in

Arti Kedutan Pada Mata, Simak Penjelasannya

Unsplash.com/Marina Vitale

Arti Kedutan Pada Mata – Kedutan pada mata adalah kejadian refleksi gerakan yang dilakukan secara terus-menerus dan tidak bisa dikontrol. Pada dasarnya kedutan tidak hanya terjadi pada mata, tetapi bisa terjadi pada bagian tubuh lainnya.

Kedutan memiliki banyak sekali arti mulai dari masalah kesehatan, arti kedutan menurut agama, maupun sebagai tanda firasat kejadian. Entah sebuah mitos atau fakta, apabila mengalami kedutan masih dipercaya sebagai pertanda kejadian, banyak orang yang masih mempercayainya bahkan dijadikan sebagai pertanda kehati-hatian dalam kehidupan.

Arti Kedutan
Unsplash.com/Marina Vitale

Kedutan Menurut Medis

Mata kedutan atau disebut blefarospasme yang artinya gerakan berulang kelopak mata bagian atas yang terjadi secara spontan dan tiba-tiba. Kedutan berlangsung selama kurang lebih 1 sampai 2 menit.

Kedutan tidak menimbulkan rasa sakit maupun berbekas. Kedutan bisa terjadi pada dua mata sekaligus, kedutan bisa hilang dengan sendirinya dan bisa datang tanpa kita duga. Meskipun demikian ada beberapa faktor pemicu kedutan pada mata seperti kelelahan, aktivitas yang berat, kurang tidur, paparan cahaya yang terlalu terang serta iritasi pada mata.

Selain itu hidup tidak sehat dengan mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman berkafein dan merokok juga menjadi pemicu terjadinya kedutan.

Ada juga beberapa kondisi serius yang dapat memicu terjadinya kedutan pada mata seperti radang pada kelopak mata, mata kering, iritasi kornea mata dan infeksi mata bagian depan. Kedutan juga memiliki beberapa jenis yang setiap jenisnya berbeda tingkat keparahannya beserta berbeda gejalanya. Berikut macam-macam kedutan beserta gejalanya:

1. Kedutan Minor

Merupakan kedutan yang sebenarnya tidak menimbulkan rasa sakit seperti rasa nyeri dan juga tidak berbahaya. Kedutan minor terjadi akibat gaya hidup seperti kelelahan, kurang istirahat, stres, mengkonsumsi minuman keras atau kafein berlebihan, serta merokok. Selain itu kedutan minor juga terjadi yang dapat disebabkan oleh iritasi pada kornea atau konjungtiva (lapisan dalam kelopak mata).

2. Blefarospasme Esensial Jinak

Blefarospasme Esensial Jinak biasanya dialami oleh orang dewasa hingga lanjut usia, dan biasanya sering diderita oleh wanita ketimbang pria, akan tetapi juga terdapat faktor genetik dan faktor lingkungan. Pada umumnya Blefarospasme Esensial Jinak terjadi pada kelopak mata yang berkedip tanpa henti, apabila diteruskan dapat menyebabkan kaburnya penglihatan hingga kedutan pada wajah.

Selain itu Blefarospasme Esensial Jinak dipicu apabila sering mengkonsumsi minuman keras atau minuman berkafein berlebihan, terpapar cahaya terang, kelelahan, kurang tidur, iritasi akibat polusi dan stres. Terdapat beberapa hal yang dapat memicu meningkatnya risiko Blefarospasme Esensial Jinak diantaranya ialah:

  • Mata kering
  • Peradangan kelopak mata (Konjungtivitis)
    Peradangan pada konjungtiva atau iritasi yang menutupi pada bagian putih bola mata. Disebabkan oleh bakteri atau virus dan dapat menular melalui kontak dengan sekresi mata dari orang yang terinveksi.
    Berikut gejala Konjungtivitis yang menimbulkan keluhan mata merah, berair dan belekan tetapi tidak akan mengalami gangguan penglihatan. Selain itu konjungtivitis yang disebabkan alergi menyebabkan kulit di sekitar mata tampak kering, bengkak, bentol sampai kusam.
  • Peradangan kelopak mata akibat infeksi bakteri (Blefaritis)
    Menyebabkan kelopak mata menjadi bengkak, kemerahan dan berminyak. Blefaritis terjadi ketika kelenjar minyak di dekat akar bulu mata tersumbat yang menjadi peradangan di kelopak mata.
    Blefaritis dibagi menjadi dua yakni:

    a. Blefaritis anterior
    Peradangan di kulit kelopak mata bagian luar yang dipicu oleh infeksi bakteri Staphylococcus, reaksi alergi produk kosmetik mata, ketombe yang jatuh ke kelopak mata, infeksi kutu di bulu mata.

    b. Blefaritis posterior
    Merupakan peradangan yang terjadi pada kelopak bagian dalam yang bersentuhan dengan bola mata. Blefaritis posterior dipicu oleh penyumbatan kelenjar minyak yang terletak di bagian dalam kelopak mata, Rosacea atau gangguan kulit wajah, kelainan kelenjar meibom, Dermatitis seboroik.

Berikut beberapa gejala blefaritis:

    • Bengkak dan kemerahan di kelopak mata
    • Kelopak mata terasa gatal
    • Mata merah
    • Bulu mata dan tepi kelopak mata penuh kotoran mata
    • Kelopak mata menjadi lengket
    • Kelopak mata terasa berminyak
    • Mata kering atau berair
    • Mata terasa berpasir
    • Sensasi terbakar pada mata
    • Pengelupasan kulit di sekitar mata
    • Bulu mata rontok
    • Sering mengedipkan mata
    • Penglihatan buram
    • Mata menjadi sensitif pada cahaya
  • Suatu kondisi kelopak mata masuk ke bagian dalam mata (Entropion)
    Entropion merupakan tumbuhnya bulu mata ke arah bola mata akibat dari kelopak mata yang terlipat, yang pada umumnya terjadi pada kelopak mata bagian bawah. Gejalanya yang ditimbulkan Entropion adalah iritasi, mata merah, kulit kelopak mata mengeras, nyeri dan gatal pada mata.
    Entropion dapat merusak bola mata, merusak kornea, dan menyebabkan kebutaan permanen. Apabila mengalami beberapa gejala segeralah periksa pada dokter. Berikut gejalanya:
    • Mata terasa sakit
    • Mata tiba-tiba merah
    • Penglihatan menjadi kurang jelas
    • Sensitif terhadap cahaya
  • Peradangan pada lapisan tengah mata (Uveitis)
    Uveitis adalah peradangan yang terjadi pada uvea atau lapisan tengah mata. Gejalanya salah satu atau kedua mata terlihat sangat merah, nyeri pada mata dan penglihatan menjadi kabur. Penyebab uveitis :
    • Rheumatoid arthritis (peradangan sendi)
    • Psoriasis (peradangan kulit)
    • Ankylosing spondylitis (peradangan sendi pada tulang belakang)
    • Sarkoidosis (peradangan yang muncul seperti paru-paru, kelenjar getah bening, mata dan kulit)
    • Penyakit Kawasaki (peradangan dinding pembuluh darah)
    • Kolitis ulseratif (peradangan usus besar)
    • Crohn’s disease (peradangan dalam pencernaan)
  • Kejang salah satu sisi wajah (Hemifacial Spasm)
    Gangguan ini disebabkan oleh tekanan arteri pada saraf ini yang melibatkan bagian lain dari otot wajah. Kejang pada wajah merupakan suatu kondisi yang sering terjadi. Bagian mulut biasanya berbeda dengan kedutan yang umum pada salah satu mata yang mengalami kelainan pada sisi wajah.

Meredakan Kedutan Pada Mata yang Mengganggu

Pada dasarnya kedutan tidak bisa dihindari, tetapi dapat kita cegah apabila kedutan yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kedutan bisa diredakan dengan cara berikut ini:

  1. Waktu istirahat yang cukup. Cobalah untuk tidur lebih awal dari jam biasa Anda tidur. Begadang justru dapat memberatkan kerja kelopak mata.
  2. Apabila akan tidur malam, kompres mata dengan cara menempelkan kompresan air hangat pada mata kedutan. Jika kedutan tidak berhenti, Anda bisa mencoba untuk mengganti air hangat dengan air dingin setiap 10 menit sekali.
  3. Kurangi konsumsi alkohol dan minuman berkafein, teh serta minuman energi dan juga obat nyeri. Anda bisa menggantinya dengan air kelapa yang diklaim dapat melemaskan otot akibat memiliki kandungan quinine.
  4. Hentikan kebiasaan merokok untuk sementara waktu atau hentikan seterusnya.
  5. Istirahat dan batasi penggunaan handphone, laptop dan alat elektronik lainnya.

Jika Grameds ingin tahu lebih banyak tentang kesehatan mata, Grameds bisa membaca dan dapatkan bukunya “Prosedur Klinik Keperawatan Pada Mata Ajar Kebutuhan Dasar Manusia” yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Arti Kedutan

Kedutan Menurut Primbon

Sebagian masyarakat Jawa masih mempercayai primbon Jawa sebagai metode untuk menghitung persoalan seperti hari baik untuk bepergian, hari baik untuk acara penting, watak seseorang, arti mimpi tidur, arti sebuah nama untuk seseorang, memulai pekerjaan, masalah percintaan hingga arti kedutan pada mata. Primbon Jawa merupakan kebiasaan dari para leluhur yang dilestarikan oleh masyarakat tak terkecuali masyarakat Jawa.

Pengertian Primbon

Primbon menurut Wikipedia merupakan sebuah kitab warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) primbon memiliki definisi sebagai kitab yang berisi ramalan, buku yang menghimpun pengetahuan kejawen, berisi rumus ilmu gaib, sistem bilangan yang pelik untuk menghitung hari mujur, dan mengurus segala macam kegiatan yang penting.

Primbon memiliki fungsi sebagai pedoman untuk menentukan sikap dalam suatu tindakan kehidupan. Buku primbon Jawa berisi bahasan mengenai perhitungan, perkiraan, peramalan nasib, meramal watak manusia dan lainnya.

Arti Kedutan

Perhitungan, ramalan yang beragam menggunakan penanggalan atau kalender sebagai dasarnya yang terdiri sedemikian rupa dari hari dan weton. Mulai zaman dahulu, kalender Jawa digunakan sebagai perhitungan waktu dan sudah digunakan untuk berbagai keperluan, contohnya untuk menentukan waktu bercocok tanam atau acara peringatan.

Orang Jawa memegang ajaran pendahulunya untuk melakukan perhitungan-perhitungan waktu, karena didasari oleh kepercayaan terhadap takdir. R. Gunasasmita berpendapat, perhitungan dalam primbon yang menggunakan kalender Jawa meliputi setiap hari, hari pasaran, bulan, dan tahun memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Dapat digunakan untuk melakukan identifikasi terhadap kejadian yang mungkin terjadi pada kemudian hari. Primbon dianggap bisa dijadikan alat untuk selalu waspada dan berhati-hati. Apabila perhitungan primbon menunjukkan hal yang positif, maka dapat menjadi acuan semangat dan motivasi bagi seseorang dalam kehidupannya.

Primbon memiliki kepercayaan empat sifat dari hari yang buruk seperti Hari sengkala (hari Taliwangke), hari sengkala (samparwangke), tahun bencana (kunarpa warsa) dan tahun bencana (Sangar Warsa). Ada tiga sifat di hari baik seperti bulan baik (bulan Rahayu), bulan sedang (bulan sarju) dan Anggara Kasih. Selain itu setiap pasaran memiliki unsur elemen tertentu yang ada di bumi yaitu:

  • Pethakan atau legi, yaitu cahaya putih dengan unsur udara
  • Abritan atau Paing, yaitu cahaya merah dengan unsur api
  • Jene’an atau Pon, yaitu cahaya kuning dengan unsur cahaya
  • Cemengan atau wage, yaitu cahaya hitam berunsur tanah
  • Gesang atau kliwon, yaitu cahaya hijau berunsur air atau hidrogen

Selain itu hari dan dan pasaran juga diyakini memiliki angka, yang merupakan gabungan dari hari dan pasaran yang disebut nah neptu weton kemudian dijadikan dasar untuk mencari hari baik hingga meramal. Hari minggu angka 5, Senin 4, Selasa 3, Rabu 7, Kamis 8, Jumat 6 dan Sabtu 9.

Grameds bisa membaca dan dapatkan bukunya “Business Primbon Jangan Buka Bisnis Sebelum Baca Buku Ini” untuk menambah wawasan tentang hari baik memulai bisnis atau hari penting lainnya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Arti Kedutan

Arti Kedutan Sebagai Suatu pertanda

Kedutan pada dasarnya bisa terjadi pada tubuh bagian mana saja, tapi kedutan pada mata dipercaya mendapatkan suatu pertanda entah itu baik atau buruk dalam kehidupan kita. Tapi tetap saja kita tidak boleh terlalu percaya, serahkan semua kepada Allah SWT.

Menurut primbon Jawa arti kedutan baik mata kiri maupun kanan adalah sebagai simbol akan mendapatkan suatu kabar, entah itu kabar baik ataupun kabar buruk, kabar dari orang lain, bahkan apa yang akan terjadi.

Tetapi arti kedutan tidak bisa kita sangat mempercayainya, arti dari kedutan mata sebagai simbolis saja karena primbon Jawa merupakan kita leluhur yang dipercaya dan turun-temurun. Selain itu kedutan tidak bisa dijadikan suatu pertanda mendapatkan kabar, sebab seseorang pun bisa mendapatkan sebuah kabar baik ataupun kabar buruk tanpa merasakan kedutan terlebih dahulu. Berikut ini arti kedutan menurut primbon Jawa:

1. Kedutan mata kanan bagian atas

Primbon Jawa memberikan arti apabila Anda merasakan kedutan pada mata kanan bagian atas akan memperoleh rezeki, terutama rezeki berupa harta atau uang. Uang yang didapatkan entah dari usaha Anda ataupun menjual barang-barang.

2. Kedutan mata kanan bagian bawah

Primbon Jawa memberikan arti apabila Anda mengalami kedutan mata kanan bagian bawah, maka bermakna akan mendapatkan suatu kesulitan. Tetapi kita tidak boleh langsung percaya, kembali lagi semua tergantung pada Sang Maha Kuasa.

3. Kedutan mata kiri bagian atas

Primbon Jawa memberikan arti apabila Anda mengalami kedutan mata kiri bagian atas, maka bermakna akan mendapatkan rezeki atau sebuah kebaikan. Tidak hanya itu, kedutan mata kanan bagian atas juga memiliki arti Anda akan menerima hal-hal positif, dan mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

4. Kedutan mata kiri bagian bawah

Primbon Jawa memberikan arti apabila kita merasakan kedutan mata kiri bagian bawah, maka akan mendapatkan kesedihan, musibah atau hal-hal lain yang membuat kita menangis.

5. Kedutan mata kanan bagian pojok tempat keluar air mata

Primbon Jawa memberikan arti apabila Anda rasakan kedutan mata kanan bagian pojok tempat keluarnya air mata, maka bermakna Anda akan mengalami suatu kesusahan dan hal-hal yang membuat Anda menangis.

6. Kedutan mata kiri bagian pojok tempat keluar air mata

Primbon Jawa memberikan arti apabila Anda merasakan kedutan mata kiri bagian pojok tempat keluar air mata, maka bermakna Anda akan keluar dari suatu kesusahan. Kesusahan yang selama ini menyelimuti Anda, apabila hal itu terjadi sebaiknya Anda bersyukur pada Tuhan.

7. Kedutan ujung mata kanan

Primbon Jawa memberikan arti apabila mengalami kedutan pada ujung mata kanan, maka bermakna secepatnya Anda akan melihat seseorang yang disukai atau bertemu dengan sang kekasih.

8. Kedutan ujung mata kiri

Apabila Anda merasakan kedutan pada ujung mata kiri, maka primbon Jawa memberikan arti Anda akan mengalami suatu kesulitan. Tapi jangan patah semangat dan terus berusaha.

9. Kedutan bola mata kanan

Primbon Jawa memberikan arti apabila Anda mengalami kedutan bola mata kanan maka kita akan menangis atau mendapatkan kesusahan, sampai suatu pertanda akan adanya orang yang meninggal dunia.

10. Kedutan bola mata kiri

Primbon Jawa memberikan arti apabila Anda mengalami kedutan bola mata kiri bermakna kita akan bertemu dengan seseorang yang sudah lama, teman lama atau seseorang yang kita cintai.

Jika Grameds ingin mencari tahu lebih tentang arti kedutan, Grameds bisa membaca dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Penulis : Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 23 Makanan untuk Kesehatan Mata dan Tips Kesehatan Mata 
  2. Mengenal Apa Itu Mata Minus, Penyebab, dan Pencegahannya 
  3. 10+ Cara Menghilangkan Mata Panda Secara Alami 
  4. Apa yang Terjadi Jika Menatap Matahari Tanpa Pelindung Mata 
  5. Tips Menjaga Kesehatan Selama Belajar di Rumah 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda