mata panda dan juga bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Tips Menghilangkan Mata Panda

Tips Menghilangkan Mata Panda
alodokter.com

Berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan mata panda yang bisa kamu praktikkan.

1. Tidur Cukup

Kurangnya waktu tidur di malam hari merupakan salah satu penyebab utama dari munculnya mata panda. Salah satu caranya untuk menghilangkannya dengan cara melakukan tidur malam yang cukup. Sesuai dengan anjuran para dokter, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap harinya untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jadi, selalu ingat agar menghindari begadang ataupun tidur terlalu larut untuk dapat menghindari mata panda yang nampak di wajah di keesokan harinya.

2. Hindari Konsumsi Kafein dan Minuman Beralkohol

Cara mengatasi mata panda yang kedua adalah dengan menghindari konsumsi kafein ataupun minuman beralkohol. Hal ini perlu dilakukan karena kedua hal tersebut dapat menyebabkan dehidrasi ringan serta akan membuatmu terjaga dengan lebih lama di malam hari. Jika dehidrasi di malam hari, maka bisa memicu munculnya kantung mata serta lingkaran hitam di sekitar area mata. Namun, jika kamu memang suka dan hobi mengkonsumsi kopi ataupun teh, sebaiknya untuk meminumnya di pagi ataupun sore hari untuk menghindari mata panda.

3. Tingkatkan Asupan Kalium Tubuh

Dengan meningkatkan asupan kalium atau biasa juga disebut dengan zat mineral pada tubuh, maka bisa mengurangi munculnya mata panda. Hal ini dikarenakan kalium dinilai dapat mengurangi cairan penyebab mata panda. Adapun kandungan kalium terdapat pada beberapa makanan, seperti kentang, buah pisang, brokoli, kacang-kacangan, dan sebagainya.

4. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Minum air putih bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bukan hanya menjadi lebih sehat, tetapi dengan asupan cairan tubuh bisa juga membuat tubuh menjadi segar. Bahkan, asupan air yang cukup bisa mengatasi mata panda.

Faktanya, dengan mengonsumsi air putih yang akan mengurangi jumlah konsentrasi garam pada tubuh serta area sekitar mata yang menjadi penyebab munculnya mata panda. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya kamu juga rutin untuk minum air putih dalam 7-8 gelas per harinya supaya kamu dapat mengurangi tampilan mata panda.

5. Oleskan Krim Khusus Mata

Mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu bahwa kulit di area mata kemudian menjadi lebih tipis apabila dibandingkan dengan kulit di area wajah lainnya. Hal Inilah yang kemudian membuatnya rentan dan mudah kering, sehingga akan memunculkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Jika kamu ingin mengatasinya, maka bisa menggunakan krim pelembab khusus mata untuk menjaga kelembaban kulit pada area mata dan menghilangkan kantung mata ataupun lingkaran hitam penyebab mata panda. Namun, perlu dicatat bahwa pemakaian krim khusus mata bisa memakan banyak waktu ketika ingin mempraktikannya. Jadi, pastikan untuk melakukannya secara rutin serta konsisten ya agar mendapatkan hasil yang optimal.

6. Kurangi Durasi Menatap Layar Gadget

Terlalu lama menatap layar laptop atau handphone ternyata turut menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda. Hal ini sendiri dikarenakan mata yang terlalu lama menatap layar gadget akan menjadi kelelahan, akibat sinar yang dipantulkan oleh gadget yang kamu gunakan. Apalagi, jika kamu menggunakannya dengan tingkat kecerahan yang terlalu terang.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi durasi menatap layar gadget kemudian menjadi cara mengatasi mata panda yang perlu kamu lakukan. Alangkah baiknya, kamu dapat mengalokasikan waktu khusus untuk bermain gadget ataupun dengan memanfaatkan fitur yang ada pada media sosial.

Hal ini perlu dilakukan karena, hampir semua smartphone yang ada saat ini dan juga media sosial memiliki fitur screen time yang di mana bisa mengatur durasi maksimal untuk melihat layar. Dengan melakukan hal ini, maka mata kamu bisa istirahat, sehingga keesokan harinya bisa kembali lebih segar.

7. Pijat Area Mata dengan Lembut

Cara mengatasi mata panda selanjutnya adalah dengan memijat area mata dengan lembut. Cara ini dapat kamu lakukan saat hendak tidur. Kamu bisa memijat area lingkaran mata serta area sepanjang alis, serta bagian atas tulang pipi selama 30 detik. Selain itu, pastikan juga kamu memijatnya secara perlahan, sehingga peredaran darah di sekitar mata kemudian dapat berjalan dengan lancar.

Kandungan minyak kelapa bisa membuat mata panda berkurang atau bahkan hilang. Hal ini karena minyak kelapa mengandung vitamin E. Selain itu, minyak kelapa juga bisa membantu kamu dalam mengencangkan kulit dan menenangkan kulit. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk memijat area mata dengan lembut agar mata panda pun bisa hilang.

Itulah beberapa tips menghilangkan mata panda yang bisa kamu praktikkan. Hal yang perlu digarisbawahi dari semua tips di atas adalah menghilangkan mata panda tidak bisa terjadi dalam satu malam saja. Itu artinya, kamu harus secara rutin melakukan semua tips di atas.

Bahan Alami Menghilangkan Mata Panda

Tips Menghilangkan Mata Panda
aspek.id

Masalah mata panda sering kali menghantui terutama bagi kamu yang sering mengalami kelelahan ataupun kurang tidur. Mata panda itu sendiri ditandai dengan munculnya lingkar hitam di area bagian bawah mata serta umum dialami oleh semua orang.

Meski tak berbahaya, mata panda ini kemudian akan membuat penampilan wajahmu menjadi tidak segar. Karena harus diakui bahwa mata merupakan bagian tubuh yang kemudian menunjang penampilan.

Saat mata bersinar, cantik, serta bebas mata panda kemudian akan terlihat semakin mengagumkan. Terdapat beberapa cara untuk menghilangkan mata panda menggunakan bahan alami serta aman untuk dilakukan. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda.

1. Lidah Buaya

Aloe vera atau gel lidah buaya memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kulit. Lidah buaya sendiri mengandung vitamin A, C dan E. Semua kandungan itu bisa membantu kamu dalam memberikan nutrisi pada kulit dan juga dapat memperbaiki kondisi kulit di sekitar mata. Oleh sebab itu, tak heran jika lidah buaya bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata panda yang dapat kamu lakukan dengan mudah di rumah.

2. Mentimun

Bahan alami lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai cara menghilangkan mata panda adalah dengan menggunakan mentimun. Buah mentimun ini sendiri dapat memberikan efek untuk dapat menyegarkan wajah dan cocok diaplikasikan bagi pemilik kulit sensitif. Selain itu, kandungan antioksidan didalamnya juga mampu mengobati lingkaran hitam serta meningkatkan kelembaban kulit. Cara menghilang mata panda dengan mentimun dapat kamu lakukan dengan cara mengiris mentimun serta meletakkan pada area mata.

3. Minyak Zaitun

Tips Menghilangkan Mata Panda
pixabay.com

Salah satu bahan alami dengan kandungan vitamin, mineral, serta minyak nabatinya ini berkhasiat dalam menghaluskan serta mencerahkan warna kulit. Sama halnya dengan mentimun, minyak zaitun kemudian mengandung antioksidan yang baik serta mampu menangkal penyebab munculnya mata panda. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minyak zaitun sendiri cukup mudah dilakukan. Hal ini karena kamu tinggal mengoleskan minyak zaitun ke area mata kemudian pijat secara perlahan.

4. Kantong Teh

Ternyata kantong teh diyakini bisa membantu kamu dalam menghilangkan mata panda yang sedang kamu alami. Hal ini karena teh mengandung kafein serta antioksidan yang akan membantu memperlancar sirkulasi darah, mengecilkan pembuluh darah juga mengurangi retensi cairan di bawah mata. Jika kamu ingin menggunakan teh, maka bisa melakukannya dengan cara mengompresnya di area mata.

5. Minyak Almond Manis

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda adalah minyak almond manis. Kandungan pada minyak ini dipercaya bisa mengatasi permasalahan mata panda apalagi didalamnya terkandung vitamin E.

Oleh sebab itu, minyak ini bisa menetralisir lingkaran hitam yang ada di sekitar mata. Bahkan, bisa membuat mata kamu menjadi lebih cerah dan pastinya lebih segar.

Kamu juga dapat mengaplikasikannya di pagi hari atau di malam hari sebelum tidur untuk kemudian mendapat hasil maksimal. Alangkah baiknya, gunakan minyak almond manis bukan yang pahit, karena minyak almond pahit hanya dapat digunakan dalam aromaterapi.

6. Tomat

Tomat dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk kemudian menghilangkan mata panda. Tomat memiliki kandungan asam sitrat yang bersifat ringan serta lembut untuk diaplikasikan di bawah mata. Cara pemakaiannya cukup mudah hanya dengan mengambil sepotong tomat kemudian meletakkannya di bawah mata hingga terasa telah meresap. Setelah didiamkan selama beberapa menit, bersihkan dengan air dingin kemudian oleskan dengan menggunakan eye cream.

7. Lidah Buaya

Kandungan dalam lidah buaya yaitu vitamin A, C, dan E akan membantu memberikan nutrisi kulit serta memperbaiki kondisi kulit. Berkat kandungan yang baik untuk kulit tersebut, aplikasikan gel lidah buaya pada area bawah mata secara rutin setiap tidur malam untuk kemudian menghilangkan mata panda. Oleskan gel lidah buaya pada area bawah mata yang menghitam kemudian diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

Penutup

Kantung mata dengan rona gelap akan menjadi masalah yang mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Selain kurang tidur, kantung mata yang gelap ini memang dapat muncul karena kurang minum air putih, kurang vitamin, anemia, serta terkait gaya hidup yang buruk seperti merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan.

Riasan yang baik juga tetap tidak dapat menyamarkan kantung mata secara sepenuhnya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk menghilangkan mata panda ini.

Semua tips menghilangkan mata panda dan juga bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi panda itu bisa kamu praktikkan di rumah. Akan tetapi, kamu tetap harus bersabar karena semua tips di atas tidak bisa terjadi hanya satu malam saja.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Mata Panda

1. Sehat Itu Cantik

Tips Menghilangkan Mata Panda

Buku ini berisi cara mudah yang akan menuntun Anda merawat kecantikan dari ujung rambut hingga ujung kaki di rumah. Langkah sederhana serta bahan yang mudah didapat membuat perawatan di rumah terasa menyenangkan. Selain perawatan yang dibutuhkan, buku ini juga menyediakan berbagai informasi seputar kecantikan dan kesehatan tubuh.

Buku ini akan membantu mengenali, merawat, dan menjaga kesehatan serta kecantikan seluruh tubuh secara alami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan datangnya penuaan. Apa saja dan bagaimana caranya? Temukan selengkapnya dalam buku praktis ini!

2. Cantik, Segar & Mempesona di Hari Pernikahan

Tips Menghilangkan Mata Panda

Bagi setiap orang pernikahan adalah salah satu peristiwa istimewa di dalam episode kehidupannya. Di hari penting tersebut semua wanita pasti ingin tampil spesial, bagaikan putri-putri dalam dongeng. Secantik Lady Diana (alm) ketika menikah dengan Pangeran Charles, atau putri-putri cantik lainnya. Penampilan yang mencuri perhatian seluruh tamu, dan yang paling penting tentu mempesona pendamping Anda, yaitu pengantin pria.

Namun untuk memperoleh penampilan yang sempurna, perlu perawatan yang tentunya tidak bisa disulap seketika. Setidaknya lakukan perawatan rutin 6 (enam) bulan sebelum hari H tersebut. Lamanya waktu yang diperlukan membuat Anda memperoleh pesona yang lebih alami dan sehat. Buku ini sengaja disajikan sebagai petunjuk langkah demi langkah yang dapat Anda kerjakan sendiri di rumah dengan cara sederhana namun tepat.

Tentu saja cara ini lebih hemat dan pribadi. Ikutilah agendanya dengan seksama agar mendapat manfaat maksimal. Selain perawatan, ikuti pula berbagai tip dan trik untuk menutupi kekurangan tubuh, memilih busana pengantin, memilih alas kaki agar nyaman dikenakan selama menjalani proses, tiara yang cocok untuk wajah Anda, dan sebagainya. Semoga bahagia.

3. Membuat Mata Lebih Cantik Lengkap Aksesorisnya

Tips Menghilangkan Mata Panda

Buku ini menyajikan informasi seputar rahasia membuat mata lebih cantik dan dilengkapi aksesorisnya. Diantara tips yang tersaji dalam buku ini adalah; Blefaroplasti, Cara Aman Mempercantik Mata; Menghilangkan Kantung Mata; Atasi Kelainan Medis; Mata Sahabat Proporsional; Persiapan Melakukan Blefaroplasti;

Mata Cantik dengan Eyeliner Tepat; Beragam Eyeliner dan cara pemakaiannya; Tips Membuat Keriting Bulu Mata Lentik; Solusi perawatan bulu mata; Bersihkan bulu mata; Sikatlah bulu mata; Tips Merapikan dan Merawat Alis Mata; Tips membuat mata sipit tampak menjadi lebih besar; Tips Mencegah Kerutan Halus Sekitar Mata;

Solusi Hilangkan Lingkar Hitam & Kantung Mata; Soft Laser Therapy; Tahap-Tahap Terapi; Tips Merawat Kesehatan Mata. Dapatkan segera buku ini dan temukan manfaatnya. Selamat membaca, semoga bermanfaat!!

4. Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Kulit yang sehat, halus serta bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita termasuk Anda. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih fresh, cantik serta awet muda.

Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit. Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar? Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM. Jangan sampai produk yang berbahaya ini masih ada di tangan Anda dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang Anda dapatkan justru sebaliknya.

Jika kamu ingin mencari buku tentang pernikahan Islami, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami dan Medis
  2. 10+ Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami
  3. 23 Makanan untuk Kesehatan Mata dan Tips Kesehatan Mata
  4. Arti Kedutan Pada Mata, Simak Penjelasannya 
  5. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  6. Rekomendasi Sunscreen untuk Remaja dan Tips Memilihnya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda