in

Sinopsis Drama Sky Castle dan Isu Sosial yang Diangkat Didalamnya!

https://asianwiki.com/

Sky Castle – Dewasa ini, segala hal-hal dari Korea Selatan memang tren di mata dunia. Mulai dari budaya K-Pop, K-Hip-Hop, K-Film, hingga K-Drama. Salah satu K-Drama yang amat laris di pasaran adalah Sky Castle.

Tidak hanya masyarakat biasa saja yang menonton K-Drama ini, tetapi juga para selebritis dunia turut meramaikan setiap episode barunya. Wajar saja K-Drama ini dibicarakan oleh banyak orang, sebab mengangkat isu sosial paling penting baik di negara asalnya sendiri, Korea Selatan, maupun di seluruh dunia, yakni pendidikan.

Jika dilihat dari posternya, sekilas memang Sky Castle ini nampak seperti K-Drama ala-ala makjang yang konfliknya amat pelik dengan jumlah tokoh yang tidak sedikit. Namun siapa sangka, K-Drama yang memperoleh rating tinggi di awal episodenya ini ternyata membahas bagaimana persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi dan obsesi orang tua akan anaknya untuk “sukses”. Hal ini tentunya tidak terjadi di Negara Ginseng saja, tetapi juga di Indonesia sekalipun.

Lantas, bagaimana sih sinopsis dari K-Drama Sky Castle yang tayang di saluran JTBC ini? Hal-hal apa saja yang dibahas dalam K-Drama populer ini? Siapa saja pemeran dari Sky Castle yang ternyata adalah para aktris dan aktor papan atas? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Sky Castle
https://asianwiki.com/

Sinopsis K-Drama Sky Castle

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Mystery, Psychologist, Drama, Family
  • Tanggal Tayang: 23 November 2018 – 1 Februari 2019
  • Jumlah Episode: 20
  • Saluran TV: JTBC
  • Sutradara: Jo Hyun Tak
  • Penulis Naskah: Yoo Hyun Mi
  • Ratin: 24.33% (Nationwide)

Secara keseluruhan, Sky Castle menceritakan kehidupan 4 ibu rumah tangga yang tinggal di sebuah perumahan mewah bernama Sky Castle. Untuk dapat tinggal di perumahan mewah Sky Castle, memanglah diharuskan memiliki profesi yang tidak main-main. Yap, kebanyakan suami dari 4 ibu rumah tangga tersebut berprofesi sebagai dokter ternama.

Keluarga pertama ada Han Seo Jin yang merupakan istri dari seorang ahli bedah ortopedi bernama Kang Joon Sang. Mereka memiliki 2 anak perempuan yakni Kang Ye Suh dan Kang Ye Bin. Namun, Han Seo Jin seolah hanya sayang kepada Ye Suh saja karena gadis tersebut selalu mendapatkan ranking pertama di sekolah.

Keluarga kedua ada Lee Soo Im yang merupakan istri dari ahli bedah saraf bernama Hwang Chi Young. Sebenarnya, Lee Soo Im bukan seorang ibu rumah tangga sepenuhnya, melainkan juga berprofesi sebagai penulis buku anak-anak. Keluarga ini hanya memiliki seorang putra bernama Hwang Woo Joo. Bisa dibilang, keluarga ini yang paling “santai” menghadapi persaingan untuk mendapatkan tutor hebat tersebut, karena Lee Soo Im tidak pernah menuntut anaknya masuk ke jurusan kedokteran.

Keluarga ketiga ada No Seung Hye yang merupakan istri dari seorang profesor dari sekolah hukum bernama Cha Min Hyuk. Mereka memiliki 2 putra kembar yang berbeda kepribadian yakni Cha Seo Joon dan Cha Ki Joon; serta seorang putri bernama Cha Se Ri. No Seung Hye yang berperilaku elegan dan lemah lembut, sangat menyayangi ketiga anaknya.

Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Keluarga keempat adalah Jin Jin Hee yang merupakan istri dari seorang dokter  ortopedi bernama Woo Yang Woo. Jin Jin Hee sendiri berasal dari keluarga kaya tetapi sangat mengagumi Han Seo Jin. Bahkan dirinya pun menikah dengan suaminya karena ingin seperti Han Seo Jin. Keluarga ini memiliki seorang putra tunggal bernama Woo Soo Yan yang masih duduk di bangku sekolah pertama.

Berhubung kehidupan mereka mewah dan suaminya adalah seorang dokter, maka tentu saja para ibu-ibu tersebut sangat peduli dengan pendidikan anaknya. Mereka akan rela melakukan hal apapun supaya pendidikan anaknya terjamin.

Awalnya, salah seorang penghuni Sky Castle bernama Han Seo Jin, merayakan pesta atas keberhasilan anak tetangganya. Yap, Ibu Han Seo Jin “tiba-tiba” mengadakan pesta untuk Young Jae yang berasal dari keluarga Park, atas keberhasilannya masuk jurusan kedokteran di Seoul National University.

Seoul National University memang sebuah perguruan tinggi yang diperuntukkan untuk anak-anak pintar saja, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua apabila anaknya berhasil lolos. Ibunda Young Jae tentu saja merasa bangga dan berterima kasih karena Han Seo Jin begitu peduli kepada anaknya, hingga mengadakan pesta tersebut.

Namun, para hadirin yang datang tidak tahu bahwa tujuan utama dari Han Seo Jin mengadakan pesta perayaan untuk anak tetangganya itu adalah demi mengetahui apa sih metode rahasia dari lolosnya Young Jae di Seoul National University. Semua ini memang dilakukan Han Seo Jin supaya putri sulungnya, Ye Suh, bisa mengikuti jejak Young Jae di kemudian hari. Mengingat keluarga Han Seo Jin memang merupakan keluarga dokter dari beberapa generasi.

Setelah mengetahui bahwa rahasia keberhasilan Young Jae untuk lolos di Seoul National University adalah memiliki tutor pribadi yang amat mahal tetapi tingkat keberhasilannya nyari sempurna, Han Seo Jin langsung mencari tahu siapa tutor tersebut. Ibu-ibu lain yang kebetulan anaknya juga masih bersekolah, langsung ikut mencari siapa tutor tersebut dan memintanya untuk menjadi tutor pribadi anaknya.

Melalui “rintangan” yang sulit, akhirnya Han Seo Jin berhasil menemukan dan menyewa tutor pribadi tersebut untuk Ye Suh. Sayangnya, kehadiran tutor yang berwajah dingin dan seolah tidak pernah tersenyum itu, justru mengundang tragedi berdarah.

Konflik dimulai ketika Han Seo Jin mendengar suara tembakan saat tengah malam. Dirinya begitu kaget karena suara tembakan tersebut seolah begitu dekat. Ketika bertanya kepada suaminya akan suara tembakan tersebut, sang suami mengaku tidak mendengarnya. Akhirnya, Han Seo Jin pun mulai mencari tahu hal yang sebenarnya terjadi.

3 Isu Sosial Dalam K-Drama Sky Castle

Topik utama dari K-Drama Sky Castle ini memang berkaitan dengan bagaimana obsesi orang tua akan pendidikan anaknya supaya dapat sukses di masa depan. Hal ini tentunya memang benar-benar terjadi di dunia nyata ‘kan. Coba lihatlah di sekitar Grameds, pasti ada peristiwa seperti itu. Dilansir dari bacaterus.com, ada 3 isu sosial yang dibahas dalam K-Drama Sky Castle dan secara satir memang menyindir hal-hal tersebut.

1. Kesehatan Mental Anak akan Tekanan Pendidikan

Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Menurut aceforeducation.id, negara Korea Selatan memang menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki peringkat tinggi dalam survei Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018 lalu. Tepatnya berada di peringkat ke-7 dengan skor membaca adalah 514, matematika 526, dan SAINS 519. Dari perihal tersebut jelas membuktikan bahwa kualitas pendidikan di negara tersebut tidaklah main-main.

Sebab terjadinya hal itu adalah kepedulian para orang tua kepada pendidikan anak, baik dari segi ekonomi tidak mampu hingga berada. Jika Grameds sering menonton drakor, pasti akan selalu ada adegan sang tokoh pulang sekolah bukannya langsung pulang, tetapi pergi ke tempat bimbel, kemudian dilanjutkan dengan belajar mandiri. Yap, kompetisi pendidikan di Negara Ginseng tersebut memang amatlah ketat, baik antara anak maupun orang tua. Namun sayangnya, jarang ada yang menyadari bahwa itu semua ternyata mempengaruhi kesehatan mental anak.

Selain menjadi negara dengan tingkat kualitas pendidikan yang tinggi, negara ini juga mengenyam predikat akan tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Pada 2012 lalu, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Korea Selatan mendapatkan peringkat ke-4 dalam kasus bunuh diri. Meskipun sebagian besar pelaku bunuh diri ini adalah para lansia, tetapi tidak menutup kemungkinan pula para anak-anak sekolah turut melakukannya.

Penyebab utama para anak-anak sekolah ini melakukan bunuh diri adalah karena kekhawatiran akan performa akademik mereka. Mereka percaya bahwa jika nilainya turun, maka orang tua di rumah akan marah dan masa depannya pun turut sirna. Nah, pada k-drama Sky Castle ini pun juga memperlihatkan akan bagaimana tertekannya para anak-anak akan tuntunan belajar baik di sekolah, rumah, maupun bimbel.

2. Isu Pendidikan Di Negara Ginseng

https://www.hancinema.net/

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, negara ini memang begitu peduli akan pendidikan. Bagi sebagian besar masyarakatnya, percaya bahwa pendidikan adalah hal utama untuk memperoleh masa depan yang cerah. Untuk itu, para anak-anak sekolah akan selalu mengambil kelas tambahan di bimbel hingga malam hari. Terlebih lagi bagi siswa di tingkat akhir yang hendak masuk ujian universitas. Itu semua juga sering diperlihatkan pada adegan-adegan k-drama lainnya.

Apabila bimbel kurang begitu memberikan hasil yang maksimal, maka para orang tua terutama dari keluarga berada, pasti akan menyewa tutor pribadi. Tutor pribadi ini biasanya adalah para lulusan universitas ternama dan tentu saja biayanya mahal. Nah, hal tersebut menjadi isu utama yang dibahas di drama ini, yakni tutor pribadi supaya lolos ke perguruan tinggi favorit.

3. Obsesi Orang Tua akan Kesuksesan Anak

Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Dari episode awal hingga akhir dari k-drama ini, memang tragedi-tragedi yang terjadi adalah bentuk obsesi orang tua akan pendidikan anak supaya mereka dapat sukses di masa depan kelak. Trivia saja nih, pada k-drama ini juga akan menyebutkan adanya SKY yang merupakan akronim dari 3 universitas ternama yang memang ada di negara tersebut, yakni Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University.

Nah, dari obsesi tersebut secara tidak langsung para orang tua akan mengenyampingkan bagaimana kesehatan mental anak-anaknya. Mereka bahkan mengabaikan pendapat anak-anaknya tentang masa depan yang diinginkannya. Para orang tua berkeyakinan bahwa segala hal yang dilakukannya adalah benar dan semata-mata hanya untuk anaknya.

Para Pemain Sky Castle

Tokoh Utama

1. Han Seo Jin diperankan oleh Yum Jung Ah

Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Han Seo Jin adalah seorang ibu rumah tangga sekaligus istri dari dokter ortopedi di sebuah rumah sakit ternama. Bisa dibilang, Han Seo Jin adalah “ketua” dari perkumpulan para ibu-ibu di kompleks perumahan Sky Castle. Karakternya sangat ambisius dan penuh teka-teki. Demi mewujudkan adanya dokter 3 generasi di keluarganya, Han Seo Jin rela melakukan apapun untuk hal tersebut, termasuk dengan menyewa tutor mahal bagi anaknya.

2. Lee Soo Im diperankan oleh Lee Tae Ran

https://www.hancinema.net/

Lee Soo Im dan keluarganya adalah warga baru yang menempati perumahan Sky Castle. Dirinya bukan ibu rumah tangga seperti yang lain, melainkan juga seorang penulis buku anak. Karakternya lemah lembut, pengertian, dan memiliki empati yang amat besar kepada orang lain.

Hal itu tentu saja berbanding terbalik dengan Han Seo Jin yang selalu berambisi akan prestasi anaknya. Lee Soo Im justru santai dan tidak pernah memaksakan obsesinya kepada putra semata wayangnya itu, walaupun keduanya bukanlah anak dan ibu kandung. Namun meskipun begitu, anaknya, Woo Joo, juga menjadi siswa berprestasi di sekolah, itulah yang membuat Han Seo Jin selalu merasa bahwa dirinya adalah saingan.

3. Noh Seung Hye diperankan oleh Yoon Se Ah

https://www.hancinema.net/

Noh Seung Hye adalah ibu rumah tangga dari keluarga Cha yang merupakan seorang professor di sekolah hukum. Karakternya lemah lembut, sangat menyayangi ketiga anaknya, dan penurut terhadap suami. Cara bicaranya sangat elegan dan menjadi salah satu yang disegani di kompleks perumahan Sky Castle.

Seiring berjalannya waktu, Noh Seung Hye berani menentang segala keputusan suaminya yang kolot. Hal itu dilakukan karena sang suami begitu menuntut pendidikan tinggi kepada anak-anaknya dan dirinya menyadari bahwa itu semua ternyata membuat anak-anaknya begitu tertekan. Selain itu, Noh Seung Hye juga bukan tipe ibu yang menuntut secara berlebihan akan pendidikan anaknya.

4. Jin Jin Hee diperankan oleh Oh Na Ra

Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Jin Jin Hee adalah istri dari keluarga keempat yang disorot di kdrama ini. Suaminya berprofesi sebagai dokter bedah baru di rumah sakit yang sama dengan suami Han Seo Jin. Berasal dari keluarga kaya, dirinya begitu mengagumi sosok Han Seo Jin, sehingga ketika mencari suami pun juga sama-sama seorang dokter. Karakternya cerewet, selalu ikut campur, selalu menjilat orang lain, mudah dipengaruhi oleh orang lain.

Memiliki seorang anak yang masih SMP bernama Woo Soo Han. Namun karena anaknya tidak begitu pintar akademik, sehingga sering kali memarahi Woo Soo Han. Namun meskipun begitu, dirinya tetap menyayangi anaknya dan tidak pernah berbuat keji hanya untuk obsesi pendidikannya saja.

5. Kim Joo Young diperankan oleh Kim Seo Hyung

https://www.hancinema.net/

Kim Joo Young adalah sosok tutor pribadi yang berhasil meloloskan Young Jae ke universitas favoritnya. Sayangnya, tidak ada yang menyadari bahwa karakternya begitu manipulatif. Cara utamanya supaya anak-anak didiknya dapat lolos ke perguruan tinggi SKY adalah dengan memanfaatkan rasa balas dendam anak kepada orang tuanya yang terlalu terobsesi untuk sukses.

Sementara anak sulung Han Seo Jin yakni Ye Seo, justru begitu percaya dengan guru tutornya ini. Atas hal ini, Kim Joo Young pun menggunakan rasa cemburu Ye Seo kepada rivalnya di kelas yaitu Hye Na supaya gadis tersebut berambisi besar untuk sukses.

6. Kim Hye Na diperankan oleh Kim Bo Ra

Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Sebenarnya, tokoh Hye Na bukanlah bagian dari keluarga kompleks Sky Castle ini, hanya saja semenjak kehadirannya di rumah Ye Seo menjadi suasana semakin runyam. Terlebih lagi setelah Hye Na mengetahui rahasia-rahasia kelam antara dirinya di masa kecil dengan keluarga Han Seo Jin. Gadis ini juga memahami bagaimana manipulatifnya guru tutor pribadi tersebut terhadap anak-anak didiknya.

Hye Na seolah menjadi kunci dari rangkaian tragedi berdarah yang ada. Bahkan saat kdrama ini masih tayang on going, setiap hal yang dilakukan Hye Na akan selalu dijadikan “bahan” teori para penonton untuk episode selanjutnya. Karakternya adalah cerdas, pemberani, dan berani mengambil keputusan secara spontan.

Tokoh Pendukung

Keluarga Seo Jin

1. Kang Joon Sang diperankan oleh Jung Joon Ho
https://www.hancinema.net/

Kang Joon Sang adalah suami dari Han Seo Jin yang berprofesi sebagai dokter ortopedi. Sejak kecil, dirinya memang sudah mendapatkan didikan keras dari orang tuanya termasuk dalam hal pendidikan. Itulah mengapa, dirinya sama ambisinya dengan istrinya terutama untuk hal pendidikan Ye Seo. Bahkan setelah menikah dan berkeluarga pun, dirinya masih “dikendalikan” oleh ibunya untuk urusan pendidikan.

2. Kang Ye Suh diperankan oleh Kim Hye Yoon
Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Anak pertama dari pasangan Han Seo Jin dan Kang Joon Sang. Karakternya begitu ambisius, kasar, dan sombong. Menurutnya, orang-orang yang memiliki derajat di bawahnya tidak pantas berteman dengannya. Saking ambisiusnya akan pendidikan, dirinya memiliki ruang belajar pribadi yang berbentuk ruangan kotak kecil di kamarnya.

3. Kang Ye Bin diperankan oleh Lee Ji Won
https://www.hancinema.net/

Anak kedua dari pasangan Han Seo Jin dan Kang Joon Sang. Berbeda dengan kakaknya, Ye Bin justru ingin merasa “bebas” dari tekanan keluarganya. Berhubung prestasinya tidak sebagus kakaknya, dirinya sering mendapatkan perlakuan berbeda dari orang tuanya. Itulah yang membuatnya stress dan sering berkeinginan untuk kabur dari rumah.

Keluarga Lee Soo Im

1. Hwang Chi Young diperankan oleh Choi Won Young
https://www.hancinema.net/

Adalah suami dari Lee Soo Im sekaligus ayah kandung Woo Jo. Dirinya merupakan dokter bedah baru di rumah sakit tempat Kang Joon Sang bekerja. Karakternya begitu peduli dengan sesama, berpegang teguh pada moral, dan sangat menyayangi anaknya.

Hwang Chi Young tidak terlalu ambil pusing akan pendidikan Woo Jo. Menurutnya, anaknya tumbuh menjadi orang baik dan memiliki tubuh sehat saja, dia sudah bersyukur.

2. Hwang Woo Joo diperankan oleh Kang Chan Hee SF9
Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Adalah anak dari pasangan Hwang Chi Young dan Lee So Im. Berhubung keluarganya baru pindah ke kompleks Sky Castle, tentu saja dirinya juga menjadi siswa baru di sekolah Hye Na dan Ye Seo.

Berasal dari keluarga yang saling menyayangi membuat Woo Joo tidak pernah berbuat hal-hal aneh. Secara tidak langsung, anak sambung dari Lee Soo Im ini akan terlibat cinta segitiga dengan Hye Na dan Ye Seo. Pada tragedi berdarah pun, Woo Joo menjadi saksi utama.

Keluarga Noh Seung Hye

1. Cha Min Hyuk diperankan oleh Kim Byung Chul
https://www.hancinema.net/

Adalah suami dari Noh Seung Hye yang berprofesi sebagai profesor di sebuah sekolah hukum dan amat disegani banyak orang. Obsesi pendidikan anaknya tercermin pada sebuah puncak piramida. Itulah mengapa, dirinya selalu meletakkan miniatur piramida di rumah dan ruangannya sebagai pengingat bahwa kehidupan ini harus berambisi untuk dapat berada di puncak piramida.

2. Cha Se Ri diperankan oleh Park Yoo Na
https://www.hancinema.net/

Anak pertama dari pasangan Cha Min Hyuk dan Noh Seung Hye. Pada awal episode, sosoknya memang belum diperkenalkan. Namun pada pertengahan episode, Cha Se Ri datang mengabarkan bahwa dirinya sudah lulus dari Universitas Harvard. Hal itu tentu saja dibanggakan oleh Cha Min Hyuk dan dipamerkan kemana-mana. Namun ternyata, itu semua adalah palsu.

3. Cha Seo Joon diperankan oleh Kim Dong Hee
https://www.hancinema.net/

Anak kedua dari keluarga Cha yang memiliki karakter lemah lembut dan baik hati, mewarisi ibunya. Meskipun dirinya kembar dengan Cha Ki Joon, tetapi kemampuan akademiknya berbeda sehingga tak jarang dirinya akan dimarahi habis-habisan oleh sang ayah karena nilainya turun.

4. Cha Ki Joon diperankan oleh Jo Byung Gyu
https://www.hancinema.net/

Anak ketiga dari keluarga Cha sekaligus kembaran dari Cha Seo Joon. Berbanding terbalik dengan kembarannya, Cha Ki Joon justru berani, blak-blakan ketika berbicara, dan menyayangi ibunya. Yap, dirinya secara berani menentang obsesi ayahnya dan membuktikan bahwa tanpa metode puncak piramida ayahnya, dirinya juga bisa berhasil.

Keluarga Jin Jin Hee

1. Woo Yang Woo diperankan oleh Jo Jae Yun
https://www.hancinema.net/

Adalah suami dari Jin Jin Hee yang menjadi dokter junior dari Kang Joon Sang. Sama halnya dengan istrinya, Hwang Woo Joo pun selalu menjilat seniornya itu supaya karirnya selalu mulus. Seolah sebelas-duabelas dengan istrinya, Hwang Woo Joo pun juga menyayangi anak semata wayangnya itu dan tidak pernah memaksakannya untuk mendapatkan juara di kelas.

2. Woo Soo Han diperankan oleh Lee Eugene
Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Anak satu-satunya dari keluarga Woo yang masih SMP dan berteman dengan Ye Bin. Kemampuan akademiknya biasa saja sehingga sering dimarahi ibunya.

Keluarga Lee Myung Joo

1. Lee Myung Joo diperankan oleh Kim Jung Nan
https://www.hancinema.net/

Mantan penghuni kompleks Sky Castle yang melakukan bunuh diri setelah mengetahui bahwa anaknya, Young Dae, melarikan diri dari rumah. Lee Myung Joo adalah sosok ibu-ibu yang membanggakan anaknya karena berhasil lolos di fakultas kedokteran Seoul National University pada episode pertama. Setelah meninggal dunia, rumahnya disewakan kepada keluarga Lee Soo Im.

2. Park Young Dae diperankan oleh Song Geon Hee
Sky Castle
https://www.hancinema.net/

Anak satu-satunya dari Lee Myung Joo yang berhasil lolos di fakultas kedokteran Seoul National University pada episode pertama. Yap, dirinya berhasil lolos berkat didikan dari tutor Kim Joo Young dan terpengaruh bahwa jika ingin membalas dendam kepada ibunya, dirinya harus berhasil terlebih dahulu.

Setelah dirinya kabur dari rumah dan ibunya bunuh diri pun, keluarganya menjadi hancur. Dirinya menyesal karena menjadi penyebab terbunuhnya sang ibu.

https://unitedkpop.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum