in

23 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Medan yang Asyik dan Estetik

Travel Kompas

Tempat Nongkrong di Medan – Kota Medan yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Utara merupakan kota terbesar ke-3 di Indonesia. Salah satu hal yang terkenal dari kota Medan adalah kekayaan kulinernya. Saking banyaknya makanan enak, kota ini seolah-olah seperti diciptakan untuk para penikmat makanan.

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Medan tak pernah sepi saat waktu siang maupun malam hari. Pusat kotanya kerap menjadi tujuan anak-anak muda untuk menghabiskan akhir pekan. Cafe, resto, atau kedai kopi selalu jadi destinasi favorit pada hari Sabtu-Minggu.

Buat kamu yang sedang berada di Medan, sempatkan mampir juga ke tempat-tempat nongkrong hits di kota ini. Selain makanan dan minumannya yang harus enak, suasana cafe pun harus nyaman supaya pengunjung bisa betah untuk nongkrong lama. Suasananya syahdu, dijamin bisa bikin lupa waktu.

Rekomendasi Tempat Nongkrong di Medan

Tempat nongkrong di Medan, Sumatera Utara, cukup banyak dan beragam. Hampir setiap tempatnya memiliki konsep yang unik. Berikut sejumlah tempat nongkrong di Medan yang pas dikunjungi jika ingin ngopi, makan, atau sekadar ngobrol bareng teman.

1. House of Brew

Tempat Nongkrong di Medan
Lokershareinone

House of Brew menawarkan area makan dan minum dengan interiornya yang didominasi perabotan kayu ditambah tempat duduk sofa. Selain foto-foto di sejumlah sudut yang Instagramable, pengunjung juga bisa menikmati live music yang diadakan hampir setiap hari.

Tempat yang indah dan bagus serta santai, cocok dibuat tempat bersama teman ataupun keluarga. Alamatnya ada di Jalan Tangguk Bongkar I Nomor 52a, Tegal Sari Mandala II, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara.

Jam buka House of Brew mulai pukul 10.00 WIB sampai 00.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat, serta pukul 10.00 WIB hingga 01.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu.

2. Arata Coffee

Tempat Nongkrong di Medan
GrabFood

Jika ingin nongkrong di tempat yang berkonsep ala Jepang, Arata Coffee bisa dijadikan pilihan. Arata Coffee mengusung konsep cafe ala Jepang yang didesain simple. Guna semakin memperindah tampilan kafenya, dipilih bunga-bunga kering di dalam vas bening sebagai hiasan.

Jadi, nuansa cafe ala Jepangnya membuat daya tarik cafe ini untuk dikunjungi. Buat yang suka dengan konsep kafe seperti Arata Coffee, lokasinya ada di Komplek Ruko Graha mas, Jalan Bajak II H, Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara. Jam operasionalnya dimulai pada siang hari pukul 13.00 WIB hingga 22.00 WIB, setiap hari.

3. The Edge Restaurant

Tempat Nongkrong di Medan
Dealjava

Wisatawan yang mencari tempat nongkrong mewah di Medan, bisa mendatangi The Edge Restaurant. Tempat ini punya area rooftop (atap) yang menawarkan pemandangan Kota Medan dari ketinggian. Membuat tempat ini ingin dikunjungi terus menerus.

Lokasinya ada di Cambridge Hotel Medan, tepatnya di Jalan S. Parman Nomor 217, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Pengunjung bisa datang pada pukul 16.00 WIB hingga 23.00 WIB.

4. Unboss Coffee Medan

Tempat Nongkrong di Medan
Blogopsi

Konsep Unboss Coffee Medan tak kalah unik dari kafe lainnya di kota ini karena mengusung tema cafe rumah kaca tepi sawah. Selain punya area outdoor (luar ruangan) yang luas, area indoor-nya (dalam ruangannya) berbentuk rumah kaca transparan.

Ketika malam tiba, bangunan tersebut akan terlihat berbeda berkat lampu-lampu hiasnya. Menjadi tempat yang indah dan bagus untuk dikunjungi dan di buat tempat santai hanya tempat untuk refreshing.

Lokasinya yang berada di Jalan Guru Sinumba I Nomor 4, Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara. Buka pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB.

5. L’Tropico by Haban

Tempat Nongkrong di Medan
Travel Kompas

Medan ternyata juga punya tempat nongkrong yang berkonsep pantai dan beach club. Kafe yang baru yang dibuka pada bulan April 2022 ini punya banyak spot foto ala tepi pantai. Setelah puas foto, pengunjung bisa makan atau minum sambil menikmati live music yang digelar pada hari-hari tertentu.

Tempat ini merupakan tempat yang ingin selalu dikunjungi bagi para anak muda yang ingin bersantai dan merefreshkan fikiran. Bagi yang tertarik nongkrong di L’tropico by Haban, lokasinya ada di Jalan Sei Batang Hari Nomor 64, Babura Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Para pengunjung bisa datang pada pukul 16.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB, setiap harinya.

6. Jinjit Coffee and Bistro

Tempat Nongkrong di Medan
Pinpoint

Keunggulan Jinjit Coffee and Bistro adalah punya area outdoor luas, ditambah dengan rooftop. Di sekeliling kafe juga menarik karena ada banyak pohon palem, terlihat kontras dengan bangunannya yang bernuansa gelap.

Pohon palem menjadi tempat yang bagus dengan taman yang indah membuat cafe menjadi ingin datang terus untuk santai dan melepaskan penat.

7. Tropical Rooftop

Tempat Nongkrong di Medan
Dealjava

Kafe yang satu ini mengusung tema daerah tropis dengan banyak tanaman dan gambar-gambar daun di bagian dindingnya. Daya tarik dari Tropical Rooftop adalah adanya area rooftop luas, di sekelilingnya di letakkan tanaman hidup yang terawat. Sehingga menjadi tempat nongkrong yang segar dan indah.

Tropical Rooftop buka mulai pukul 13.00 WIB sampai 22.00 WIB, serta berlokasi di Jalan Abdullah Lubis Nomor 79a, Merdeka, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

8. Kito Cafe & Resto

Tempat Nongkrong di Medan
Tribun-Medan

Kito Cafe & Resto punya tiga tempat dengan konsep berbeda yang semuanya Instagramable. Ada Kito Floral Cafe yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, dengan banyak tanamanan dan bunga yang dijadikan dekorasi.

Selain tempat untuk makan juga tempat untuk nongkrong yang tepat karena tempatnya yang indah dan bagus untuk dikunjungi. Kemudian, ada juga Kito Art Café yang ada di Jalan K.H. Wahid Hasyim, menekankan suasana yang lebih nyaman ditambah berbagai lukisan di dindingnya. Terakhir, ada Kito Garden Café yang terletak di Jalan Krakatau.

Sesuai namanya, kafe ini memiliki taman dengan jembatan dan jalan setapak yang bisa dijadikan spot foto. Tiga kafe tersebut buka setiap hari, dan bisa dikunjungi pada pukul 11.00 WIB hingga 21.00 WIB.

9. At Pound

Tempat Nongkrong di Medan
Travel Kompas

Kafe ini menggunakan perpaduan warna hijau dan putih. Kesan seninya semakin terasa karena bagian dinding cafe nya ditambahkan lukisan-lukisan abstrak, sehingga menjadikan kafe ini sangat indah dan artistik. Untuk alamat lengkapnya berada di Komplek Multatuli Blok CC Nomor 15-16 Medan, Sumatera Utara. Buka pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB.

10. Lavender The Purple

Tempat Nongkrong di Medan
Tribun Medan Wiki

Bangunan Lavender The Purple didominasi warna ungu muda dan warna-warna cerah lainnya, salah satunya merah muda. Cafenya tampak luas karena dipasangi kaca-kaca berhiaskan bunga warna-warni.

Tempat yang indah selain membuat tempat menjadi nyaman untuk bersantai dan rileks. Lavender The Purple berada di Jalan Multatuli Jalan Blok E Nomor 17, A U R, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Tempat nongkrong ini buka pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB.

11. Mare Circle

Tempat Nongkrong di Medan
Travel Kompas

Mare Circle adalah sebuah coffee shop yang desainnya mengusung konsep kontemporer tropis. Menu yang ditawarkan juga cukup lengkap, ada berbagai jenis kopi, mocktail, nasi goreng dan spaghetti. Menu yang disajikan adalah menu kekinian.

Jika Grameds ingin berkunjung, untuk jam operasionalnya dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB setiap harinya. Berlokasi di Jalan Mahkamah Nomor 4a, Mesjid, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

12. Level 02 Rooftop

Tempat Nongkrong di Medan
MakanMana

Selanjutnya, ada Level 02 Rooftop, tempat nongkrong yang menyediakan area rooftop cukup luas dengan dihiasi tanaman hijau. Bagian lantai cafe-nya dipasangi rumput sintetis, sehingga memberikan kesan tersendiri.

Cafe yang terkesan segar dan nyaman buat santai. Alamat Level 02 Rooftop berada di Jalan Iskandar Muda, Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

13. Lima Rooftop

Tempat Nongkrong di Medan
Travelling Medan

Lima Rooftop adalah tempat nongkrong yang punya fasilitas lengkap, termasuk live music dan ruang karaoke yang bisa dinikmati. Sehingga tempat untuk bersantai memang tepat. Area rooftop-nya cukup luas, sehingga bisa menampung banyak orang.

Keunggulan lainnya dari tempat ini adalah panorama yang ditawarkan, yakni berupa Kota Medan. Lokasinya ada di Jalan H. Adam Malik Nomor 167, Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara. Buka mulai dari pukul 16.00 WIB setiap harinya.

14. The L.Co Coffee

Tempat Nongkrong di Medan
Melalak Cantik

Beralamat di Jl. Gagak Hitam No.10 C, Sunggal, Kec. Medan Sunggal, Kota Medan dan memiliki jam operasional dari 10.00 hingga 24.00 WIB, nongkrong di The L.Co Coffee gak cuma memanjakanmu dengan suguhan kopinya, tapi juga menu makanannya yang menggugah selera. Beberapa menu best seller mereka antara lain roasted spicy chicken noodle dan L.Co special fried rice.

Suasana The L.Co Coffee juga semakin bikin betah, karena kini ruangan outdoor-nya semakin luas. Tersedia banyak kursi dan meja di bawah pepohonan yang adem dengan nuansa taman minimalis. The L.Co Coffee ini suasanya kekinian banget.

Paduan warna putih dan hijau kebiruan yang menjadikan atmosfer tempat nongkrong ini cozy dan bikin gak tahan untuk tidak berfoto ria di dalamnya. Tempatnya yang bagus sebagai tempat berswafoto.

15. Kini Kitchen

Tempat Nongkrong di Medan
DealJava

Mulai dari Rp 43 ribuan saja, kamu bisa kumpul bareng teman atau keluarga sepuasnya di Kini Kitchen. Lokasi resto ini sangat strategis dan memiliki outdoor space yang cozy abis. Bangku dan meja panjang di ruang terbuka menjadi tempat favorit pengunjung menikmati santapan di Kini Kitchen.

Penataannya yang sederhana, tapi estetik membuat Kini Kitchen terlihat Instagramable sebagai spot foto-foto. Buat para anak muda yang senang dengan datang ke cafe, 0asti cocok dengan cafe ini.

16. Potret Cafe Resto

Medan Food Blog

Bersih dan mewah adalah kesan yang pas ditujukan pada Potret Cafè Resto. Berada di kawasan yang kerap dikunjungi anak-anak muda. Kafe ini kerap jadi incaran untuk bersantai di akhir pekan.

Selain memasang harga yang sepadan dengan kualitas menu dan pelayanan yang excellent, adanya live music di Potret Cafè Resto juga menjadi magnet para pengunjung untuk datang lagi dan lagi. Para pengunjung pasti puas dengan pelayanan dan tempat yang asyik.

17. Sosmed Cafe

Wireloca

Beralamat di Jl. Teuku Umar No. 3, Kota Medan dengan jam operasional dari 11.00 hingga 23.00 WIB, jangan ngaku pernah ke Medan kalau belum pernah ke cafe hits Medan satu ini. Sesuai namanya, konsep cafe ini adalah sosial media.

Selain memiliki menu makanan dan minuman yang unik seperti Mie Terbang, stiker emoji yang biasa dipakai di sosmed juga bertebaran sebagai hiasan dinding yang cocok untuk jadikan bahan foto untuk di-upload ke sosmed-mu.

Tentunya, dengan konsep unik seperti itu, tempat nongkrong hits di Medan ini cocok untuk dicoba. Sosmed Cafe adalah spot yang tepat buat kamu yang ingin mencari kafe lucu dengan desain interior yang unik.

Kafe ini punya beberapa sudut dengan desain berbeda-beda yang bisa disesuaikan dengan mood dan kesukaanmu. Sudut hijau penuh tanaman, sudut dengan wallpaper polkadot, dan sudut dengan boneka teddy bear besar merupakan beberapa spot unik di Sosmed Cafe.

Apalagi, cafe ini bisa juga buat keluarga yang mempunyai anak kecil menjadi tempat yang menyenangkan buat mereka. Boneka Teddy bear dan wallpaper polkadot yang menarik buat mereka. Gak ketinggalan outdoor space-nya juga didesain Instagramable abis.

18. Habitat Coffee

Waspada.id

Alasan kenapa Habitat Coffee selalu ramai pengunjung adalah tempatnya luas, nyaman, dan minimalis. Bukan cuma digandrungi anak-anak muda, Habitat Coffee juga kerap ramai buat family time-an atau hanya sekadar bercengkrama yang hangat dengan keluarga.

Menu-menu di sini dijual dengan harga affordable. Ditambah dengan adanya live music setiap Jumat dan Sabtu, gak heran kalau Habitat Coffee layak masuk daftar cafe hits di Kota Medan.

19. Roemah Kopi Wak Noer

Wireloca

Sudah eksis sejak tahun 2010, Roemah Kopi Wak Noer atau RKWN didapuk menjadi salah satu lokasi menyesap kopi berkualitas premium. Kopi arabika dan kopi luwak adalah jenis kopi yang harus kamu cobain ketika berkunjung kemari.

Kopi tersebut sudah terkenal dengan citarasa yang enak dan nikmat apalagi dibuat suasana santai. Dengan interior kafe yang telah direnovasi, sehingga lebih lapang, RKWN gak hanya menawarkan kopi, tapi juga sajian sedap lain. Sebutlah nasi liwet, sup buntut, chicken wings, wagyu steak, hingga salmon mentai.

20. Junction Cafe

Wireloca

Junction Cafe gak pernah gagal bikin para pengunjung betah nongkrong berlama-lama. Usai beraktivitas padat, kamu bisa langsung merapat ke area indoor kafe ini atau ke area semi outdoor-nya yang estetik berkat tatanan pohon dan dinding roster berwarna merah.

Di lantai atas, masih ada ruang semi terbuka lainnya yang cocok banget untuk menikmati semilir angin saat sore hari. Untuk melepaskan penat kegiatan sehari-hari dan refreshing. Tempat ini menjadi solusi yang tepat. Buat yang pengen menikmati live music, jangan lupa datang saat Jumat malam.

21. LKKR

Tribun-medan.com

LKKR atau dikenal juga sebagai Lekker Urban Food House menjadi tempat paling ideal buat ngumpul bareng geng kamu. Restoran menawarkan spot yang super luas dan bergaya industrial dengan pencahayaan alami dari sinar matahari.

Menu andalan LKKR berupa pizza crispy yang tersedia dalam berbagai pilihan ukuran dan toppin. Selain itu, yang terbaru, ada pizza sepanjang tiga meter yang bisa disantap hingga 12 orang. Tujuan untuk menarik pembeli yang berjumlah banyak atau juga bisa dipesan untuk anggota keluarga di rumah.

22. Coffee Box

MakanMana

Berlokasi di Jl. Sukamulia No. A7, Kota Medan dengan jam operasional dari 08.30 hingga 22.00 WIB. Tempat nongkrong di Medan paling pertama yang patut kamu datangi saat berkunjung ke Medan adalah Coffee Box.

Cafe yang satu ini mengusung desain vintage dengan dominasi perabotan berbahan kayu. Meskipun namanya Coffee Box, tapi kafe ini tidak hanya menjual kopi. Masakan khas Indonesia seperti lontong sayur, laksa, pecel, bahkan gado-gado tersedia di tempat ini, sehingga bisa membuat Anda ingin membelinya untuk sekadar makan siang sampai makan malam.

23. Ismud Park

MakanMana

Berlokasi di Jl. Iskandar Muda No. 132 Sei Sikambing D, Kota Medan dengan jam operasional : 11.00 – 03:00 WIB, Ismud Park memiliki konsep interior industrial yang cocok banget untuk kamu gunakan sebagai background untuk foto-fotomu.

Terdapat empat outlet di Ismud Park ini: D’Raja Coffee, Pop Eyes Popsicle, Martabak Buddy dan Mon Jardin. Mau pesan kopi hingga martabak, semua ada di sini. Nama dari tempat nongkrong Medan ini pun diambil dari nama jalan di mana mereka berdiri.

Itulah beberapa tempat nongkrong di Medan yang bisa kamu kunjungi, baik itu untuk nongkrong atau hanya sekadar untuk bersantai saja. Jadi, ketika pergi Medan, kamu memilih tempat nongkrong yang mana?

Ingin mengenal Medan dan tempat nongkrong di Medan? Grameds bisa membaca buku sebagai tambahan informasi yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 19 Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi 
  2. 25 Tempat Wisata di Jakarta yang Populer
  3. 8 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Seru dan Asyik
  4. Rekomendasi 8 Wisata Alam Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi 
  5. 16 WIsata di Solo yang Wajib Kalian Kunjungi
  6. 20 Wisata Wonosobo Terbaik dan Wajib Dikunjungi untuk Healing
  7. 15 Kota di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Ketika Liburan

Written by Ananda