in

Kenali Manfaat Salad Buah

Manfaat salad buah – Ayo, siapa yang suka makan salad buah? Perpaduan rasa yang asam, manis, dan segar ini membuat salad buah banyak diminati banyak orang, salad juga bisa dimakan sebagai camilan atau dessert. Cara membuatnya pun terbilang gampang, dan banyak pilihan buah yang bisa kita gunakan, menjadikan salad buah ini sebagai pilihan camilan yang baik dan sehat, serta kaya akan gizi dan nutrisi.

Mungkin sebagian orang sudah tahu ya, bagaimana cara membuat salad buah, atau kamu bisa membelinya di kedai-kedai atau cafe yang menjual salad buah ini.

Salah satu keunggulan camilan ini adalah banyak mengandung vitamin dan mineral, sebab terbuat dari buah-buahan segar yang kaya akan nutrisi dan baik bagi tubuh. Lalu, nutrisi apa sajakah yang terkandung dalam salad buah? Apa benar salad buah itu sehat? Yuk, kita simak bersama!

Apa itu Salad?

 

pixabay

Salad adalah campuran berbagai jenis sayuran, atau buah yang kemudian ditambah dengan berbagai jenis protein lainnya, seperti ikan, daging, kacang-kacangan. Selain itu, beberapa di antaranya juga dilengkapi dengan karbohidrat, seperti kentang, roti, dan pasta. Salad yang paling populer di masyarakat biasanya salad buah dan salad sayuran.

Aneka jenis bahan makanan tersebut dipotong-potong kemudian dicampur menjadi satu, dan disajikan dengan saus tertentu, yang biasa disebut dengan dressing. Salad bisa disajikan dalam keadaan mentah maupun sudah dimasak terlebih dahulu.

Salad biasanya dikenal sebagai makanan pembuka, tetapi sebenarnya salad bisa dikonsumsi kapan saja. Jika dibuat dengan kandungan gizi yang lengkap, salad juga bisa disajikan sebagai menu sarapan, atau sebagai menu utama makan siang atau makan malam.

Salad merupakan jenis makanan yang menyehatkan, membuatnya pun mudah, variasinya sangat banyak, dan cita rasanya yang renyah dan segar. Oleh karena itu, sekarang banyak sekali cafe-cafe yang menyuguhkan aneka menu salad sebagai menu andalannya.

Bukan hanya itu, menyantap salad setiap hari dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Dalam semangkuk salad, kita bisa mendapatkan asupan serat, vitamin, dan mineral, asupan antioksidan, asupan lemak baik, serta menekan jumlah rendah kalori.

Resep Salad

Yuk, kita buat salad dari dapur sendiri! Cita rasanya tak akan kalah lezatnya dari salad ala cafe, namun gizinya lebih lengkap dan lebih sehat.

Salad Pure Kentang 

Bahan :

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

  • 6 buah kentang sedang, rebus, kupas
  • 6 butir telur ayam, rebus, cincang
  • 1 buah bawang bombai, cincang
  • ½ buah nanas, potong kecil
  • 1 sdm seledri cincang
  • 1 sdm mayonaise
  • 1 sdm mustard
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • 50 ml jus nanas
  • 100 gram paprika, iris tipis
  • 1 butir telur rebus, iris tipis

Cara membuat :

  1. Haluskan kentang rebus dalam keadaan panas, tambahkan telur cincang, bawang bombay, seledri, garam, dan merica. Sisihkan.
  1. Campur mayonaise dan mustard, dan jus dalam mangkuk. Tuang ke dalam campuran kentang, aduk rata.
  1. Tambahkan irisan telur, nanas, dan paprika. Dinginkan dalam lemari es. Sajikan.

Buat kamu yang ingin membuat salad ala cafe lainnya, bisa baca resep di buku Resep Salad ala Cafe

 

Buat kamu yang suka salad buah segar, mungkin resep di bawah ini bisa kamu coba!

Salad Buah Segar 

Bahan :

  • 150 gram nanas, potong segitiga kecil
  • 150 gram apel, potong dadu
  • 150 gram strawberry, buang daun, belah jadi dua
  • 150 gram melon, potong bulat
  • 150 gram daun lettuce, sobek kasar
  • 2 sdm keju cheddar parut

Saus, aduk rata :

  • 150 gram mayonaise
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt mustard
  • 1 sdm madu
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

Cara Membuat :

  • Campur semua potongan buah dan lettuce dalam satu mangkuk. Dinginkan dalam lemari es.
  • Tuangi saus diatasnya, dan beri taburan keju parut. Sajikan dalam keadaan dingin.

Nutrisi Dalam Salad Buah

pixabay

Bicara soal nutrisi, salad buah mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin dan mineral, karena terbuat dari buah-buahan segar. Salad buah juga bisa ditambahkan berbagai macam dressing atau tambahan gula.

Mari kita ambil contoh dari beberapa buah yang sering dijadikan salad buah, seperti nanas, alpukat, mangga, apel, jeruk, semangka, strawberry, pepaya, anggur, dan kemudian dicampur dengan yogurt.

Umumnya, dalam semangkuk salad buah terkandung nutrisi sebagai berikut :

1. Serat

Konsumsi salad buah sangat baik untuk kesehatan, sebab dalam salad buah mengandung serat yang tinggi, yang mana, nutrisi serat ini sangat baik untuk tubuh, seperti membantu menurunkan kadar kolesterol, menambah rasa kenyang, serta menyehatkan sistem pencernaan.

2. Vitamin A

Salad buah juga mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Sebab, vitamin A dapat memelihara kesehatan kulit, kesehatan mata, dan jaringan tubuh.

Vitamin A juga dapat menurunkan resiko kanker.

3. Vitamin B1

Salad buah juga mengandung vitamin B1 atau tiamin. Yang mana vitamin ini berperan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi sumber energi untuk tubuh. Selain itu, B1 juga memelihara fungsi saraf agar bekerja secara optimal.

4. Vitamin B5

Selain B1, salad juga mengandung vitamin B5 yang dikenal dengan asam pantotenat. Vitamin ini mempunyai fungsi untuk pembentukan hemoglobin atau sel darah merah, hormon steroid, serta zat kimia untuk otak. Vitamin B5 juga berfungsi untuk mengurai karbohidrat, lemak, dan protein yang menumpuk.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 dalam salad buah juga berfungsi hampir sama seperti asam pantotenat, yaitu untuk pembentukan sel darah merah lebih optimal. Vitamin B6 juga bermanfaat menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan kognitif, mengurangi resiko penyakit jantung, menjaga kualitas tidur, dan meningkatkan suasana hati.

6. Vitamin C

Vitamin C dikenal untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah jatuh sakit. Vitamin C juga banyak terkandung di dalam buah-buahan seperti jeruk, dan lainnya.

Selain untuk kekebalan tubuh, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan dan pembentukan kolagen pada tubuh.

7. Vitamin E

Vitamin selanjutnya yang terkandung dalam salad buah yaitu Vitamin E. Vitamin ini juga tak kalah pentingnya seperti yang lain, vitamin E berperan penting untuk kesuburan reproduksi, kesehatan mata, memelihara kesehatan kulit, otak, dan sel darah merah. Vitamin E juga berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan dan melawan radikal bebas.

8. Kalsium

Salad buah juga mengandung kalsium yang sangat penting untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Buah-buahan yang diracik dalam salad buah dan menggunakan saus atau yogurt dapat menambah kebutuhan kalsium pada tubuh kita.

9. Asam Folat

Salad buah juga mengandung asam folat yang baik untuk dikonsumsi, khususnya untuk ibu hamil. Sebab, konsumsi makanan kaya akan asam folat dapat mengurangi resiko cacat pada bayi dan meminimalisir terjadinya keguguran. Asam folat juga mencegah anemia atau kekurangan darah pada ibu hamil.

10. Kalium

Salad buah juga mengandung kalium yang berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, dan kontraksi atau kram pada otot.

Nah, itulah beberapa nutrisi yang terkandung dalam salad buah. Namun kandungan nutrisi, vitamin dan mineral dalam salad buah bisa berbeda-beda ya, tergantung jenis buah-buahan yang digunakan untuk membuat saladnya.

Manfaat Buah Salad

Rasanya belum lengkap kalau kita tidak membahas tentang manfaat buah salad. Nah, berikut di bawah ini adalah manfaat dari buah salad yang bisa kamu ketahui.

1. Pas Untuk Diet

Manfaat pertama dari salad adalah bisa dikonsumsi sebagai menu diet. Hal ini karena salad mengandung vitamin dan protein yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Jadi, bagi kamu yang sedang merasa berat badannya berlebih, maka bisa memasukkan salad sebagai menu diet.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kedua dari salad adalah bisa mengurangi risiko kanker. Terlebih lagi, ketika membuat salad, kamu menggunakan dressing atau saus yang rendah lemak. Meski begitu, kamu jangan mengonsumsi salad secara berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping.

3. Melancarkan Pencernaan

Ketika kamu mengonsumsi salad secara rutin, maka bisa melancarkan pencernaan, mengapa bisa begitu? Karena menu salad memiliki banyak sekali serat. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengonsumsi salad.

4. Meningkatkan Lemak Baik 

Dikarenakan lemak terdiri dari buah atau sayur-sayuran, maka salad bisa meningkatkan lemak baik. Dengan begitu, lemak kamu akan terhindar dari lemak jahat.

Hal Yang Bikin Salad Jadi Tidak Sehat 

pixabay

Seseorang yang sedang menjalani program diet, biasanya akan sangat menjaga pola makan yang sehat, sebab makanan yang sehat juga merupakan kunci keberhasilan program diet. Apalagi jika kamu yang malas berolahraga, tentu mengatur asupan makanan menjadi hal utama yang perlu diperhatikan.

Nah, menu yang paling populer untuk diet biasanya ya makan salad, baik salad buah maupun salad sayuran banyak mengandung berbagai macam nutrisi yang lengkap dan aman untuk program diet, dan sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Hal ini bukan tanpa alasan karena kandungan serat yang tinggi dalam salad, dapat membantumu kenyang lebih lama.

Meskipun salad menjadi tren makanan untuk menjalani program diet, tetapi kamu tetap harus memerhatikan cara makan salad yang benar. Sebab, jika kamu salah cara mengkonsumsi salad, bisa-bisa program dietmu tidak berhasil.

1. Menggunakan Buah Kering

Sering kali seseorang yang ingin saladnya bervariasi, ia banyak menambahkan berbagai macam buah kering ke dalam saladnya. Namun sebenarnya, penambahan buah kering pada salad tidak baik, sebab biasanya buah kering mengandung gula yang tinggi, rasanya hampir seperti permen.

Jadi, sebaiknya kamu hindari penggunaan buah kering ini, lebih baik ganti dengan buah asli yang segar.

2. Memasukkan Keju Terlalu Banyak

Rasa keju yang enak dan gurih memang banyak digemari orang. Keju juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk tulang, keju juga sering digunakan untuk taburan berbagai menu makanan. Apalagi salad buatanmu ditambah taburan keju ini, tentu rasanya akan semakin lezat dan gurih.

Namun, penambahan keju yang berlebihan pada salad, bisa membuat berat badanmu naik, pasalnya, keju juga mengandung lemak yang tinggi. Jika kamu ingin menggunakan keju dalam salad, sebaiknya gunakanlah keju yang rendah lemak.

3. Kombinasi Dressing Yang Tidak Cocok

Salad yang sudah bercampur berbagai varian buah juga tinggi akan lemak, maka penggunaan tambahan dressing juga harus sesuai, sebab, pada dressing yang akan digunakan juga terdapat lemak yang cukup tinggi.

Dressing yang dijual di pasaran biasanya mengandung natrium yang cukup tinggi, lemak jenuh, dan kalori tinggi. Jadi, kamu harus memerhatikan penggunaan dressing yang kamu gunakan ketika membuat salad. Atau kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak baik.

4. Penggunaan Roti Kering

Selain buah kering, biasanya orang juga menambahkan roti kering pada saladnya, untuk menambah variasi pada saladnya. Namun, penambahan potongan roti kering ini sebenarnya kurang baik, sebab, pada roti kering mengandung glikemik tinggi.

Sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah.

Jadi, jika kamu membuat salad sendiri di rumah, sebaiknya hindari menggunakan roti kering ini, atau ganti dengan kacang merah.

 

  • Menggunakan Bahan Yang Digoreng 

Cara salah dalam mengonsumsi salad selanjutnya ialah penambahan bahan yang digoreng pada salad. Salad merupakan makanan yang sehat dan rendah lemak jahat, tetapi penambahan bahan-bahan yang digoreng akan membuat salad menjadi tinggi kadar lemak.

Jika kamu ingin menambahkan protein ke dalam salad, misalnya ingin memasukkan daging ayam, sebaiknya daging tersebut dimasak dengan cara direbus atau dikukus, tentu ini lebih sehat.

Sebab, proses penggorengan pada daging ayam membuat kadar lemak jadi lebih banyak.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menjadikan salad yang kamu buat menjadi tidak sehat. Buat kamu yang sedang program diet, sebaiknya perhatikan dengan benar pola makan serta asupan yang lain. Meskipun salad itu sehat, tetapi tubuh kita tetap membutuhkan asupan lain seperti karbohidrat dan protein, jadi jangan hanya makan salad ya.

Pastikan pola makanmu dan asupan dietmu juga harus seimbang. Jika tidak, kamu akan kekurangan nutrisi lain, dan hal itu akan berdampak untuk kesehatan tubuhmu.

Jadi, lebih bijaklah dalam memilih jenis buah dan bahan tambahan dalam salad buah, ya.

 

Tips-Tips Membuat Salad Yang Sehat

pixabay

  • Pilih Sayuran dan Buah Berkualitas 

Pilihlah sayur dan buah yang warnanya masih cerah, bentuknya masih baik, dan tidak layu maupun keriput. Sebaiknya, gunakan buah dan sayur yang masih segar, minimalkan penggunaan sayuran beku dan buah kalengan.

Cuci dibawah air mengalir, kemudian rendam buah dan sayur dalam air, untuk membersihkan dari pestisida, bakteri dan kotoran.

 

  • Kaya Vitamin dan Mineral

Semakin banyak buah dan sayur yang dicampur dalam semangkuk salad, maka semakin lengkap kandungan vitamin dan mineralnya. Kandungan itu ditandai dengan semakin banyak warna warni buah dan sayur yang dicampur menjadi satu.

 

  • Tambahkan Sumber Protein

Protein adalah sumber yang penting bagi tubuh, untuk itu tambahkan lah protein dalam resep salad buatanmu. Minimalkan penggunaan protein yang sudah diawetkan atau di goreng.

Maksimalkan jenis protein yang tidak berlemak, seperti ikan salmon atau tuna, juga kacang-kacangan atau kacang polong. Jika ingin ditambahkan keju, tambahkan dalam jumlah yang sedikit dan pilih keju dengan kadar lemak rendah.

 

  • Lengkapi Dengan Karbohidrat

Jika salad ingin dikonsumsi untuk menu utama atau menu sarapan, sebaiknya lengkapi dengan karbohidrat dengan jumlah secukupnya, seperti roti panggang, kentang rebus, atau mie dan pasta.

 

  • Pilih Dressing atau Saus Yang Tepat

Untuk menghasilkan salad yang nikmat, maka kamu bisa membuatnya dengan memilih dressing atau saus salad yang tepat. Selain nikmat untuk dikonsumsi, pemilihan dressing yang tepat akan meningkatkan cita rasa pada salad itu sendiri.

Yuk, baca buku resep lainnya gimana cara membuat salad yang paling gampang pada buku Resep Salad Paling Gampang 

 

Jadi, pada dasarnya, salad merupakan menu makanan yang sehat, karena terbuat dari buah-buahan segar ataupun sayur-sayuran. Akan tetapi, pengolahan serta cara penambahan bahan-bahan lain pada salad harus benar dan seimbang.

Buat kamu yang sedang program diet, hindari penggunaan tambahan seperti mayones atau gula berlebihan ketika membuat salad, ya. Hal ini karena  akan meningkatkan kandungan lemak dan kalori yang berlebih.

Setelah mengetahui manfaat buah salad, apakah kamu jadi, tertarik mengkonsumsi salad?

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang resep salad, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Rujukan:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Iswara T

Kesehatan tubuh memang harus selalu diperhatikan, terutama berat badan. Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan saya pun selalu tertarik akan dunia diet.