in

Daftar Singkatan Gaul dan Artinya yang Sedang Tren di Sosial Media

Unsplash.com

Singkatan Gaul dan Artinya – Generasi muda saat ini tentu sudah semakin melek teknologi. Mereka juga jauh lebih aktif di media sosial. Tak hanya aktif di media sosial saja, namun mereka juga aktif dalam kegiatan sehari-hari. Semakin banyaknya kafe atau tempat untuk nongkrong telah membuat mereka juga jauh lebih sering berkumpul dan berjumpa.

Keaktifan anak-anak muda jaman sekarang juga menjadikan bahasa yang dipakai sehari-hari semakin variatif. Hal inilah yang membuat semakin banyaknya singkatan gaul dan artinya. Dengan singkatan gaul, menjadikan mereka lebih hits dan merasa beda.

Oleh karena itu, tak heran jika anak-anak muda jaman sekarang ini sering memakai kata-kata gaul baik dalam percakapan sehari-hari maupun di media sosial. Lalu apa saja si kata-kata atau singkatan gaul dan artinya yang sering dipakai? Untuk mengetahuinya, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Singkatan Gaul dan Artinya dalam Bahasa Inggris

Tiap generasi muda memang unik dan kreatif. Oleh karena itu, mereka juga membuat istilah-istilah yang kemudian viral menjadi kata gaul. Bahasa anak muda sehari-hari pun menjadi lebih unik dengan adanya singkatan gaul dan artinya.

Tak hanya secara lisan saja tentunya, namun kata gaul juga kerap mereka pakai melalui tulisan. Apalagi di media sosial, status yang dibuat jg banyak memakai kata-kata gaul. Jadi, jangan sampai ketinggalan dengan kata-kata gaul yang sering dipakai para kaum muda ya. Bisa-bisa nanti kamu tidak paham apa yang mereka katakan. Berikut adalah singkatan gaul dan artinya yang sering digunakan.

1. AFK

Kali ini ada singkatan gaul yang sering dipakai oleh para pemain game, yaitu AFK. Artinya adalah Away from keyboard.

2. ASAP

Kedua ada kata ASAP, yang juga banyak dipakai anak-anak muda dari berbagai kalangan. ASAP berarti as soon as possible. Biasanya dipakai untuk meminta seseorang melakukan sesuatu sesegera mungkin.

3. BRB

Kemudian ada singkatan gaul berbahasa Inggris lagi, yakni BRB yang artinya be right back. Biasanya kata ini dipakai untuk memberikan informasi bahwa mereka akan kembali segera saat hendak meninggalkan chattingan yang sedang berlangsung.

4. CMIIW

Berikutnya ada CMIIW, yang juga singkatan dari bahasa Inggris, yakni correct me if i’am wrong. Singkatan gaul dan artinya ini biasa dipakai oleh anak-anak muda di media sosial. Adapun artinya dalam bahasa Indonesia adalah koreksi jika saya salah.

5. COD

Kata selanjutnya ini banyak dipakai dalam kegiatan jual beli. COD atau dalam bahasa Inggris berkepanjangan cash on delivery memiliki arti bayar di tempat. Kata ini banyak dipakai terutama dalam kegiatan jual beli online.

6. FYI

Kata keenam yakni for your information atau FYI. Kata berbahasa Inggris ini memiliki arti informasi untukmu. Seringkali dipakai di media sosial untuk memberi sebuah informasi kepada khalayak atau orang lain.

7. DM

Ketujuh ada DM atau direct message. Artinya adalah pesan yang dikirim langsung ke seseorang melalui aplikasi media sosial seperti Instagram.

8. BTW

Kemudian ada BTW yang artinya by the way. Jika diartikan dalam bahasa indonesia artinya adalah ngomong-ngomong. Biasa dipakai anak muda ketika hendak mengubah topik atau menanyakan sesuatu.

9. GGWP atau GG

Kata berikutnya ini sering dipakai oleh para gamers atau pecinta game. Gg berarti Good Game, dipakai untuk memuji sebuah permainan. Lalu GGWP artinya Good Game, Well Played. Untuk memuji permainan seseorang yang dirasa amat bagus.

10. LOL

Selanjutnya ada LOL yang artinya loud of laugh. Mungkin singkatan gaul ini sangat sering ditemui dalam konten-konten lucu. LOL artinya tertawa ngakak atau tertawa terbahak-bahak.

11. GWS

Kemudian kata GWS yang dalam bahasa Inggris berarti get well soon. Dalam bahasa indonesia artinya adalah semoga lekas sembuh. Biasanya kata ini dipakai untuk mendoakan seseorang supaya lekas sembuh dari penyakitnya.

12. OTW

Lalu ada OTW atau on the way. Kata ini sangat populer baik dalam percakapan lisan atau tulisan melalui media sosial. Artinya yaitu sedang di jalan. Biasa dipakai untuk memberi kabar perjalanan kepada orang lain.

13. OOT

Lalu ada singkatan gaul OOT, yakni out of topic. Kata ini berarti keluar dari topik pembicaraan. Biasanya digunakan ketika ada seseorang yang menyimpang atau membicarakan hal lain dari topik yang sedang dibahas.

14. OOTD

Lalu masih ada OOTD, yang artinya outfit of the day. Jika dalam bahasa Indonesia, kata ini berarti outfit hari ini atau pakaian hari ini. Biasa dipakai sebagai caption sebuah foto di tempat tertentu dengan busananya.

15. VC

Kelima belas ada VC atau Video Call. Biasanya dipakai oleh para pengguna WhatsApp untuk meminta seseorang melakukan panggilan video kepadanya.

16. PAP

Kemudian ada kata populer lainnya, yakni PAP atau post a picture. Kata ini dipakai oleh seseorang untuk meminta orang lain mengirimkan foto atau gambar kejadian saat itu juga.

17. TFL

Lalu ada pula TFL yang artinya thanks for like. Kata ini biasa dipakai untuk memberikan ucapan terima kasih kepada seseorang yang telah memberikan respons berupa like terhadap postingannya.

18. TGIF

Kemudian ada singkatan gaul TGIF atau Thank God It’s Friday. Kata gaul ini dalam bahasa Indonesia berarti terima kasih Tuhan, ini hari Jumat. Kata ini mewakili rasa senang seseorang menjelang akhir pekan. TGIF biasa dipakai di media sosial dan percakapan dalam teks.

19. DIY

Lalu ada kata DIY yang artinya do it yourself. Kata ini biasa dipakai untuk meminta seseorang melakukan sesuatu dengan tangannya sendiri.

20. OMG

Lalu berikutnya juga ada singkatan OMG atau Oh My God. Kata ini sangat sering diucapkan ketika seseorang sedang terkejut menerima sebuah berita atau informasi. Selain sering dipakai di media sosial, kata ini juga banyak dipakai secara umum melalui bahasa lisan.

Nah, itulah tadi singkatan gaul dan artinya yang berasal dari bahasa Inggris. Selain itu, masih banyak lagi kata lainnya yang kerap dipakai anak-anak muda dalam mengungkapkan sesuatu.

21. XOXO

Sebenarnya XOXO bukanlah singkatan, tapi ini sering digunakan oleh generasi kekinian, XOXO adalah sebuah lambang, yang terdiri dari X yang melambangkan pelukan dan O yang melambangkan ciuman. XOXO sering digunakan untuk menutup obrolan dalam teks, sekaligus menunjukkan kehangatan dalam sebuah komunikasi dengan sahabat maupun kekasih.

Singkatan Gaul dan Artinya

Singkatan Gaul dan Artinya dalam bahasa Indonesia

Selain dalam Bahasa Inggris, ada pula singkatan gaul dan artinya dalam bahasa Indonesia. Apa saja singkatannya? Berikut kumpulan katanya.

1. Sotoy

Kata pertama yaitu sotoy. Kata ini singkatan yang diplesetkan dari ungkapan sok tahu. Kata ini biasa dipakai untuk mengejek seseorang yang tidak tahu apa-apa, tapi berkomentar. Atau bisa juga diucapkan untuk orang yang hanya menerka-nerka sesuatu.

2. Bucin

Lalu ada bucin atau budak cinta. Singkatan gaul ini amat melekat pada para pemuda, terutama bagi mereka yang sedang dalam masa-masa kasmaran. Bucin atau budak cinta jadi julukan bagi orang-orang yang mau melakukan apa saja untuk orang yang disayanginya.

3. Baper

Selain bucin, masih ada kata baper yang juga sering dipakai mereka yang sedang kasmaran. Baper atau bawa perasaan kerap digunakan untuk menjuluki seseorang yang tiba-tiba merasa diperhatikan lebih oleh seseorang.

4. PHP

Dalam hal percintaan, memang banyak sekali kata gaul yang sering dipakai. Singkatan gaul berikutnya yaitu PHP atau pemberi harapan palsu. PHP ini kerap diberikan pada para pria ataupun wanita yang hanya memberikan janji-janji manis tanpa pernah menepatinya.

5. Pelakor

Lalu ada singkatan pelakor, perebut laki orang. Nah, ini juga sempat viral dan banyak dipakai. Biasanya dipakai untuk mengolok-olok mereka, para wanita yang merebut laki-laki wanita lain.

6. Pebinor

Selain pelakor untuk para wanita, ada pula sebutan untuk para lelaki yang merebut istri orang. Laki-laki ini dijuluki pebinor atau perebut bini orang.

7. Kuper

Lalu ada kata kuper, yang artinya kurang pergaulan. Biasanya digunakan untuk mengolok-olok teman dekat yang tidak tahu hal-hal update. Kata kuper biasanya dipakai untuk bercandaan sesama teman.

8. Japri

Kemudian kata japri, yang artinya jaringan pribadi. Media sosial yang semakin bervariatif dan juga banyak juga berbanding lurus dengan penggunanya yang juga makin banyak. Mereka biasanya meminta japri ketika hendak mengirim atau menerima pesan pribadi.

9. Modus

Dalam dunia percintaan, masih ada kata modus yang juga sering dipakai. Modus atau modal dusta, biasa disematkan pada mereka yang berdusta atau memiliki niat terselubung saat melakukan sesuatu.

10. Pansos

Lalu ada pansos atau panjat sosial. Kata ini biasa digunakan untuk menjuluki seseorang yang seringkali mengupload foto narsisnya ke media sosial supaya banyak dikenal orang.

11. Pewe

Singkatan gaul berikutnya adalah pewe atau posisi wenak. Orang-orang banyak memakai kata ini untuk menolak bergerak dari tempat yang sedang ia duduki karena sudah nyaman dengan posisinya.

12. Galau

Lalu ada kata galau yang artinya sedang dalam kondisi sedih lantaran sesuatu hal. Banyak anak muda yang menggunakan kata galau saat mereka sedang patah hati, atau di PHP oleh seseorang.

13. Gaje

Di antara anak-anak yang suka nongkrong, pasti juga hobi bercanda. Tapi ketika bercandaan mereka tidak lucu, maka akan diejek gaje atau gak jelas. Selain untuk orang yang bercandaannya keluar konteks, maka bisa juga istilah gaje digunakan. Termasuk ketika ada yang berangan-angan atau mengatakan sesuatu yang tidak jelas.

14. Mantul

Nah, selanjutnya ada kata mantul. Singkatan gaul ini artinya mantap betul. Biasa disampaikan untuk mengungkapkan kepuasan atau kebanggaan terhadap sesuatu atau karya seseorang.

15. Mager

Kemudian ada mager atau malas gerak. Para generasi milenial yang banyak menghabiskan waktu di kamar untuk stalking media sosial biasanya memakai kata ini. Apalagi kemudahan akses apa saja yang bisa dilakukan melalui handphone, seperti belanja atau kerja, membuat mereka semakin manja dan malas gerak atau mager.

16. BU

Lalu masih ada kata singkatan yaitu BU, yang artinya butuh uang. Kata ini biasanya dipakai untuk menggambarkan kondisi seseorang yang sangat membutuhkan uang. Biasanya penjelasan BU disematkan saat seseorang ingin mengiklankan benda pribadinya, dengan harapan dapat terjual secara cepat.

17. Ababil

Nah,selanjutnya ada kata ababil, atau singkatan dari ABG labil. Biasanya diberikan pada para ABG yang sering plin plan dalam melakukan segala sesuatu.

18. Pargoy

Kali ini ada singkatan pargoy, yang artinya party goyang. Singkatan atau istilah ini ramai digunakan oleh para pengguna media sosial TikTok. Maksud dari party goyang atau pargoy ialah ketika ada lagu dari DJ remix, maka secara serempak mereka akan bergoyang bersama.

19. TBL

Bahasa gaul selanjutnya juga ada TBL, atau diartikan Takut Banget Lo. Ini biasanya juga dipakai untuk bercandaan pura-pura takut.

20. Caper

Lalu masih ada kata caper yang artinya cari perhatian. Ini biasanya diberikan kepada mereka yang banyak mencari perhatian seseorang. Baik dengan berdandan ala-ala ataupun bersikap kurang wajar.

21. Curcol

Singkatan gaul dan artinya kali ini adalah curcol atau curhat colongan. Biasa dipakai ketika hendak mencurahkan isi hati kepada seseorang secara diam-diam, maka dari itu dinamai curhat colongan.

22. Gercep

Nah, siapa nih tim gercep? Gercep diartikan gerakan cepat, yaitu untuk orang-orang yang memiliki gerakan cepat atau tanggap ketika ada sesuatu hal. Seperti ketika ada promo atau belanja berhadiah.

23. YXGK

Lalu ada YXGK atau ya kali gak kuy. Kata ini dipakai untuk menyetujui ajakan atau apapun, yang membutuhkan jawaban iya. Namun untuk memperjelas dan mempertegas, Anak-anak muda lebih suka memakai kata YXGK.

Plesetan Kata dalam Singkatan Gaul dan Artinya

Selain singkatan berbahasa Indonesia dan Inggris, ada juga bahasa gaul yang sering dipakai oleh anak muda, yakni kata gaul yang berasal dari plesetan kata. Ya, bahasa gaul anak muda memang bermacam-macam, ini menjadi bukti betapa kreatifnya mereka dalam hal bercakap dan memainkan bahasa lisan ataupun tulisan untuk menambah cair suasana.

Berikut adalah singkatan gaul dan artinya yang merupakan plesetan dari beberapa kata.

1. Cans

Pertama ada kata gaul cans yang merupakan plesetan dari kata cantik. Ini biasanya dipakai untuk memuji seorang perempuan yang tiba-tiba tampil beda dan tambah cantik.

2. Gans

Kedua ada plesetan dari kata ganteng, yaitu gans. Biasa juga dipakai oleh perempuan yang memuji seorang laki-laki berwajah ganteng.

3. Rempong

Nah, kata ini biasanya disematkan pada seseorang, baik anak muda maupun orang tua. Rempong yakni plesetan dari kata ribet. Namun paling banyak kata ini dipakai untuk menjuluki ibu-ibu yang suka ribet ketika hendak melakukan sesuatu.

4. Sabi

Kalau kata satu ini merupakan plesetan dari kata bisa. Dalampercakapan sehari-hari atau di status media sosial, sudah banyak yang menggunakan kata ini sebagai pengganti kata bisa.

5. Sans

Lalu ada kata sans, yang artinya santai. Biasa juga dipakai dalam percakapan lisan maupun melalui media sosial.

6. Ntaps

Lalu ada kata ntaps yang merupakan plesetan dari kata mantap. Hanya diambil bagian belakangnya dan ditambah huruf s. Lebih simpel tentunya untuk memuji seseorang dengan kata mantap.

7. Ngab

Ketujuh ada kata ngab, yang merupakan kebalikan dari kata bang. Biasa dipakai untuk memanggil abang-abang yang sudah dikenal dekat atau abang-abang yang jualan.

8. Monmaap

Selanjutnya ada kata monmaap, yang merupakan plesetan dari kata mohon maaf. Alih-alih meminta maaf dengan kata yang tepat, Anak-anak muda lebih suka menggunakan kata monmaap kepada teman sepermainannya.

9. Leh uga

Lalu ada juga kata leh uga yang menjadi plesetan dari kata boleh juga. Anak-anak muda memang lebih suka sesuatu yang simpel, termasuk dalam mengatakan sesuatu.

10. Kuy

Lalu ada kata kuy, yang merupakan plesetan dari kata yuk. Alih-alih mengajak dengan kata yuk, lebih enak jika diucapkan dengan kata kuy. Maka tak heran jika banyak yang pada akhirnya memakai kata ini.

11. Jijay

Kemudian ada pula kata jijik yang diplesetkan menjadi jijay. Kata ini dipakai untuk menyatakan ketidaksukaannya kepada sesuatu hal. Misal pada tingkah laku teman sepermainan atau makanan atau hal lainnya.

12. Halu

Lalu ada kata halu yang merupakan kependekan dari kata halusinasi. Daripada mengucapkan halusinasi, akan lebih cepat dan simple jika mengatakan halu.

13. Gils

Lalu ada kata gils, yang artinya gila. Lebih halus daripada kata gila memang, maka dari itu sering dipakai untuk bercandaan bersama teman dengan saling mengatakan gila pada teman atau sesuatu yang di luar nalar.

Nah, itulah singkatan gaul dan artinya yang bisa membuat Grameds lebih memahami komunikasi generasi sekarang yang kekinian. Jika Grameds membutuhkan buku-buku terkait kata-kata atau bahasa gaul, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Badriyah

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda