in

Profil Seola WJSN, Member Tertua Dengan Pelatihan Terlama Di Grup

https://wjsn.fandom.com/
Seola WJSN
https://wjsn.fandom.com/

Seola WJSN – Bagi penggemar K-Pop, pasti tahu akan postingan lucu salah satu member grup WJSN yang mana berupa foto dengan tulisan “HABIS BERAK MOHON DISIRAM YANG BERSIH” di akun Instagram pribadinya.

Yap, foto bertulisan peringatan untuk menyiram setelah buang air besar itu diunggah oleh Seola WJSN ketika datang ke Indonesia. Sontak saja, postingan tersebut membuat banyak penggemar terutama dari Indonesia berkomentar dan menganggap hal itu adalah lucu.

Para penggemar Indonesia ini sama sekali tidak mengejek Seola WJSN sebab dirinya memang tengah belajar bahasa Indonesia. Hanya saja, postingan tersebut dianggap Seola sebagai bangunan yang aesthetic dengan tanaman hijau di atas tulisan peringatan tersebut. Sayangnya, postingan tersebut telah dihapus oleh Seola WJSN.

Nama Seola WJSN tentunya tidak menjadi nama yang asing bagi para penggemar K-Pop sebab dirinya juga telah melebarkan karirnya di dunia akting.

Terlebih lagi, Seola WJSN sering dielu-elukan sebagai member WJSN yang paling populer dan mendapatkan banyak sorotan serta pujian akan bakatnya. Itulah mengapa, eksistensi Seola WJSN begitu naik daun hingga detik ini.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir dari seorang Seola WJSN yang juga turut membintangi film horor Goedam 2 pada tahun 2022 lalu bersama dengan sederet idol K-Pop lain? Apa saja fakta-fakta menarik seputar Seola WJSN? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Seola WJSN

Seola WJSN
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Kim Hyeon Jeong
  • Nama Panggung: SeolA
  • Tanggal Lahir: 24 Desember 1994
  • Zodiak: Capricorn
  • Zodiak China: Anjing (Dog)
  • Tinggi Badan: 165 cm (5’41”)
  • Golongan Darah: A
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Korea Art High School, Sejong Cyber University
  • MBTI: INFP
  • Masa Pelatihan: 7 tahun
  • Posisi: Lead Vocalist
  • Sub Unit: WJSN The Black, WJMK, Y Teen
  • Akun Instagram: @seola_s

Perjalanan Karir Seola WJSN

Seola WJSN dibesarkan di sebuah keluarga kecil di Seoul dengan nama asli Kim Hyeon Jeong. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang saudara perempuan. Ibunya merupakan guru piano, sedangkan ayahnya adalah seorang pekerja pabrik.

Saat kelas 3 SD, gurunya pernah meminta Seola untuk bernyanyi dan secara tidak langsung hal tersebut mendorong Seola untuk berlatih akan kemampuan vokalnya.

Alhasil, Seola sering ditunjuk untuk menyanyi di sebuah drama sekolah. Setelah lulus SMP, Seola mendaftar di sebuah sekolah seni pertunjukan supaya dapat fokus belajar menyanyi, rap, menari, dan akting.

Pada tahun 2006, Seola mendapatkan tawaran dari staf Starship Entertainment untuk audisi. Seola pun dengan mantap mengikuti audisi tersebut dan lolos sehingga dirinya pun resmi menjadi trainee.

Pada 2014, Seola lulus dari SMA kemudian memiliki untuk fokus menjadi trainee dibandingkan melanjutkan ke perguruan tinggi. Barulah pada tahun 2017, Seola mendaftar di Sejong Cyber University untuk Departemen Musik, hingga saat ini.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2015: Dipublikasikan Bersama Sub Unit WJSN

Seola WJSN
https://wjsn.fandom.com/

Pada 4 Desember, pihak Starship Entertainment dan Yuehua Entertainment mengumumkan bahwa keduanya hendak mendebutkan sebuah girl group baru berjumlah 12 member dengan nama Cosmic Girls alias WJSN. Rencananya, girl group baru ini akan dibagi menjadi beberapa sub-unit untuk lagu-lagu berbahasa Korea dan Mandarin.

FYI, Yuehua Entertainment adalah sebuah agensi hiburan yang berpusat di Beijing, China. Pada tahun 2014, Yuehua berhasil melebarkan cabangnya di Korea Selatan dan menjalankan kerjasama dengan beberapa agensi, salah satunya Starship Entertainment.

Beberapa artist yang berada di bawah naungan Yuehua Entertainment adalah UNIQ, Wang Yibo, Everglow, TEMPEST, soloist Choi Ye Na, hingga aktor populer Lee Do Hyun.

Melalui kerjasama inilah, dapat dikatakan bahwa jika WJSN tengah melakukan promosi di Korea Selatan, maka mereka berada dibawah naungan Starship Entertainment. Sementara jika WJSN tengah promosi di China, maka akan “bergantian” di bawah naungan Yuehua Entertainment pusat.

Nah, sub unit WJSN pertama yang dipublikasikan adalah Unit Wonder dengan 3 member yakni Dayoung, Bona, dan Cheng Xiao. Sub unit ini diumumkan pada 10 Desember.

Setelah itu, sub unit kedua yakni Unit Joy dipublikasikan pada 17 Desember dengan 3 member yakni Yeoreum, Eunseo, dan Xuan Yi. Lagu pertama dari kedua sub unit tersebut adalah adalah cover “All I Want For Christmas Is You” milik penyanyi Mariah Carey.

Lalu, pada 24 Desember, sub unit ketiga diumumkan dengan 3 member yakni Seola, Exy, dan Soobin. Barulah pada 31 Desember, diumumkan sub unit WJSN yang keempat dengan 3 member yakni Meiqi, Luda, dan Dawon.

2016: WJSN Debut dan Proyek Y-Teen Bersama MONSTA X

Seola WJSN
https://kpopping.com/

Pada 25 Februari, barulah Seola WJSN debut secara resmi bersama grupnya dengan merilis mini album bertajuk Would You Like? dan lagu utamanya berjudul “Mo Mo Mo” serta “Catch Me”. Debut mereka dilakukan di acara musik M Countdown Mnet.

Enam bulan kemudian, tepatnya pada bulan Agustus, beberapa member WJSN didapuk untuk proyek unit “Y-Teen” bersama senior satu label mereka yakni MONSTA X. Adapun beberapa member WJSN yang beruntung tersebut adalah Seola, Exy, Soobin, Eunseo, Cheng Xiao, Yeoreum, dan Dayoung. Proyek Y-Teen ini tidak hanya mempromosikan iklan CF saja, tetapi juga turut merilis MV berjudul “Do Better”.

Selama tahun 2016, Seola WJSN bersama rekan-rekannya pun turut mendapatkan sebuah reality show yang bertajuk Would You Like Girls (My Cosmic Diary) di saluran Mnet. Pada episode terakhir, barulah Yeonjung dinyatakan bergabung dengan WJSN tetapi tidak dapat menjalani aktivitas grup dalam sementara waktu karena dirinya telah masuk line-up debut I.O.I.

Masih di tahun yang sama, Seola bersama WJSN memenangkan penghargaan besar atas debut mereka, yakni Asia Artist Awards untuk kategori Rising Star Award dan Seoul Success Awards untuk kategori Rookie Award.

2017: Debut Sebagai Aktris

Seola WJSN
https://www.soompi.com/

Sama halnya dengan rekan satu grupnya, Bona, Seola pun turut melebarkan karirnya di dunia akting. Awal karir aktingnya dimulai dengan menjadi pemeran pendukung dalam sebuah web drama Naver TV berjudul Good Morning Double-Decker Bus. Karir aktingnya berlanjut hingga tahun 2019 dengan membintangi web drama Naver TV berjudul In-Out Sider.

Pada tahun 2020 pun, Seola WJSN didapuk untuk membintangi film horor besutan Netflix bersama deretan selebriti dan idol K-Pop, berjudul Goedam 2 alias Seoul Ghost Story.

FYI, dalam film horror tersebut, ada cukup banyak idol K-Pop yang terlibat yakni ada Haknyeon THE BOYZ, rekannya satu grup Exy, Arin Oh My Girl, Jaehyun GOLDEN CHILD, Jisoo LOVELYZ, Hoya ex INFINITE hingga Shownu MONSTA X.

2018: Bergabung Dalam Proyek Kolaborasi Antar Agensi

Seola WJSN
https://wjsn.fandom.com/

Pada 2 Mei, lagi-lagi pihak Starship Entertainment melakukan kerjasama dengan agensi lain, tepatnya bersama Fantagio Entertainment untuk membentuk grup khusus.

Grup kolaborasi ini memiliki nama WJMK dengan 4 member yang merupakan gabungan antara member WJSN dan Weki Meki. Keempat member tersebut adalah Yoojung, Doyeon (dari Weki Meki), Seola, dan Luda (dari WJSN). Pada 1 Juni, barulah grup kolaborasi ini merilis MV berjudul “Strong”.

Lalu pada 14 Juni, Seola ditunjuk untuk menyanyikan OST serial drama populer What’s Wrong With Secretary Kim yang berjudul “Love Virus”, bersama Kihyun MONSTA X.

2021: Debut Dalam Sub-Unit The Black

Seola WJSN
https://wjsn.fandom.com/

Pada bulan April, pihak Starship Entertainment mengumumkan bahwa WJSN akan membentuk sub unit kedua bernama The Black dengan 4 member.

Keempat member tersebut adalah Seola, Exy, Bona, dan Eunseo. Sub unit WJSN The Black ini debut pada 12 Mei dengan merilis album single bertajuk My Attitude dan lagunya berjudul “Easy”.

2023: Menjadi DJ Acara Radio

Mulai 4 April ini, Seola WJSN ditunjuk sebagai DJ pada sebuah acara radio KBS Cool Fm bernama Radio’s Station Z.

35 Fakta Menarik Seputar Seola WJSN

Seola WJSN
https://wjsn.fandom.com/
  1. Seola WJSN lahir di Seoul dengan nama asli Kim Hyeong Jeong.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan yang lahir di tahun 1988.
  3. Memelihara 2 ekor anak anjing yang diberi nama Yangdong dan Yangmal.
  4. Di grup WJSN, Seola berposisi sebagai vokalis utama dan turut bergabung dalam sub unit WJSN The Black.
  5. Saat ini, Seola WJSN masih menempuh pendidikan di Sejong Cyber University pada Departemen Musik.
  6. Dari seluruh member WJSN, Seola adalah member tertua. Namun meskipun demikian, Seola sering diejek oleh para member WJSN yang lebih muda.
  7. Seola pernah menjadi trainee di Medialine Entertainment bersama dengan rekan satu grupnya, Exy.
  8. Jika ditotal, maka masa pelatihannya dalam 2 agensi yakni Medialine Entertainment dan Starship adalah 10 tahun.
  9. Saking lamanya masa traineenya, Seola pun turut menjadi saksi debutnya grup senior mereka di Starship Entertainment yakni SISTAR.
  10. Sebelum debut menjadi member WJSN, Seola pernah tampil di beberapa iklan yaitu Nintendo Wii dan Lotte Pepero.
  11. Seola WJSN berkali-kali muncul di MV maupun penampilan panggung dari para seniornya di Starship Entertainment. Mulai dari BOYFRIEND, Mad Clown, hingga Junggigo.
  12. Bersama Bona, Seola kerap dielu-elukan menjadi member visual sekaligus center grup WJSN.
  13. Saat WJSN tampil dengan lagu “Love Shot” milik EXO, fancam milik Seola viral di internet dan telah ditonton sebanyak 9 juta kali.
  14. Para penggemar sering menganggap bahwa wajah Seola WJSN begitu mirip dengan Jungwoo NCT, aktris Lee Bo Young, dan Min Hyo Rin.
  15. Pada tahun 2017, Seola turut melebarkan karirnya di dunia akting dengan tampil di beberapa web drama.
  16. Pada 2018, Seola WJSN berpartisipasi dalam acara King of Masked Singer episode 174.
  17. Menurutnya, cara untuk menghilangkan stress ada dengan berbicara kepada ibunya lewat telepon.
  18. Seola WJSN sangat suka makan roti, tetapi tidak suka dengan es krim rasa mint-choco.
  19. Menurut member WJSN lainnya, Seola menjadi member yang memiliki kemampuan masak terburuk.
  20. Pada 2017, media pernah ramai menyoti beberapa member WJSN yang menangis saat diharuskan melakukan photoshoot di dalam air. Salah satunya adalah Seola karena dirinya memiliki fobia air.
  21. Dari sekian banyaknya member WJSN, Seola paling akrab dengan Soobin dan Eunseo karena memiliki selera humor yang sama.
  22. Saat masih menjadi trainee di Starship Entertainment, Seola bekerja paruh waktu di sebuah kafe bersama beberapa rekannya seperti Bona, Soobin, dan Exy.
  23. Seola memiliki kebiasaan mengedipkan matanya saat naik di atas panggung.
  24. Pada KCON 2017 di Australia, Seola berkesempatan duet bersama Chanyeol EXO. Sementara pada tahun 2018 di Jepang, bersama Hongseok PENTAGON.
  25. Seola WJSN sangat tidak suka berolahraga dan juga buruk dalam hal olahraga.
  26. Saat musim panas tiba, Seola WJSN akan langsung mengoleskan lidah buaya di wajahnya.
  27. Pada 1 Februari 2019, Seola WJSN sempat menjadi MC spesial untuk acara musik ‘Music Bank’ KBS menggantikan Kei Lovelyz.
  28. Seola mengaku bahwa saat SMA, dirinya sempat menjadi bagian dari tim cheerleader.
  29. Seola masuk dalam proyek kolaborasi WJSN, Momoland, dan Pristin, yakni Woo-Mo-Peu.
  30. Sebelum menggunakan nama panggungnya saat ini, Seola sempat memikirkan nama “Jumin” dan “Seolha”.
  31. Seola memiliki hari ulang tahun yang sama dengan Seungwoo VICTON dan E-Tion ONF.
  32. Sempat tampil di iklan ‘Just Dance’ bersama Nayeon dan Jeongyeon TWICE.
  33. Seola bersama seniornya satu agensi yakni Kihyun MONSTA X, ditunjuk untuk menyanyikan lagu OST serial drama What’s Wrong With Secretary Kim dengan judul “Love Virus”.
  34. Rekor tidur terlamanya adalah selama 10 jam.
  35. Berhubung masa pelatihannya lama, maka dirinya pun juga pernah masuk dalam tim pra-debut VIVA GIRLS. Para member VIVA GIRLS ini sekarang sudah debut di grup lainnya, yakni bersama rekannya Exy, Lime HELLOVENUS, Kyungri NINE MUSES, dan Woohee DALSHABET.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Seola WJSN. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jika Grameds sedang mencari buku-buku yang berkaitan dengan K-pop atau drakor, maka bisa mendapatkannya di gramedia.comGrameds juga bisa melihat beberapa rekomendasi buku terkait di bawah ini.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. K-Pop Idol (Unofficial Book)

Buku K-Pop Idol (Unofficial Book) karya Danas dan Pey yang diterbitkan oleh Romancious pada tahun 2018 ini bukan untuk mengajak pembaca membandingkan prestasi para idol. Buku ini untuk menunjukkan ke pembaca bahwa setiap idol sukses dengan perjuangan masing-masing. Dari setiap prestasi yang telah mereka capai harus kita hargai. Pembaca juga akan tahu cerita-cerita inspiratif para idol, dukungan dari orang-orang terdekat mereka, interaksi-interaksi manis, hingga pengalaman mistis yang pernah mereka alami.

Profil idol yang diangkat dalam buku adalah idol-idol yang memiliki fandom (kelompok penggemar) yang loyal. Selain berisi informasi umum dari masing-masing idol, terdapat konten fun fact terbaru dari beberapa idol. Buku ini diperuntukkan bagi para penggemar Kpop di Indonesia agar bisa semakin mengenal para idol favorit mereka dan mempelajari perjuangan para idol lainnya.

2. K-Pop Fever

Teruntuk kita, para penggemar yang selalu mendukung idola. Jangan pernah mendukung dengan cara yang salah, apalagi dengan menjatuhkan idola lainnya. Jangan terlalu sibuk mencari kesalahan idola lainnya, hingga lupa bahwa semua idola berhak bahagia. Ya, semua idola, bukan hanya idola kamu saja.

So, Guys, jangan suka ikut fanwar ya. Apalagi mancing-mancing fanwar. Nanti bias-bias kita sedih. Gak percaya? Kamu bisa baca interaksi manis para idol di buku ini. Plus, kamu bisa tahu cerita-cerita para idol, dari yang inspiratif sampai yang lucu. Jangan takut bosan ketika membacanya, karena buku ini full colour, lho! Pokoknya, paket komplit untuk kita yang sedang demam K-pop!

3. K-Pop Famous

K-POP Famous merupakan sebuah book magazine yang berisi profil lengkap setiap member dari EXO, BTS, BLACKPINK, dan iKON. Buku ini sangat menyegarkan karena didominasi oleh foto-foto setiap member. Ditambah lagi, bonus di dalam buku yang bisa menambah koleksi, yaitu photocard, poster, dan kalender 2019.

EXO adalah sebuah grup vokal pria Korea Selatan-Tiongkok yang berbasis di Seoul. Grup ini beranggotakan sembilan orang: Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun, Xiumin, Lay, dan Chen. Grup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2011 dan debut pada tahun 2012.

BTS atau Bangtan Boys adalah grup vokal pria asal Korea Selatan. Grup ini beranggotakan tujuh orang, antara lain RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin, yang dikelola oleh Big Hit Music

Blackpink adalah grup vokal wanita asal Korea Selatan. Blackpink dibentuk oleh YG Entertainment dengan beranggotakan empat orang, diantaranya Jennie, Jisoo, Lisa, dan Rosé. iKON adalah grup idola pria asal korea selatan yang dibentuk pada tahun 2015 oleh YG Entertainment dan beranggotakan enam orang.

Penasaran dengan keempat grup ini? Yuk baca buku selengkapnya di buku ini yang akan memberikan Anda informasi lebih lengkap tentang K-POP Famous. Selamat membaca!

4. WHY? K-POP

K-Pop terbukti berhasil bertahan lama di dunia hiburan dan dicintai KPopers seluruh dunia, sebutan mereka yang menyukai K-Pop. Genre musik yang berasal dari Korea Selatan ini muncul dan memukau dunia dengan style, performa, serta lagu yang unik. Namun tahukah kamu, di balik performa idol K-Pop, ada banyak keringat, kerja keras, serta pengalaman jatuh bangun yang tidak banyak diketahui orang. Mau tahu bagaimana perjuangan mereka, sehingga bisa terkenal sampai sekarang ini?

K-POP semakin mengguncang dunia! Tak dapat dipungkiri lagi, pesona K-Pop telah menyebar ke berbagai pelosok dunia. Sebenarnya pesona apa yang membuat seluruh dunia bergelora karena K-Pop? Seperti apa awal mula K-Pop dan bagaimana perkembangannya hingga dapat merebut hati orang-orang di seluruh dunia? Di sinilah kalian akan menemukan jawabannya! Bersama Omji dan Komji yang gigih berjuang agar dapat menjadi idola K-Pop, kita akan dibawa untuk menelusuri K-Pop dari A sampai Z!

5. KPopers? So What?

Tak dapat dipungkiri bahwa sekarang K-Popers sudah mendunia. Banyak sekali orang di seluruh dunia ini yang menyukai K-Pop dan mengikuti tren Korean Wave, mulai dari musik, boy atau girl group, hingga cara berpakaian. Bahkan ada satu hobi yang terkenal di kalangan K-Popers, yaitu dance cover yang banyak digandrungi anak-anak muda. Namun, dibalik besarnya K-Popers ini, mereka selalu dicap sebagai orang-orang yang fanatik, dan tidak ada manfaatnya, tapi ternyata stereotip tersebut salah.

Semua stereotip tentang K-Popers dipatahkan dalam buku yang satu ini, dimana di dalamnya berisi kisah-kisah keseruan dari orang-orang yang tentunya adalah K-Popers, dan menjadi sukses karena hobinya itu. Menjadi seorang K-Popers tidak selalu berarti buruk, sejatinya, menjadi seorang K-Popers juga dapat membuka jalan kesuksesan.

Contohnya seperti para pecinta K-Pop yang mengikuti lomba-lomba dance cover dari artis idola mereka, dan mendapatkan penghargaan, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang penyuka K-Pop, dan semuanya dikemas dalam buku menginspirasi yang satu ini.

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Seola_(singer)

Seola (WJSN) Profile

https://kpopping.com/profiles/idol/Seola

https://wjsn.fandom.com/wiki/SeolA

https://en.kepoper.com/

https://kpopwiki.org/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.