in

Profil Solar MAMAMOO, Sang Leader Sekaligus Vokalis Utama Grup

https://kpop.fandom.com/
Solar MAMAMOO
https://kpop.fandom.com/

Solar MAMAMOO – Hayo, apakah Grameds termasuk penggemar K-Pop yang “setia” menonton acara-acara berkonsep survival besutan Mnet? Jika iya, pasti tidak akan melewatkan acara Queendom Season 1 yang tayang pada tahun 2019 dong.

Yap, acara tersebut melibatkan 5 girl grup dan seorang solois untuk berkompetisi menampilkan lagu-lagunya sendiri maupun cover milik dari grup lain.

Setelah kompetisi yang sengit selama 10 episode, akhirnya pada Queendom Season 1 membuahkan hasil akhir pemenangnya adalah grup MAMAMOO yang ada di bawah naungan RBW Entertainment.

Bagi penggemar K-Pop yang masih baru, mungkin ketika mendengar nama grup MAMAMOO pasti akan merasa asing.

Namun bagi publik Korea Selatan dan netizen yang telah menggemari K-Pop sejak lama, pasti akan langsung tahu bagaimana keterampilan vokal masing-masing member MAMAMOO. Tidak hanya masyarakat biasa saja yang mengakui kehebatan vokal MAMAMOO, tetapi juga idol K-Pop lain.

Dapat dikatakan bahwa MAMAMOO adalah salah satu grup yang memiliki kualitas vokal luar biasa di antara generasi K-Pop ketiga. Ditambah lagi fakta bahwa MAMAMOO berhasil memenangkan peringkat pertama dalam program acara Queendom Season 1.

Mengingat setiap MAMAMOO comeback, pasti media akan selalu menyoroti lagu-lagu baru mereka.

Salah satu member MAMAMOO yang paling populer adalah Solar. Banyak orang mengira Solar adalah member termuda alias maknae, padahal sebenarnya dirinya adalah member tertua! Kualitas vokal Solar MAMAMOO tentunya tidak boleh diragukan lagi.

Tidak hanya telah melebarkan sayapnya dalam debut solo, tetapi juga telah menjadi aktris musikal terkenal.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir seorang Solar MAMAMOO alias Kim Yong Sun sejak debut bersama MAMAMOO hingga menjadi aktris musikal? Apa saja fakta-fakta menarik seputar Solar MAMAMOO? Yuk, segera simak segala ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Solar MAMAMOO

Solar MAMAMOO
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Kim Yong Sun
  • Nama Panggung: Solar
  • Tanggal Lahir: 21 Februari 1991
  • Zodiak: Pisces
  • Zodiak China: Domba (Sheep)
  • Tinggi Badan: 160,5 cm (5’2”)
  • Golongan Darah: B
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Masa Pelatihan: 3 tahun
  • Pendidikan: Hanyang Women’s University, Modern K Music Academy University
  • Posisi Di Grup: Leader dan Vocalist
  • MBTI: INFJ-T
  • Akun Instagram: @solarkeem
  • Channel Youtube: solarsido

Perjalanan Karir Solar MAMAMOO

Solar MAMAMOO lahir dengan nama asli Kim Yong Sun pada 21 Februari 1991 di Gangseo, Seoul. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan bernama Kim Yong Hee yang lahir di tahun 1988.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Meskipun Solar telah sukses di industri hiburan K-Pop, tetapi bukan berarti dirinya “menyepelekan” pendidikan. Setelah lulus dari Hanyang Women’s University pada jurusan Pariwisata, Solar pun meneruskan pendidikannya di Modern K Music Academy University.

Hal yang paling ingin dilakukan Solar setelah menghasilkan uang ada membelikan orang tuanya rumah dan mobil. Solar pun juga sering memberikan sejumlah uang kepada kedua orangnya untuk belanja.

2011: Menjadi Trainee di RBW Entertainment

Solar MAMAMOO
https://kpop.fandom.com/

Di usianya yang masih 20 tahun, Solar pernah bermimpi menjadi seorang pramugari. Namun tiba-tiba, ada seorang staf agensi hiburan yang melihat potensinya terutama dalam hal vokal. Berhubung Solar tidak pernah berpikir untuk menjadi idol K-Pop, maka tentu saja tawaran dari staf agensi tersebut ditolaknya.

Sejak hari itulah, Solar malah terus-menerus memikirkan untuk beralih impian dari pramugari menjadi penyanyi.

Alhasil, Solar pun mencoba mengikuti audisi di sejumlah agensi hiburan kecuali SM Entertainment. Menurutnya, agensi tersebut dikenal dengan trainee yang memiliki visual saja, sementara Solar sendiri merasa wajahnya sangat biasa.

Dari sekian banyak agensi yang menolaknya karena saat itu Solar masih begitu malu untuk audisi, akhirnya dirinya lolos di WA Entertainment. FYI, WA Entertainment adalah nama lama dari RBW Entertainment selaku agensi Solar saat ini.

Saat itu, Solar diminta oleh para juri untuk melakukan freestyle dan dengan percaya diri Solar menampilkan bakatnya walaupun kurang terampil.

Setelah itu, Solar resmi bergabung dengan RBW Entertainment dan menjalani masa pelatihan selama 3 tahun.

Berhubung orang tua Solar itu bukanlah orang kaya, maka ketika dirinya menjadi trainee pun tidak mendapatkan banyak uang saku seperti trainee lain. Untuk menghemat anggaran, Solar bersama Moonbyul dan Hwasa tinggal di sebuah apartemen atap yang penuh dengan kecoa.

2014: Berhasil Debut Bersama MAMAMOO

Solar MAMAMOO
https://kpop.fandom.com/

Pada awal tahun 2014, WA Entertainment (yang sekarang telah berganti nama menjadi RBW Entertainment), mengumumkan bahwa mereka hendak mendebutkan sebuah girl group bernama MAMAMOO.

Solar pun berhasil debut bersama MAMAMOO dengan Hwasa, Wheein, dan Moonbyul. Debut mereka ditandai dengan perilisan mini-album bertajuk Hello dan lagu utamanya adalah “Mr. Ambiguous” pada 18 Juni.

Para member MAMAMOO termasuk Solar juga turut berkolaborasi dengan beberapa penyanyi. Sebut saja Bumkey untuk lagu “Don’t Be Happy”, duo hip-hop Geeks untuk lagu berjudul “HeeHeeHaHeHo”, dan solois K.Will untuk lagu “Peppermint Chocolate”.

Ketiga lagu kolaborasi tersebut berhasil menempati peringkat atas Gaon Digital Chart dan terjual lebih dari 600 ribu unduhan.

Saat comeback pertama dengan lagu “Piano Man” ternyata tidak sebaik lagu debut mereka. Alhasil, para member MAMAMOO termasuk Solar pun turut ikut acara Immortal Songs: Singing The Legend di KBS dan mendapatkan pujian dari publik karena vokal mereka yang begitu hebat.

Sejak itulah, MAMAMOO menduduki peringkat No.10 dalam penjualan digital dan No.19 dalam penjualan album di antara girl group pada akhir tahun.

2016: Mengikuti Acara ‘We Got Married’ Bersama Eric Nam

Solar MAMAMOO
https://www.soompi.com/

Pada 2 April, Solar diumumkan akan ikut dalam program televisi We Got Married bersama solois Eric Nam, yakni di episode 316-348. FYI aja nih, acara We Got Married ini berkonsep memasangkan 2 selebritis untuk berpura-pura menjadi pasangan suami istri dan menyelesaikan tantangan bersama.

Pada saat itu, cukup banyak idol K-Pop yang ikut acara ini dan selalu mendapatkan dukungan dari para penggemarnya.

Lalu pada akhir tahun tepatnya pada 29 Desember, Solar MAMAMOO dan Eric Nam berhasil memenangkan penghargaan MBC Entertainment Awards untuk kategori “Best Couple Award”. Di acara yang sama, Solar yang masuk dalam nominasi penghargaan “Rookie Award Female In Variety Show”.

2019: Mengikuti Acara ‘Queendom’ dan Melakukan Debut Solo

Solar MAMAMOO
https://kpop.fandom.com/

Pada 23 April, Solar akhirnya debut solo dengan merilis lagu berjudul “Spit It Out”. Debut solonya itu juga dilakukan di acara M Countdown Mnet. Lima hari kemudian dirinya berhasil memenangkan penghargaan di acara musik The Show BS.

Pada bulan Agustus, Solar beserta ketiga member MAMAMOO lainnya diumumkan akan bergabung dalam acara Queendom di Mnet. Konsep acara ini adalah “comeback battle” antara 6 girl group. Nantinya, MAMAMOO akan men-cover lagu milik saingannya yakni AOA yang berjudul “Good Luck” dan mendapatkan banyak pujian baik dari peserta Queendom lain maupun publik.

2022: Debut Sebagai Aktris Musikal

Solar MAMAMOO
https://www.kpoppost.com/

Setelah memulai aktivitas individunya sejak tahun 2020, Solar MAMAMOO pun mencoba melebarkan karirnya di dunia teater musikal. Alhasil, EMK Musical mengumumkan bahwa Solar MAMAMOO akan turut membintangi drama musikal berjudul Mata Hari bersama Ock Joo Hyun. Drama musikal tersebut berlangsung dari 28 Mei hingga 15 Agustus.

Penampilannya sebagai aktris musikal mendapat ulasan baik dari para kritikus. Ditambah lagi, vokal Solar MAMAMOO yang kuat seolah menjadi caranya untuk mengekspresikan Mata Hari.

Dalam lagu berjudul “One Last Time” yang menceritakan dimana Mata Hari harus mengucapkan selamat tinggal kepada kekasihnya, turut menjadi bukti bahwa vokal Solar MAMAMOO tidak main-main.

Pada 20 Desember, Solar masuk dalam nominasi penghargaan kategori “Best Newcomer Award (Female)” dalam acara penghargaan Penghargaan Musik Korea Ke-7.

31 Fakta Menarik Seputar Solar MAMAMOO

Solar MAMAMOO
https://kpop.fandom.com/
  1. Solar MAMAMOO lahir dengan nama asli Kim Yong Sun di Seoul.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan bernama Kim Yong Hee yang lahir di tahun 1988.
  3. Sejak kecil, sebenarnya Solar telah bercita-cita ingin menjadi seorang pramugari atau pemandu wisata untuk orang asing. Namun, karena dirinya mendapatkan tawaran casting agensi idol, mimpinya pun berubah.
  4. Saat masih mengandung Solar, Ibunya bermimpi tentang seekor ular besar yang berubah menjadi naga kemudian naik ke langit.
  5. Sebelum debut bersama MAMAMOO, Solar sempat tampil dalam penampilan live Geeks untuk lagu “Wash Away” pada tahun 2013. Kala itu, Solar menggantikan penyanyi aslinya yakni Ailee.
  6. Sebelum debut, Solar pernah part-time dengan menjual kue ikan di Seoul Land.
  7.  Nama panggungnya “Solar” berasal dari tangga musik ‘Doremi Fasola’. Selain itu, nama panggungnya tersebut juga mendapatkan referensi dari namanya sendiri, Kim Yong Sun. ‘Sun’ memiliki arti ‘matahari’ yang mana berarti juga sebagai ‘Solar’ dalam Bahasa Inggris.
  8. Saat debut pertama kali, Solar selalu ingin dipanggil sebagai ‘Kelinci’ karena penampilannya imut. Namun sekarang, dirinya lebih senang dijuluki sebagai ‘Harimau’ yang garang.
  9. Sebenarnya, dalam grup MAMAMOO itu tidak ada posisi resmi seperti grup K-Pop pada umumnya. Namun walaupun demikian, Solar sering bertanggung jawab untuk posisi vokalis utama.
  10. Sejak 2015, Solar telah berpartisipasi dalam penulisan lirik maupun lagu MAMAMOO. Setidaknya dalam 1 album MAMAMOO, akan terdapat 1 lagu buatan Solar sendiri.
  11. Solar selalu dielu-elukan sebagai anggota visual di grup MAMAMOO.
  12. Salah satu julukannya yang unik adalah ‘SolTie’. ‘SolTie’ ini merupakan singkatan dari Solar + Squirtle yang merupakan salah satu karakter dalam Pokemon.
  13. Pada tahun 2016, Solar turut berpartisipasi dalam variety show We Got Married berpasangan dengan solois Eric Nam.
  14. Solar terpilih menjadi anggota tetap variety show Gamsung Camping di JTBC bersama Park Na Rae, Ahn Young-mi, Park So-dam, Son Na Eun.
  15. Pada tahun 2019 dan 2020, Solar ditunjuk sebagai model CF untuk brand Lipton Tea dan kosmetik Blancow.
  16. Pada 21 Maret 2018, Solar berhasil menggelar konser solonya untuk pertama kali yang bertajuk ‘Blossom’.
  17. Menurut Solar, bagian tubuhnya yang paling keren adalah tahi lalat di sebelah alisnya.
  18. Setiap hendak comeback, Solar pasti akan melakukan diet.
  19. Pada Mei 2015, Solar MAMAMOO berkolaborasi dengan Eddie Kim dalam DOKKUN Project Pt.4 untuk lagu “Coffee & Tea”. Lagu tersebut langsung meraih posisi puncak di Melon Chart sehingga namanya pun semakin dikenal publik.
  20. Pada tahun 2017, Solar sempat berkolaborasi bersama Luna f(x) dan Hani EXID untuk lagu berjudul “Honey Bee”.
  21. Solar sangat senang mengumpulkan sertifikat apapun. Mulai dari sertifikat rekreasi, sertifikat terapis tawa, hingga sertifikat kepemimpinan.
  22. Pada tahun 2018, Solar MAMAMOO sempat mengalami cedera di bagian punggung ketika konser di Malaysia. Alhasil, dirinya pun harus membatalkan partisipasinya dalam acara 2018 Seollal Special Idol Star Athletic Championship.
  23. Solar dikenal sebagai idol K-Pop yang pandai melakukan pole dance alias menari tiang.
  24. Solar sangat suka acara Infinite Challenge. Saat awal debut, Solar bahkan pernah menangis ketika berfoto bersama Yoo Jaesuk selalu pembawa acara Infinite Challenge. Kala itu, Yoo Jaesuk memanggilnya dengan nama “Yongsun” yang membuat Solar kaget karena tidak mengira bahwa Yoo Jaesuk akan tahu nama aslinya.
  25. Dari semua member MAMAMOO, Solar satu-satunya yang tidak memiliki tato.
  26. Solar pernah berpikir bahwa dirinya akan terlihat cantik jika memakai riasan yang tebal.
  27. Setelah debut selama 6 tahun, kini Solar menjadi salah satu juri untuk evaluasi trainee di agensinya.
  28. Berteman akrab dengan banyak selebriti. Mulai dari Jinyoung B1A4, Hoya, Changsub BTOB, Chorong APink, Irene dan Wendy Red Velvet, JUSTHIS, Kim Sion, Song Jihyo, Jeon Somin, Park Narae, Ahn Young Mi, Park Sodam, Son Naeun.
  29. Pada tahun 2018 dan 2019, Solar berada di peringkat ke-36 dan ke-24 dalam “The Most Beautiful Faces” oleh TC Candler.
  30. Solar mengambil kursus di Kumon untuk belajar bahasa Jepang.
  31. Tipe pria idamannya adalah penyanyi hip-hop Simon D.

Itulah beberapa seputar Solar MAMAMOO, setelah membaca artikel ini sampai selesai, semoga dapat menginspirasi kamu, Grameds. 

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Dapatkan beberapa buku seputar K-pop di gramedia.com atau kamu bisa melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini. 

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

2. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://mamamoo.fandom.com/wiki/Solar

Solar (MAMAMOO) Profile and Facts

https://kpopping.com/profiles/idol/Solar

https://en.wikipedia.org/wiki/Solar_(singer)

https://en.kepoper.com/

https://kpopwiki.org/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.