in

Mengenal 4 Pemain Descendants of the Sun dan Profil Kru Produksi-Nya!

Soompi

Pemain Descendants of the Sun – Descendants of the Sun merupakan serial drama pertelevisian Korea Selatan yang hadir pada 2016, diperankan oleh Song Joong-ki, Song Hye-kyo, Jin Goo, dan Kim Ji-won. Stasiun siarannya, KBS, lantas menayangkan tiga episode spesial sebagai tambahan sejak 20-22 April 2016, berisikan sorotan adegan terbaik dari serial tersebut.

Baik di Korea Selatan ataupun secara global, serial ini menjadi hit besar dan menarik pangsa pemirsa dengan puncak mencapai 38,8 persen. Beberapa penghargaan diterima, seperti Grand Prize di Baeksang Arts Awards ke-52, serta dinobatkan sebagai Pertunjukkan Paling Populer oleh Korea Broadcasting Advertising Corporation.

Serial ini menjadi hit besar di Korea Selatan di mana ia menarik pangsa pemirsa puncak sebesar 38,8%. Ia menerima beberapa penghargaan, seperti memenangkan Grand Prize di televisi di Baeksang Arts Awards ke- 52 ; dan dinobatkan sebagai Pertunjukan Paling Populer tahun ini oleh Korea Broadcasting Advertising Corporation.

Drama yang satu ini disiarkan di seluruh Asia karena sangat populer, dan telah menimbulkan peningkatan sektor pariwisata ke Korea. Bahkan, terdapat adaptasi lokal yang ditayangkan di Vietnam, dan rencana di China dan Filipina.

Profil dan Peran Pemain Utama Descendants of the Sun

Pemain Descendants of the Sun
Liputan6

Dengan ketenaran luar biasa tersebut, tentunya kita jadi ingin tahu tentang para pemeran dan kabar terbaru mereka, bukan? Berikut daftar pemain drama Descendants of the Sun asal Korea Selatan:

1. Song Joong Ki sebagai Kapten Yoo Shi-jin dari Tim Alpha (alias Big Boss)

Dukungan Fans untuk Song Joong Ki Pasca Umumkan Perceraian - ShowBiz  Liputan6.com
Liputan6.com

Song Joong-ki mengisi peran sebagai kapten dan pemimpin dari Tim Alpha, yakni tim pasukan khusus elit dari Batalyon Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan, Yoo Shi-jin. Pria ini dikisahkan mengikuti jejak Sersan Mayor yang telah pensiun, ayahnya, ke bidang militer dan lulus dari Akademi Militer Korea di atas kelasnya.

Shi-jin tak terlalu peduli dengan politik perang dan percaya bahwa membela dan melindungi mereka yang membutuhkan bantuan akan membuat negara dan kehormatan anak buahnya, bahkan jika itu artinya harus mempertanyakan perintah dari atasan. Pendekatan karakter ini ringan terhadap kehidupan dan selera humornya cerdas, membuatnya populer di antara bawahannya atau antartim.

Meski begitu, karakter utama perempuan, Mo-yeon (diperankan oleh Song Hye-kyo), menyadari bahwa itu hanyalah cara sang kapten untuk mengalihkan pertanyaan terkait pekerjaan dan mengatasi rasa sakit karena kehilangan rekan.

Melansir Fresherslive, Song Joong-ki memang terkenal sebagai salah satu pemeran drama sejarah Sungkyunkwan Scandal (2010) dan variety show Running Man (2010-2011). Pada 2012 dan 2017, ia dinobatkan sebagai Aktor Televisi Terbaik Gallup Korea.

Tak hanya itu, ia bahkan masuk ke dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity untuk pertama kalinya pada 2013 di peringkat ketujuh, lalu menjadi peringkat kedua pada 2017, dan kembali ke peringkat ketujuh pada 2018.

2. Song Hye Kyo sebagai Profesor Kang Mo-yeon

Song Hye-kyo sebagai Dokter Kang Mo-yeon (aka Beauty) | Song hye kyo, Sun  song, Korean drama songs
pinterest.com

Kang Mo-yeon merupakan ahli bedah kardiotoraks yang bekerja di Rumah Sakit Haesung. Karakter yang diperankan oleh Song Hye-kyo ini digambarkan sebagai wanita cantik, tegas, dan kuat yang percaya bahwa kompetisi harus mengalahkan koneksi. Sayang, ia menghadapi kenyataan pahit bahwa itu tak bisa digapai tanpa koneksi.

Mo-yeon tetap teguh pada prinsipnya dan tidak mudah termakan emosi meski ia tak pernah takut mengakui kesalahannya. Saat ia salah mengira seseorang sebagai bos kriminal dan menjadi tertarik, di sanalah pertemuannya dengan Shi-jin yang canggung dimulai.

Perasaan itu sebenarnya saling menguntungkan, sebab, ia menolaknya tiga kali karena dirinya berjuang untuk menerima pekerjaannya sebagai tentara di pasukan khusus.

Song Hye-kyo sendiri terkenal di berbagai drama televisi Korea dan telah banyak berkontribusi di banyak serial dan film. Ia menduduki peringkat ke-7 di majalah Forbes dalam daftar Korea Power Celebrity pada 2017, dan selama bertahun-tahun terbukti sukses dan diakui sebagai bintang top Hallyu.

3. Jin Goo sebagai Kepala Sersan Seo Dae Young

Jin Goo Bersinar Berkat Descendants of the Sun - ShowBiz Liputan6.com
Liputan6.com

Seo Dae-young ialah seorang perwira non-komisi paling senior di Tim Alpha dan merupakan tangan kanan Shi-jin. Dae-young yang diperankan Jin Goo ini merupakan seorang prajurit yang memegang teguh prinsipnya dan sangat setia pada Shi-jin sebagai komandannya serta rekan-rekannya.

Dae-young juga terkenal sebagai instruktur yang tegas di antara rekrutan dan taruna Akademi. Dulunya, ia jugalah yang menjadi instruktur latihan Shi-jin di akademi. Pengalaman dan levelnya yang luas seringkali berguna di kala krisis selama penempatan tim, dan dia menjadi karakter yang “lurus” di samping Shi-jin yang menyenangkan dan berselera humor tinggi.

Dalam sebagian besar episode, Dae-young berjuang untuk mengungkapkan perasaannya kepada Myung-ju.

Fresherlive menjelaskan Jin Goo sebagai aktor asal Korea Selatan yang menjadi terkenal karena film “Blue Dragon”, di mana ia memerankan “Bong Joon-ho”. Ia juga memerankan film thriller, “Mother” dan dihargai karena aktingnya yang sangat baik dalam drama “Descendants of the Sun”.

4. Kim Ji-won sebagai Letnan Yoon Myung-joo, ahli bedah ortopedi

Nasib Letnan Yoon Myung Joo di Descendants of the Sun - ShowBiz Liputan6.com
Liputan6.com

Yoon Myung-joo ialah putri dari Letnan Jenderal Yoon, komandan Brigade Pasukan Khusus Korea Selatan, yang juga merupakan dokter tentara. Juga sebagai junior Shi-jin, Myung-joo mengikuti langkah ayahnya dan lulus dari Akademi Militer Korea sebelum melakukan magang di Rumah Sakit Haesung.

Menjalankan tugas pertamanya sebagai petugas medis yang bertugas selama latihan, Myung-joo pertama kali bertemu dengan Dae-young dan langsung tertarik padanya. Selama itu, hubungan keduanya terkenal di antara para dokter Rumah Sakit Haesung dan sesama tentara, tetapi dianggap tabu.

Meski begitu, anggapan tersebut tak menghalangi Myung-joo untuk mengejar Dae-young, meski itu membuat sang Letnan Jenderal kecewa.

Aktris Kim Ji-won dan perannya dalam serial The Heirs (2013), Descendants of the Sun (2016), Fight for My Way (2017), Arthdal ??Chronicles (2019), dan Lovestruck in the City (2019) berhasil menyabet penghargaan menjadi selebriti Hallyu yang drama televisinya sukses di seluruh Asia, pada 2020-2021.

Sekilas Tentang DOTS

Pemain Descendants of the Sun
Asianwiki

Sudah mengenal para pemainnya, bagaimana jika kita mengingat kembali drama superpopuler “Descendants of the Sun” yang biasa disebut DOTS ini? Mari simak penjelasan di bawah!

Ringkasan

Beberapa hubungan ditakdirkan, terlepas dari tantangan waktu dan tempat.

Pemimpin unit Pasukan Khusus, Yoo Shi-jin, bertemu dengan Song Hye-kyo yang merupakan ahli bedah trauma di ruang gawat darurat Rumah Sakit Haesung. Shi-jin bertemu dengan Hye-kyo saat dirinya dan Seo Dae-young mengejar pencuri di hari libur keduanya.

Saat itu juga, Shi-jin langsung jatuh cinta pada Mo-yeon dan berakhir mengajaknya pacaran. Sayang, pria ini malah terus-terusan dipanggil untuk bertugas ketika ia sedang bersama Mo-yeon. Terlebih, keduanya juga sadar bahwa mereka punya pandangan yang bertolak belakang tentang kehidupan manusia. Misalnya, yang satu rela membunuh untuk melindungi negaranya, dan yang satunya justru harus menyelamatkan suatu nyawa dengan cara apa pun. Hasilnya, keduanya terpaksa memutuskan hubungan mereka.

Di sisi lain, Dae-young juga mencoba putus hubungan dengan dokter Angkatan Darat, Yoon Myeong-ju karena Letnan Jenderal Yoon, sang ayah, yang merasa bahwa putrinya lebih cocok dengan Shi-jin.

Suatu masa, Shi-jin dan Dae-young dikerahkan ke negara Urk yang tengah dilanda perang, melalui tugas jangka panjang demi membantu PBB menjaga perdamaian daerah tersebut. Mo-yeon sendiri akhirnya menyerah melakukan operasi dan memilih menjadi dokter TV dan merawat pasien VIP, karena berulang kali gagal dipromosikan karena kurangnya koneksi.

Namun, Mo-yeon justru dipilih untuk memimpin tim medis dalam mengelola sebuah klinik di Urk saat ia menolak ajakan seksual dari ketua rumah sakitnya. Di sana, secara tak terduga, ia pun kembali berhubungan dengan Shi-jin.

Popularitas dan Feedback dari Penonton

Popularitas yang luar biasa berhasil dilahap oleh serial Descendants of the Sun secara lokal dengan peringkat puncak 40 persen, seperti dikutip dari Drama.Fandom. Ini menjadikannya seri malam hari pertama yang mencapai tingkat tersebut, setelah “The Moon Embracing the Sun” pada 2012 silam.

Dalam tingkat internasional, DOTS telah dijual ke 32 negara dan diterjemahkan dalam 32 bahasa berbeda pula. Keberhasilan drama ini kembali menghidupkan gelombang Hallyu yang sempat menurun selama beberapa tahun terakhir. Terlebih, seri ini juga meningkatkan sektor pariwisata dan menyebarkan budaya Korea, serta ditonton di Korea Utara!

Keberhasilan drama ini dikaitkan dengan faktor berupa skenario yang rumit, kisah cinta yang indah, serta produksi bersama antara Korea Selatan dan China. Menurut The Korea Times, Descendants of the Sun menyatukan fantasi dengan sejumlah genre berbeda untuk menciptakan produksi berkualitas tinggi di saat melodrama Korea telah hilang tenaga.

Disebut pula bahwa drama ini menarik perhatian penonton akan keadilan dalam masyarakat yang tak memilikinya. Bahkan, Mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, juga memuji drama ini karena menanamkan patriotisme di kalangan anak muda Korsel. Menurutnya, DOTS juga menjadi contoh kasus berefek positif dari konten budaya pada industri manufaktur.

Kabar Terpopuler dari Para Pemeran

Penasaran dengan kabar terpopuler terkait pemain “Descendants of the Sun”? Berikut beberapa di antara kabar populer tersebut!

1. Song Joong-ki

Comeback aktor Song Joong-ki yang sangat ditunggu-tunggu ditandai oleh hadirnya film Netflix “Space Sweepers” pada 2021 dan drama “Vincenzo” dari tvN. Dalam film “Space Sweepers, Joong-ki memerankan karakter Tae Ho, seorang pilot yang selalu miskin meski melakukan segala hal demi uang.

Di sisi lain, ia langsung berubah menjadi seorang mafia Italian berpangkat tinggi dalam drama “Vincenzo”. Ia juga berperan dalam film “Bogota” dan juga telah dikonfirmasi bermain dalam drama “The Chaebol’s Youngest Son” atau “The Youngest Son of a Conglomerate” yang akan tayang pada November 2022.

2. Song Hye-kyo

Aktris cantik yang digadang-gadang sebagai sang ratu ini akan tampil dalam dua drama Korea yang dinanti-nanti publik, yakni “The Glory” yang bertema balas dendam dan ditulis oleh penulis DOTS, Kim Eun-sook, dan “Now, We Are Breaking Up” yang berlatar dunia fashion.

Dalam drama ini, Hye-kyo memerankan karakter Ha Young-eun, manajer tim desain berusia 38 tahun yang bekerja di satu label mode. Aktor lain yang turut meramaikan drama ini termasuk Jang Ki-yong, Kim Joo-hun, dan Choi Hee-seo.

3. Jin Goo

Jin Goo membintangi serial Legal High pada 2019, yang merupakan remake dari serial TV Jepang berjudul sama produksi 2012. Berperan sebagai Go Tae-sung, Jin Goo menjadi seorang pengacara sukses yang arogan, yang dipasangkan junior yang bersemangat, Seo Jae-in.

Jin Goo juga muncul di reality show “Yacht Expedition” bersama Si-won Super Junior pada 2020. Ia juga mengantongi peran utama dalam film “You Are So Precious To Me”.

4. Kim Ji-won

Kim Ji-won kembali dipertemukan dengan Song Joong-ki dalam “Arthdal Chronicles” pada 2019, di mana ia memerankan Tanya, kepala suku Wahan. Ji-won juga dipasangkan dengan aktor Ji Chang-wook pada tahun berikutnya dalam “Lovestruck in The City” yang mengisahkan orang dewasa muda yang mencoba bertahan hidup di tengah kota.

Ji-won juga membintangi drama JTBC bersama pemeran “Detective K: Secret Of The Living Dead”, Lee Min-ki.

Tentang Kru Produksi

Berikut ialah informasi singkat terkait kru produksi yang turut serta dalam drama “Descendants of the Sun”, utamanya sang sutradara dan produser!

1. Sutradara

Mengutip Nettv4u, Lee Eung-bok adalah sutradara film yang telah memimpin beberapa K-drama populer seperti “Guardian: The Lonely and Great God”, “Descendants of the Sun”, dan “Mr. Sunshine.” Ia lahir di Korea Selatan pada tahun 1969. Universitas Yonsei adalah tempat ia mengenyam pendidikan.

Lee Eung-bok membuat debut Netflix-nya dengan serial drama penuh monster “Sweet Home,” dari Webtoon. Selain itu, ia juga pernah menjadi Asisten Sutradara untuk “Big Sister” (2008), “Sunok” (2006), “Sad Good-Bye” (2005), dan “Sang Doo! Let’s go to School” (2003).

Karyanya yang lain termasuk “Guardian”, sebuah drama fantasi tentang keabadian dan kesepian, “School 2013”, sebuah drama sekolah, dan “Secret Love”, sebuah melodrama. “Sweet Home”, sebuah film thriller horor/monster, adalah rilisan terbarunya. Dia memilih alur cerita berdasarkan seberapa menghibur dan menariknya.

Untuk cerita hantu klasik, “Hometown Legends”, dia menyutradarai episode pendek pertamanya. Dia terpesona oleh tema-tema tentang konflik antara kebaikan dan kejahatan dan subjek lain yang jarang dibahas dalam genre yang berbeda. Dia percaya bahwa keberuntungan memainkan peran penting dalam kesuksesannya, tetapi juga percaya bahwa usahanya untuk mendengarkan pendapat orang lain dan setuju dengan kolaborasi juga memainkan peran penting.

2. Produser

Bae Kyung-soo lahir dan besar di Korea Selatan. Dia juga dikenal sebagai Bae Gyeong-su. Kyung-soo terus tinggal di sana dan bekerja sebagai sutradara dan produser di Industri Film Hallyu.

Dia bekerja sebagai sutradara dan bekerja di banyak film dan serial TV populer.Beberapa karya terbaiknya sebagai sutradara dan produser adalah “The Full Sun”, dirilis pada 2014; “The Man Who Can’t Get Married”, tahun 2009; “Rock Rock Rock”, pada tahun 2010; “The Thorn Birds”, 2011.

Ada pula “The Innocent Man”, pada tahun 2012; “Healer”, pada tahun 2014 hingga 2015; “Drama Special Season 6: Crimson Moon”, pada tahun 2015; “Wild Romance”, pada tahun 2012; “Beyond the Clouds”, pada tahun 2014; dan masih banyak lagi.

Penutup

Begitulah profil terkait pemain Descendants of the Sun, kabar-kabar, serta biodata sutradara dan produser dari serial yang dikenal dengan sebutan DOTS ini. Saat ini, masing-masing pemeran telah melanjutkan kisahnya masing-masing dan memerankan tempat-tempat yang layak dalam industri perfilman Korea Selatan.

Bagi Grameds yang tertarik dengan hal-hal terkait dengan Korea Selatan, maka bisa mencari informasi di Gramedia.com karena ada berbagai rekomendasi buku yang bisa kamu baca. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Film dan Drama Song Joong Ki yang Wajib Ditonton 
  2. Deretan Film dan Drama Song Hye Kyo yang Wajib untuk Ditonton 
  3. 10 Drama Song Kang yang Wajib Ditonton, Bikin Wanita Terpikat! 
  4. Yuk, Berkenalan dengan Para Pemain K-Drama True Beauty 
  5. Biografi Kim Go Eun, Aktris Pemeran Drama Korea Yumi Cell 
  6. Drama Korea Terbaik Berbagai Genre yang Wajib Ditonton 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda