in

10 Rekomendasi Komik Islami, Belajar dengan Cara Menyenangkan!

Sumber: Wajibbaca.com

Rekomendasi komik islami – Salah satu cara mengajarkan ilmu agama dengan mudah dan tanpa kekakuan adalah dengan menghadirkan komik Islami.

Ada banyak gambar menarik, terutama yang berwarna-warni, yang pasti akan membuat anak lebih tertarik untuk melihatnya daripada hanya buku teks.

Sebagai contoh, penelitian dari Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Unesa menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis komik pada anak dengan kesulitan belajar membawa hasil yang positif.

Komik adalah jenis buku yang sangat menarik untuk dibaca. Karena ada gambar yang mengikuti cerita maka kita tidak terlalu bingung dengan kata-kata karena kita bisa melihat reaksi dan niat dalam cerita karakter komik.

Komik lebih mudah diterima oleh anak-anak dan orang dewasa karena memiliki visual yang menarik dan membuat kita terpikat untuk membacanya lebih lama.

Komik dianggap sebagai bentuk seni. Komik hadir dalam berbagai bentuk, beberapa sebagai buku komik di koran atau majalah dan lainnya sebagai buku sendiri. Belakangan ini, komik bahkan hadir dalam bentuk digital sehingga memudahkan pembaca milenial.

Komik dapat menjadi sarana penyampaian pesan yang efektif. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan komik untuk menyampaikan sesuatu. Apapun bisa disampaikan melalui komik, mulai dari kritik sosial, humor, nasehat, sejarah, hingga nasehat moral Islami.

Komik terlalu sukses dalam memikat semua penggemar di seluruh dunia. Komik Amerika seperti DC dan Marvel sukses berkat berbagai karakter superhero mereka.

Dari pengaruh komik-komik Barat tersebut, Dr. Naif Al-Mutawa, warga negara Kuwait, seorang psikolog klinis, akhirnya terinspirasi untuk membuat komik Islami.

Ia juga mendirikan Komik Muta wa Teshkeel dan menerbitkan komik superhero Muslim. Lalu ada Adil Imtiaz dan Kamil Imtiaz yang mulai menerbitkan komik superhero muslim pada Januari 2011.

Keduanya dimaksudkan untuk menyampaikan pesan bahwa Islam adalah agama damai. Mereka percaya bahwa komik dapat menyampaikan pesan yang tepat kepada publik Amerika dan dunia bahwa Islam bukanlah agama yang kaku dan dekat dengan terorisme.

Di Indonesia, komik mulai berkembang pada tahun 1950-an hingga awal 1980-an. Ada banyak genre komik, mulai dari tokoh wayang, romansa, superhero hingga religi.

Di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, komik Islami berkembang pesat dan banyak peminatnya. Komik Islami yang diedarkan kerap menampilkan tema sejarah, pesan moral, kisah kepahlawanan, dan simbolisme keagamaan.

Rekomendasi Komik Islami Terbaik

Rekomendasi Komik Islami
Sumber: Lazada

1. Komik Wow Subhanallah Amazing Islam

Rekomendasi Komik Islami

Komik Wow Subhanallah : Amazing Islam rekomendasi kami yang pertama. Produk ini ditulis oleh Tehty Ezokanzo. Komik ini memiliki ukuran 19,5 x 27 cm dengan berat 305 gram. Produk yang satu ini membahas banyak fakta berbeda tentang Islam yang terkadang banyak dari kita tidak tahu.

Melalui buku ini kita bisa bersiap menerima banyak ilmu seperti nama madrasah muslim pertama, berkenalan dengan Imam Ibnu Katsir, kerajaan muslim pertama di Indonesia, dan lain-lain. Ada juga fakta tentang Alquran, berbagai peristiwa penting dalam perkembangan awal Islam, hingga masa kejayaan Islam.

2. Komik 10 Pahlawan Islam

Rekomendasi Komik Islami

Komik ini menceritakan kisah luar biasa para penakluk yang menjadi pahlawan Muslim. Ada sepuluh pemuda istimewa yang akan dibahas dalam buku ini. Mereka adalah orang-orang yang saleh, fisiknya kuat dan tangguh, dan tentunya cerdas pikirannya.

Mereka adalah para Sahabat Nabi yang berjuang keras dan memberikan nyawa satu-satunya untuk menegakkan panji Islam di negeri ini. Pola utamanya ada pada tokoh-tokoh yang diceritakan dalam komik ini. Sebagai manusia akhir zaman, kita harus memberi contoh kepada mereka dan menjadikan mereka idola kita.

Buku yang sangat inspiratif ini, dibungkus dengan komik strip yang menyenangkan. Dengan alur cerita yang santai bercampur dengan humor ala komik, Anda tidak akan bisa berhenti membaca buku ini sampai selesai. Sejarah Islam menjadi sangat mudah dipahami, bahkan menyenangkan untuk dibaca! Hanya mencoba untuk membuktikannya!

Detail

Penulis : Izzah Annisa & Fajar Istiqlal

ISBN : 9786021694336

Penerbit : Pustaka Al-Kautsar

Tahun Terbit : 2017

Jumlah Halaman : 126 halaman

Berat : 300 Gram

Jenis Cover : Soft Cover

Dimensi : 20 x 25 cm

Kategori : Comic

Bahasa : Bahasa Indonesia

3. Komik Sirah Rasulullah Periode Mekah

Rekomendasi Komik Islami

Kebiasaan membaca buku dapat dibentuk sejak dini, karena anak pada usia ini sudah memiliki banyak karakteristik. Pada masa ini, anak berada pada tahap perkembangan fisik dan psikologis yang sangat pesat. Mengenalkan anak membaca sejak dini dapat memperkaya kosa kata mereka, mempercepat membaca, meningkatkan pemahaman makna kata, struktur, dan lainnya.

Membaca juga dapat meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan pengetahuan, dan meningkatkan daya ingat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Teaching and Speech Therapy for Children menemukan bahwa anak-anak yang dibacakan dan diajak bicara sejak usia dini tampil lebih baik dalam keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif.

Dalam memilih buku anak, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti kategori usia, kualitas isi, nilai moral, nilai karakter, dan bahasa. Namun, anak-anak cenderung lebih menyukai buku yang berisi banyak gambar dan warna.

Komik Sirah Rasulullah Periode Mekah merupakan usulan yang tidak bisa kita abaikan. Produksi ini bercerita tentang perjalanan Nabi Muhammad saat diutus sebagai rasul ke kota Mekkah dan bagian lain jazirah Arab.

Ada banyak kendala ketika Nabi mencoba menyadarkan umatnya yang menyembah berhala yang mereka ciptakan dan juga menyadarkan mereka yang percaya takhayul dan ramalan. Perjuangan Nabi bisa membawa kita banyak hikmah dan ilmu. Produk ini ditulis oleh Fajar Istiqlal dan diterbitkan oleh Gema Insani Press.

4. Seri Komik Anak Muslim 7: Indahnya Berbagi

Cerita kali ini tentang Pangeran Jail yang selalu pelit dengan orang lain. Sekarang, lihat bagaimana Pangeran Jail mengakhiri sikap pelit ini dan pahami indahnya berbagi. Salah satu komik anak muslim yang mengajarkan adab kepada sesama. Kartun ini dapat mendidik dan membangun karakter bagi anak-anak.

5. Komik Liqomik

Rekomendasi Komik Islami

Buku ini ditulis oleh Squ dan teman-temannya sebanyak 185 halaman. Liqomik berisi kisah-kisah yang dibawakan oleh kartunis muslim yang tergabung dalam komunitas iQomic.

Tujuan dari buku ini adalah untuk memberikan kontribusi dalam dakwah dan mengingatkan pembaca untuk menjadi akrab dengan penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Ceritanya tidak membosankan. Koleksi komik ini menyenangkan, mendidik, dan bermanfaat dalam sekali baca. Ceritanya disampaikan dengan lembut, mudah dipahami, pembaca juga bisa menambah wawasan tanpa merasa terbebani. Ada 15 cerita yang akan membuat pembaca tertarik.

Sinopsis

Menarik bukan melihat para kreator komik muslim di Indonesia berkumpul? Melalui buku ini, komunitas iQomic mengumpulkan pena untuk berkontribusi dalam dakwah dan mengingatkan kita semua untuk selalu mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Milenial saat ini lebih suka menyerap informasi secara visual karena terkesan kontinyu dan bergerak cepat. Kebutuhan untuk mencerna dengan cepat juga meningkat, jadi pencitraan adalah pilihan yang menarik.

Komik, salah satu sarana penyampaian pesan yang efektif, termasuk dakwah Islam. Akibatnya, konten komik Islami populer di jejaring sosial.

LiQomic adalah kumpulan karya dari komunitas iQomic, buku komik yang berfokus pada konten Islami. Dalam Liqomic ini genre cerita juga sangat beragam, mulai dari cerita sehari-hari, perang ideologi hingga sejarah.

Liqomik menawarkan gaya sketsa yang berbeda dari setiap kartunis. Dari 15 komik, ada cerita tentang hakim yang saleh dan Imam Ahmad & Istighfar bercerita tentang isi cerita.

Hakim yang adil bercerita tentang seorang hakim yang mengadili seorang jurnalis non-Muslim dan dituduh sebagai khalifah, keadilan yang belum ditegakkan terlepas dari statusnya.

Sedangkan Imam Ahmad & Istighfar dengan mengandalkan kekuatan ampunan tukang roti membuat Imam Ahmad diusir dari masjid.

Penulis: squ

Penerbit: Salsabila Pustaka

ISBN: 9786021695432

Terbit: April 2017

Halaman: 186

Genre: Fiksi, Komik

Dimensi: 14 x 21 cm

Berat: 0.24 kg

Sampul: Soft Cover

Judul Asli: Liqomik: Antologi Komik Islam

6. Komik Mahfuzhat: Pepatah Muslim Anti Nyerah

Rekomendasi Komik Islami

Mahfudzat adalah kata-kata yang biasa diucapkan oleh para ulama zaman dulu atau orang-orang saleh yang penuh makna. Kata kata indah ini bisa menginspirasi banyak orang, menyemangati dan kata kata ini sering disebut mahfudzat.

Di komik ini, Bara, Azizah dan kawan-kawan lainnya akan menjelaskan makna Mahfudzat dalam cerita sehari-hari mereka di sekolah maupun di rumah, dijamin menghibur dan bikin semangat! Ingin tahu ceritanya? Baca saja, ya!

Ilustrasi, komik, dan animasi tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam upaya penanaman dan penyebaran nilai-nilai kebaikan kepada masyarakat. Hal inilah yang melahirkan Pak Lele Studio.

Karya pertamanya di bidang animasi adalah animasi Pak Lele yang pertama kali dipublikasikan di platform YouTube. Sejak berdirinya Studio pada 9 November 2021, Pak Lele Studio telah menggandeng Bstation sebagai kreator resmi melalui Mr. Ikan lele.

Studio ini juga pernah mengerjakan ilustrasi untuk tiga komik Al-Kautsar dengan bantuan Gratia, Nadin, Kanya dan Hana dari SMK Negeri 2 Cibinong dan mengerjakan berbagai proyek dari instansi dan perorangan yang berbeda perkalian.

Kedepannya, sanggar yang dikepalai oleh Kesatria Sughani ini berkomitmen untuk terus memproduksi atau berpartisipasi dalam produksi karya-karya aktif berupa ilustrasi, komik dan animasi.

7. Komik Keluarga Muslim Milenial

Buku ini bercerita tentang tokoh Bintang (15) dan Bulan (13) mereka berdua adalah kakak beradik yang dibesarkan dalam keluarga Muslim modern. Mereka adalah produk muda era milenial yang terkait dengan perangkat elektronik dan jaringan online. Komik ini terdiri dari 17 cerita tentang keseharian Bintang dan Bulan bersama keluarganya.

Cerita disajikan dalam bentuk dongeng yang lembut, cocok dengan selera remaja dan mudah dibaca. Permasalahan yang muncul dalam setiap kisah memiliki solusi dan nasehat dari sudut pandang Islam. Komik ini ingin mengajak para pemuda muslim untuk selalu berpegang teguh pada prinsip islam yaitu islam sebagai “jalan hidup yang terbaik”.

QANZA – Komik Keluarga Muslim Milenial adalah produk para editor M&C!. Cerita komik ini ditulis oleh Dian K dan Tethy Ezokanzo. Sementara itu, ilustrasi yang asyik dan menarik dibuat oleh Mantok Studio.

Komik setebal 176 halaman ini cocok dibaca oleh segala usia, terutama remaja. Berisi cerita yang terasa dekat dengan kehidupan sehari-hari. Permasalahan yang muncul dalam setiap kisah diberikan solusi dan tuntunan dari perspektif Islam.

Selain memiliki plot yang menarik, komik ini juga memuat ilustrasi yang tak kalah menarik dan dapat mengasah imajinasi Anda. QANZA – Komik Keluarga Muslim Milenial juga mengandung unsur-unsur pesan-pesan kebaikan, yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berharap Anda menjadi pribadi yang lebih baik, berakhlak mulia.

Informasi Lain :

ISBN : 9786024806187

Penulis : Redaksi M&C!

Penerbit : M&C!

Halaman : 176

Bahasa : Indonesia

Tanggal Terbit : 23 Desember 2019

Ukuran : 17 cm x 24 cm

8. Komik Sahabat Anak Muslim

Rekomendasi Komik Islami

Watiek Ideo dan murid-muridnya menyuguhkan cerita yang sarat nilai moral. Sebuah kisah sederhana yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari namun penuh makna. Berisi 10 cerita tentang menjadi anak muslim yang berakhlak baik.

Cerita tentang saling menghargai antar teman, saling membantu di saat kesulitan, bermain dengan teman untuk menjaga persahabatan, dan lainnya. Cerita dalam bentuk komik akan membuat anak gemar membaca, sehingga pesan moral yang disampaikan akan mudah dipahami oleh anak.

9. Komik 10 Sahabat Mulia Karena Islam

Kemuliaan yang dimiliki para sahabat Nabi serta kegigihan mereka dalam mempertahankan iman. Konsistensi, kesabaran, cobaan dan siksaan tidak menggoyahkan dan melemahkan para sahabat nabi. Mereka percaya bahwa Allah dan Rasul-Nya tidak akan pernah meninggalkan mereka.

Komik ini bercerita tentang 10 sahabat nabi, antara lain Bilal si pemuda kulit hitam yang menjadi mulia karena imannya, Abdullah bin Mas’ud yang meraih kedudukannya Mulia adalah qari paling merdu, Abdullah bin Ummi Maktum memiliki keistimewaan artinya karena ia telah ditegur oleh Allah SWT dan para sahabat Nabi – para sahabat Nabi lainnya.

10. Komik Anak Shaleh : Yuk, Jadi Anak Muslim Gaul

Rekomendasi Komik Islami

Komik ini menceritakan tentang bagaimana memperbaiki perilaku buruk yang dianggap normal dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada akhir setiap cerita, kutipan hadits juga disertakan untuk memperkuat apa yang dikatakan dalam cerita. Selain itu, karena dibuat dalam format animasi yang sederhana, anak-anak mudah memahami dan memasukkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa kita harus menyapa dan menanggapi ketika kita bertemu orang lain? Apa yang harus dilakukan ketika sahabatmu berbuat curang? Apakah boleh mengolok-olok orang lain? Jika Anda kesulitan menjawab pertanyaan di atas, silakan baca komik ini! Anda akan mengetahui banyak amalan dan bahasa gaul anak muslim yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Yuk jadi anak muslim yang sholeh dan sosial!

Manfaat Membaca Komik Islami

Sumber: Pinterest

Sebagai Sarana Belajar

Komik Islami dapat memberikan banyak manfaat bagi pembacanya. Salah satunya adalah media pembelajaran. Melalui komik Islami, kita bisa belajar banyak tentang Islam. Mulai dari sejarah, tokoh islam, nasehat dalam islam, dll.

Komik memungkinkan kita untuk lebih memahami Islam. Berkat visual yang menarik, kita tidak bosan dan tidak merasa digurui. Komik bisa membuat kita lebih bersemangat untuk belajar lebih banyak tentang Islam dengan cara yang lebih menarik.

Bisa Mengambil Hikmah dari Cerita yang Ditampilkan

Komik Islami tentunya memiliki banyak tema yang berbeda-beda. Ada yang bertema tokoh, ada yang bertema komedi, ada yang bertema pelajar, ada yang bertema cerita, dan lain sebagainya.

Ketika membaca komik-komik Islami ini, tentunya kita bisa belajar dari kisah-kisah yang disajikan di dalamnya. Misalnya pada komik Islami yang bertemakan kisah perjuangan Nabi. Kita bisa melihat contoh perbuatan baik dan juga perbuatan buruk. Kita juga bisa melihat akibat berbuat buruk dan berbuat baik agar lebih mudah menarik pelajaran atau pesan moral.

Memperkaya Perbendaharaan Kata Islami

Komik Islami juga dapat memberikan manfaat lain. Contohnya adalah mungkin memperkaya kosa kata Islam. Ketika membaca komik Islami, pasti sedikit banyak memahami istilah Islam dalam berbagai topik yang disajikan di dalamnya.

Dengan bertambahnya kosa kata Islami, kita bisa terbiasa menggunakannya dalam konteks yang tepat dalam percakapan sehari-hari. Contoh sederhananya adalah saat menerima makanan mungkin kita biasa mengucapkan Alhamdulillah, saat sedih dan tertimpa musibah kita mengucapkan Innalillahi dan seterusnya.

Meningkatkan Kemampuan Membaca

Membaca komik islami juga dapat meningkatkan kemampuan membaca kita. Dengan bantuan gambar, seseorang dapat lebih cepat memahami isi bacaan secara berurutan. Selain itu, kita juga dapat menarik kesimpulan berdasarkan fakta. Tidak berhenti di situ, membaca komik juga membantu kita membiasakan diri belajar ejaan, mulai dari penggunaan tanda baca hingga penggunaan tata bahasa yang baik.

Penutup

Demikian ulasan rekomendasi komik islami anak terbaik. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang komik islami lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

BACA JUGA:

Rekomendasi Komik Attack On Titan yang Begitu Populer Hingga Saat Ini

Rekomendasi Komik dan Manga Favorit di Gramedia Digital

Rekomendasi 20 Judul Komik Anime Paling Sukses Sepanjang Masa

Kisah-kisah Inspiratif Islami Terbaik

Rekomendasi Bacaan Islami untuk Dibaca di Bulan Ramadan 2020

Written by ziaggi