in

10+ Fakta Menarik Kutub Selatan yang Jarang Diketahui

Fakta Menarik Kutub Selatan – Siapa sih yang tidak tahu tentang kutub selatan atau antartika? Tempat terdingin dan sangat terpencil di ujung dunia. Kutub selatan merupakan salah satu benua yang paling kosong atau tidak berpenghuni, paling kerung, dan juga tempat paling dingin yang ada di bumi ini.

Berbeda dengan kutub utara, kamu tidak akan pernah menemukan beruang kutub di tempat ini. Hewan yang bisa hidup disini hanya pinguin, sebab hewan tersebut justru tidak bisa hidup di kutub utara karena suhu yang ada di kutub utara tidak sedingin di kutub selatan.

Sejatinya, kutub selatan merupakan sebuah laboratorium alami raksasa yang digunakan untuk mempelajari bumi beserta atmosfernya. Selain itu, kutub selatan juga digunakan untuk mempelajari perubahan lingkungan hidup secara lebih luas atau global.

Termasuk juga perubahan yang berkaitan dengan kegiatan manusia yang ada di bumi. Udara dingin yang ada di daratan kutub selatan selalu diselimuti oleh es. Hal tersebut sudah menjadi ciri khas dari benua terbesar kelima di bumi ini selama beratus-ratus tahun. Namun, Benua Antartika sebenarnya masih memiliki berbagai hal unik dan juga fakta menarik selain tentang lapisan saljunya yang tebal.

Jika berbicara mengenai kutub selatan atau Antartika, sangat jarang orang yang ingin pergi kesana. Sehingga muncul banyak pertanyaan di kepala kita, sebenarnya apa sih yang ada di kutub selatan? Nah, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan beberapa fakta menarik kutub selatan yang perlu kamu ketahui:

Fakta Menarik Kutub Seletan

1. Kutub Selatan Tidak Mempunyai Penduduk Tetap

Fakta menarik yang pertama tentang antartika yaitu benua tersebut tidak mempunyai penduduk tetap. Walaupun ada puluhan ribu keluarga yang tinggal di wilayah Lengkungan Arktik, tapi tidak ada manusia yang menjadi penduduk asli di wilayah Antartika. Hanya ada sekitar 5.000 penduduk sementara yang tinggal di wilayah tersebut.

Penduduk asli Benua Antartika hanyalah bakteri, alga, lumut, dua spesies tanaman bunga, lumut kerak, dan beberapa spesies serangga. Hal tersebut terjadi karena Benua Antartika tergolong wilayah yang diselimuti oleh salju abadi. Oleh karena itu, Benua Antartika tidak bisa dihuni oleh manusia secara tetap. Hanya ilmuwan saya yang bisa tinggal di stasiun-stasiun di Antartika.

2. Memiliki Julukan Sebagai Benua yang Berdenyut

Menurut Encyclopedia Britanica, Benua Antartika atau kutub selatan memiliki julukan sebagai benua yang berdenyut. Hal ini disebabkan karena setiap tahun selalu terjadi penumpukan dan juga penyusutan garis pantai terluar yang tertutup oleh es.

Puncaknya, bongkahan es tersebut bisa membentuk lepas pantai sejauh 1.600 km. Penyusutan dan juga perluasan tersebut terjadi sekitar enam kali lipat bongkahan es yang ada di Arktik. Sehingga Benua Antartika jauh lebih berpengaruh pada cuaca secara global.

3. Kutub Selatan Tidak Mempunyai Zona Waktu

Fakta menarik lainnya yaitu Benua Antartika tidak mempunyai zona waktu. Dimana kutub selatan ini adalah tempat dimana semua garis bujur bertemu. Sehingga tempat ini tidak mempunyai zona waktu yang pasti. Benua ini hanya mempunyai zona waktu yang ada di bumi.

Semua garis bujur yang sekarang kita gunakan untuk menemukan zona waktu tiap wilayah pada akhirnya akan bertemu di kedua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Oleh karena itu, setiap zona waktu bisa digunakan di kedua benua tersebut. Walaupun memiliki zona waktunya sendiri terdengar lebih menarik, tapi hal tersebut bisa sangat memusingkan atau membingungkan.

4. Kutub Selatan Adalah Wilayah Terdingin dan Terkering Di Dunia

Sejatinya, Benua Antartika itu adalah sebuah gurun. Sebab, tingkat curah hujan yang ada disana sangat rendah. Wilayah bagian yang menerima hujan rata-rata hanya 2 inci (50 milimeter) dalam bentuk salju setiap tahunnya. Sebagai perbandingan, Gurun Sahara dapat menerima hujan sekitar dua kali lebih banyak setiap tahunnya. Memang pesisir Antartika juga memperoleh banyak air, namun tidak seperti gurun lain, wilayah tersebut tidak bisa meresapkan air ke dalam tanah.

5. Ada Wilayah di Kutub Selatan yang Tidak Menerima Hujan Selama 2 Juta Tahun

Dry Valleys adalah salah satu tempat terkering di dunia atau biasa disebut dengan lembah kering. Lembah ini ada di bagian wilayah dari 1% benua Antartika atau 4.000 km atau 2.500 mil yang secara permanen bebas dari es.

Wilayah tersebut dianggap sebagai gurun yang paling kejam di dunia. Diperkirakan tidak pernah lagi mengalami hujan maupun salju selamat selama 2 juta tahun. Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh para ilmuwan asal Australia, akibat dari perubahan iklim, area bebas es di wilayah Antartika bisa meluas hingga mencapai 25 % di akhir abad ke-21.

6. Kutub Selatan Tidak Masuk ke dalam Wilayah Negara Apapun

Fakta menarik berikutnya adalah kutub selatan tidak masuk ke dalam wilayah negara apapun. Di tahun 1959, telah diadakan negosiasi antara dua belas negara yang menandatangani Perjanjian Antartika yang berisi mengenai dedikasi benua tersebut untuk kegiatan penelitian perdamaian.

Sampai hari ini, perjanjian tersebut sudah ditandatangani oleh 48 negara. Apabila kutub utara dikelilingi oleh Benua Amerika, Eropa, dan juga Asia yang berpenduduk, Antartika dikelilingi oleh samudra. Daerah tersebut merupakan daerah yang paling berbadai di dunia. Jika kutub utara sebenarnya adalah laut beku, maka kutub selatan adalah daratan yang tertutup es.

7. Ada Air Terjun di Antartika yang Disebut Sebagai Air Terjun Darah

Walaupun Antartika dinilai sebagai gurun terbesar di dunia, wilayah tersebut juga menampung air terjun. Salah satu air terjun yang ditemukan di wilayah tersebut Lembah Kering McMurdo yaitu Air Terjun Darah. Julukan tersebut muncul karena terlihat seperti darah yang mengalir. Namun air terjun tersebut tidak benar-benar mengalirkan darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Alaska Fairbanks membuktikan alasan air terjun berubah menjadi merah seperti darah yaitu karena adanya reaksi dari sejumlah zat besi dan juga natrium yang ada di dalam air beroksigen. Zat tersebut teroksidasi dan juga berubah warna menjadi merah. Saat mengalir di atas es akan terlihat seperti darah.

8. Terdapat Gunung Berapi di Kutub Selatan Bernama Gunung Erebus

Walaupun wilayahnya dipenuhi dengan salju yang tebal, kutub selatan juga mempunyai gunung berapi yang bernama Gunung Erebus. Gunung ini adalah gunung yang paling aktif di Benua Antartika dan ditutupi oleh kristal yang keluar dari gunung dalam bentuk bom vulkanik kaca. Walaupun tertutup dengan gletser sepanjang tahun, Gunung Erebus masih cukup panas dan memiliki danau lava.

9. Beruang Kutub Tidak Hidup di Antartika, Mereka Hanya Hidup di Artika

Fakta selanjutnya mengenai Antartika yang jarang diketahui oleh orang-orng adalah di kutub selatan tidak ada beruang kutub. Hal tersebut sangat bertentangan dengan anggapan orang-orang, dimana beruang kutub sebenarnya tidak hidup di Antartika. Hewan tersebut hanya ada di kutub utara, karena mereka tidak mungkin akan mencapai kutub selatan. Secara alami, beruang kutub sekarang ini hanya hidup di negara yang mengelilingi Lingkaran Artika seperti Alaska, Rusia, Greenland, Kanada, dan Norwegia.

10. Kutub Selatan Mempunyai Top Level Domain Sendiri

Seperti halnya negara-negara yang memiliki Top Level Domain, seperti Indonesia yaitu .id, Jepang dengan .jp, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan Antartika, wilayah tersebut juga memiliki top-level domainnya sendiri yaitu .aq.

11. Dulu Antartika Merupakan Tempat yang Hangat

Dahulu, pada 200 juta tahun yang lalu, kutub selatan merupakan tempat yang bersuhu hangat hingga pohon kelapa juga bisa tumbuh di sepanjang pantainya. Dulu, suhu di kutub selatan pernah mencapai di atas 20 C. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya 13 fosil pohon yang pernah ditemukan peneliti. Fosil tersebut diperkirakan berusia 200 juta tahun. Ini membuktikan bahwa Kutub Selatan dulunya wilayah yag subur dan hangat.

12. Di Antartika Terdapat Stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Ada sebuah stasiun pembangkit listrik tenaga nuklir di Kutub Selatan. Stasiun tersebut adalah McMurdo yaitu pembangkit listrik nuklir terbesar yang berada di Antartika. McMurdo telah dioperasikan oleh Negara Amerika Serikat mulai tahun 1962.

13. Di Antartika Memiliki Divisi Pemadan Kebakaran

Walaupun daratannya tertutup dan dipenuhi oleh es hingga minim terjadi kebakaran. Namun demi keselamatan, wilayah Antartika tetap harus memiliki divisi pemadan kebakaran. Divisi tersebut juga dimiliki oleh Mc Murdo. Walaupun tidak pernah terjadi kebakaran, tapi pekerja yang ditugaskan tetaplah tenaga profesional.

Itulah beberapa fakta menarik Kutub Selatan atau Antartika yag jarang diketahui oleh orang-orang. Apakah ada fakta menarik lain mengenai Kutub Selatan?

Baca Juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah