in

Sinopsis Komik Hai Miiko dan Penjelasan Karakter Didalamnya!

Sumber: Kumparan.com

Sinopsis Komik Hai Miiko – Halo, Sobat Grameds! Apakah kalian pernah membaca komik Hai Miiko? Jika belum mari simak pembahasan dibawah ini. Kocchi Muite! Miiko yang diterbitkan di Indonesia dengan judul Hai, Miiko! , adalah serial komik shoujo bergenre komedi yang ditulis oleh Eriko Ono.

Komik ini telah diserialkan di majalah Ciao Shogakukan sejak tahun 1995 dan telah disusun menjadi 33 volume. Manga ini merupakan sekuel dari seri sebelumnya, Miiko desu! Komik ini menggambarkan kehidupan seorang gadis kelas 4 yang aktif dan ceria bernama Miiko di rumah dan di sekolahnya.

Kocchi Muite! Miiko diadaptasi menjadi serial anime 42 episode yang diproduksi oleh Toei Animation dan disiarkan di TV Asahi dari 14 Februari 1998 hingga 6 Februari 1999, sebagai bagian dari Anime Syuukan DX! Mi-Pha-Pu.

Bagi pembaca setia, membaca komik Hai Miiko sendiri sangat menyegarkan dan menyenangkan. Setelah sekian lama menunggu kelanjutan cerita Hai Miiko, akhirnya kita bisa membaca kelanjutannya.

Meskipun belum banyak kemajuan nyata dalam manga baru, dalam volume ini adalah pembukaan dan penutupan beberapa cerita dari sekolah dasar Miiko, dan sekarang Miiko memasuki cerita masa SMP.

Perjalanan Komik Hai Miiko

Sebelum diterbitkan di Indonesia, manga Miiko diterbitkan di Jepang pada tahun 1990. Sejak pertama kali terbit, manga Miiko langsung mendapat respon positif dari khalayak Jepang. Melihat antusiasme publik, penulis dan perusahaan manajemen Miiko memutuskan untuk melebarkan sayapnya ke negara lain di dunia seperti Indonesia.

Hai Miiko sendiri pertama kali muncul di Indonesia melalui majalah Ciao. Ini adalah majalah yang berisi kumpulan anime Jepang dan Miiko adalah salah satunya. Setelah memicu antusiasme yang besar dari masyarakat Indonesia, Miiko pun merilis manganya di Indonesia.

Sinopsis Komik Hai Miiko

Setelah meluncurkan manga dalam berbagai bahasa, Miiko semakin populer dan dicintai banyak orang. Untuk menyenangkan para penggemar, Hai Miiko akhirnya dijadikan serial anime dan ditayangkan perdana di TV Asahi. Mulai tanggal 14 Februari 1998, anime Miiko akhirnya tayang di TV di Jepang dengan total 42 episode.

Meski anime Miiko sudah tidak tayang lagi di TV, manganya masih diterbitkan hingga saat ini. Bahkan, terakhir saya dengar, penulis Hai Miiko meluncurkan manga baru yang menceritakan kisah Miiko di sekolah menengah.

Sinopsis Komik Hai Miiko

Manga Hai Miiko sendiri bercerita tentang seorang anak yang masih duduk di bangku kelas 5 SD bernama Yamada Miiko. Miiko adalah anak yang aktif dan ceria. Selain itu, Miiko juga merupakan anak yang penyayang, terutama terhadap teman-temannya.

Miiko memiliki hobi atau hobi yaitu membaca manga dan makan. Jika terlalu banyak makan porsi, tubuh Miiko akan mudah berkembang. Oleh karena itu sering disebut dengan tajuk gembul. Miiko sendiri juga memiliki masalah tinggi badan, sehingga Miiko sangat ingin memiliki tubuh yang tinggi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Jadi ayah Miiko akan selalu memberikan apa yang Miiko inginkan, karena dia tidak ingin melihat anaknya sedih. Sedangkan ibu Miko adalah ibu yang sangat sibuk. Dia memiliki sifat yang baik, tapi terkadang dia kesal dengan Miiko karena Miiko tidak mau membantu anak-anaknya mengerjakan pekerjaan rumah. Jika ibunya marah pada Miiko, sang ayah akan selalu siap melindungi Miiko.

Miiko memiliki saudara laki-laki dan perempuan. Karena adik laki-laki Miiko bernama Yamada Mamoru, dia masih kelas 4. Wajah Mamoru sangat mirip dengan ibunya. Meski Mamoru adalah adik laki-laki, dia lebih dewasa dari Miiko. Dia anak yang pintar dan rajin. Tidak jarang Mamoru membantu ibunya mengerjakan pekerjaan rumah.

Biasanya, Mamoru kesal dengan Miiko karena dia mengganggunya tapi tidak pernah mau membantu pekerjaan rumah tangga. Sementara itu, Miiko sering merasa cemburu pada Mamoru karena merasa ibunya lebih menyayangi Mamoru daripada dirinya.

Namun, sebenarnya Miiko dan Mamoru saling mencintai seperti saudara pada umumnya. Sedangkan adik perempuan Miiko, Yamada Momo, masih kecil. Sehingga hampir semua orang menyukainya. Wajahnya mirip ibunya.

Miiko sendiri memiliki teman yang sangat dekat yaitu Shimura Mari dan Ogawa Yuuko. Mari memiliki hobi yang sama dengan Miiko, yaitu membaca manga. Tidak hanya itu, Mari juga sangat pandai menggambar manga dan bercita-cita ingin menjadi seniman manga.

Namun sayangnya, Mari cenderung egois dan sombong. Mari sering kesal ketika dia dan Miiko membuat manga, tetapi hanya manga Miiko yang dipilih. Juga bukan hal yang aneh bagi mereka untuk bertarung. Namun pada kenyataannya, mereka saling mencintai dan tidak dapat dipisahkan. Jadi Miiko senang punya teman seperti Mari.

Sedangkan Yukko memiliki kepribadian paling dewasa di antara teman-temannya. Dia tidak pernah merasa sakit hati atau marah dengan dua sahabatnya. Faktanya, Yukko selalu menjadi penengah saat Miiko dan Mari bertengkar.

Yukko sangat suka memasak dan selalu membuat kue untuk Miiko dan Mari. Selain berteman dengan Yukko dan Mari, ternyata Miiko juga memiliki teman laki-laki bernama Eguchi Tappei dan Satou Kenta. Dimana Kenta adalah kekasih Yukko.

Tappei selalu suka mengganggu Miiko dan membuatnya merasa tidak nyaman. Namun kenyataannya, Tappei sangat peduli dengan Miiko. Tappei akan selalu ada saat Miiko dalam kesulitan.

Karakter Utama dalam Komik Hai Miiko

Sinopsis Komik Hai Miiko
Sumber: Kompas.com

Di komik Hai Miiko, selain karakter utama, memiliki keluarga dan teman-temannya membuat ceritanya semakin menarik. Bagi yang masih asing dengan karakter lainnya, mari kenali dulu keluarga dan teman-teman Miiko:

1. Yamada Miiko

Sebelum masuk ke karakter lainnya, mari berkenalan dengan karakter utamanya, Yamada Miiko. Dalam komik ini, penulis menciptakan tokoh utama sebagai seorang anak yang ceria dan aktif yang suka membantu teman-temannya.

Di balik sifatnya yang ceria, Miiko ternyata adalah anak yang lugu. Dia sering tidak menyadari bahwa Tappei dan Yoshida sering berulah kepadanya karena mereka mencintainya. Meski begitu, ternyata ia juga memiliki perasaan yang sama terhadap Tappei. Selain nama Jepangnya, Yamada Miiko juga memiliki nama panggilan bahasa Inggris Michelle Yocelyn. Nama ini digunakan dalam manga Inggris Miiko.

2. Eguchi Tappei

Eguchi Tappei adalah teman sekelas Miiko. Dia adalah salah satu anak tertinggi di kelas (154 cm). Dia sedikit kasar, tapi benar-benar murah hati tapi tidak pernah bisa tulus. Tappei adalah cowok yang disukai oleh cewek-cewek di kelasnya, termasuk Miho.

Tappei adalah anak laki-laki berotot yang sering terlihat bermain bisbol dan sepak bola. Idola bisbolnya adalah Tochiro. Dia juga ingin menjadi fotografer dan sahabatnya adalah Kenta. Dia telah menjadi teman Miiko sejak kecil. Dalam satu cerita, Tappei tampaknya menjadi pacar Miiko di masa depan. Dia mempunyai seekor kucing yang bernama Miko. Nama Inggrisnya adalah Trevor Eggleson.

3. Shimura Mari

Shimura Mari adalah sahabat Miiko dan Yukko, dia lebih tinggi 8cm dari Miiko tapi lebih besar badannya. Dia memiliki sifat yang keras kepala, tidak mau kalah, bicara terus terang tapi setia kawan. Mari memiliki kepribadian yang kuat. Mimpinya menjadi seorang kartunis.

Sinopsis Komik Hai Miiko

Dia biasanya mengambil pelajaran manga, kelas tertinggi adalah Kelas B yang menceritakan kisah cinta seorang seniman manga masa depan dan seorang pedagang. Mari adalah anak bungsu dari 3 bersaudara yang semuanya perempuan. Suka mengikuti pakaian kakaknya. Nama Inggrisnya adalah Marie Selena. Ia lahir pada tanggal 1 Agustus.

4. Ogawa Yuuko

Ogawa Yuuko (nama panggilannya Yukko) adalah sahabat Miiko dan Mari. Yukko baik hati, cerdas, tenang, sabar, perhatian, terkadang sedikit sensitif. Yukko adalah anak yang dewasa untuk usianya, banyak anak laki-laki yang memujanya. Dia pandai kerajinan tangan dan pandai memasak. Yukko berkencan dengan Kenta. Nama Inggrisnya adalah Yvonne Olivia. Ia lahir pada tanggal 14 Maret.

5. Satou Kenta

Satou Kenta adalah teman sekelas Miiko. Putra pemilik toko roti Satou. Dia adalah pacar Yukko. Miiko, Tappei, dan Kenta bersekolah di taman kanak-kanak yang sama. Kenta adalah anak laki-laki yang lucu dan baik hati yang terkadang suka bermain-main.

Kenta adalah sahabat Tappei dan senang mencoba mendekatkan Miiko dan Tappei. Mimpinya adalah membuka toko roti bersama Yukko. Nama Inggrisnya adalah Kenneth Steven. Lahir pada tanggal 3 Februari.

6. Yoshida Ikuya

Yoshida Ikuya adalah teman sekelas Miiko yang sangat menyayangi Miiko. Dia adalah siswa teladan di kelas. Yoshida adalah orang yang tenang, sangat cerdas dan berasal dari keluarga terhormat. Kelemahan di kelas olahraga.

Terkadang dia tampak dekat dengan Mari. Yoshida melihat Tappei sebagai saingannya untuk memenangkan cinta dan perhatian Miiko. Di chapter 28, Yoshida tertarik pada wanita selain Miiko, yaitu Haruna, anak pindahan dari Fukushima. Nama Inggrisnya adalah Yoseph Ivander.

Karakter Lainnya dalam Komik Jepang Hai Miiko

Yamada Rie

Yamada Rie adalah ibu Miiko. Dia sering menegur Miiko tapi sebenarnya sangat menyukai Miiko. Pernah menjadi editor komik Ocha.

Yamada Mamoru

Yamada Mamoru adalah adik dari Miiko dengan jarak 1 tahun. Pacarnya adalah Yuka-chan. Sebagai adik laki-laki, Mamoru lebih dewasa dari Miiko dan paling sering mengurus rumah saat ibunya sedang bekerja. Nama Inggrisnya adalah Matthew Johannes. Ia lahir pada tanggal 9 November.

Yamada Momo

Yamada Momo adalah anak ketiga dari keluarga Yamada. Lahir pada tanggal 9 Januari. Momo adalah anak yang manis dan dicintai oleh seluruh keluarga. Nama Inggrisnya adalah Monica Yoanna

Eguchi Ryouhei

Eguchi Ryouhei adalah ayah Tappei. Bekerja sebagai fotografer. Di masa lalu, ada perceraian yang dekat dengan Makiko, tapi berkat Miiko itu tidak terjadi. Nama Inggrisnya adalah Randall Eggleson.

Eguchi Makiko

Eguchi Makiko adalah ibu dari Tappei, pemilik toko kelontong bernama Lazy Moon. Ada saat ketika dia hampir bercerai dari Ryouhei, tapi itu tidak terjadi berkat Miiko. Dikenal di Inggris Maria Eggleson

Eguchi Miko

Eguchi Miko adalah kucing peliharaan Tappei. Kucing terlantar yang ditemukan Miiko. Nama “Miko” diberikan kepada kucing itu oleh Nona Tappei dan dikenal di Inggris dengan nama Mikaela.

Makorin

Makorin adalah seorang anak yang meninggal setahun sebelum lulus SD (Hai! Miiko vol. sepuluh). Ia mengembara karena mencari sahabatnya yang juga dipanggil Miiko. Miiko bertemu sekali saat menjalankan piket. Makorin biasanya dilukis dengan dua permadani. Makorin bertemu dengan Miiko yang jahat.

Morimoto Nozomi

Morimoto Nozomi adalah teman sekelas menggambar Miiko yang baik tetapi menderita kanker. Dengan dukungan Miiko, Yukko, dan Mari-chan, Nozomi akhirnya pulih dan kembali ke sekolah. Nozomi memiliki seorang adik perempuan bernama Kurumi. Nama Inggrisnya adalah Mousette Niabella.

Matsumoto Kaoru

Matsumoto Kaoru adalah teman sekelas Miiko, dia hanya tinggal bersama ayahnya. Mengalami masalah dengan tinggi badannya, untungnya dia mengatasinya dengan bantuan Miiko.

Morimoto Kurumi

Morimoto Kurumi (nama panggilan Kurumi-chan) adalah siswa tahun pertama tanpa teman yang, berkat dukungan Miiko, akhirnya memiliki teman. Dia adalah adik laki-laki Nozomi.

Takahashi Yasuko

Takahashi Yasuko (nama panggilan Yakko) adalah teman sekelas Miiko yang selalu blak-blakan, terkadang membuat marah beberapa orang. Dia dipanggil Ya-chan di episode pertama. Nama Inggrisnya adalah Yosephine Jessica Tabitha.

Akane Tatsuya

Akane Tasuya adalah teman sekelas Miiko, muncul di episode 19, 22, dan 25 Hi Miiko. Nama Inggrisnya adalah Aline Theresa.

Hayato

Hayato adalah sepupu Miiko yang tinggal di Oita. Dia memulai debutnya di episode 23 “Summer Romance”. Dia datang ke Tokyo karena ingin belajar di sana.

Sebenarnya, masih banyak lagi tokoh yang ada di komik Hai Miiko. Jika Sobat Grameds penasaran dengan tokoh yang ada di komik Hai Miiko lainnya, Sobat Grameds bisa membeli komik Hai Miiko di Gramedia.com

 

Kenapa Hai Miiko Menarik untuk Dibaca?

Sinopsis Komik Hai Miiko
Sumber: Twitter

Setelah membaca dan mengetahui beberapa karakter dan plot dari komik Hai Miiko, pasti banyak orang yang mulai tertarik untuk membacanya. Selain memiliki karakter yang lucu, ceritanya ringan tapi lebih seperti pelajaran. Bagi yang masih penasaran mengapa komik ini menjadi begitu populer, berikut beberapa alasannya:

1. Alur Cerita yang Ringan

Seperti komik Jepang lainnya, cerita Hai Miiko sangat ringan dan mudah dipahami. Naskah yang dibuat oleh penulis terinspirasi dari gaya hidup sehari-hari anak-anak Jepang, namun dengan beberapa modifikasi. Akhir cerita selalu meninggalkan kesan dan pesan bagi pembacanya.

2. Cerita yang Menghibur

Script yang dibuat oleh penulis sebenarnya sangat sederhana dan ringan. Namun, dengan karakternya yang beragam, cerita Miiko menjadi lebih menarik dan lucu. Inilah yang membuat komik Miiko begitu menyenangkan dan menyenangkan untuk ditonton.

3. Cocok Untuk Semua Usia

Dengan plot yang sederhana dan bahasa yang mudah dipahami, manga karya Miiko cocok dibaca untuk segala usia. Selain dapat menghibur anak, komik ini juga dapat mengajarkan anak membaca.

Nah, bagi Sobat Grameds yang sedang mencari komik dan anime Jepang yang menarik, coba baca komik Hai Miiko. Selain plotnya yang ringan dan menarik, komik ini juga memiliki anime yang bisa kamu tonton.

Kelanjutan dari Cerita Hai Miiko

Sejak debutnya hingga tahun 2020, Miiko digambarkan sebagai siswa sekolah dasar yang ceria dan supel. Tidak ada cerita mendetail tentang nilai atau pertumbuhan Miiko, sehingga banyak orang yang penasaran.

Namun, penantian itu berakhir karena penulis memutuskan untuk menulis cerita tentang kelulusan Miiko bersama teman-temannya. Dalam Hai Miiko edisi Maret dan April, penulis akan menceritakan kisah kelulusan karakternya. Sebagai alternatif, pembaca juga bisa membaca bagaimana mereka menghabiskan waktu bersama saat masih duduk di bangku sekolah dasar.

Kisah Miiko lainnya tidak berakhir di situ. Karena di edisi Juni 2020 ini, penulis akan menceritakan kehidupan Miiko di SMP dan teman-temannya. Dengan kelanjutan cerita Miiko, kami berharap para penggemar bisa setia mengikuti perkembangan karakter tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan dari Komik Hai Miiko

Pros Cons
Memiliki sampul buku yang menarik, seperti perpaduan warna dan gambar yang pas. Penerbitan komik ini cukup lama.
Cerita komedinya sangat lucu. Kurang pas dibaca oleh anak-anak.
Mengandung nilai moral, seperti indahnya kekeluargaan dan persahabatan.

Kelebihan Komik Hai Miiko

Dari sampul buku komik hingga isinya, semuanya menarik. Sampul berwarna cerah menggambarkan karakter Miiko yang ceria dan energik. Hampir tidak ada Sepuluh Kisah Komedi Hai Miiko yang mengecewakan.

Tak hanya tawa, emosi juga ditonjolkan dalam komik. Selalu ada pesan moral di setiap ceritanya. Tentang indahnya sebuah persahabatan, pentingnya sebuah keluarga dan bahagianya menjadi anak sekolah dasar.

Kisah interaktif antara Ibu Eriko Ono dan para penggemarnya sama menariknya dengan manga ini. Itu memasukkan banyak QnA di akhir setiap cerita Miiko. Penulis sepertinya ingin lebih dekat dengan para pembaca setianya dari berbagai usia.

Kekurangan Komik Hai Miiko

Salah satu kelemahan dari komik ini adalah hanya terbit setahun sekali. Bagi para pembaca setianya pasti sudah tidak sabar menunggu kelanjutan dari manga kesayangannya ini. Juga cerita ini tidak diberi nomor sehingga tampak jelas.

Kemudian, walaupun komik ini tentang kehidupan sehari-hari anak kelas 6 SD, komik ini lebih cocok dibaca oleh anak-anak di atas 15 tahun. Hal ini dikarenakan ada beberapa cerita dalam komik ini yang tidak sesuai dengan cerita yang ditujukan untuk anak kelas 6 SD. Termasuk adegan genit yang tidak boleh ditiru oleh anak-anak.

Penutup

Demikian ulasan informasi mengenai komik Hai Miiko. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi komik jepang lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

Review Komik Hai Miiko: Cerita Gadis Cilik Bernama Miiko

10 Rekomendasi Komik Islami, Belajar dengan Cara Menyenangkan!

Review Komik Sword Art Online Karya Reki Kawahara dan Abec

Rekomendasi 20 Judul Komik Anime Paling Sukses Sepanjang Masa

Review Komik Spy x Family dengan Berbagai Komedi Lucu di Dalamnya

Review Komik Jujutsu Kaisen

Written by ziaggi