in ,

10+ Arti Mimpi Dikejar Orang dan Analisis Mimpi Menurut Freud

Mimpi Dikejar Orang – Pada dasarnya, semua manusia yang hidup di muka bumi ini pasti pernah mendapatkan mimpi, baik itu mimpi buruk maupun mimpi indah ketika tengah tertidur pulas. Meskipun hanya dianggap sebagai bunga tidur saja, tetapi banyak orang yang sering merasa khawatir, cemas, takut, bahkan senang ketika mengalami suatu mimpi tertentu. Tak jarang mereka akan langsung mengecek di internet mengenai arti mimpi, baik secara primbon maupun dari sudut agama. Bagi mereka, mimpi yang datang di alam bawah sadar itu dapat menjadi suatu pertanda dalam kehidupan yang tengah dijalaninya. Apakah Grameds sering mengecek internet setelah bangun tidur untuk melihat arti mimpi?

Berhubung setiap mimpi itu memiliki alur cerita yang unik dan aneh, mulai dari bertemu dengan ular besar, bertemu buaya, bertemu mantan kekasih, bergandengan dengan orang asing, hingga dikejar orang. Terutama pada mimpi yang mana terdapat alur dengan diri kita tengah dikejar oleh orang lain, baik itu orang asing maupun orang yang dikenal, pasti setelah bangun tidur, tubuh kita akan mengalami kelelahan. Seolah diri kita benar-benar berlari untuk menghindari kejaran orang tersebut. Lantas, apa sih arti mimpi dikejar orang itu? Bagaimana pula konsep mimpi jika melihat dari perspektif psikologi? Nah, supaya Grameds memahami hal-hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini!

https://www.pexels.com/

10+ Arti Mimpi Dikejar Orang

1. Mimpi Dikejar Orang Tak Dikenal

Jika dari sudut pandang agama Islam, mimpi dikejar orang yang tidak dikenal memiliki arti bahwa diri kita tengah memiliki keinginan dan kerinduan terhadap suatu hal. Sayangnya, keinginan dan kerinduan tersebut tidak dapat tercapai, sebab terlalu susah untuk digapai.

2. Mimpi Dikejar Orang Jahat

Setiap mimpi itu memiliki alur yang unik, bahkan tak jarang ada sosok protagonis dan antagonis di dalamnya. Nah, jika dalam mimpi tersebut tiba-tiba kita dikejar oleh orang jahat, maka itu berarti diri kita tengah mengalami sebuah ketakutan dan kecemasan terhadap suatu hal. Seolah menandakan bahwa kamu terlalu takut untuk melangkah kedepan.

Nah, supaya tidak mengalami mimpi yang sama lagi, atasi rasa takut dan cemas yang kamu rasakan. Kamu harus yakin bahwa hidupmu akan bahagia tanpa adanya keragu-raguan.

3. Mimpi Dikejar Teman atau Keluarga

Jika Grameds pernah mengalami mimpi demikian, maka itu dapat berarti bahwa dirimu tengah memiliki masalah yang berhubungan dengan teman atau keluargamu. Mereka mengejarmu di mimpi itu untuk mengingatkanmu bahwa kamu harus segera mencari solusi atas masalah yang ada.

Apabila benar kamu memiliki masalah yang berhubungan teman atau keluargamu, segera selesaikan ya… Bicarakan dengan orang terdekat terlebih dahulu untuk mendapatkan bantuan.

4. Mimpi Dikejar Pemuda Berpakaian Hitam

Dari sudut pandang primbon Jawa, apabila kamu mengalami mimpi dikejar-kejar seorang pemuda berpakaian hitam, maka perlu hati-hati. Sebab, itu dapat berarti kamu akan mengalami petaka dalam hal keuangan. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika hendak mengambil sebuah keputusan yang berhubungan keuangan, jika salah perhitungan, bisa-bisa kamu mengalami kebangkrutan.

5. Mimpi Dikejar Kekasih

Wah jika memimpikan kekasih yang bahkan mengejar-ngejar kita, apakah dapat dianggap sebagai mimpi indah? Yap, mimpi dikejar sang kekasih dapat berarti bahwa dia sangat mencintaimu dengan sepenuh hati! Apabila sudah begini, hubungan asmaramu pasti akan semakin langgeng.

Lalu, bagaimana jika kita tengah dalam status jomlo, dengan siapa dong kita akan langgeng? Tenang, jika demikian, maka mimpi ini berarti akan ada seseorang yang datang dan bertekad serius menjalin hubungan denganmu.

6. Mimpi Dikejar Seorang Perempuan

Jika Grameds adalah seorang perempuan dan mendapatkan mimpi berupa dikejar-kejar oleh seorang perempuan, maka itu dapat diartikan sebagai hubungan persahabatan. Sayangnya, bukan persahabatan yang erat, tetapi justru akan ada salah satu teman yang meninggalkanmu. Namun, tetap ada teman yang masih setia bersamamu kok.

7. Mimpi Dikejar Orang Gila

Ternyata, mimpi dikejar-kejar oleh orang gila itu bukanlah hal buruk lho! Yap, bahkan orang-orang zaman dahulu percaya, bahwa jika mendapatkan mimpi demikian, maka itu berarti diri kita akan mendapatkan rezeki. Tak jarang pulang, orang-orang zaman dahulu akan mengadakan syukuran karena mendapatkan mimpi tersebut.

8. Mimpi Melihat Diri Kita Tengah Dikejar-Kejar Oleh Orang

Dalam mimpi itu kita tidak melulu menjadi tokoh utamanya, tak jarang kita akan menjadi pemerhati layaknya tengah menonton film. Nah, jika Grameds pernah bermimpi yang melihat diri kita sendiri tengah dikejar-kejar oleh orang, itu berarti fisikmu sedang merasa lelah. Namun dapat juga diartikan bahwa kamu tengah menghindari sesuatu.

Jika memang benar adanya, cobalah renungkan kembali masalahmu dan selesaikan secara bijak.

9. Mimpi Dikejar Seorang Laki-Laki

Apabila Grameds adalah seorang perempuan dan mendapatkan mimpi demikian, maka pasti akan merasa risih ya. Nah, mimpi tersebut dapat menjadi pertanda bahwa kamu tengah jatuh cinta pada seorang laki-laki dan cintamu akan terbalas.

10. Mimpi Dikejar Bayangan

Untuk mimpi yang satu ini, dapat memberikan makna bahwa dirimu tengah merasa stress. Dilansir dari 99.co, mimpi dikejar bayangan dapat menjadi wujud atas permasalahan-permasalahan yang menghantui pikiranmu selama ini. Ayo, diingat-ingat lagi, apakah masih ada masalah yang belum terselesaikan?

Jika sudah mendapatkan mimpi seperti ini, itu dapat pula menjadi pertanda bahwa kamu harus istirahat. Jangan terlalu lelah bekerja atau memikirkan masalah. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup ya…

11. Mimpi Dikejar Bayi

Sangat menggemaskan ya jika ada bayi yang muncul di mimpi kita, apalagi mengejar-ngejar kita! Nah, apabila melihat pada Primbon Jawa, mimpi dikejar bayi justru menjadi pertanda baik lho. Kamu akan mendapatkan rezeki, tetapi dalam bentuk kecil. Meskipun begitu, kamu harus tetap bersyukur ya…

Mengenal Konsep Mimpi Menurut Perspektif Psikologi

3 Teori Umum Mengenai Mimpi

Analisis akan mimpi yang dialami oleh manusia tentu saja masuk dalam kajian psikologi. Hal tersebut karena mimpi memang berkenaan dengan pikiran dan emosi manusia, terutama ketika tengah tidur. Nah, berikut ini terdapat 3 teori umum yang berkaitan dengan mimpi manusia.

1. Activation-Synthesis Model of Dreaming

Teori akan mimpi ini dikemukakan oleh J. Allan Hobson dan Robert McCarley pada tahun 1977. Teori ini berisikan bahwa sirkuit yang ada di dalam otak nantinya akan diaktifkan selama tidur, dan menyebabkan area pada sistem limbik yang terlibat akan mengalami emosi, sensasi, dan kenangan.

Hobson bahkan tidak percaya bahwa setiap mimpi itu memiliki arti. Menurutnya, mimpi adalah keadaan sadar kita yang paling kreatif, sehingga akan ada kekacauan dan rekombinasi elemen-elemen kognitif secara spontan, kemudian menghasilkan ide-ide baru.

2. Psychoanalytic Theory of Dreams

Teori ini dikemukakan oleh Sigmund Freud yang berpendapat bahwa mimpi itu merupakan bentuk dari perwakilan atas keinginan, pikiran, dan motivasi di dalam diri kita tetapi tidak disadari. Dalam bukunya yang berjudul The Interpretation of Dreams, tertulis juga bahwa “mimpi adalah pemenuhan keinginan yang terpendam”.

3. Teori Carl Jung

Carl Jung adalah sosok psikologi terkenal dan sama populernya dengan Sigmund Freud. Kali ini, Carl Jung berpendapat bahwa mimpi itu sebenarnya adalah ekspresi langsung atas pikiran seseorang itu sendiri. Menurutnya, mimpi seolah mengungkapkan bagaimana keadaan bawah sadar dari seorang individu, melalui bahasa simbol dan metafora.

Analisis Mimpi Menurut Sigmund Freud

Sigmund Freud adalah seorang pendiri aliran psikoanalisis yang selalu muncul di buku ilmu psikologi atas teori dan pemikirannya. Menurutnya, mimpi adalah pesan alam dari bawah sadar yang sangat abstrak terhadap alam sadar. Mimpi ini akan berisikan keinginan, ketakutan, hingga bermacam-macam aktivitas emosi lain, yang bahkan tidak disadari oleh seseorang.

Sesuai dengan teori umum sebelumnya, Freud menyampaikan bahwa setiap mimpi yang kita alami itu akan memiliki makna, yang mana dapat digali melalui proses analisis. Dalam mimpi yang kita alami, ternyata terdapat dua bagian lho… yakni Manifest Content dan Latent Content.

Pada bagian pertama yakni Manifest Content akan berisikan gambaran-gambaran dalam mimpi yang dapat dilihat secara gamblang. Sementara pada bagian kedua yakni Latent Content akan berisikan keinginan dan pikiran-pikiran yang tersembunyi dan sama sekali tidak disadari. Nah, pada bagian kedua ini biasanya justru akan berisikan konflik yang menjadi penyebab munculnya mimpi tersebut.

Dalam hal ini, Freud turut menyatakan bahwa mimpi dapat menjadi ‘saluran’ bagi emosi manusia, terutama pada emosi atau perasaan yang selama ini ditahannya. Sleep Mentation adalah sebutan untuk mimpi yang memiliki hubungan erat dengan emosi manusia. Contohnya jika diri kita tengah memiliki emosi cemas, maka seringkali mengalami mimpi yang menyeramkan dan bahkan mengganggu lelapnya tidur kita.

Proses bermimpi dalam diri manusia itu ada 4 unsur, yakni:

  • Kondensasi: Banyaknya ide dan materi yang datang ke dalam suatu mimpi, yang selanjutnya dapat diringkas menjadi satu ‘gambar’.
  • Perpindahan: Di sini, mimpi tidak akan lagi memiliki kemiripan dengan pusat pikiran mimpi. Maka dari itu, mimpi akan memproduksi bentuk terdistorsi dari harapan mimpi yang ada.
  • Simbolisasi: Ide-ide direpresi yang ada di dalam mimpi akan disensor dan mewakili setiap objek yang melambangkan pikiran bawah sadar. Contohnya kotak, lemari, atau lainnya.
  • Sekunder Revision: Berisikan peristiwa-peristiwa aneh yang ada di dalam mimpi dan tersusun kembali, sehingga akan nampak masuk akal jika dianalisis kembali.

Nah, itulah ulasan mengenai arti mimpi dikejar orang dan analisis mimpi menurut kajian psikologi. Apakah Grameds pernah mengalami mimpi seperti ini?

 

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum