in

Potret Kemajuannya Negara Maju di Eropa

Negara Maju di Eropa

Negara Maju di Eropa – Hai Grameds, tahukah kalian negara di Eropa mana saja yang maju? Sebagian besar negara-negara di belahan bumi Eropa memiliki predikat sebagai negara maju. Kali ini akan membahas tentang negara-negara maju di Eropa. Banyak hal yang dapat dipelajari bagaimana negara-negara maju itu terus mengembangkan perekonomiannya.

Menurut penelitian dari The Wharton School University of Pennsylvania menyatakan bahwa kesejahteraan sejalan dengan jumlah uang yang dihasilkan. Negara-negara yang punya pendapatan perkapita semakin tinggi maka akan semakin sejahtera hidup masyarakat.

Karena negara maju sudah pasti mempunyai pendapatan perkapita tinggi. Tidak mengherankan kalau angka harapan hidup masyarakatnya juga tinggi. Fasilitas seperti kesehatan dan pendidikan mudah diakses oleh siapa saja.

Ketika sudah sejahtera maka masyarakat di negara maju dapat melakukan banyak hal termasuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Sehingga perkembangan negara maju akan semakin terlihat oleh pencapaian-pencapaian di bidang ilmu pengetahuan. Mereka terus melakukan inovasi dan observasi.

Namun demikian, negara maju pertama kali ditentukan seberapa besar pendapatan perkapita negara. Indikator pertama ini menentukan kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat. Sobat Grameds yuk cari tahu negara mana saja.

Negara Maju di Eropa

1. Negara Maju Austria

Negara Maju Austria

Negara yang luasnya sekitar 83.879 km persegi itu termasuk negara maju. Negara yang letaknya boleh dikatakan di pegunungan Alpen itu mendapat predikat sebagai negara terkaya di dunia di urutan ke-12. Tidak heran kalau negara Austria dipertimbangkan di kancah bumi Eropa sendiri.

Perekonomian dan kekayaan alam negara Austria sangat maju di bidang seperti mesin, baja, besi, makanan, otomotif beserta komponennya, kertas, peralatan komunikasi hingga pariwisata. Letak geografis negara Austria di dataran tinggi menjadi daya tarik yang mampu mendatangkan wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Selain majunya industri pariwisata, Austria juga maju di bidang ekonomi pasar sosial di masing-masing kota. Inilah yang menjadikan alasan Austria mencapai predikat negara maju dengan pendapatan perkapita US$47.700 pada tahun 2020.

2. Negara Maju Belanda

Negara Maju Belanda

Negara yang dijuluki negerinya kincir angin itu merupakan salah satu negara kaya di Eropa. Belanda memiliki pendapatan perkapita tiap tahunnya sebesar $58.029 per kapita sehingga termasuk negara yang standar hidupnya tinggi.

Perekonomian Belanda ditopang sebagian besar dari industri manufaktur. Industri pengolahan bahan mentah yang kemudian dijadikan barang jadi. Seperti pengolahan makanan, minyak bumi, mesin listrik dan jasa keuangan.

Fasilitas yang ada di negara Belanda sangat lengkap sehingga menarik para investor asing untuk berinvestasi. Fasilitas seperti ruang publik yang sehat, infrastruktur yang modern, layanan sosial yang baik menciptakan atmosfer bisnis yang dinamis.

Kemajuan yang ada di Belanda salah satu contohnya adalah infrastruktur perkotaan yang mampu mengurangi banjir. Keberhasilan itu merupakan kemajuan bagi Belanda yang secara geografis tanahnya lebih rendah 1 meter dari permukaan laut. Kalau kamu tidak percaya coba saja kesana hehe.

3. Negara Maju Belgia

Negara Maju Belgia

banner-promo-gramedia

Negara yang terkenal dengan cokelat khasnya yang satu ini merupakan negara maju di seantero negeri Eropa. Belgia setiap tahun memproduksi cokelat sekitar 220.000 ton. Ibu kota Belgia yang ada di Brussels menjadi tempat penjualan terbesar produk cokelat.

Pendapatan perkapita tiap tahun saja sekitar US$ 46.300 yang mengantarkan Belgia menjadi salah satu negara Eropa yang sejajar dengan negara lainnya. Belgia menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-37.

Kemajuan Belgia terletak pada pengelolaan produk unggulan cokelat yang mampu mendongkrak ekonomi dalam negeri. Sehingga Belgia meski hanya memiliki sumber daya alam berupa batu bara tetap dapat bertahan secara perekonomian.

Kemudian majunya teknologi di bidang mesin menjadikan Belgia termasuk dalam negeri yang maju. Belgia memproduksi mesin dan peralatan, berlian, produk logam dan juga makanan.

Asal Usul Peradaban Dan Sejarah Eropa
Asal Usul Peradaban Dan Sejarah Eropa

tombol beli buku

4. Negara Maju Britania Raya

Negara Maju Britania Raya

Negara dengan model monarki parlementer ini termasuk negara maju dengan pendapatan perkapita US$ 44.300  tiap tahun. Britania Raya yang mencakup Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Tingkat pendidikan di Britania Raya termasuk sangat maju. Di sana berkembang berbagai universitas internasional yang selalu jadi tujuan mahasiswa seluruh dunia.

Kemajuan pendidikan di negara Britania Raya ditandai dengan adanya perguruan tinggi tertua di sana. Ialah University of Oxford sebagai universitas tertua di Britania Raya. Selain itu ada juga universitas paling ketat yaitu university of Cambridge.

Britania Raya terkenal dengan liga sepakbola Inggris yang menjadi kiblatnya si kulit bundar. Ini adalah salah satu kemajuan Britania Raya dalam pengelolaan sepak bola. Lebih dari itu bangunan stadion yang cukup megah dan modern adalah bentuk kemajuan itu sendiri.

Britania Raya termasuk negara yang mempelopori adanya revolusi industri di dunia ini. Dalam hal industri, Britania Raya mengandalkan wol, yute, kain lenan, kapas, sutra, dan galangan kapal. Sebagai pelopor, sekarang ini Britania Raya jadi pusat industri termaju di dunia.

5. Negara Maju Ceko

Negara Maju Ceko

Negara maju selanjutnya adalah Ceko. Negara yang luasnya hanya setara gabungan antara Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa tengah itu memiliki pendapatan perkapita 36.000 USD. Rangking sebagai Negara maju di dunia Ceko berada di angka ke-39.

Negara yang tidak punya garis pantai itu mempunyai kualitas hidup masyarakat yang tinggi. Demikian pula tingkat kesejahteraan masyarakat yang dijamin oleh negara. Jaminan kesehatan di negara maju Ceko bebas biaya.

Di sana juga ketika masyarakat ingin melanjutkan jenjang pendidikan disediakan secara cuma-cuma oleh negara. Bebas biaya ketika mau melanjutkan pendidikan hingga S3.

6. Negara Maju Denmark

Negara Maju Denmark

Walau hanya memiliki bahasa asli 7, negara Denmark ini tergolong negara maju yang mesti kita pelajari kemajuannya. Di sana pendapatan perkapita mencapai US$ 49.600 tiap tahunnya dan Pendapatan Domestik Bruto mencapai US$ 300 miliar. Pendapatan setinggi itu menjadikan Masyarakat di sana hidup secara nyaman dan sejahtera.

Negara dengan luas 43.094 km persegi itu memainkan peran ekonomi di bidang jasa. Bidang jasa ini sangat diandalkan oleh negara Denmark. Buktinya 80 persen perekonomian negara Denmark ditopang di bidang jasa ini.

Kemajuan yang paling bikin iri di Denmark buat kita semua adalah menjadi negara paling tidak korupsi di dunia. Karena rendahnya tingkat korupsi di Denmark menjadikan perekonomian stabil dan ekosistem bisnis dan ekonomi lancar.

Pemerataan ekonomi yang merata, pengelolaan pajak yang tepat sasaran, pelayanan publik terbaik hingga penanganan masalah lingkungan hidup yang berhasil menjadikan negara ini sangat patut dibanggakan. Utamanya sebagai bahan belajar bagi negara berkembang.

banner-promo-gramedia
Perang Eropa (Jilid 3) Edisi Revisi
Perang Eropa (Jilid 3) Edisi Revisi

tombol beli buku

7. Negara Maju Finlandia

Negara Maju Finlandia

Finlandia merupakan negara dengan pendapatan perkapita yang tinggi. Pendapatan perkapita mencapai US$44.500,-, sedangkan Pendapatan Domestik Bruto atau PDB berdasarkan Paritas daya beli adalah sebesar US$244,9 miliar (2017).

Kualitas hidup masyarakat Finlandia dengan sejalan dengan tingginya pendapatan perkapita di negara tersebut. Negara yang sukses di bidang pendidikan itu secara otomatis menjadikan tempat paling bahagia untuk ditinggali.

Negara Finlandia pada tahun 2019 mendapat predikat sebagai negara paling bahagia di dunia. Menurut world happiness report menyatakan bahwa orang Finlandia berbahagia dengan kondisi geografis yang sangat dingin. Mereka tidak berfikir untuk menunggu cuaca baik untuk sekadar merasakan bahagia dan malah berenang ketika suhu udara 1 derajat Celcius.

Soal jaminan kesehatan dan keamanan juga menjadi indikator Finlandia menjadi negara paling bahagia. Akses terhadap kesehatan yang gratis membuat angka harapan hidup masyarakat yang tinggi.

Jika dibandingkan dengan orang Amerika, Finlandia lebih banyak waktu digunakan untuk mengobrol daripada menonton Netflix. Ini menunjukkan betapa negara yang sukses di bidang pendidikan itu adalah masyarakat yang bahagia.

8. Negara Maju Jerman

Negara Maju Jerman

Pendapatan perkapita negara Jerman sebesar USD40.000 tiap tahunnya. Jerman dengan pendapatan sebesar itu maka secara nasional mencapai US$35 triliun sehingga terbesar ke-4 di dunia. Sekitar 70% pendapatan negara Jerman ditopang dari jasa dan sisanya dari industri.

Jerman sudah lama dikenal sebagai gudangnya inovasi dalam bidang teknologi informasi. Dari sinar X, mesin Jet, C-Leg, MP3 dan beragam teknologi lainnya. Jerman maju dalam hal penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Salah satu alasan mengapa Jerman maju dalam hal penelitian dan pengembangan adalah menghargainya kerja peneliti. Pemerintah tidak tanggung-tanggung menghibahkan dana yang besar untuk penelitian. Tidak mengherankan saat ini Jerman menjadi negara dengan kecerdasan buatan terbaik di dunia.

BACA JUGA:  10+ Negara Terindah di Dunia yang Perlu Anda Kunjungi

9. Negara Maju Italia

Negara Maju Italia

Di bidang perekonomian masyarakat Italia memiliki pendapatan perkapita US$39.000 per tahun. Pendapatan perkapita yang berimbas pada kesejahteraan tersebut membuat masyarakat melek terhadap karya seni.

banner-promo-gramedia

Karya seniman seperti Leonardo da Vinci mustahil dinikmati masyarakat dengan golongan ekonomi yang rendah. Boro-boro mikir seni, mikir bertahan hidup saja sudah kembang kempis. Kesejahteraan masyarakat Italia terbukti meningkatkan minat mereka di bidang lainnya.

Negara Italia juga melahirkan sosok-sosok seniman kelas kakap seperti Michelangelo, Donatello, Botticelli, Bernini dan lain sebagainya. Selain itu negara ini mempunyai tata kota yang teratur sehingga dapat mengundang daya tarik wisatawan mancanegara.

10. Negara Maju Norwegia

Negara Maju Norwegia

Norwegia disebut-sebut merupakan negara maju di Eropa dengan pendapatan per kapita tertinggi, yaitu US$40,836. Negara maju Norwegia dalam sistem pemerintahan memakai monarki konstitusional. Dibandingkan dengan negara lain yang memakai monarki konstitusional parlementer, Norwegia paling maju di dunia.

Di Norwegia angka melek huruf berbanding terbalik dengan pengangguran. Angka melek huruf di negara ini sangat tinggi dan pengangguran serta kemiskinan rendah. Kondisi ini membuat angka harapan hidup di Norwegia termasuk tinggi.

Jaminan kesehatan dan pendidikan disediakan dan dapat diakses secara mudah oleh masyarakat. Angka harapan hidup di Norwegia saja mencapai usia 80,2 tahun.

Sebagai negara dengan berpenghasilan cukup tinggi, Norwegia termasuk negara yang memberi donor kepada PBB. Norwegia menjadi donatur bagi lembaga perserikatan bangsa-bangsa itu.

Sumber alam utamanya adalah minyak bumi, gas alam, mineral, kayu, makanan laut, air tawar, dan tenaga air. Namun mer ka tetap mengutamakan pendidikan sebagai hal penting dalam menyiapkan masa depan mereka.

11. Negara Maju Luxemburg

Negara Maju Luxemburg

Fantastis sekali pendapatan perkapita masyarakat mencapai 115,311.965 USD pada tahun 2020. Luxemburg di kancah negara-negara Eropa termasuk negara kaya dengan pendapatan sebesar itu. Pendapatan perkapita yang tinggi itu berpengaruh minimnya permasalahan sosial.

Sebab di Luxemburg bisa dikatakan sangat rendah. Tingkat inflasi di negara Luxemburg ini juga sangat rendah. Oleh sebab itu perekonomian di negara maju Norwegia cukup stabil.

Luxemburg berkat kestabilan ekonomi akhirnya mempelopori adanya beberapa organisasi internasional seperti European Coal and Steel Community atau Komunitas Batubara dan Besi Eropa pada tahun 1952, dan akhirnya organisasi tersebut menjadi cikal bakal pendirian Uni Eropa. Luxemburg juga menjadi pendiri organisasi NATO atau North Atlantic Treaty Organization.

Banyak perusahaan besar berkantor di negara Luxemburg. Seperti perusahaan Spotify, Skype, Amazon, Rakuten, Paypal, dan Rovi Corporation. Perusahaan-perusahaan ini mau berkantor di negara Luxemburg karena biaya pajak yang dipatok lebih murah.

Dari segi keamanan, Luksemburg merupakan salah satu negara teraman di dunia. Berdasarkan survei PBB, peluang untuk ditembak lebih kecil daripada negara lainnya. Dan menurut survei Zipjet pada 2017, ibukota Luksemburg, yaitu Luxemburg City masuk sebagai salah satu kota paling tidak stres sedunia.

12. Negara Maju Swiss

Negara Maju Swiss

Negara dengan penghasilan tertinggi kelima pada tahun 2021 ini memiliki pendapatan perkapita US$ 72.874 tiap tahun. Kemakmuran, kebahagian dan kestabilan ekonomi di negara maju Swiss adalah hal yang wajar terjadi. Sepuluh tahun terakhir ini negara maju Swiss menjadi negara termakmur di dunia. Bahkan dikabarkan negara maju Swiss tidak terlalu terdampak dengan adanya pandemi covid 19.

Tingkat pendidikan di negara Swiss termasuk tinggi. Warga masyarakat kebanyakan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Bahkan tidak sedikit masyarakatnya bergelar sebagai S3.

Swiss dengan keadaan geografis yang terletak di dataran tinggi sangat nyaman untuk didatangi wisatawan. Bukan saja wisatawan lokal saja melainkan dari mancanegara. Kelebihan inilah yang kemudian dapat menyaingi Singapura sebagai tempat tujuan wisata.

13. Negara Maju Prancis

Negara Maju Prancis

Tidak usah diragukan lagi bahwa negara Prancis adalah negara maju di Eropa. Sebab negara ini 38,702.346 USD pada 2020 kemarin. Negara Prancis ekonominya maju berkat industri agribisnis.

Kemajuan di negara Perancis salah satunya adalah pada kesehatan dan teknologi. Di bidang kesehatan negara Prancis memiliki laboratorium farmasi terbesar di dunia yaitu Sanofi.

Di bidang teknologi negara Prancis sekarang mampu merambah ruang angkasa. Kabar terbaru terkait ruang angkasa negara Prancis menggelar latihan tentara di ruang angkasa. Kehebatan itu membuktikan negara Prancis maju.

Selain itu pula negara Prancis menjadi pengekspor bidang manufaktur terbesar di dunia. Berbagai barang dan jasa membuat negara ini maju dengan penghasilan tinggi.

Bloody History: Paris
Bloody History: Paris

tombol beli buku

14. Negara Maju Swedia

Negara Maju Swedia

Tahun ini negara maju Swedia masuk ke 10 sebagai Negara paling kaya di dunia tahun 2021. Pendapatan perkapita Swedia mencapai 57.660 Dolar AS per kapita.

Pendapatan perkapita sebanyak itu dihasilkan dari warga masyarakat yang banyak lulusan dari perguruan tinggi. Swedia diandalkan dalam dunia elektronik selain produksi rekayasa yang menyumbang devisa 50 persen.

Swedia mempunyai produk elektronik yang menjadi indikator kemajuan negara. Perusahaan besar seperti Volvo, Sony Ericsson, IKEA, dan masih banyak lainnya adalah penghasil produk elektronik yang laris di dunia. Makanya tidak heran Swedia termasuk negara maju di Eropa.

Itulah sobat Grameds negara-negara maju di Eropa. Jadi pada intinya pendapatan perkapita yang tinggi maka akan berimbas pada kualitas hidup masyarakat.

Selain itu jaminan hidup layak di negara maju pun sangat diperhatikan baik dari segi jaminan kesehatan dan pendidikan yang mudah diakses.

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih