in

Tips Mempersiapkan Dana untuk Pernikahan

Pexels.com

Salah satu hal penting yang perlu disiapkan ketika merencanakan pernikahan impian adalah dana pernikahan. Akan tetapi, mempersiapkan dana untuk pernikahan tidak semudah itu.

Agar pernikahan impian tetap bisa terwujud, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mempersiapkan dana. Berikut Gramedia Digital berikan beberapa tips dalam mempersiapkan dana ketika ingin menikah. Simak sampai akhir, ya!

Tips Mempersiapkan Dana untuk Pernikahan

tips-menyusun-dana-pernikahan
sumber: Pexels.com

1. Tentukan Siapa Saja yang Berkontribusi

Sebelum membuat tabungan untuk persiapan pernikahan, ada baiknya menentukan siapa saja yang berkontribusi dalam hal pemasukan keuangan. Pernikahan adalah momen ketika tidak hanya kedua insan bersatu tetapi juga kedua keluarga pasangan.

Dalam merencanakan pernikahan tentunya kita akan melibatkan pula pihak keluarga dalam beberapa aspek seperti tanggal pernikahan, tamu undangan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kita menanyakan kepada keluarga khususnya kedua orangtua apakah mereka keberatan untuk berkontribusi atau tidak.

2. Perkirakan Angka Bujet

Setelah mengetahui jumlah kontribusi yang didapat, saatnya menentukan jumlah yang bisa dikumpulkan bersama pasangan. Caranya, kurangi jumlah pemasukan dengan jumlah pengeluaran untuk keperluan pribadi dan tabungan untuk hal-hal tidak terduga tiap bulannya.

Sisanya adalah jumlah yang bisa ditabung untuk biaya pernikahan. Angka ini juga yang akan membantumu untuk menentukan bujet pernikahan jika dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu.

3. Rencanakan Jumlah Tamu Undangan

Sebelum menentukan gedung, katering atau suvenir, kita harus menentukan terlebih dahulu perkiraan jumlah tamu yang akan diundang. Perlu diingat untuk mengalikan dua jumlah tamu yang diundang dan mempertimbangkan faktor ketidakhadiran sebanyak 10%. Perincintan keperluan dana pernikahannya seperti berikut:

Contoh perhitungannya sebagai berikut,

Total tamu undangan: 500 x 2 = 1.000

Faktor ketidakhadiran: 10% x 1.000 = 900

Jadi, perkiraan total jumlah undangan yang datang adalah 900 orang.

4. Pemangkasan Biaya

Dalam menyusun bujet pernikahan, tak ada salahnya untuk menentukan prioritas dan memangkas biaya. Sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan aspek mana yang akan menjadi prioritas.

Misalnya, dari segi menu dan jumlah tamu, upacara adat, baju pernikahan dan sebagainya. Jika sudah menentukan prioritas, akan mempermudah kita untuk memangkas biaya aspek lainnya.

5. Hitung dengan Teliti

Terakhir, saatnya untuk menghitung bujet yang diperlukan untuk mewujudkan pernikahan impian. Buat tabel hitungan agar bisa menentukan angka pemasukan dan alokasi belanja yang perlu dibayarkan.

Selain itu, lakukan penyesuaian bujet yang dimiliki dengan vendor-vendor yang diinginkan. Jika vendor yang diinginkan tidak sesuai dengan bujet yang dimiliki, kita harus berbesar hati dan mencari vendor lain yang sesuai.

Baca juga : Kado Untuk Sahabat


Itu dia Grameds beberapa tips yang perlu dilakukan ketika mempersiapkan dana pernikahan. Tentunya, masih banyak hal yang juga perlu diperhatikan dalam merencanakan pernikahan seperti mental dan keluarga.

Buku The Ultimate Wedding Guide merupakan buku yang pas untuk dibaca kalian yang sedang atau ingin merencanakan pernikahan. Buku ini memaparkan secara lebih lengkap dan jelas tentang segala sesuatu yang perlu diketahui agar pernikahan impian dapat terwujud.

Buku ini akan membantu kalian dalam mengenal pasangan lebih jauh, mengenal karakteristik keluarga pasangan lebih baik, mempersiapkan keuangan yang dibutuhkan untuk mewujudkan pernikahan impian serta detail-detail pernikahan yang dibutuhkan. Tak perlu khawatir, kalian bisa dapatkan buku ini di Gramedia Digital!

the
Beli e-books The Ultimate Wedding Guide di sini

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Melania L Anindya