in

20 Tips Move On dari Mantan yang Sulit Dilupakan, Ampuh!

Sumber: analogicus/Pixabay

Tips Move On dari Mantan – Terkadang, hidup tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Ada kalanya kita mengalami kegagalan hubungan. Apalagi jika percintaan yang gagal itu sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Setiap hubungan yang gagal itu pasti menyakitkan. Kamu mungkin marah pada diri sendiri dan terus menangis. Saat hatimu  hancur, kamu akan melewati masa-masa yang sulit.

Patah hati bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Tidak ada penghiburan yang bisa meringankan rasa sakit. Namun, itu adalah sesuatu yang harus dihadapi setiap orang di beberapa titik. Tidak ada cara lain untuk menghilangkan patah hati selain melaluinya.

Beberapa psikolog menawarkan solusi praktis untuk menyembuhkan kamu dari kesedihan. Namun perlu diingat bahwa tips move on ini tidak akan membuat kesedihan hilang dalam semalam.

Pada akhirnya, move on adalah sebuah proses dan saran yang diberikan para psikolog ini adalah jalan keluar yang sehat. Untuk tidak jatuh ke dalam serangkaian perilaku yang menyakiti kita.

Ada banyak cara untuk move on, sehingga kamu bisa kembali merasa tenang dan nyaman melakukan aktivitas yang berbeda dan siap untuk membuka lembaran baru. Berikut tips move on dari mantan buat Sobat Grameds yang sedang patah hati.

Tips Move On dari Mantan Terbaik

Tips Move On dari Mantan
Sumber: schroederhund/Pixabay

Kamu tidak boleh terus-terusan galau, ini waktunya untuk move on dari mantan yang tak perlu kamu sesali. Menonton film, atau berolahraga saja tak akan cukup, ini tips terbaik move on dari mantan:

1. Berdamai dengan Situasi

Saat kamu sedang patah hati, kamu harus perlahan menerima dan memaafkan fakta yang menyebabkan kamu putus dengan mantan kamu. Jangan menganggap hubungan yang lalu sebagai kegagalan, tapi jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran untuk lebih berhati-hati dalam memilih pasangan dan membangun hubungan di masa depan.

2. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga dan Teman

Menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman juga bisa dijadikan salah satu cara untuk move on. Bertemu dengan orang-orang terdekat saat patah hati dapat membantu kamu merasa lebih didukung. Sebagai alternatif, kamu juga dapat meminta saran dari mereka tentang apa yang kamu butuhkan untuk menghadapi putus cinta.

3. Jangan Menyangkal bahwa Kamu Merasa Sedih

Merasa sedih saat patah hati itu wajar. Jadi, kamu tidak perlu malu untuk mengungkapkan perasaan kamu sendiri. Jika kamu perlu menangis untuk mengungkapkan kesedihan, maka menangislah jangan malu. Biasanya, setelah menangis, kamu akan merasa lebih lega, yang membuat kamu lebih siap untuk melanjutkan hidup.

4. Beri Diri Kamu Waktu untuk Lebih Rileks

Tidak perlu buru-buru kembali eksis, apalagi mencari pasangan baru hanya sebagai pelarian. Sebaliknya, rilekslah hingga kamu benar-benar merasa stabil, tenang, dan nyaman melakukan berbagai aktivitas. kamu juga bisa mencari dukungan dari keluarga dan teman untuk pulih dari perasaan dan keadaan kamu setelah patah hati.

The Architecture of Love | Di balik Pena

5. Bahagiakan Diri Sendiri

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk bersenang-senang, seperti membaca novel, mendengarkan musik, jalan-jalan atau berolahraga. Kegiatan tersebut sangat membantu dalam menghilangkan stres yang kamu rasakan akibat patah hati. Selain itu, membuat diri sendiri bahagia juga dapat memberi kamu perspektif baru tentang kehidupan, yang dapat memotivasi kamu untuk terus maju.

6. Temukan Teman dan Hubungan yang Baru

Tidak ada salahnya mencari teman baru. Kamu dapat bertemu orang baru saat berolahraga atau dalam kegiatan sukarela dan pengorganisasian. Selain menambah relasi juga bisa menambah pengalaman baru.

7. Jangan Takut untuk Jatuh Cinta Lagi

Saat patah hati, jangan terlalu lama mengunci diri ya Sobat Grameds, karena hidup itu indah untuk dinikmati, termasuk jatuh cinta lagi dan menemukan kekasih yang tepat. Hidup bebas dan tidak perlu terburu-buru untuk pacaran dengannya. Kamu harus menikmati hubungan baru ini tanpa beban apapun hingga kamu bisa serius menjalin hubungan dengannya.

8. Hadapi Masa Depan dengan Optimisme

Ketika hatimu hancur, sulit untuk berpikir optimis. Namun, ingatlah bahwa kamu memiliki banyak keuntungan yang dapat meningkatkan masa depan kamu. Berhentilah menyesali keadaan masa lalu dan mulailah bersikap optimis tentang impian dan tujuan masa depan kamu.

9. Lakukan Hal-Hal yang Bermanfaat

Daripada patah hati, luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang memiliki tujuan, seperti berolahraga, belajar memasak, atau mengikuti kelas kecantikan. Ini bisa menjadi cara untuk mengekspresikan emosi dengan cara yang positif atau (katarsis).

10. Terima Apa yang Terjadi

Merasa kesal, marah, dan sakit hati setelah putus cinta adalah hal yang wajar. Anda mungkin akan marah untuk waktu yang lama. Namun jika Anda tetap marah, itu hanya akan membuat Anda semakin stres.

Cara pertama untuk melupakan mantan yang masih kamu cintai adalah menerima apa yang terjadi. Saatnya anda mencoba langkah pertama ini, Anda harus menerimanya dan tidak terlalu memikirkannya apalagi terlalu banyak menganalisa sesuatu.

Anagha Bhave, Terapis sekaligus Psikolog Konseling, mengatakan mengakui rasa sakit Anda adalah langkah pertama dan terpenting untuk memulai perjalanan Anda setelah patah hati.

Anda harus menerima bahwa hubungan Anda sudah berakhir dan berhenti memohon untuk kembali, itu hanya akan menyakiti Anda. Cara yang baik untuk menerima apa yang terjadi adalah menulis tentang perasaan Anda. Tidak perlu bagus, tulis saja apa yang Anda rasakan. Bayangkan jika Anda menuliskannya, rasa sakit hati yang Anda rasakan akan melekat di kertas itu.

11. Belajar Melepaskan

Cara selanjutnya adalah belajar melepaskan. Itu tidak mudah, tetapi melepaskan atau merelakan adalah tahap yang paling penting dan sulit dalam hubungan apa pun. Ada begitu banyak kenangan dan Anda merasa seperti melupakan kenangan itu sepertinya tidak mungkin.

Anda merasa telah menginvestasikan banyak waktu, tenaga, dan air mata untuk membuat hubungan stabil untuk sementara waktu. Di balik semua ini, Anda harus memikirkan diri sendiri. Anda harus menghormati dan menghargai diri sendiri lebih dari orang lain. Jangan bergantung pada orang yang tidak menyukaimu, apalagi membuatmu sakit, Anda harus bisa belajar merelakan.

12. Jangan Terlalu Kejam pada Dirimu Sendiri

Berhentilah menyalahkan seluruh dunia atas perpisahan Anda dengannya. Hadapi kenyataan bahwa orang yang paling membuatmu marah adalah dirimu sendiri. Anda mungkin ingin mencari cara untuk menghukum diri sendiri dengan melakukan perilaku berbahaya atau memintanya untuk kembali.

Namun, ingatlah bahwa setiap orang membuat kesalahan. Lalu, yang harus Anda lakukan adalah menghapus air mata Anda dan menjaga agar mahkota Anda tidak jatuh. Ingatlah bahwa Anda lebih kuat dari yang Anda pikirkan!

13. Curhat pada Orang Terdekat

Terkadang menyimpan kesedihan untuk diri sendiri memang tidak enak. Anda akan merasa lebih tenang saat berbagi isi hati dengan orang terdekat yang Anda percayai.

Deborah Serani, Psy.D, psikolog klinis dan penulis Living with Depression, menyarankan untuk bersikap terbuka dalam memberi tahu teman Anda apa yang Anda butuhkan, mungkin sesederhana mengatakan “Saya hanya ingin didengarkan.”

Beri tahu mereka tentang kondisi Anda, itu akan meringankan Anda. Terlebih lagi, mereka hanya bisa memberi Anda saran dan saran terbaik agar Anda bisa cepat move on.

14. Tingkatkan Kualitas Diri

Saat Anda putus, ini adalah waktu terbaik untuk fokus pada diri sendiri. Pergi ke spa, manikur, atau salon. Anda juga bisa membeli baju, sepatu, celana atau tas untuk menjadikan diri Anda pribadi yang kuat dan mandiri.

Selain itu, terlibat dalam kegiatan yang bermanfaat seperti yoga, berenang, bersepeda, dan seni. Itu bisa meningkatkan kualitasmu. Anda akan membangun kepercayaan yang dihancurkan oleh hubungan Anda sebelumnya. Percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri membuat Anda akan bahagia.

15. Berhenti untuk Kepo tentang dirinya di Media Sosial

Setelah putus, Anda mungkin terus bertanya-tanya apa yang dia lakukan di beberapa titik dan bagaimana keadaannya sekarang.

Dengan bantuan media sosial, sangat mudah untuk mengetahui apa yang dia lakukan. Namun, mengikutinya hanya akan menambah kesedihan dan kecemasan Anda. Cara terbaik menghadapi putus cinta adalah dengan tidak sering-sering mengecek media sosialnya.

Studi menunjukkan bahwa orang yang masih penasaran dengan mantannya cenderung merasa tertekan setelah putus cinta, mengalami rasa rindu yang berkepanjangan, dan pertumbuhan pribadi yang terhambat.

16. Jangan Membuat Alasan untuk Bertemu Lagi

Anda mungkin berpikir bahwa hanya satu pertemuan yang dapat mendekatkan Anda. Namun, saat itulah Anda menyadari bahwa apa yang tidak bisa diselesaikan dalam suatu hubungan tidak akan pernah bisa diselesaikan dalam satu pertemuan.

Hubungan adalah masalah usaha di kedua sisi, dan setelah kematian yang menyakitkan, tidak ada gunanya mencoba untuk kembali bersama. Kalau kata Jill P. Weber Ph.D. di Psychology Today, melihat mantan kembali hanya mengingatkan Anda pada masa lalu, sehingga proses menerima bahwa Anda perlu move on akan terhambat.

17. Hindari Menghubungi Mantan

Mantan Anda mungkin masih ingin menghubungi Anda bahkan setelah putus. Jika hal ini terjadi, tentu akan lebih sulit bagi Anda untuk melupakannya. Bersikaplah santai tetapi perhatikan kebutuhan Anda. Anda dapat menghapus atau memblokir nomor tersebut jika ingin melupakannya.

Tetaplah sibuk sehingga Anda bahkan tidak punya waktu untuk berpikir untuk menghubunginya. Seperti yang disarankan oleh Jean Kim M.D., batasi kontak Anda dengannya sebisa mungkin. Anda mungkin mengalami detoksifikasi yang sulit, tetapi itu satu-satunya cara untuk maju dan bisa move on.

18. Singkirkan Hal yang Mengingatkanmu Tentangnya

Mungkin Anda menyimpan tiket konser saat pertama kali bepergian bersama, album foto, surat cinta, atau sweater yang Anda bawa saat pergi. Nah, sekarang saatnya untuk melepaskan tidak hanya harta, tetapi juga kenangan yang Anda rindukan.

Dr Gwendolyn Seidman dalam artikel Psychology Today-nya mengatakan bahwa pengingat mantan Anda dapat membuat Anda terikat dengan orang itu dan membuat Anda lebih sulit untuk melupakannya.

19. Jangan Berteman Dengannya Jika Masih Ada Perasaan

Jika Anda mencoba berteman dengan mantan Anda, itu akan menyakiti Anda lebih dari yang Anda kira. Begitu sebuah kapal berlayar, tidak ada gunanya mencoba memutarnya.

Persahabatan adalah hubungan yang sangat istimewa dan tidak boleh digunakan untuk motif tersembunyi. Jika Anda ingin terus berteman dan dia semakin dekat dengan orang lain, itu akan menyakiti Anda.

Jika menurut Anda meninggalkan hubungan bahkan sebagai teman itu memalukan, Anda mungkin ingat kutipan dari Marilyn Monroe ini: “Kadang-kadang, hal baik hancur agar hal lebih baik bisa masuk”.

20. Berhenti Menanyakan Kabarnya dari Sahabat

Memutuskan untuk putus antara Anda dan mantan berarti: Anda dan dia punya cara jalannya masing-masing. Jika Anda masih memikirkannya secara teratur dan terus berusaha mencari tahu, kapan Anda akan move on?

Tahan keinginan untuk mengetahui apa yang dia lakukan. Untuk melanjutkan hidup tanpa mantan pacar, beri diri Anda waktu untuk menjauh darinya secara fisik, emosional, dan mental sampai Anda benar-benar pulih.

Jika Anda mulai berpikir untuk bertanya kepada teman tentang mantan Anda, ingatlah kata-kata berikut dari Wilder Poetry: “Melepaskan itu sulit, tapi merasakan kebebasan itu indah.”

Rekomendasi Buku Tips Move On yang Bagus untuk Dibaca

1. Move On – Ely Susanti

Tips Move On

Ely Susanti menunjukkan bagaimana orang bisa menyelesaikan masalah mereka dengan life coaching. Bacalah buku ini dan dapatkan makna pembelajaran Anda dan raih kesuksesan Anda.

Hidup memiliki banyak masalah untuk diselesaikan, dan masalah terbesar adalah diri Anda sendiri. Ada ingatan, perasaan, dan pikiran pada orang yang tidak mudah dipahami. Melalui pembinaan, Ely Susanti telah membantu orang lain untuk lebih memahami diri sendiri dan menyadari pilihan hidup. Buku ini bagus untuk dibaca.

Setiap kisah yang diceritakan dalam Move On bisa dibilang merupakan buku kehidupan yang penuh makna dan pelajaran. Kisah jatuh bangun seorang anak dalam usahanya untuk hidup bahagia dan mulia seringkali sulit dipahami karena berbagai kendala, baik eksternal maupun internal.

Ely Susanti membantu dan memimpin orang lain melalui kesulitan mereka secara cerdas dengan berani introspeksi, mencari, dan menggunakan sumber daya internal, dan terutama dengan meningkatkan kesadaran diri. Buku ini sangat di rekomendasi untuk baca.

2. Bukan Move On Biasa – Pingkan C. B. Rumondor

Memang tidak ada jalan pintas, tetapi buku ini bisa menjadi “teman ngobrol” yang menyenangkan dan membantu Anda melewati masa lalu. Eits, buku ini ditulis oleh seorang psikolog lho, jadi informasi dan berbagai tipsnya akan terfokus, terpercaya dan informatif. Tidak percaya? Ayo, baca!

Terjebak cinta dengan mantan, seringkali seseorang sulit move on. Nyatanya, bahkan ketika kita curhat pada teman dekat, itu tidak akan menghasilkan jawaban. Buku ini bisa menjadi teman bicara untuk membantu Anda yang masih terjebak di masa lalu untuk maju.

Buku yang ditulis oleh beberapa psikolog ini juga menawarkan situasi tipikal dan lembar kerja untuk menemukan pelampiasan yang tepat untuk kisah cinta masa lalu. Jadi, bagi Anda yang masih belum bisa move on, tidak ada alasan untuk bersedih dan mengenang kembali kenangan masa lalu bersama mantan, dengan bantuan buku ini Anda bisa move on dan terus melangkah lebih maju.

3. Seri Komikin Ajah! Komik Gono Gini (20 Tips Move On) – Louis CKB

Buku ini membahas orang di dunia ini yang belum bisa bergerak maju dengan baik dan benar. Pada akhirnya, mereka menjadi bingung dan curhat ke media sosial, membiarkan orang di belahan dunia lain tahu bahwa mereka masih terjebak dalam hubungan masa lalu.

Bagi yang sedang patah hati dan ingin melupakan masa lalu, jangan khawatir! Buku ini akan membantu Anda dengan 20 tips untuk move on  yang diharapkan akan berhasil. Diresapi melalui komik tentang lima anak laki-laki pemarah yang memiliki cara mereka sendiri untuk melupakan mantan mereka, Anda pasti akan terinspirasi. Selamat membaca dan mencoba move on!

Penutup

Demikian ulasan informasi mengenai tips move on dari mantan. Buat Grameds yang ingin lebih tahu tentang informasi tips move on  lainnya kamu bisa mengunjungi Gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rujukan:

https://id.berita.yahoo.com/bukan-balas-dendam-ini-5-124000120.html

https://id.companysolutions.sk/2020-meaning-seeing-2020-angel-number

https://nurseberkarya.blogspot.com/2019/07/cara-move-on-mantan.html

Penulis: Ziaggi Fadhil Zahran

Baca juga terkait Tips Move On dari Mantan:

19 Cara Melewati Masa Putus Cinta dan Move On yang Ampuh!

Cara Move On dari Gebetan Agar Hidup Kembali Indah

Alasan Pria Susah Berpaling Setelah Berhubungan Alias Susah Move On

7 Tanda Cinta Bertepuk Sebelah Tangan dan Cara Move on dari Patah Hati

Cara Move On Terbaik Dari Seseorang, Bukan Hanya Tentang Melupakan

22 Cara Move On Dari Mantan Yang Ampuh

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Veronika N

Ketika bicara tentang hubungan, pastinya akan selalu menarik untuk dibahas. Saya pun juga senang membuat tulisan dengan tema relationship.