in

6 Arti Mimpi Kehilangan Uang Bisa Jadi Pertanda Baik, Apa Itu?

pixabay.com

Mimpi Kehilangan Uang – Hampir setiap orang mengalami mimpi. Bahkan, terdapat juga sebagian orang yang kemudian mendapatkan mimpi hampir setiap malam di dalam tidurnya. Tentu saja mimpi yang datang ini sangatlah bermacam-macam. Misalnya, ada juga yang bermimpi menyenangkan atau bahkan bermimpi yang mengerikan serta menakutkan.

Berbagai mimpi tersebut tentu memiliki makna tersendiri. Bahkan, bisa dibilang kalau mimpi merupakan pesan atau suatu pertanda dalam kehidupan nyata si pemimpi.

Mimpi juga dapat menjadi sangat menghibur, mengganggu, hingga terasa luar biasa aneh. Saat terbangun, terkadang mimpi ini secara langsung akan terlupakan. Rupanya mimpi merupakan cerita serta gambaran dalam benak yang tercipta sewaktu tidur.

Jadi, ketika seseorang bermimpi, maka ia akan merasa seperti ada di dunia nyata. Namun, tak jarang pula mimpi dapat terasa membingungkan atau sebaliknya, yang sangat logis dan masuk akal.

Siapapun tak dapat mengendalikan mimpi. Sebab, mimpi bisa terjadi kapanpun sewaktu tidur. Namun, mimpi yang paling nyata ini terjadi pada fase REM (Rapid Eye Movement), di mana otak kemudian paling aktif. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa manusia bermimpi sekitar 4-6 kali per malamnya.

Dari sekian banyak mimpi yang dialami oleh banyak orang, salah satunya adanya mimpi kehilangan uang. Mimpi kehilangan uang bisa dibilang sebagai salah satu mimpi buruk karena dalam mimpi tersebut harta yang kita miliki oleh hilang. Lalu, sebenarnya arti dari mimpi kehilangan uang itu apa?

Kamu bisa temukan jawabannya di artikel ini. Namun, sebelum membahas arti mimpi kehilangan uang, ada baiknya kalau kita membahas tentang penyebab mimpi buruk terlebih dahulu.

Penyebab Seseorang Bermimpi Buruk

Definisi mimpi sebagai gambaran pikiran dan emosi yang dialami oleh seseorang dalam fase tidur. Mimpi yang paling diingat sendiri biasanya merupakan mimpi yang terjadi dalam tahap tidur REM (rapid eye movement).

Fase tidur ini dapat dikatakan sebuah tahapan tidur yang membuat napas menjadi lebih cepat atau tidak teratur, sedangkan mata terus bergerak ke segala arah dengan cepat. Fase tidur REM juga terjadi sekitar satu setengah jam setelah kamu tertidur yang kemudian dilanjutkan lagi setiap 90 menit atau lebih sepanjang malam. Pada fase ini, seseorang bisa bermimpi buruk.

Adapun beberapa penyebab seseorang mengalami mimpi buruk, antara lain:

1. Stres

Hampir semua orang pasti pernah mengalami stres. Kondisi ini sendiri dapat muncul karena masalah yang terjadi di rumah ataupun di tempat kerja. Namun, stres juga dapat muncul akibat perubahan besar yang terjadi di dalam hidup. Misalnya saja, pada kematian seseorang yang berharga dalam hidup kemudian dapat memberikan efek yang sama.

Nah, dalam kondisi ini ternyata bisa menjadi pemicu seseorang mengalami mimpi buruk. Dalam hal ini, stres yang menjadi penyebab mimpi buruk, seperti adanya rasa sedih yang berlebih , rasa traumatis, dan juga suatu kondisi yang menyebabkan kecemasan.

2. Gangguan Mental

Gangguan mental, seperti diantaranya depresi, gangguan kecemasan, bipolar, serta skizofrenia. Kondisi ini juga dapat memicu mimpi buruk, khususnya ketika kamu terlalu memikirkan masalah-masalah yang membebani pikiran selama berada di dalam tahap tidur REM (Rapid Eye Movement) serta mencoba mengatasinya.

3. Kurang Tidur

Pernahkah kamu begadang hingga akhirnya mengalami kurang tidur? Nah, ternyata, kondisi ini juga dapat menjadi pemicu munculnya mimpi buruk. Apalagi jika kamu memang memiliki pola tidur yang berantakan, sehingga risiko dari mengalami mimpi buruk kemudian akan semakin besar.

Pola tidur yang berantakan biasanya bermula dari perubahan aktivitas harian, sehingga Anda tidak bisa beristirahat pada jam tidur seperti biasanya. Jadi, kamu akan mengalami kurang tidur serta sering bermimpi buruk. Selain itu,insomnia atau sulit tidur juga akan menyebabkan kamu mengalami mimpi buruk.

4. Penggunaan Obat-obatan

Menurut Mayo Clinic, terdapat beberapa jenis obat-obatan yang dapat memicu kamu mengalami mimpi buruk. Beberapa di antaranya adalah antidepresan, obat tekanan darah tinggi, beta blockers, serta obat untuk mengatasi berbagai penyakit Parkinson atau membantu berhenti merokok.

Bahkan, obat-obatan yang berasal dari dokterpun bertujuan mengatasi kondisi kesehatan tertentu yang akan menyebabkan mimpi buruk. Umumnya, obat-obatan yang dapat mengakibatkan mimpi buruk adalah obat yang dapat mempengaruhi sistem saraf.

5. Konsumsi Alkohol atau Obat-obatan

Memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol ataupun penyalahgunaan obat berpotensi merusak fungsi otak. Selain itu, jika kamu melakukan kebiasaan ini sebelum pergi tidur, risiko mengalami mimpi buruk juga akan semakin meningkat.

Hal ini karena ketika mengonsumsi alkohol dan obat-obatan secara berlebihan, maka akan memudahkan kamu mengalami REM saat tertidur. Begitu efek alkohol atau obat habis saat kamu sedang tidur, otak juga menjadi kebingungan serta berusaha kembali mengurutkan kembali siklus tidur yang benar.

Ini tandanya, aktivitas otak selama tidur juga akan berubah tak teratur. Oleh karena itu, kamu akan menjadi kesulitan untuk tidur nyenyak. Kekacauan aktivitas otak ini juga akan terjadi terus-menerus, bahkan saat kamu telah berhenti minum alkohol atau obat selama berminggu-minggu.

6. Pengalaman Mimpi Buruk Sebelumnya

Mengalami kondisi ini secara terus-menerus sendiri dapat terjadi jika kamu memiliki riwayat atau pengalaman yang sama saat masih anak-anak maupun remaja. Ya, meski sempat berhenti, kondisi ini juga akan muncul kembali saat kamu sudah dewasa.

Mimpi buruk yang tidak ditangani secara serius bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi, mulai dari mood yang terganggu, gangguan kecemasan, ataupun depresi. Selain itu, akibat lain dari mimpi buruk yang terjadi secara terus menerus adalah rasa ngantuk di siang hari, sehingga aktivitas sehari-hari tidak dapat dilakukan dengan maksimal.

Jika sering mengalami mimpi buruk, maka untuk mengatasi kondisi ini, kamu tentu akan membutuhkan bantuan profesional untuk mengatasi kondisi ini. Dengan begitu, kamu bisa tidur dengan lebih nyenyak setelahnya.

Arti Mimpi Kehilangan Uang

Mimpi Kehilangan Uang
pixabay.com

Mimpi kehilangan uang sendiri dapat menjadi penyebab panik dan cemas. Ditakutkan mimpi ini juga akan menjadi pertanda yang buruk dalam urusan finansial. Hal ini bukan tanpa alasan karena ketika melihat uang kemudian juga menjadi alat tukar-menukar yang berharga, sehingga setiap orang akan berlomba-lomba mendapatkan uang yang banyak di dalam tabungannya.

Apalagi, jika kamu kemudian memiliki uang yang banyak, kamu juga menjadi takut kehilangan uang dalam sekejap. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang arti mimpi kehilangan uang, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Arti Mimpi Kehilangan Uang karena Dicuri

Mimpi ini juga menjadi pertanda yang baik di dalam kehidupanmu. Alam bawah sadar juga memberikan sinyal bahwa kamu tak perlu cemas dalam menjalani hidupmu. Kamu juga akan segera mendapat jawaban serta solusi yang selama ini kamu cari. Apalagi, jika kamu sedang dirundung permasalahan. Solusi serta jawaban ini juga dapat datang dari dirimu sendiri atau dibantu orang lain.

2. Arti Mimpi Kehilangan Uang dan Emas

Jika kamu kehilangan uang serta emas secara bersamaan dalam mimpi, maka bisa menjadi pertanda yang baik di dalam kehidupan kamu. Hal ini karena mimpi ini kemudian diartikan bahwa kamu akan segera mendapatkan rezeki yang selama ini kamu impikan. Selain itu, kamu juga akan segera mendapatkan rumah baru sesuai dengan keinginanmu.

3. Arti Mimpi Kehilangan Uang Bersama Dompetmu

Mimpi Kehilangan Uang
pixabay.com

Jika di mimpi kamu bermimpi kehilangan uang bersamaan dengan dompetmu, sebaiknya kamu segera waspada serta hati-hati. Janganlah ceroboh dengan segala keputusan yang telah kamu perbuat. Selalu pikirkan sebelum bertindak. Mimpi ini juga dapat menandakan akan ada hal baik yang datang dalam hidupmu. Kamu juga akan segera mendapatkan rezeki di waktu yang tidak akan kamu duga.

4. Arti Mimpi Kehilangan Uang karena Jatuh

Saat kamu sedang berpergian, tidak dipungkiri lagi bahwa uang yang kamu simpan di dompet atau tas bisa saja terjatuh dalam perjalanan, sehingga akan menimbulkan rasa cemas. Namun, apabila hal ini terjadi dalam mimpi, maka bisa menandakan kalau akan ada hal baik.

Mimpi ini berarti kalau seseorang akan datang ke rumah untuk membawa kabar gembira. Bahkan, kabar ini menjadi hal yang kamu tunggu-tunggu selama ini.

5. Arti Mimpi Kehilangan Uang Menurut Primbon Jawa

Mimpi Kehilangan Uang
pixabay.com

Mimpi kehilangan uang menurut primbon ini berarti kalau akan ada rezeki yang datang ke rumah kamu. Bahkan, rezeki yang akan diterima cukup banyak atau bisa dibilang berlimpah, seperti akan mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, mendapatkan jodoh, dan sebagainya.

Namun, mimpi ini juga dapat menjadi pertanda yang tak baik dalam hidupmu. Kamu akan segera kehilangan orang yang berarti, baik itu dari anggota keluarga, pasangan, sahabat, serta dari teman terdekatmu.

Arti mimpi kehilangan uang lainnya menurut primbon ialah kamu tengah berada di posisi yang tidak sehat secara mental. Kepercayaan dirimu, ambisi, atau bahkan harga dirimu sedang berada di kondisi yang tidak baik. Hal ini juga berpengaruh kepada kebahagiaan kamu.

6. Arti Mimpi Kehilangan Uang yang Banyak

Mimpi Kehilangan Uang
pixabay.com

Jika di dalam mimpi, kamu juga mengalami kehilangan uang yang banyak mungkin kamu akan dihantui rasa sedih, rasa cemas, serta rasa panik. Namun, kamu tak perlu khawatir, arti mimpi kehilangan uang yang banyak menandakan kalau akan ada hal baik yang datang.

Jika kondisi kesehatanmu sedang turun, kamu juga akan segera sembuh serta mendapatkan kesehatan kembali. Kamu juga akan segera sembuh dari penyakit yang tengah kamu derita. Jika kamu sedang dirawat rumah sakit, maka kamu juga akan segera mendapatkan kabar yang baik.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Mimpi Kehilangan Uang

1. Mimpipedia : Karena Setiap Mimpi Punya Arti

Mimpi Kehilangan Uang

Percaya nggak sih kalau semua orang di dunia ini pernah mimpi? Dan percaya nggak kalau setiap mimpi itu ada artinya? Kayak arti cintaku padamu… *kedipin mata* (Ok, skip! Maap, yang ini curhatan).

Tapi, gue serius, semua orang pernah mimpi. Bahkan mereka yang menderita tunanetra juga bisa mimpi, lho. Kalau lo nggak percaya, baca buku ini, dijamin lo bakal nemu semua hal tentang mimpi yang bikin lo bengong kaya jomblo ngeliat, mantan jalan sama gebetannya. Mimpi itu ada legendanya, ada tafsirnya, ada penjelasan medisnya, ada faktor yang mempengaruhinya, dan lebih kencang lagi lo bisa ngerencanain mimpi lo lagi di mana, dengan siapa, dan sedang berbuat apa. *jadi nyanyi* Oke, biar lo nggak penasaran, buruan minta uang ke nyokap, lari keliling komplek buat nyari nih buku, beli (bukan pinjem), dan baca nih buku!

2. Tafsir Mimpi Umar Khayyam

Mimpi Kehilangan Uang

Pernahkah kamu bermimpi sampai terbangun dari tidur, tapi tidak tahu apa “pesan”-nya untuk kehidupanmu? Jika iya, kitab klasik karya Umar Khayyam (1048-1131 M) ini mungkin bisa membantumu. Ditulis sejak 1000 tahun yang lalu, buku yang terdiri dari 20 bab ini menjelaskan secara lengkap berbagi mimpi yang mungkin pernah atau akan kita alami. Umar Khayyam adalah ulama asal persia yang selama ini lebih dikenal sebagai ilmuwan di bidang astronomi, matematika, dan sastra.

Salah satu karya termasyhurnya adalah Rubaiyat Umar Khayam. Namun begitu, tak banyak yang tahu, beliau juga menulis buku tentang tafsir mimpi. Dan tentu saja, karyanya ini jauh sebelum kehadiran buku-buku soal mimpi di barat, seperti karya Sigmund Freud dengan The Interpretation of Dream-nya di abad ke 20. Pesan penting buku ini adalah bahwa mimpi kita sehari-hari, pada dasarnya, jika bisa diinterpretasikan secara tepat, dapat membantu kita untuk mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup kita sehari-hari.

3. Tafsir Mimpi Menurut Al Qur`an dan Sunnah

Mimpi Kehilangan Uang

Isi Tafsir mimpi berbeda dengan ramalan klenik. Namun, mimpi juga bisa berarti prediksi akan kehidupan masa depan, seperti halnya mimpi yang ditakwilkan oleh Nabi Yusuf a s. atas mimpi yang dialami oleh Raja Mesir. Nabi Yusuf a.s. telah bermimpi dan Nabi Yusuf a.s. telah dianugerahi Allah SWT kemampuan menakwilkan mimpi. Dua persoalan tentang mimpi tersebut telah diceritakan dalam Al-Qur’an. Begitu lengkapnya Islam membahas segala persoalan hidup, bahkan mimpi pun tak luput pembahasannya dalam agama Islam.

4. Tafsir Arti Mimpi Edisi Lengkap dan Terupdate

Mimpi Kehilangan Uang

Berdasarkan mukjizat Nabi Yusuf AS yang mampu menafsirkan mimpi, sehingga lahirlah ilmu khusus yang mempelajari tentang arti mimpi. Bagi sebagian orang, mimpi hanyalah bunga tidur, tanpa arti atau kesan apa-apa. Namun sebenarnya tidaklah demikian, sejak ribuan tahun silam, sejak masa Nabi Yusuf dan Ibrahim, Tafsir mimpi ini sudah dimulai dan menjadi penanda, akan apa-apa yang akan dialami dalam hidup kedepannya.

Karena hal tersebutlah, maka disusun buku ini sebagai upaya memberikan gambaran mengenai Tafsir atau arti dari mimpi-mimpi yang selalu datang menyambangi anda setiap malam-malamnya. Semoga kehadiran buku ini dapat menjadi penanda dan semangat anda dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Penutup

Pada dasarnya, setiap orang pasti pernah mengalami mimpi buruk, hanya saja mimpi buruknya berbeda-beda, ada yang bermimpi ketemu hantu, dikejar ular, hingga mimpi kehilangan uang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau mimpi kehilangan uang bisa menjadi pertanda baik atau buruk.

Demikian pembahasan tentang arti mimpi kehilangan uang. Sebagai catatan (arti mimpi kehilangan uang), penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Ingin mendalami ilmu tafsir mimpi? Kamu bisa melakukannya dengan membaca buku-buku tentang tafsir mimpi. Buku-buku tersebut bisa kamu temukan di gramedia.com. Jangan ragu untuk beli buku di gramedia.com karena buku-bukunya dijamin ori.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia siap menambah wawasan kamu terhadap tafsir mimpi. Dengan buku-buku terbaik pilihan kami, Gramedia selalu siap yang menjadi terdepan untuk menemani kamu dalam menggapai tujuanmu dan agar kamu jadi #LebihDenganMemabaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: Dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 17 Arti Mimpi yang Sering Terjadi Beserta Penjelasannya
  2. 10+ Arti Mimpi Dikejar Orang dan Analisis Mimpi Menurut Freud 
  3. 16 Arti Mimpi Menikah dan Sebab Kejadian Tersebut 
  4. 33 Arti Mimpi Orang Gila Tak Terduga, Pertanda Baik atau Buruk? 
  5. 17 Arti Mimpi Ditangkap Polisi, Pertanda Baik atau Buruk? 
  6. 13 Arti Mimpi Hamil yang Perlu Diketahui dari Pertanda Baik hingga Buruk 
  7. Apa Arti Mimpi Kesurupan? Ternyata Ada Artinya, Lho! 
  8. Daftar Best Seller Buku Tafsir Mimpi 2022 di Gramedia 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda