in

15 Ide Panggilan Sayang yang Tidak Lebay dan Manfaatnya

pexels.com

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay – Salah satu cara menunjukan kasih sayang adalah dengan melakukan hal-hal yang romantis. Tentu saja hal romantis tidak selalu membutuhkan biaya yang mahal atau bahkan barang mewah. Grameds bisa menunjukkannya dengan cara yang sederhana, salah satunya adalah dengan memberikan nama sayang pada pasangan.

Panggilan sayang yang tidak lebay, bisa menjadi salah satu bukti cinta dan cara menunjukkan cinta dengan sederhana, tapi tetap bisa menghadirkan rasa bahagia. Tidak hanya pada pasangan, Grameds juga bisa memberikan panggilan sayang pada orang terkasih lainnya, seperti anak atau bahkan orang tua. Akan tetapi, memang sangat umum untuk menunjukan panggilan sayang pada pasangan. Berikut beberapa ide panggilan sayang yang tidak lebay untuk pasangan.

Manfaat Panggilan Sayang pada Pasangan

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay
pexels.com

Meskipun terkadang beberapa panggilan sayang terdengar menggelikan atau bahkan lebay, tetapi panggilan sayang pada pasangan sebenarnya memiliki manfaat yang baik lho Grameds!

Salah satu panggilan sayang yang sangat umum adalah baby atau babe, panggilan sayang seperti baby atau babe rupanya merupakan pertanda bahwa hubungan cinta seseorang cukup harmonis. Selain sebagai tanda bahwa hubungan seseorang harmonis panggilan sayang memiliki manfaat lainnya. Berikut penjelasannya.

1. Menambah Keharmonisan Hubungan Dengan Pasangan

Pada umumnya, panggilan sayang digunakan sebagai bentuk rasa cinta serta rasa kepedulian seseorang pada pasangannya. Panggilan yang anti mainstream, lucu serta panggilan kesayangan merupakan bahasa sendiri yang digunakan oleh pasangan dan terbentuk atau tercipta seiring dengan komunikasi yang terus berjalan dengan pasangan.

Menurut ilmu psikologi, hal ini dinamakan sebagai personal idiom. Apabila pasangan telah memiliki personal idiom, maka tandanya hubungan yang dijalani telah semakin kuat. Beberapa pasangan bahkan memiliki satu kata yang memiliki arti dan makna yang lebih dalam dari apa yang dilihat oleh orang lain. Terkadang satu kata tersebut, dapat menjelaskan perasaan pasangan dengan baik dan hanya diketahui oleh kekasihnya saja.

Menurut seorang psikolog bernama Karen J Pragger, panggilan sayang juga menjadi salah satu indikator dari kedekatan pasangan. Selain itu, hal yang dibangun adalah kebiasaan bernama, gestur dan perilaku seksual pasangan.

2. Menjadi Tanda Hubungan Mulai Renggang

Selain sebagai tanda yang dapat menunjukan keharmonisan hubungan, panggilan sayang juga dapat menjadi tanda bahwa hubungan seseorang mulai renggang. Terutama ketika ada pasangan yang biasa menggunakan panggilan sayang, kemudian tiba-tiba berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

Kebiasaan yang tiba-tiba berhenti, menjadi tanda bahwa hubungan seseorang mulai sedikit renggang, karena komunikasi antara pasangan kekasih sudah mulai terbatas serta berkurang. Jadi, dapat dikatakan bahwa panggilan sayang merupakan salah satu pengukur kualitas komunikasi dalam suatu hubungan.

3. Salah Satu Tanda Bahwa Hubungan Pasangan Kekasih Sehat

Salah satu tanda bahwa Grameds memiliki hubungan yang sehat dengan pasangan adalah dengan panggilan sayang. Akan tetapi, panggilan sayang tidak menjadi penentu bahwa hubungan yang Grameds jalani sehat, ada beberapa hal lainnya yang harus Grameds rasakan ketika berada dalam hubungan yang sehat selain dengan memiliki panggilan sayang dan personal idiom.

Berada dalam hubungan sehat, tandanya Grameds juga akan merasakan untuk berani berbicara jujur, atau memahami gaya bicara dan kebiasaan masing-masing. Dengan begitu, rasa bahagia dalam hubungan yang harmonis dapat tercipta.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay

Kenapa Banyak Orang Menggunakan Panggilan Sayang ‘Baby’?

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay
pexels.com

Salah satu panggilan sayang yang tidak lebay dan banyak digunakan adalah baby tapi kenapa sih banyak pasangan kekasih memilih panggilan sayang itu dan bagaimana asal usulnya?

Kata baby merupakan bahasa Inggris dan dalam bahasa Indonesia artinya adalah bayi, biasanya digunakan untuk memanggil anak-anak yang masih berusia beberapa bulan saja. Namun, bagaimana kata baby ini berubah menjadi panggilan sayang yang cukup umum?

Menurut seorang ahli neuro antropologi dari Florida State University bernama Dean Falk, alasan pasangan kekasih menggunakan panggilan sayang ‘baby’ adalah karena kebanyakan pasangan merasa seperti sedang bernostalgia tentang masa kecilnya. Banyak orang merasa bahwa panggilan sayang ini mengingatkan ia pada cinta pertama yaitu seorang ibu.

Nostalgia yang dirasakan oleh banyak orang tersebut, dapat memicu otak untuk mengeluarkan dopamin. Zat dopamin yang dikeluarkan dalam jumlah yang cukup besar di otak, biasanya dapat memunculkan perasaan bahagia. Oleh sebab itu, biasanya orang cenderung ingin mengulang kembali hal-hal yang dapat membuat dirinya merasa senang.

Melalui hipotesis tersebutlah, Dean Falk kemudian menyimpulkan bahwa panggilan sayang dapat memicu rasa bahagia dan dianggap sebagai salah satu cara yang tepat dalam menunjukan kasih sayang seseorang pada kekasihnya.

Namun tentu saja, tidak semua ahli menyetujui pendapat Dean Falk. Salah satu dosen bahasa dari University of Louisville bernama Frank Nuessel berpendapat bahwa panggilan sayang dapat membantu seseorang menjadi lebih terbuka pada pasangannya, sehingga dapat membangun suatu ikatan batin yang cukup kuat serta intim.

Ide Panggilan Sayang yang Tidak Lebay

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay
pexels.com

Setelah mengetahui manfaat dan alasan banyak orang memilih untuk menggunakan panggilan sayang, apakah Grameds mulai tertarik untuk memiliki personal idiom dengan orang terkasih?

Jika iya, Grameds mungkin ingin memulai dengan panggilan sayang yang tidak lebay, sehingga tidak menunjukan kesan menggelikan antara satu sama lain ketika baru menggunakannya. Oleh karena itu, berikut beberapa ide panggilan sayang yang tidak lebay untuk Grameds.

1. Menggunakan sapaan yang biasa dipakai orang, seperti Mas/Nduk, Abang, Aa, Dek dan lainnya

Jika tidak ingin memiliki panggilan sayang yang lebay, Grameds lebih baik memulai panggilan sayang dengan sapaan-sapaan yang lebih umum digunakan oleh banyak orang. Meskipun umum, bukan berarti panggilan sayang ini tidak berarti spesial.

Dengan menggunakan sapaan yang biasa dipakai orang, seperti Mas atau Adek, Grameds dan pasangan justru akan terdengar lebih romantis. Selain itu, dengan menggunakan panggilan sayang yang umum, Grameds tetap terlihat sopan jika ingin memanggil pasangan dengan panggilan sayang di tempat umum dan banyak orang.

2. Beloved

Tertarik untuk memiliki panggilan sayang yang lebih terkesan spesial dan romantis? Grameds bisa mencoba panggilan sayang dengan idiom bahasa Inggris. Beloved sendiri sebenarnya bukanlah panggilan sayang yang asing dan banyak digunakan oleh pasangan muda.

Panggilan sayang satu ini memiliki arti yang tercinta dan dapat menunjukan betapa besarnya rasa kasih sayang yang Grameds miliki pada kekasih. Jika ingin terasa lebih intim dan spesial, Grameds bisa menambahkan my beloved one.

3. Sweetheart

Memanggil pasangan kekasih hati mungkin sedikit terdengar menggelikan? Akan tetapi, tidak akan terdengar lebay apabila menggunakan bahasa Inggris yaitu Sweetheart. Memiliki arti yang sama dengan kekasih, tetapi pemaknaan yang berbeda. Namun, baik kekasih atau sweetheart merupakan panggilan sayang yang cukup romantis dan direkomendasikan jika Grameds ingin panggilan sayang yang tidak lebay.

4. Dear atau my dear

My dear atau dear artinya adalah sayangku atau tersayang. Panggilan sayang yang satu ini mungkin terdengar lebih dewasa, sehingga tidak terdengar lebay. Namun, justru sebaliknya menggunakan panggilan sayang dear atau my dear malah terdengar lebih elegan.

5. Honey

Tentu saja, panggilan sayang honey artinya bukan madu, tetapi berarti kesayangan. Dengan panggilan sayang yang sangat manis dapat digunakan untuk memanggil kekasih. Biasanya panggilan sayang honey digunakan untuk memanggil pasangan wanita. Namun, Grameds bisa menyingkatnya menjadi hun atau hon apabila ingin memanggil pasangan pria dengan panggilan sayang satu ini.

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay

6. Sayang atau Sayangku

Jika lebih nyaman dengan panggilan sayang berbahasa Indonesia, Grameds bisa menggunakan panggilan sayang atau sayangku. Tentu saja panggilan sayang ini memang sangat umum dan banyak digunakan. Karena umum, panggilan sayang satu ini tidak akan terdengar lebay.

Dengan menggunakan panggilan sayang satu ini, maka Grameds dapat menggambarkan ketulusan bahwa Grameds menyayangi pasangan dengan tulus. Panggilan ini juga dapat menginterpretasikan apa yang Grameds rasakan pada pasangan.

7. Bee atau Bae

Panggilan sayang baby merupakan panggilan yang sangat umum. Apabila merasa bosan dengan baby, Grameds bisa sedikit mengubahnya menjadi bae atau bee. Dengan sedikit mengubahnya, panggilan sayang bee atau bae tidak terdengar lebay dan cocok apabila digunakan dalam percakapan sehari-hari dengan pasangan.

8. Love atau my love

Tentu saja memanggil pasangan cinta, cintaku, love atau my love rasanya cukup menggambarkan dengan baik isi hati Grameds pada pasangan bukan? Panggilan sayang ini juga cukup umum, sehingga tidak terdengar lebay. Meskipun umum, memanggil kekasih dengan sapaan love cukup terdengar romantis lho!

9. Naekkeo

Apabila Grameds tertarik untuk memiliki panggilan sayang dengan bahasa Korea, maka Grameds dapat menggunakan panggilan sayang Naekkeo. Panggilan sayang satu ini sudah tidak asing dan sering digunakan dalam drama-drama Korea.

Artinya adalah milikku, dengan panggilan sayang ini, Grameds bisa membuat pasangan merasa lebih bahagia, sebab menggambarkan bahwa kekasih Grameds, sepenuhnya adalah milik Grameds.

10. Beautiful atau Pretty

Memanggil pasangan cantik atau bahkan hanya memujinya cantik tentu akan membuatnya ia merasa senang. Apalagi jika Grameds memiliki panggilan sayang pretty atau beautiful untuk pasangan. Panggilan sayang pretty maupun beautiful tidak terkesan lebay, justru akan membuat hati pasangan semakin berdebar, sehingga hubungan semakin romantis.

11. Angel

Lagu yang sedang populer dari Troye Sivan berjudul Baby Angel, mungkin bisa menjadi inspirasi untuk panggilan sayang. Sejak lagu ini populer, semakin banyak pasangan yang menggunakan kata angel sebagai panggilan sayang.

Arti dari angel sendiri adalah malaikat yang akan memberikan kesan manis dan baik. Panggilan ini juga terkesan romantis untuk memanggil kekasih Grameds.

12. Lucky Charm

Jimat keberuntungan atau lucky charm merupakan salah satu panggilan sayang yang jarang digunakan. Meskipun jarang digunakan, tetapi panggilan lucky charm tidak terkesan lebay. Memanggil pasangan dengan panggilan lucky charm, akan membuat pasangan merasa selalu hadir dalam setiap kehidupan Grameds. Dengan begitu, ia akan merasa menjadi sosok yang penting dan dekat dengan hidup Grameds.

13. Hubby

Memanggil pasangan husband mungkin terdengar menggelikan dan terlalu berlebihan bukan? Jika ingin panggilan sayang yang lebih terkesan ramah dan tidak lebay, Grameds bisa menyingkatnya menjadi Hubby.

Panggilan Hubby sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yaitu husband dan bahasa Arab yaitu hubun yang artinya adalah cinta. Tentu saja dengan memanggil kekasih dengan Hubby, dapat menunjukan bahwa Grameds memiliki rasa cinta dan ingin menunjukkannya. Panggilan ini juga cocok bagi Grameds yang sudah berumah tangga.

14. Oppa

Suka menonton drama Korea? Jika iya, tentu saja Grameds tidak asing dengan panggilan sayang Oppa yang biasa digunakan untuk memanggil kekasih pria. Arti dari Oppa adalah kakak laki-laki, apabila diartikan, panggilan sayang Oppa ini seperti Mas dalam bahasa Jawa. selain terdengar manis ketika mengucapkannya, panggilan ini juga tergolong sopan ketika ingin menyapa pasangan.

15. Yeobo

Panggilan sayang lainnya dalam bahasa Korea yang cukup adalah Yeobo. Biasanya panggilan ini digunakan oleh pasangan yang sudah menikah dan bisa digunakan untuk laki-laki maupun perempuan. Sebenarnya ada pula beberapa pasangan yang menggunakan panggilan sayang Yeobo ketika masih berpacaran, tapi justru akan terdengar lebay dan berlebihan.

Itulah 15 ide panggilan sayang yang tidak lebay dalam berbagai bahasa. Tentu saja, panggilan sayang memiliki manfaat untuk menjaga keharmonisan hubungan. Namun, selain dengan menggunakan panggilan sayang, Grameds juga bisa menjaga keharmonisan dengan beberapa cara lainnya.

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay

Cara Menjaga Keharmonisan dan Keintiman Selain dengan Panggilan Sayang

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay
pexels.com

Selain dengan panggilan sayang, Grameds bisa menjaga keharmonisan dan menjaga keintiman dengan pasangan dengan beberapa hal. Berikut penjelasannya.

1. Saling Jujur dan Bicara dari Hati ke Hati

Komunikasi merupakan kunci agar hubungan tetap sehat dan harmonis. Dengan bicara dari hati ke hati dan saling jujur, maka hubungan Grameds dengan pasangan pun akan lebih dekat. Mulailah dari membicarakan hal-hal sepele seperti kegiatan sehari-hari lebih dulu, kemudian semakin lama akan terbentuk hubungan yang lebih erat.

2. Memberikan Apresiasi Pada Pasangan

Setiap hari, pasangan Grameds tentu melakukan kegiatan yang mungkin tidak selalu menyenangkan. Oleh karena itu, ia akan membutuhkan lebih banyak perhatian. Grameds bisa menunjukan perhatian dengan memberikan apresiasi. Dengan begitu, pasangan pun akan merasa dihargai, dan kehadirannya penting bagi Grameds.

3. Memberikan Kejutan atau Hal-Hal Romantis

Salah satu cara menjaga keharmonisan dan meningkatkan keintiman adalah dengan melakukan hal romantis seperti memberi kejutan. Tentu saja, Grameds tidak perlu memberikan kejutan setiap hari dan kejutan yang diberikan pun tidak perlu yang berharga mahal. Cukup sederhana, tetapi bermakna, contohnya seperti membersihkan rumah, membuatkan sarapan atau menulis surat cinta.

4. Menyisihkan Waktu 30 Menit Setiap Hari Untuk Berkomunikasi

Meskipun saling sibuk satu sama lain, Grameds dan pasangan harus menyisihkan waktu untuk tetap berkomunikasi. Karena seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa komunikasi adalah kunci hubungan menjadi harmonis.

Ketika saling ngobrol satu sama lain, usahakan untuk saling jujur. Tentu saja Grameds tidak perlu ngobrol hal-hal yang terlalu intim atau personal lebih dulu, tetapi bisa dimulai dengan membicarakan aktivitas sehari-hari, seperti hari di kantor, bagaimana pekerjaan dan lainnya. Dengan begitu, perlahan-lahan semakin lama keintiman pun akan terbentuk.

5. Jangan Malu untuk Tetap Intim Pada Pasangan

Intimasi merupakan salah satu hal yang penting apabila ingin menjaga hubungan dalam jangka waktu yang panjang dan tetap sehat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa sentuhan lembut dari pasangan adalah salah satu hal yang dapat menenangkan ketika Grameds mendapatkan masalah atau membutuhkan kasih sayang. Oleh sebab itu, jangan malu untuk tetap intim pada pasangan, terutama bagi Grameds yang sudah menikah.

Panggilan Sayang yang Tidak Lebay

Itulah beberapa ide panggilan sayang yang tidak lebay dan beberapa cara untuk menjaga keharmonisan serta keintiman dengan pasangan. Bagi Grameds yang sedang memiliki konflik dengan pasangan dalam hubungan rumah tangga, Grameds dapat mencari tahu cara menyelesaikan dan mengetahui tips-tips agar hubungan tetap harmonis dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia tentu menyediakan buku-buku tentang menjaga hubungan dengan pasangan dengan baik, seperti memberikan panggilan sayang dan bisa didapatkan di gramedia.com. Dapatkan informasi #LebihDenganMembaca bersama Gramedia.

BACA JUGA:

  1. 34 Ide Panggilan Sayang untuk Pria, Share Nama Pasanganmu! 
  2. Daftar Inspirasi Panggilan Sayang Unik untuk Pasangan dan Sahabat
  3. Ide Nama Panggilan untuk Pacar Agar Lebih Romantis dan Harmonis
  4. Ide Nama Panggilan Lucu buat Pacar, Biar Makin Spesial Kan?
  5. Kata Romantis dan Bahasa Cinta Word of Affirmation


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.