in

Apa itu Gabut? Makna dan Arti Kata Gabut Serta Asal Usulnya

Ketika kita jenuh seringkali kita menggunakan istilah gabut sebagai gambaran dari keadaan tersebut. Namun, tahukah kamu apa itu gabut dan arti dari istilah yang sering digunakan tersebut. Simak penjelasan berikut.

Makna dan Arti Kata Gabut

Gabut adalah kependekan dari gaji buta. Gabut merupakan istilah yang pada awalnya digunakan untuk menggambarkan ketika seseorang yang bekerja atau diberikan tanggung jawab akan suatu hal, namun tidak melaksanakan tanggung jawab tersebut dan tetap mendapatkan imbalan atau gaji.

Namun, saat ini istilah gabut atau gaji buta ini memiliki arti yang berbeda terutama bagi kaum milenial dan juga generasi Z. Istilah gabut saat ini sering digambarkan sebagai perwakilan dari perilaku seseorang yang tidak melakukan apa-apa dan bingung untuk melakukan aktivitas apa.

Secara umum, istilah gabut atau gaji buta digunakan ketika seseorang bingung untuk menggambarkan perasaan tidak jelas ataupun bingung untuk melakukan kegiatan atau aktivitas apapun karena pada hari tersebut tidak ada kewajiban untuk melakukan apapun.

Istilah gabut sendiri seringkali dikonotasikan sebagai hal negatif. Hal tersebut dikarenakan, karena seringkali orang yang merasa gabut akan mendapatkan pandangan dari orang lain sebagai orang yang merepotkan dan tidak berguna.

Gabut juga bisa diartikan sebagai seseorang yang tidak mau bekerja, atau bermalas-malasan padahal ada tanggung jawab yang harus dijalankan, bisa juga sebagai seseorang yang cepat bosan dan tidak memiliki aktivitas lain selain bermalas-malasan dan melakukan hal tidak penting.

Karena itu, gabut tidak boleh sering dilakukan atau menjadi kebiasaan sehari-hari dan kita harus dapat menemukan motivasi untuk melakukan sesuatu atau mencari kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

Dampak Negatif dari Gabut

Merasa bosan atau jenuh merupakan hal yang wajar dan manusiawi, namun jika terus menerus terjadi terdapat berbagai dampak negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh maupun mental. Berikut beberapa dampak negatif dari gabut.

  • Dampak yang pertama dari gabut jangka panjang dapat membuat seseorang merasa kesepian, hal tersebut bisa dikarenakan karena tidak dapat berinteraksi dengan orang secara langsung yang membuat rasa bosan tersebut muncul.
  • Dampak yang kedua dari gabut jangka panjang dapat membuat seseorang merasa malas untuk melakukan aktivitas dan tidak adanya minat untuk melakukan tanggung jawabnya.
  • Dampak yang ketiga dari gabut jangka panjang dapat membuat seseorang merasa rendah diri karena tidak ada hal penting yang dilakukannya. Dia merasa bahwa dirinya tidak berguna dan membuat self-esteem orang tersebut menjadi rendah.
  • Dampak yang keempat dari gabut jangka panjang dapat membuat seseorang mengalami stres berlebih. Hal tersebut bisa dikarenakan seseorang tidak memiliki kegiatan, yang membuat berpikir apa yang harus dilakukan secara terus menerus yang memicu timbulnya stres.
  • Dampak yang kelima dari gabut jangka panjang dapat membuat seseorang depresi, jika orang tersebut stres terus menerus lama kelamaan akan menjadi depresi karena merasa dirinya tidak berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain.

Tips Untuk Mengisi Waktu Luang Ketika Gabut

Berikut beberapa aktivitas yang dapat kamu lakukan sehari-hari untuk mengisi waktu luang atau ketika kamu merasa gabut dan tidak tahu harus melakukan apa.

1. Mendengarkan musik favorit kamu

Salah satu tips untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa gabut adalah dengan mendengarkan musik yang kamu sukai sehingga membuat kamu memiliki semangat untuk melakukan aktivitas sehari-harinya. Dengan memutar musik favorit kamu, mood atau perasaan kamu akan dibangkitkan dan tidak terjebak dalam rasa malas.

2. Membaca buku favorit kamu

Tips kedua yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa gabut adalah dengan membaca buku favorit kamu yang sudah dibeli. Kamu juga bisa melakukannya dengan mendengarkan lagu agar tidak terasa terlalu berat dan dapat lebih berkonsentrasi. Selain itu, dengan membaca buku kamu juga bisa mendapatkan ilmu dan informasi baru serta mengembangkan kreatif dan mendapatkan inspirasi.

3. Mencari motivasi diri

Tips ketiga yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa gabut adalah memotivasi diri untuk melakukan kegiatan. Jika kamu diharuskan untuk melaksanakan tanggung jawab, tuntaskan terlebih dahulu dan ketika ada waktu luang lebih, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti merawat diri atau sekedar jalan keluar dan masih banyak lagi.

4. Melakukan hobi yang kamu sukai

Tips yang keempat yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa gabut adalah dengan meningkatkan kemampuan tentang aktivitas yang memang kamu sukai. Seperti belajar memasak jika kamu memang hobi masak atau makan, belajar menari, belajar berbagai alat musik, dan masih banyak lagi.

Berbagai hal tersebut dapat kamu lakukan dalam mengisi waktu luang, selain hal tersebut merupakan sesuatu yang kamu sukai, kamu juga dapat menjadi lebih produktif.

gramedia back to kampus

5. Mencari atau menciptakan suasana baru di rumah

Tips yang kelima yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu dan menghilangkan rasa gabut adalah menciptakan suasana baru yang ada di rumah, maksud dari ini bisa dalam bentuk mendekor kamar kamu, menata ulang, atau sekedar menghias ruangan untuk menghilangkan kejenuhan kamu,

Di tengah pandemi seperti saat ini, dimana kita terjebak di dalam rumah dengan begitu kita harus dapat memaksimalkan waktu tersebut untuk melakukan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di dalam rumah, seperti mendekor ulang kamar. Kamu dapat membeli berbagai dekorasi melalui e-commerce atau membuat karya sendiri untuk menghias kamar kamu.

6. Membuat konten sosial media

Tips yang keenam yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu dan menghilangkan rasa gabut adalah membuat berbagai konten melalui media sosial kamu. Kamu bisa mencoba berbagai kreasi konten menggunakan platform media sosial kamu seperti Instagram, Tiktok, dan sebagainya.

Selain mengisi waktu luang, kamu juga bisa sambil mengasah kemampuan mengedit foto maupun video sekaligus. Jika kamu tertarik membuat tiktok atau fitur reels yang ada di Instagram, hal tersebut juga bisa mengasah kemampuan public speaking dan berbagai kreatifitas kamu.

7. Mendekatkan diri dengan keluarga

Tips yang ketujuh yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu dan menghilangkan rasa gabut adalah lebih menghabiskan waktu dan momen bersama keluarga untuk mempererat hubungan satu sama lain.

Ketika pada hari biasa, seringkali dalam satu rumah jarang berbicara karena semua orang memiliki kesibukan masing-masing. Dengan mengisi waktu luang untuk lebih menghabiskan waktu bersama keluarga, kamu akan lebih dekat dan membangun hubungan yang lebih baik dengan keluarga kamu. Hal ini bisa dilakukan dengan hanya berbicara, atau mengajak bermain, dan juga masih banyak lagi.

Kesimpulan

Seperti itulah penjelasan mengenai istilah gabut atau gaji buta yang seringkali dilanda oleh setiap orang dan gabut merupakan hal yang wajar. Seringkali dalam keseharian kita dipenuhi dengan kegiatan, jadi ketika tiba-tiba kita diberikan waktu luang, kita jadi bingung harus melakukan apa dan mengisi hari dengan kegiatan apa.

Penjelasan diatas, mengenai pengertian serta berbagai tips untuk mengisi waktu luang mungkin dapat membantu Grameds mencari aktivitas yang tepat untuk mengisi waktu gabut. Seperti yang ada diatas, Grameds juga dapat mengisi waktu luang dengan membaca berbagai buku seperti komik, novel, atau bahkan belajar memasak melalui buku-buku menu yang ada hanya di Gramedia. Grameds bisa mencari buku-buku tersebut hanya di Gramedia yang selalu menjadi #SahabatTanpaBatas untuk menemai hari-hari kamu. Semoga bermanfaat !

Baca juga artikel terkait “Arti Kata Gabut

Penulis : Andrew

novel romantis
Step-By-Step Menjadi Youtuber
Step-By-Step Menjadi Youtuber

tombol beli buku

Isi waktu luangmu dengan belajar menjadi Youtuber, Grameds. Selain mengasyikkan, bisa mendatangkan cuan pastinya.

Doodles Kawaii 4
Doodles Kawaii 4

tombol beli buku

Usir gabutmu dengan kegiatan doodling di buku Kawaii series ini, konon doodling adalah media untuk meredakan stress lho.

#Markibun (Mari Kita Berkebun!)
#Markibun (Mari Kita Berkebun!)

tombol beli buku

Jadilah produktif sambil berkebun untuk mengusir gabutmu. Selain membuat suasana lebih hijau, ternyata berkebun memiliki banyak manfaat untuk pembentukan mental. Kita belajar untuk sabar hingga memiliki pola pikir bertumbuh.

Resep Simple Frida 2
Resep Simple Frida 2

tombol beli buku

Yuk kurangi jajan di luar dengan membuat sendiri penganan yang sedang viral. Selain meningkatkan skill memasak, kamu juga bisa belajar berhemat.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.



logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih