in

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Arab Best Seller Terbaik

unsplash.com

Rekomendasi Kamus Bahasa Arab – Tahukah Grameds? Bahasa Arab adalah salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia, lho. Berdasarkan databooks, bahasa Arab menduduki urutan kelima setelah bahasa Spanyol, Hindi, Mandarin Tiongkok, dan Inggris. Ada sekitar 274 juta orang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa mereka sehari-hari dalam berkomunikasi.

Artikel kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi buku kamus bahasa Arab yang penting untuk kamu miliki saat belajar bahasa Arab. Sebab, untuk menguasai sebuah bahasa, tentu Grameds perlu banyak belajar. Terutama terkait kosakata dasar yang biasa digunakan sehari-hari untuk berkomunikasi.

Agar bisa menguasai suatu bahasa, diperlukan ketelatenan dan ketekunan saat belajar. Sama seperti belajar bahasa asing lainnya, kunci agar bisa menguasai bahasa Arab adalah dengan mempraktikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Rekomendasi buku kamus bahasa Arab terbaik yang diberikan kali ini akan menjadi kunci agar Grameds bisa cepat menguasai kosakata bahasa Arab.

Rekomendasi buku kamus bahasa Arab yang terbaik untuk pemula sangatlah dibutuhkan untuk menghafal kosakata, bisa juga digunakan saat Grameds akan mengunjungi negara Arab. Apalagi jika buku kamus Bahasa Arab dilengkapi dengan artinya.

Tentunya menghafal kosakata menjadi modal utama dalam mempelajari bahasa Arab. Meski saat ini sudah ada fitur translate di situs Google.com, tetapi tingkat akurasinya masih sangat kurang. Sehingga, rekomendasi kamus bahasa Arab sangat diperlukan, karena menjadi salah satu media pembelajaran bahasa Arab, serta dapat menjadi rujukan yang memuat kata atau ungkapan.

Biasanya kamus-kamus besar ini disusun berdasarkan alfabet. Jadi, saat Grameds ingin mencari suatu kata atau ungkapan yang belum diketahui, langsung buka saja huruf pertama dari kata yang kita cari.

Mencari rekomendasi buku kamus bahasa Arab terbaik untuk pemula menjadi langkah yang tepat, sebab bahasa Arab menggunakan alfabet yang benar-benar baru dan berbeda. Hampir tidak ada kosakata yang sama antara bahasa Arab dengan bahasa berbasis Latin. Setiap kata yang dipelajari adalah kata yang baru.

Kamus menjadi referensi yang wajib dimiliki oleh siapapun yang sedang mempelajari suatu bahasa tertentu. Dengan kamus, kita bisa mengetahui padanan kata asing dalam bahasa. Hal ini tentunya bisa memudahkan kita dalam memahami bahasa tersebut.

Manfaat Mempelajari Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan salah satu warisan yang sudah diakui secara global sejak ribuan tahun. Sejak abad pertengahan, perkembangan budaya dan pengetahuan para cendikiawan Arab membawa pengaruh besar bagi dunia. Bahasa Arab juga dikenal sebagai bahasa yang digunakan di dalam kitab suci agama Islam, yaitu Al-Quran. Oleh karena itu, bahasa ini dianjurkan untuk dipelajari oleh umat muslim.

Dengan mempelajari bahasa Arab, diharapkan bisa membantu umat muslim untuk memahami dan mampu menafsirkan ayat-ayat al-quran dengan baik dan benar.

Jadi, bahasa Arab memiliki peranan penting dalam membuka peluang secara internasional. Jika kamu seseorang yang hendak berwisata, beribadah, berbisnis, ataupun bekerja di daerah Timur Tengah, penguasaan dalam bahasa Arab pastinya memudahkan kamu. Makanya, mendapatkan rekomendasi buku kamus bahasa Arab yang tepat sesuai dengan kebutuhan menjadi sangat penting.

Ragam Bahasa Arab

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Arab
Pexels.com

Bagi pemula, mempelajari bahasa Arab mungkin bisa menyebabkan kebingungan. Karena, bahasa Arab memiliki ragam bahasa yang banyak. Ada tiga ragam bahasa utama dalam bahasa Arab, yaitu bahasa Arab klasik, modern, dan dialek. Seperti apa perbedaan ketiganya?

1. Bahasa Arab Klasik (The Classical Arab of the Quran)

Untuk kebanyakan orang, bahasa Arab klasik dianggap sebagai bentuk bahasa Arab yang paling sempurna. Ada beberapa orang yang meyakini bahwa ragam bahasa ini adalah satu-satunya bahasa Arab yang sesungguhnya. Hal itu karena bahasa Arab klasik adalah bahasa yang memang digunakan di dalam Al-Quran.

2. Bahasa Arab Modern (Modern Standart Arabic)

Bahasa Arab modern adalah sebuah bentuk bahasa Arab yang digunakan sebagai bahasa Arab yang resmi saat ini. Ragam bahasa ini merupakan bentuk modern dari sastra Arab. Bahasa Arab modern ini berlandaskan pada bahasa klasik dengan beberapa adaptasi dan kosakata yang lebih diperlukan. Hal tersebut dilakukan agar bahasa tersebut lebih sesuai dengan zaman yang semakin modern. Ragam bahasa ini biasanya digunakan di dalam buku, media, pendidikan, dan situasi formal lainnya.

3. Bahasa Arab Dialek

Dalam percakapan sehari-hari, penutur bahasa Arab berbicara menggunakan dialeknya masing-masing yang dikenal dengan sebutan “Amiya”. Bahasa Arab dengan dialek ini tergantung dengan negaranya, bisa sangat berbeda-beda. Bahkan, setiap wilayah juga bisa memiliki dialek yang berbeda meskipun berada dalam negara yang sama. Kalau kamu ingin berbicara seperti penutur asli, tidak ada salahnya untuk mencoba mempelajari ragam bahasa ini.

Tips Belajar Bahasa Arab untuk Pemula

1. Mulai dengan Dasar-Dasarnya

Kamu bisa memulainya dengan mempelajari dasar-dasarnya. Seperti halnya mempelajari bahasa Indonesia, mulailah mempelajari huruf-huruf, lalu bentuk kalimat. Tidak lupa juga mempelajari tentang tata bahasa yang tepat.

2. Menentukan Bentuk Bahasa

Ada banyak jenis bahasa Arab, untuk itu tentukan terlebih dahulu bentuk bahasa Arab yang ingin dipelajari. Ada berbagai aksen dan variasi pengucapannya. Jika ingin pergi ke suatu wilayah di negara Arab, kamu sebaiknya memilih variasi yang berkaitan dengan wilayah tersebut.

3. Berlatih

Langkah penting dalam mempelajari bahasa apapun adalah dengan berlatih. Cara terbaik untuk mempelajari suatu kata baru adalah dengan melihat, mendengar, menulis, serta mengucapkannya. Bagi pemula, salah satu cara mudahnya bisa dengan cara menonton acara ddengan menggunakan bahasanya. Biasanya, kosakatanya lebih sederhana, sehingga membantu untuk belajar untuk segala usia.

4. Berbicara dengan Bahasanya

Agar bisa fasih dalam berbahasa Arab, mendengarkan saja tidaklah cukup. Penting bagi kamu untuk mencoba berkomunikasi secara aktif dengan orang lain menggunakan bahasa Arab

5. Belajar Menggunakan Rekomendasi Kamus Bahasa Arab

Belajar menggunakan kamus tidaklah semudah kedengarannya. Menggunakan kamus juga dibutuhkan latihan, semakin sering mempelajarinya, akan semakin baik. Penting juga untuk mendapatkan rekomendasi buku kamus bahasa Arab terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.

Cara Memilih Rekomendasi Kamus Bahasa Arab

Menggunakan kamus bisa membantu kamu mengetahui arti dari suatu kata dan memperkaya kosakatamu. Oleh karena itu, rekomendasi buku kamus bahasa Arab yang terbaik untuk pemula sangatlah penting. Bagaimana cara tepat memilih kamus bahasa Arab terbaik?

1. Tentukan terlebih dahulu rekomendasi kamus bahasa arab yang dibutuhkan

Supaya sesuai dengan kebutuhanmu, sebaiknya kamu memilih kamus bahasa Arab berdasarkan pada jenis yang kamu butuhkan. Terdapat tiga jenis kamus bahasa Arab yang bisa menjadi rekomendasi buku kamus bahasa Arab terbaik yang popular di pasaran, yaitu kamus umum, kamus khusus, dan kamus anak. Supaya kamu tidak salah pilih, simak perbedaannya berikut ini!

a. Kamus umum: memuat daftar kosakata umum yang cocok untuk dipelajari semua kalangan

Kamus umum bisa digunakan oleh berbagai kalangan yang ingin mempelajari bahasa Arab, seperti pelajar, mahasiswa, hingga pebisnis. Untuk menunjang pembelajaran, biasanya kamus umum disertai dengan contoh percakapan, sinonim, antonim, idiom, juga panduan penggunaan katanya.

Sesuai dengan namanya, materi yang ada di dalam kamus ini juga sangat luas dan beragam. Kamu bisa menemukan kamus besar yang memiliki daftar kosakata lengkap ataupun kamus saku yang praktis untuk sehari-hari. Rekomendasi buku kamus bahasa Arab umum ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menguasai kata bahasa Arab sehari-hari.

b. Kamus khusus: memuat materi dan kosakata yang spesifik

Kamus khusus biasanya banyak digunakan untuk menunjang penggunaan kosakata sebuah profesi atau industri tertentu. Kamus khusus biasanya terdiri dari daftar kosakata yang lebih spesifik, seperti terkait bidang kesehatan, ekonomi, hingga politik.

Karena tiap bidang memiliki perbendaharaan kata tertentu yang biasanya jarang diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Dengan kamus khusus, kamu bisa menemukan terjemahan kosakata khusus yang mungkin saja tidak tersedia di kamus biasa.

c. Kamus anak: berisi materi yang lebih ringan, menarik, dan mudah dimengerti

Kamus untuk anak biasanya dibuat dengan desain yang warna-warni atau colorfull untuk menarik minat baca dan belajar mereka. Secara materi pembahasan, cenderung lebih ringan dan disusun agar mudah dimengerti oleh anak-anak. Biasanya kamus anak dilengkapi dengan ilustrasi untuk meningkatkan imajinasi anak dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Kamus anak ini bisa jadi rekomendasi kamus bahasa Arab terbaik bagi orangtua yang ingin menghadiahkan anaknya.

2. Pertimbangkan rekomendasi kamus bahasa arab yang dilengkapi pengenalan huruf Arab

Setelah menentukan jenis kamus yang akan dipilih, selanjutnya penting untuk mempertimbangkan pengenalan hurufnya. Kalau bahasa Indonesia atau bahasa Inggris menggunakan alfabet, berbeda dengan bahasa Arab. Bahasa Arab tidak menggunakan alfabet. Bahasa Arab ditulis dengan huruf hijaiyah yang terdiri dari 30 karakter. Aturan dalam menggunakan huruf ini pun berbeda dari alfabet. Misalnya, penulisan pada huruf hijaiyah ditulis dari kanan ke kiri.

Kamus yang dilengkapi dengan huruf hijaiyah juga dapat memperlancar bacaan kamu. Makanya, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk memilih rekomendasi kamus bahasa Arab yang sudah dilengkapi dengan huruf hijaiyah. Jangan lupa, untuk pastikan kalua kamus bahasa Arabnya lengkap dengan harakat atau tanda baca supaya memudahkan kamu saat membacanya.

3. Pilihlah berdasarkan bahasa terjemahannya

Selanjutnya yang tidak kalah penting dalam memilih rekomendasi kamus Bahasa Arab adalah bahasa terjemahannya. Kamus bahasa Arab yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia paling mudah digunakan. Tapi, ada juga kamus bahasa Arab yang menggunakan bahasa Inggris sebagai terjemahannya. Bahkan, tidak jarang kamus bahasa Arab dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Jadi, tidak hanya mempelajari bahasa Arab, dengan kamus itu kamu bisa sekaligus memperlancar bahasa Inggris.

Rekomendasi Kamus Bahasa Arab yang Bisa Membantumu Belajar Bahasa Arab dengan Cepat

Nah Grameds, berikut ini beberapa rekomendasi buku kamus bahasa Arab terbaik yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa Arab sebagai pemula.

1. Jago Kuasai Bahasa Arab

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Arab

Mempelajari bahasa Arab akan menjadi lebih menyenangkan dengan buku Jago Kuasai Bahasa Arab ini. Buku Jago Kuasai Bahasa Arab dibuat dengan model yang berbeda dengan buku-buku lainnya. Kata-kata yang terdapat dalam buku ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai latar belakang wilayah.

Kamu bisa mempelajari beragam kosakata yang digunakan di rumah, sekolah, hingga jalan. Jadi, buku ini cocok untuk berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa, ataupun guide Arab. Materi yang ada di dalam buku ini mencakup tata bahasa dengan percakapan yang lengkap sehari-hari disertai dengan banyaknya kosakata yang bisa dihafalkan. Sehingga kamus bahasa Arab ini sangat tepat dijadikan rekomendasi kamus bahasa Arab untuk pemula.

2. Panduan Lengkap Belajar Bahasa Arab Ilmu Sharaf

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Arab

Belajar bahasa Arab menjadi semakin mudah dengan buku Panduan Lengkap Belajar Bahasa Arab Ilmu Sharaf. Buku ini disusun secara sistematis dan bisa dipelajari secara otodidak. Buku ini bisa menjadi rekomendasi kamus bahasa Arab terbaik untuk menjadi referensi pustaka bagi para pelajar, mahasiswa, dosen, dan profesional yang ingin mempelajari bahasa Arab secara mendalam.

Buku ini juga merupakan ringkasan dari kaidah-kaidah tata bahasa Arab yang disajikan secara praktis dan mudah dipelajari disertai dengan penjelasan mengenai setiap persoalan melalui sebuah contoh.

3. Kamus Bahasa Arab Lengkap & Akurat

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Arab

Kamus Bahasa Arab Lengkap & Akurat disusun berdasarkan pada kebutuhan pelajar pada sebuah kamus yang dapat dibawa kemana saja. Kata di dalamnya juga pas dengan kebutuhan dan lengkap dengan pelafalannya yang didasarkan pada intensitas penggunaan kata tersebut oleh para pelajar.

Kamus ini juga dilengkapi dengan cara penggunaan kamus, idiom bahasa, kosakata tematik, serta peribahasa dalam bahasa Arab. Tidak hanya itu, terdapat juga percakapan bahasa Arab sehari-hari yang akan memudahkan kamu dalam belajar bahasa Arab. Dengan kelengkapan di dalamnya, buku ini menjadi rekomendasi buku kamus bahasa Arab terbaik bagi pemula.

4. Kamus Bergambar Bahasa Arab Sehari-Hari Untuk Anak Muslim

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Arab

Agar makin fasih dalam memahami bahasa Arab, kamus bahasa Arab ini cocok untuk mengajari anak sedini mungkin bahasa Arab. Kamu ini dilengkapi dengan ilustrasi penuh warna yang menarik, sehingga bisa membantu meningkatkan minat belajar anak dalam mendalami bahasa Arab.

5. Smart Master Kamus Poket Arab (Indonesia-Arab, Arab-Indonesia)

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Arab

Tidak hanya berisi kosakata dan idiom, kamus ini dilengkapi dengan materi antonim dan sinonim. Mempelajari antonim dan sinonim bisa membuat bahasa Arab kamu terdengar lebih luwes, karena penggunaan kosakatanya menjadi lebih bervariasi. Kamus ini juga berisi beberapa doa-doa muslim sehari-hari, hingga doa umroh dan haji. Nah, kamus ini cocok sekali untuk dijadikan pegangan saat beribadah ke tanah suci.

6. Grand Pocket Kamus Tiga Bahasa: Arab Indonesia Inggris

Rekomendasi Buku Kamus Bahasa Arab

Ketika mempelajari bahasa Asing, kamu sebaiknya memanfaatkan berbagai macam media. Nah, kamu trilingual ini menyediakan aplikasi tambahan yang bisa kamu unduh khusus untuk bahasa Arab secara mandiri. Kamus ini memuat ragam kosakata serapan baru dati tiga bahasa (Arab, Indonesia, Inggris). Kamus ini juga mengompilasi puluhan ribu kosakata yang paling sering dibutuhkan dalam pembelajaran dan percakapan yang biasa digunakan sehari-hari. Tidak hanya itu, ragam pribahasa dalam bahasa Arab beserta arti dan maknanya juga ada di dalamnya.

Kamus bahasa Arab ini juga dilengkapi dengan e-book yang berisi doa dan selawat. Kamu bisa mengaksesnya kapan dan di mana saja melalui ponsel. Kamus ini bisa menjadi rekomendasi kamus bahasa Arab yang cocok untuk kamu yang suka bepergian. Jadi, bisa tetap belajar bahasa Arab tanpa membawa kamus.

Nah Grameds, itulah beberapa rekomendasi buku kamus bahasa Arab terbaik yang sangat cocok untuk kamu gunakan untuk memulai #LebihDenganMembaca dan belajar bahasa Arab. Ada banyak pilihan buku kamusnya ya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu #SahabatTanpaBatas dalam mempelajari bahasa Arab. Beragam jenis kamus bahasa Arab ini bisa kamu dapatkan di www.gramedia.com.

Penulis: Nurul Ismi Humairoh

BACA JUGA:

  1. Buku Belajar Bahasa Arab Mudah untuk Pemula Best Seller
  2. Best Seller Buku Kamus Bahasa Inggris Indonesia 
  3. Daftar Buku Kamus Bahasa Korea Best Seller 2022 di Gramedia
  4. Buku Kamus Bahasa Jepang Best Seller
  5. Tips Baca Buku Bahasa Inggris dan 6 Rekomendasi Bukunya
  6. Buku Belajar Bahasa Jepang Mudah dan Cepat Best Seller
  7. Rekomendasi Buku Grammar Bahasa Inggris Terbaru 2022
  8. Buku Belajar Bahasa Korea Best Seller

Written by Ananda