in

12 Arti Mimpi Haid yang Seringkali Menjadi Pertanda Sedang Frustasi!

pexels.com

Mimpi Haid – Apakah Grameds pernah mimpi haid? Haid atau menstruasi atau datang bulan merupakan keluarnya darah dari vagina yang terjadi sebagai suatu dampak dari siklus bulanan seorang perempuan.

Siklus tersebut menjadi bagian dari proses organ reproduksi perempuan dalam mempersiapkan kehamilan dan haid ini berlangsung secara alami. Biasanya, sebelum masa haid datang, seorang perempuan akan mengalami masa-masa Pre Menstruation Syndrome atau PMS.

Ketika seorang perempuan mengalami masa PMS atau haid, biasanya ia akan mengalami kram perut, perut kembung atau bahkan pusing atau merasa. Ditambah, kondisi mood atau suasana hati yang akan sering berubah ketika PMS dan haid. Namun, pernahkah Grameds mengalami mimpi ini? Apakah hal tersebut suatu yang alami atau memiliki arti dan tafsir tertentu? Simak penjelasan mimpi haid berikut ini.

Arti Mimpi Haid

Mimpi Haid
pexels.com

Menurut Dreaming and Offline Memory Processing, dijelaskan bahwa aktivitas pikiran maupun otak seseorang tidak pernah berhenti bekerja. Meskipun pada sebagian besar waktu ketika seseorang bangun, akan dihabiskan untuk memproses rangsangan sensorik serta melakukan respon perilaku.

Ketika seseorang beristirahat, otak pun akan kembali bebas menjelajahi masa lalu maupun masa depan dengan menciptakan lamunan dan membuat suatu skenario fiktif. Ketika seseorang tidur, maka rangsangan sensorik pun menjadi sangat minimum. Akan tetapi, pikiran seseorang masih memproses informasi dengan fragmen memori untuk membuat gagasan, gambaran maupun narasi yang akhirnya disebut sebagai mimpi.

Dr. Leslie Beth Wish dalam Elite Daily menjelaskan bahwa pengalaman mimpi ini merupakan suatu hal unik yang dapat dialami oleh seseorang bergantung pada situasi yang ia alami dan dapat memiliki makna negatif ataupun positif bergantung dengan suasana hati ketika sedang bermimpi haid.

Untuk mendapatkan arti mimpi ini, Grameds bisa mencoba untuk mengingat-ingat kembali bagaimana perasaan Grameds, adakah kehadiran dari objek lainnya, adakah orang lain yang ikut terlibat atau situasi semacam apa yang ada dalam mimpi.

Lalu, cobalah untuk memikirkan apa makna dari benda, orang maupun situasi dalam mimpi Grameds dan pada dunia nyata. Namun, jika hal tersebut terlalu membingungkan, berikut arti mimpi ini secara umum.

1. Perasaan Stres dan Cemas

Arti mimpi haid yang pertama adalah menjadi lambang bahwa Grameds sedang mengalami kecemasan, stres atau bahkan merasa tegang. Mimpi haid mungkin merupakan salah satu bentuk dari kesadaran tubuh Grameds akan adanya beberapa perubahan hormon yang terjadi setiap bulan pada setiap siklus.

Untuk sebagian besar perempuan, datangnya masa haid dapat menimbulkan beberapa ketidaknyamanan pada fisik maupun suasana hati yang mudah sekali berubah dan sulit untuk dikontrol.

Karena hal tersebutlah, mimpi haid dapat menjadi pesan simbolik bahwa Grameds sedang khawatir dan juga merasa cemas akan suatu masalah yang Grameds alami pada dunia nyata.

2. Waktunya Mengambil Keputusan

Selain menjadi lambang perasaan stres, arti mimpi haid selanjutnya adalah menunjukan adanya proses kedewasaan secara kepribadian, semakin feminim serta ada tanda positif ketika seseorang sedang menjalani hubungan dengan seseorang spesial.

Haid memang menjadi salah satu pertanda bahwa anak perempuan telah mulai menginjak masa-masa dewasa secara fisik. Oleh sebab itu, tidak aneh apabila mengartikan mimpi haid sebagai suatu pengingat bahwa Grameds telah siap untuk melangkah maju.

Mimpi ini juga bisa menjadi pertanda bahwa Grameds siap untuk mengambil keputusan dan merasakan pengalaman yang sebelumnya belum pernah Grameds alami. Sebab, Grameds adalah seorang dewasa yang mampu bertanggung jawab serta mampu mengatasi berbagai macam ketakutan.

Contohnya seperti ketika Grameds akan memutuskan apakah Grameds telah siap untuk memiliki anak atau tidak, kemudian mimpi haid bisa menjadi pertanda bahwa saat itu Grameds sedang dalam masa subur dan siap untuk memiliki buah hati.

3. Merasa Tertekan dan Lelah

Volume haid yang banyak juga akan membuat tubuh seorang perempuan kehilangan terlalu banyak darah, maka akibatnya ia akan mudah merasa lesu seperti kehilangan banyak energi.

Hal ini dapat dikaitkan dengan arti mimpi haid. Ketika bermimpi haid, Grameds mungkin akan banyak merasakan suatu hal ketika bangun seperti kehilangan konsentrasi, waktu, kehilangan banyak energi ataupun merasa lelah.

Perasaan seperti ini muncul karena akibat dari adanya tekanan dari berbagai pihak atau Grameds merasa tersakiti serta merasa terancam secara fisik atau bahkan mental yang akhirnya membuat Grameds merasa sangat emosional dan kelelahan.

Mimpi Haid

4. Ada Masalah yang Belum Terselesaikan

Ketika mimpi haid, mimpi ini bisa menjadi salah satu wujud dari masalah maupun situasi hidup yang membuat Grameds merasa tidak senang, sehingga Grameds membutuhkan perhatian lebih. Pada umumnya, masalah semacam ini akan mengganggu dan membuat Grameds tidak dapat mengabaikannya.

Berbagai masalah yang mengganggu pikiran akan menyela kegiatan sehari-hari, sehingga Grameds harus menyelesaikan permasalahan tersebut lebih dulu, meskipun Grameds tidak menginginkannya.

Situasi semacam ini tentu saja mirip seperti ketika Grameds mengalami datang bulan yang seringkali datang secara tiba-tiba dan harus diurus lebih dulu, sebelum akhirnya Grameds dapat fokus pada pekerjaan lainnya.

Apabila dilihat dari sudut pandang lainnya, arti mimpi haid ini juga menjadi suatu pertanda bahwa Grameds terlalu fokus ketika menyelesaikan masalah hingga Grameds melupakan hal-hal baik yang sedang terjadi dalam hidup.

Mimpi semacam ini dapat muncul untuk menjadi pengingat bahwa Grameds sedang lengah menyadari kesempatan karena terlalu mencurahkan tenaga dan pikiran pada suatu masalah.

Grameds mungkin merasa kesal dan juga isi pada orang lain karena tidak perlu berurusan dengan permasalahan yang sedang Grameds hadapi saat itu.

5. Akan Ada Rahasia yang Terbuka

Arti mimpi haid selanjutnya adalah akan ada suatu rahasia yang terbuka. Akan tetapi arti mimpi yang satu ini hanya dapat ditafsirkan jika dalam mimpi Grameds mendapati celana maupun baju berlumuran dengan darah.

Ketika Grameds bermimpi haid seperti ini, maka Grameds telah siap untuk membuka suatu rahasia yang disimpan dengan cukup lama. Kemungkinan Grameds akan segera membuka rahasia tersebut dikarenakan pada masa lalu rahasia tersebut dapat menyakit beberapa pihak maupun orang-orang di sekeliling Grameds.

Di alam bawah sadar, Grameds akan mengeluarkan perasaan serta emosi yang telah lama dipendam karena menyimpan rahasia tersebut sendirian dalam bentuk mimpi haid.

Seperti yang Grameds ketahui, bahwa haid terkadang datang disertai dengan rasa sakit. Mirip dengan kondisi semacam ini, Grameds mungkin menyimpan rahasia yang menyakitkan untuk diri sendiri, sehingga membuat emosi serta perasaan Grameds merasa lelah dan sedih dalam waktu yang cukup panjang.

Apabila rahasia yang Grameds simpan sendirian memang menyakiti orang lain, maka Grameds perlu meminta maaf agar merasa nyaman dan lebih lega. Selain itu, permintaan maaf juga dapat meringankan beban pikiran Grameds. Maka, mimpi haid pun tidak akan kembali terulang.

6. Merasa Frustasi

Biasanya, mimpi ini seringkali disertai dengan perasaan negatif yang menunjukkan bahwa Grameds sedang mengalami perasaan frustasi dan membutuhkan waktu untuk dapat menyelesaikan suatu masalah.

Seperti masalah, datangnya haid sering kali tiba-tiba memang membutuhkan waktu pribadi untuk menyelesaikan dan membersihkan semuanya. Beberapa masalah, memang membutuhkan waktu khusus untuk dapat diselesaikan, sehingga selama proses menyelesaikan masalah tersebut ada hal-hal yang membuat Grameds terhambat untuk terus maju.

Rasa frustasi pun akhirnya muncul karena Grameds merasa tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan masalah yang mengganggu tersebut. Perasaan ini kemudian muncul dalam bentuk mimpi dan menjadi pengingat bahwa Grameds harus segera menyelesaikan masalah dan menghentikan perasaan frustasi.

Bahkan, jika perlu, tidak ada salahnya bagi Grameds untuk mencari pertolongan agar dapat menyelesaikan masalah tersebut, terutama apabila masalah yang Grameds hadapi telah menyebabkan rasa frustasi dan berlarut-larut.

Arti Mimpi Haid dengan Beberapa Kondisi Tertentu

Mimpi Haid
pexels.com

Tahukah Grameds bahwa mimpi haid dengan keadaan tertentu akan memiliki arti mimpi yang berbeda-beda. Contohnya ketika Grameds mimpi haid dengan darah yang banyak atau bermimpi masa menstruasi telah selesai, keduanya memiliki arti yang berbeda.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa mimpi haid memiliki arti yang berbeda bergantung pada situasi yang ada pada alam mimpi, bagaimana keadaan dalam mimpi tersebut, adakah orang yang terlibat dan semacamnya. Agar tidak bingung, berikut arti mimpi haid dengan beberapa keadaan tertentu.

1. Mimpi Menstruasi Selesai

Jika Grameds pernah mengalami mimpi haid berupa masa menstruasi selesai, maka artinya mimpi ini menjadi tanda akan perasaan Grameds yang lega. Sebelum bermimpi haid seperti ini, apakah Grameds sempat memiliki masalah yang cukup berat hingga akhirnya menyita banyak waktu di dunia nyata?

Jika iya, maka mimpi haid yang satu ini bisa menjadi sebuah pertanda dan petunjuk bahwa situasi Grameds saat ini telah membaik dan masalah yang Grameds alami pun telah selesai dengan baik.

Mimpi haid selesai akan memunculkan perasaan positif yang baik bagi perkembangan diri Grameds, seperti timbulnya rasa percaya diri, merasa bebas, merasa lebih cantik dari biasanya. Perasaan-perasaan seperti muncul sebagai salah satu dampak dari mimpi haid telah selesai.

2. Mimpi Mengalami Haid Telat

Siklus menstruasi yang tidak teratur, akan membuat perasaan Grameds menjadi gelisah. Arti mimpi mengalami siklus haid yang telat, mungkin saja akan membawa perasaan negatif dalam diri Grameds.

Contohnya perasaan seperti terkejut, kecewa atau bahkan muncul perasaan tidak senang yang tentu saja tidak pernah Grameds harapkan. Akan tetapi, mimpi haid telat datang juga menjadi suatu refleksi bahwa ada keadaan optimis dari Grameds mengenai suatu hal yang akan datang dan hal tersebut akan berbeda dan menjadi lebih baik dalam hidup Grameds.

3. Mimpi Menstruasi dengan Banyak Darah

Apakah Grameds pernah mengalami mimpi haid dengan jumlah darah yang banyak atau bermimpi melihat pembalut dan tampon yang penuh dengan darah, hingga akhirnya darah tersebut tembus ke celana seperti ketika Grameds mengalami haid yang sedang deras.

Arti mimpi haid seperti ini menunjukkan bahwa bahwa Grameds saat itu sedang mengalami perasaan kecemasan berlebihan. Mimpi haid dengan banyak darah, menjadi refleksi bahwa Grameds sedang mengalami ketegangan dalam hidup dan hal tersebut akan segera berakhir.

Pembalut, tampon, maupun celana yang bersimbah darah ini menjadi perlambangan bahwa adanya perdebatan atau keributan yang akan segera Grameds lupakan.

Arti lainnya dari mimpi ini dengan jumlah darah yang banyak juga mewakili perasaan Grameds yang merasa tidak lagi menarik dan merasa khawatir tentang pandangan orang lain pada diri Grameds.

Jika Grameds bermimpi haid hingga darah menstruasi terjatuh ke lantai maupun tanah, maka artinya Grameds perlu berhati-hati dengan kenalan baru.

Mimpi Haid

4. Mimpi Haid Ketika Hamil

Tahukah Grameds bahwa mimpi mengalami haid ketika masa hamil bukanlah suatu hal yang jarang terjad? Apabila Grameds mengalami mimpi haid ketika hamil, maka artinya Grameds sedang merefleksikan perasaan frustasi, stres serta efek fisik kehamilan yang tentu saja tidak selalu menyenangkan.

Mimpi haid ketika hamil juga bisa menjadi penanda bahwa Grameds memerlukan waktu pribadi yang cukup untuk dapat melepaskan perasaan stres dan juga menyegarkan pikiran.

Jika bermimpi haid ketika hamil, maka Grameds harus segera beristirahat dan melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan bagi Grameds. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan juga mental demi diri Grameds dan tentunya janin yang ada pada kandungan Grameds.

5. Mimpi Haid pada Laki-laki

Rupanya mimpi haid tidak hanya terjadi pada perempuan saja, tetapi juga bisa terjadi pada seorang laki-laki. Hal ini tentu saja aneh, terutama karena seorang pria tidak mengalami menstruasi.

Mimpi haid pada seorang pria biasanya memiliki makna yang mengacu pada rekonsiliasi sentimental. Mimpi haid ini pada umumnya dialami oleh Grameds yang sedang memiliki krisis pada hubungan dengan pasangan dan membuat emosi Grameds menjadi tidak stabil.

Arti mimpi haid pada seorang laki-laki juga dapat dilihat sebagai simbol kembali hubungan Grameds dengan seseorang menjadi lebih damai dan penuh dengan pengertian. Warna merah darah pada haid, menjadi simbol adanya gairah pada hubungan Grameds dengan pasangan. Oleh sebab itu, mimpi ini bisa menjadi pertanda bahwa Grameds siap untuk bertukar pikiran dengan pasangan Grameds.

Tafsir lainnya dari mimpi haid yang dialami oleh seorang pria adalah sebagai pertanda bahwa Grameds telah siap menjadi seorang ayah dan akan segera memiliki seorang buah hati.

Apabila dalam mimpi tersebut, Grameds melihat pasangan atau istri yang sedang mengalami menstruasi, maka arti mimpi tersebut adalah Grameds ingin segera menjadi seorang ayah. Jadi, mimpi ini biasa menjadi pertanda bahwa inilah waktu yang tepat bagi grameds untuk membicarakan topik semacam ini dengan istri dan segera mewujudkannya.

6. Mimpi Melihat Orang Lain Haid

Mimpi haid tidak hanya mimpi menstruasi yang dialami oleh diri sendiri, tetapi juga bisa menjadi Grameds bermimpi melihat seseorang sedang mengalami menstruasi.

Apabila Grameds bermimpi melihat seseorang sedang mengalami haid, maka ini mimpi ini biasa menjadi suatu pertanda buruk dan negatif. Mimpi ini bisa menjadi tanda, bahwa akan ada seseorang yang bersikap tidak setia pada Grameds.

Mimpi ini juga menjadi suatu pertanda bahwa dalam waktu dekat, orang tersebut bisa membuat Grameds merasa kecewa. Orang tersebut, biasa saja seseorang yang berasal dari lingkaran terdekat seperti keluarga, teman, kolega atau bahkan kekasih. Oleh sebab itu, Grameds perlu berhati-hati dan bersikap waspada.

Mimpi Haid

Itulah beberapa arti mimpi haid dan tafsir jika Grameds mengalami mimpi haid. Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Jika Grameds ingin mengetahui tafsir mimpi lebih lanjut tentang mimpi apapun, maka Grameds bisa mendapatkan informasinya dengan membaca buku. Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku bermanfaat dan original untuk Grameds.

Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Daftar Best Seller Buku Tafsir Mimpi 2022 di Gramedia
  2. 17 Arti Mimpi yang Sering Terjadi Beserta Penjelasannya
  3. 10+ Arti Mimpi Dikejar Orang dan Analisis Mimpi Menurut Freud
  4. 13 Arti Mimpi Hamil yang Perlu Diketahui dari Pertanda Baik hingga Buruk
  5. 16 Arti Mimpi Menikah dan Sebab Kejadian Tersebut
  6. Ketahui Tafsir Mimpi Angka: Mulai dari Angka Satu Sampai Sembilan
  7. 16 Arti Mimpi Dikejar Zombi dari Berbagai Sumber Terpercaya!
  8. 33 Arti Mimpi Orang Gila Tak Terduga, Pertanda Baik atau Buruk?
  9. 6 Arti Mimpi Kehilangan Uang Bisa Jadi Pertanda Baik, Apa Itu?


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi

Saya senang dengan dunia tulis menulis karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Saya suka menulis tema-tema trivia terutama tentang dunia mimpi.