in

Arti Kata LOL dan Penggunaannya dalam Berkomunikasi

Arti Kata LOL (Laugh out Loud) – Semakin lama ragam bahasa yang digunakan untuk berbicara semaki berkembang, dewasa ini muncul banyak ragam bahasa gaul. Salah satunya kata LOL yang sering digunakan saat berbicara, biasanya kebanyakan orang menggunakan kata LOL dalam ragam tulis. Namun, rupanya masih banyak yang tidak tau atau bahkan salah dalam mengartikan maksud kata LOL. Kali ini kita bakal kasih tau para Grameds apasih arti dari kata LOL itu.

Arti Kata LOL (Laugh Out Loud)

Sumber: romeltea.com

Kata LOL biasanya digunakan oleh seseorang untuk mengekspresikan sesuatu yang lucu, seperti  tertawa terbahak-bahak. LOL adalah singkatan dari laugh out loud, tidak ada aturan khusus dalam penggunaaannya. Kata LOL bisa dituliskan menggunakan huruf kapital semua atau sebaliknya, karena kata ini termasuk ke dalam ragam bahasa gaul.

Kata LOL biasanya digunakan untuk mengomentari sesuatu yang lucu dengan ditambahkan emoji tertawa setelahnya. Banyak bisa kita temukan penggunaan kata LOL di berbagai media sosial terutama twitter.

Meskipun begitu, ternyata kata LOL sering disalah artikan oleh orang yang tidak mengetahui maknanya. Ada Sebagian orang yang mengira arti kata LOL adalah tolol atau sesuatu yang kasar dan dimaksudkan untuk mengcela seseorang secara tidak langsung.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Kata LOL

Meskipun tidak ada aturan dalam penulisannya, kata LOL tetap harus digunakan dalam waktu yang tepat. Jika dilihat dalam artinya yaitu laugh out loud, baiknya kata ini digunakan dalam keadaan nonformal. Contohnya seperti percakapan bersama teman atau seseorang yang dirasa sudah akrab, karena jika menggunakannya dalam keadaan formal apalagi dengan seseorang yang tidak tepat maka akan terkesan tidak sopan.

Kata LOL sebagai salah satu kata gaul yang cukup sering digunakan oleh orang Indonesia dalam percakapan sehari-hari dengan kawan. Kata LOL lebih sering digunakan pada saat percakapan yang dilakukan melalui media, seperti sosial media atau bahkan sering juga digunakan dalam berkomunikasi saat bermain game online, bukan pada saat percakapan tatap muka. Hal ini dikarenakan LOL sebagai kata yang bersifat nonformal lebih cocok dan nyaman apabila digunakan dalam kegiatan dan perckapan yang santai.

Yuk Gaul!
Yuk Gaul!

tombol beli buku

Macam-macam Arti Kata LOL Lainnya

Selain laugh out loud, ternyata LOL juga memiliki beberapa arti lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Makna LOL yang berhubungan dengan tertawa

a. Lack of Laughter

Jika makna sebelumnya dari kata LOL adalah tertawa, kali ini LOL juga bisa dijabarkan menjadi Lack of Laughter yang memiliki arti kurang tertawa.

b. Laughing on Line

Kata LOL singkatan dari Laughing on Line memiliki arti tertawa onle. Maksud dari frasa ini adalah seseorang yang biasanya memberikan respon atau komentar terhadap sesuatu dalam bentuk tulisan di internet atau media sosial.

c. Lying online Laughter

Jika arti kata LOL sebelumnya adalah tertawa online, maka Lying online Laughter memiliki makna sebaliknya, yaitu tertawa bohong secara online. Maksud dari kalimat ini adalah orang yang memberikan respon atau komentar dalam ekspresi atau tulisan tertawa di internet, tetapi sebenarnya ia tidak merasakan ekspresi tersebut.

d. Love of Laughing

Kata LOL selanjutnya mengarah pada Love of Laughing yang berarti suka tertawa. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, seseorang yang suka tertawa adalah orang yang periang.

e. Lots of Laughter

Memiliki arti banyak tawa, kata Lots of Laughter bisa digunakan dalam keadaan atau suasana bahagia yang dibalut dengan banyak tawa.

2. Makna LOL yang berhubungan dengan belajar

a. Learn on Line

Learn on Line berarti belajar secara on line atau daring, kepanjangan ini lebih sering digunakan sebagai julukan kepada suatu kondisi dan tepat ditunjukkan pada kondisi masyarakat saat ini yang hampir semuanya belajar secara daring.

b. Lots of Learning

Berarti banyak belajar, lagi-lagi kata LOL pada kepanjangan ini lebih mengarah pada julukan seseorang bukan sebagai kata yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi pada umumnya. Orang yang banyak belajar bukan hanya berarti giat belajar, melainkan juga bisa berarti orang yang selalu ingin belajar akan banyak hal.

c. Loss of Learning

Berarti tidak belajar atau kurang belajar, merupakan julukan kepada seseorang yang dapat memiliki kesulitan dalam belajar sesuatu sehingga dijuluki seseorang yang tidak belajar atau kurang belajar, jadi merupakan julukan kalimat yang negatif

d. Love of Learning

Kebalikan dari Loss of Learning, memiliki arti suka belajar. Juga memiliki kesamaan pemahaman dengan Lots of Learning yang sama-sama diartikan dengan konotasi yang positif dalam menjuluki seseorang yang suka belajar.

e. List of Links

Kata LOL dalam arti bahasa Indonesia ini merupakan salah satu yang sering digunakan oleh banyak akademisi, baik pelajar, mahasiswa, guru, maupun dosen. Berarti daftar tautan, dalam konteks pendidikan daftar tautan biasa berisi berbagai macam bahan ajar atau hal-hal yang dapat menambah wawasan serta pengetahuan.

Kamus Bahasa Indonesia
Kamus Bahasa Indonesia

tombol beli buku

3. Makna LOL yang berhubungan dengan cinta

a. Lots of Love

Kata LOL dalam versi Lots of Love berarti bahwa seseorang menunjukkan rasa cinta yang begitu besar, kata LOL ini biasanya dipakai untuk akhir kalimat atau surat.

b. Lots of Luck

Kata LOL yang berkaitan dengan cinta satu ini berarti banyak beruntung. Banyak beruntung disini dapat diartikan bahwa seseorang yang ditunjuk dalam penggunaan kata ini merupakan orang yang sering mendapati banyak keuntungan khususnya dalam hal cinta.

c. Look of Love

Berarti pandangan cinta, lebih sering ditunjukkan kepada anak muda yang sering kali mendapatkan atau memberikan pandangan cinta kepada orang lain yang dicintainya. Pandangan menurut KBBI dapat berarti seseorang atau sesuatu yang dipandang, jadi look of love merupakan kepanjangan yang bersifat menimbulkan cinta atau mengungkapkan rasa kecintaan terhadap sesuatu.

d. Living on Love

Selain look of love yang menyatakan cinta, living on love dapat berarti hidup dalam cinta. Arti kepanjangan ini sering kali digunakan dalam mengungkapkan sebuah keadaan dengan menggunakan kalimat puitis, yaitu hidup dalam cinta. Biasanya diartikan bahwa seseorang hidup dengan penuh cinta yang didapatkan atau diberikan dari dirinya.

e. Language of Love

Berarti bahasa cinta yang diungkapkan untuk menunjukkan rasa cinta terhadap seseorang atau benda, baik dalam bentuk perkataan atau perbuatan. Biasanya lebih ditunjukkan secara langsung bukan melalui media.

f. Lack of Love

Berbeda dengan living on love, yang satu ini berarti kekurangan cinta atau kasih sayang. Lack of love lebih sering ditunjukkan sebagai sebuah julukan kepada seseorang atau makhluk hidup lainnya bukan sebagai kalimat dalam komunikasi.

4. Makna LOL yang berhubungan dengan mengejek

a. Lord of Lies

Kata LOL singkatan dari Lord of Lies memiliki arti tukang bohong atau orang yang suka berbohong. Kata ini digunakan untuk memberikan julukan kepada orang lain dan biasanya bermaksud mengejek.

b. Look out Loser

Selain Lord of Lies, kata LOL lain yang biasa digunakan untuk mengejek orang adalah Look out Loser yang memiliki arti hati-hati pecundang. Dalam KBBI pecundang memiliki makna orang yang kalah atau payah, jadi Look out Loser bisa dikatakan sebagai kata-kata yang kasar.

c. Lowes of the Low

Lowes of the Low juga kepanjangan dari kata LOL dalam hal mengejek. Lowes of the Low memiliki arti terbawah dari dari yang bawah, jika diartikan kalimat tersebut termasuk ke dalam kalimat sarkasme. Arti lain dari kalimat terbawah dari bawah juga bisa dikaitkan dengan pencapaian seseorang dalam melakukan sesuatu



d. League of Losers

Makna kata LOL dari  League of Losers adalah pertarungan para pecundang, memiliki makna sebuah kegiatan perlombaan dengan peserta yang terdiri dari para “pecundang”.

e. Loser on line

Loser on Line memiliki arti pecundang online, kata LOL ini juga masuk ke dalam makna LOL yang berhubungan dengan mengejek.

Teori Belajar Bahasa
Teori Belajar Bahasa

tombol beli buku

5. Makna LOL lainnya

a. League of Legend

Kata LOL yang merujuk pada League of Legend memiliki arti dalam ranah permainan online, yaitu permainan video game yang dimainkan atau digunakan oleh banyak orang.

b. Live of Leisure

LOL yang berarti Live of Leisure memiliki arti waktu luang yang bermanfaat atau bisa dikatakan memiliki kegiatan yang produktif.

c. Loss of Light

Arti kata LOL lainnya adalah Loss of Light, yang memiliki arti kehilangan cahaya. Kehilangan cahaya disini bukan dimaksudkan dalam hal penerangan tetapi seperti kehilangan arah atau tersesat dalam melakukan sesuatu.

d. Living our Lives

Arti kata LOL dalam hal kehidupan adalah Living our Lives, memiliki arti menjalani hidup. Makna dari menjalani hidup dalam frasa ini bisa beragam, tergantung dari cara penggunaannya dalam kalimat.

e. Loss of Load

Memiliki arti kehilangan beban, kata Loss of Load dalam kata LOL bisa dikatakan sebagai kata yang menunjukan banyak ekspresi tergantung dari penggunaannya dalam kalimat.

f. Loss of Light

Arti kata LOL dalam Loss of Light berarti patah semangat. Biasanya kata ini digunakan untuk mengekspresikan sebuah kesedihan karena keputusasaan.

g. Last or Least

Memiliki arti terakhir dari yang paling sedikit. Biasanya Last of Least dipakai untuk menyebutkan suatu urutan terakhir dari sebuah daftar. Jika mengarah pada artinya, maka daftar yang dimaksud adalah sebuah daftar yang paling sedikit.

h. Lord of Light

Kebalikan dari Loss of Light, kata LOL yang berarti Lord of Light memiliki makna pemberi cahaya. Kata ini juga bisa memiliki beberapa maksud, tergantung pada pemakaiannya. Secara leksikal, pemberi cahaya bisa diarahkan pada suatu benda yang bercahaya. Namun makna konotasi dari kata ini adalah pemberi semangat atau orang yang menginspirasi.

i. List of List

Kata LOL singkatan dari List of List memiliki arti sebuah daftar dari daftar. Makna dari kata ini adalah sebuah daftar sesuatu yang berada di dalam daftar lainnya.

j. Laws of Life

Kata LOL singkatan dari Laws of Life memiliki arti hukum kehidupan. Biasanya kata ini bukan mengarah kepada hukum yang diatur oleh suatu pemerintahan di sebuah negara, tetapi tentang hukum di dalam kehidupan. Contohnya seperti segala sesuatu yang kita lakukan akan ada balasannya.



Contoh kata LOL lainnya:

  •       Leg of Lamb  (Kaki lembu)
  •       Little old Lady (Kecil-kecil tua)
  •       Lap of Luxury (Bagian barang mewah)
  •       Lost our Luggage (Kehilangan koper)
  •       Loss of Life (Kematian)
  •       Loss of Line (Hilang sambungan)
  •       List of Lights (Daftar lampu)
  •       Loss of Life (Tewas)
  •       Lord of the Lambs (Rajanya orang-orang dungu)
  •       Limit of Liability (Batas tanggung jawab)
  •       Look at the other Links (Lihat tautan lainnya)
  •       Loss of Link (Kehilangan tautan)
  •       Language of Literature (Bahasa sastra)
  •       Labor of Love (Budak cinta)
  •       Loads of Love (Beban cinta)
  •       Lips on Lips (Ciuman)

Itulah beberapa arti kata LOL yang ternyata memiliki banyak makna. Selain kata LOL, masih banyak lagi ragam bahasa gaul yang dipakai oleh masyarakat ketika berkomunikasi dengan orang lain. Meskipun termasuk ragam bahasa gaul, kamu tetap harus memperhatikan waktu dan tempat untuk menggunakan kata-kata tersebut ya Grameds! Jangan sampai menggunakan diwaktu dan tempat yang salah.

Baca juga artikel lain terkait “Arti Kata LOL” :

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku rekomendasi untuk kamu. Untuk mengetahui ragam bahasa gaul lainnya, kamu bisa temukan di buku-buku ini

Panduan Lengkap EYD Dengan Pedoman Pembentukan Istilah
Panduan Lengkap EYD Dengan Pedoman Pembentukan Istilah

tombol beli buku

Belajar Bahasa Gaul
Belajar Bahasa Gaul

tombol beli buku

Sumber: Berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih