in ,

20 Manfaat Daun Ciplukan, Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol!

pixabay.com

Manfaat Daun Ciplukan – Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman flora. Bahkan ada beberapa tanaman yang bisa dijadikan obat herbal dan tentunya mampu membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit dalam tubuh manusia seperti daun ciplukan.

Ciplukan sendiri adalah salah satu buah yang begitu populer di Indonesia. Buah ciplukan sendiri terbungkus oleh kelopak dengan bentuknya yang menggelembung dan akan memiliki warna kuning ketika matang.

Sedangkan rasa dari buah ciplukan ini biasanya seperti asam manis hingga menjadikannya begitu digemari oleh banyak orang. Buah ciplukan akan lebih mudah tumbuh di area persawahan, kebun atau di perkampungan.

Diameter dari buah ciplukan adalah sekitar 1,25 hingga 2 cm. Tak hanya itu saja, menariknya tumbuhan ciplukan sendiri memiliki banyak manfaat lho bagi kesehatan tubuh. Baik dari buahnya hingga daun ciplukan sama-sama mampu memberikan manfaat bagi kesehatan manusia.

Seperti yang dijelaskan jika manfaat daun ciplukan maupun buahnya memang begitu banyak sekali. Bagi Anda yang belum tahu apa saja manfaat daun ciplukan maupun buahnya bisa membaca di dalam artikel ini selengkapnya.

Namun sebelum itu kita akan belajar bersama tentang apa saja sih sebenarnya kandungan yang ada di dalam buah maupun daunnya yang bisa menjadikannya sebagai salah satu obat herbal yang begitu mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

  1. Buah maupun daun ciplukan kaya akan beberapa kandungan di dalamnya seperti saponin, flavonoid, polifenol, fisalin, asam sitrat, asam malat, alkaloid, tanin, cryptoxanthin, hingga vitamin C.
  2. Buah ciplukan juga memiliki kandungan zat antioksidan seperti karotenoid dan polifenol yang dipercaya mampu menetralkan radikal bebas yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia.
  3. Daun ciplukan memiliki efek anti inflasi dan analgesic yang bisa menenangkan sekaligus mempercepat proses penyembuhan.
  4. Buah ciplukan memiliki kandungan asam oleat dan linoleat yang sudah terbukti ampuh dalam proses penurunan kolesterol jahat atau LDL sekaligus bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.
  5. Selain itu tanaman ini juga begitu cocok untuk menjadi obat bagi penderita diabetes karena memiliki kemampuan hiperglikemi atau mampu membantu menurunkan kadar gula darah.
  6. Buah ciplukan dapat dikonsumsi secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu. Sedangkan untuk daunnya bisa direbus terlebih dahulu selama 15 hingga 20 menit lamanya dan airnya bisa disaring untuk diminum satu kali dalam sehari.

Meski begitu keberadaan buah ciplukan saat ini sangat jarang ditemukan. Hal inilah yang menjadikan buah ciplukan memiliki harga yang cukup tinggi sekitar 250 hingga 500 ribu rupiah untuk per kilogramnya. Tinggi harga jual buah ciplukan tentunya juga sebanding dengan manfaat yang diberikan oleh tanaman ciplukan untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Daun Ciplukan dan Buahnya

Manfaat Daun Ciplukan
kompas.com

Setelah sebelumnya kita tahu tentang apa saja kandungan yang diberikan oleh buah maupun daun ciplukan. Kali ini kita akan belajar bersama tentang manfaat daun ciplukan maupun buahnya. Nah agar Anda juga tak merasa bingung lagi, berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari daun maupun buah ciplukan.

1. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat dari daun maupun buah ciplukan yang pertama adalah adanya kandungan antioksidan di dalamnya. Dimana kandungan antioksidan yang begitu kaya di dalam daun maupun buah ciplukan bisa membantu menjadi sumber alami dalam proses pencegahan serangan beberapa penyakit kronis.

Zat antioksidan seperti karotenoid dan polifenol dalam buah ciplukan mampu memberikan bantuan menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Bahkan ada hasil penelitian yang menjelaskan jika kombinasi karotenoid dan polifenol yang terkandung dalam buah ciplukan mampu menghentikan penyebaran berbagai jenis penyakit kanker.

Adanya kemampuan tersebut menjadikan buah ciplukan di beberapa negara direkomendasikan sebagai salah satu sumber makanan alami anti kanker dan sumber makanan yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Memberikan Efek Anti Inflamasi

Selain buahnya, manfaat daun ciplukan juga bisa membantu mengurangi berbagai macam penyakit lho. Salah satunya adalah pada masalah peradangan. Hal ini tak lain karena daun ciplukan memiliki efek anti inflamasi dan analgesic yang mampu membantu memenangkan sekaligus mempercepat penyembuhan.

Berbagai macam masalah kesehatan seperti radang sendi, asam urat dan wasir bisa diatasi dengan menggunakan bantuan daun ciplukan. Tak hanya itu saja, daun ciplukan juga memberikan nasihat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah maupun memperlambat perkembangan aterosklerosis pada penyakit jantung koroner.

3. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Kondisi kadar kolesterol dalam darah yang begitu tinggi kerap kali menjadi penyebab terjadinya penyakit hipertensi dan penyakit jantung. Oleh karena itu bagi para pengidap kolesterol tinggi sangat disarankan untuk memperbanyak olahraga serta menjaga asupan makanan agar kadar kolesterol jahat dalam darah tidak semakin tinggi.

Akan tetapi dengan bantuan buah ciplukan yang memiliki kandungan asam oleat dan linoleat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL sekaligus mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang menjadikannya sangat baik dikonsumsi bagi pengidap penyakit kolesterol tinggi.

4. Sangat Cocok Menjadi Makanan Diet

Beberapa orang memang terkadang terlalu pusing memikirkan berat badan berlebih yang tak kunjung turun. Menariknya dengan bantuan buah ciplukan bisa sangat membantu proses penurunan berat badan.

Perlu diketahui jika buah ciplukan adalah salah satu makanan yang rendah kalori atau sekitar 53 kalori untuk 100 gramnya. Ditambah lagi, kandungan nutrisi yang ada di dalam daun dan buah ciplukan sangat efektif untuk membantu mencukupi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena hal inilah buah ciplukan sangat cocok dijadikan salah satu menu diet yang bisa membantu menurunkan berat badan.

5. Membantu Proses Regenerasi dan Perbaikan Sel Tubuh Manusia

Withanolides adalah salah satu senyawa yang termasuk ke dalam bioaktif steroid. Dimana senyawa ini tak banyak dimiliki oleh tumbuhan, namun menariknya buah ciplukan memiliki senyawa withanolides.

Withanolides merupakan salah zat antioksidan yang memiliki sifat anti inflamasi. Tentunya senyawa withanolides mampu membantu merangsang apoptosis atau kematian sel terprogram sehingga bisa menghilangkan sel yang tidak diinginkan. Selain itu withanolides juga bisa membantu meminimalisir jumlah sel yang terlalu banyak seperti sel yang berbahaya bagi tubuh, misalnya adalah sel kanker.

Buah ciplukan juga memiliki apoptosis. Yang mana apoptosis memiliki peranan yang begitu penting dalam berbagai macam proses biologi.

6. Obat Kanker Payudara

Dari sebuah penelitian menghasilkan suatu fakta jika ekstrak daun ciplukan memiliki efek sitotoksik yang bisa menginduksi kematian pada sel kanker payudara. Itu artinya ciplukan bisa menjadi alternatif terbaik pengobatan bagi penderita kanker payudara dengan lebih aman, terjangkau dan efektif.

7. Membantu Menurunkan Gula Darah

Daun ciplukan dipercaya memiliki kemampuan anti hiperglikemia atau kemampuan yang bisa menurunkan kadar gula darah. Beberapa senyawa ditemukan di dalam daun ciplukan diketahui dapat memperlambat proses pemecahan dan penyerapan karbohidrat. Tentunya hal tersebut bisa meringankan fungsi insulin dalam mengatur regulasi glukosa darah agar bisa selalu dalam batas fisiologis.

8. Dapat Menjadi Obat Herbal Tuberkulosis

Beberapa hasil uji aktivitas yang telah dilakukan, diketahui jika ekstrak murni daun ciplukan bisa membantu menghambat pertumbuhan Mycobacterium tuberculosis. Hal tersebut memiliki peluang besar untuk bisa dikembangkan menjadi lebih jauh lagi sebagai obat herbal tuberkulosis.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

Manfaat buah ciplukan yang berikutnya adalah mampu membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal. Dimana di dalam buah buah ciplukan terdapat senyawa anti bakteri. Senyawa tersebut diduga mampu mempromosikan degradasi dan penyerapan fibrosis hati serta bisa menyingkirkan kelebihan lemak, garam dan racun dari sistem limfatik.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Buah ciplukan memiliki kandungan karotenoid yang begitu tinggi. Hal ini menjadikan buah ciplukan sangat bisa dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan mata. Karotenoid dalam buah ciplukan ini bisa membantu mengurangi stress oksidatif dalam sistem ocular serta mencegah terjadinya katarak dan juga degenerasi makula terkait usia.

 

11. Membantu Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Adanya kandungan vitamin C dalam daun dan buah ciplukan memberikan manfaat yang begitu besar terhadap kesehatan. Vitamin C dalam ciplukan memiliki sifat antioksidan dan mampu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem imun tubuh.

Tak hanya itu saja, pasalnya vitamin C juga bisa memberikan peran penting dalam proses pembentukan kolagen.

Dimana kolagen merupakan suatu protein yang bisa memberikan bantuan dukungan terhadap tendon, ligament dan pembuluh darah hingga membantu menjaga kesehatan kulit dan organ tubuh lain secara menyeluruh.

12. Mengatasi Masalah Sariawan

Manfaat berikutnya dari daun ciplukan adalah bisa membantu mengatasi masalah sariawan. Sariawan sendiri merupakan kondisi yang menimbulkan rasa perih di bagian area mulut. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan nafsu makan seseorang menjadi lebih menurun.

Selain itu sariawan merupakan kondisi umum yang terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin C. Maka dari itu untuk bisa mengatasi kondisi sariawan, Anda bisa memanfaatkan kandungan vitamin C yang ada di dalam daun ciplukan.

Anda hanya perlu merebus daun ciplukan yang selanjutnya Anda minum airnya. Atau Anda juga bisa secara langsung mengkonsumsi buah ciplukan.

13. Membantu Mengobati dan Mencegah Penyakit Asma

Manfaat Daun Ciplukan
kompas.com

Manfaat daun ciplukan yang selanjutnya adalah membantu mengobati dan mencegah adanya penyakit asma. Anda bisa menggabungkan daun serta batang dari daun ciplukan yang kemudian direbus. Ari rebusan daun dan batang ciplukan ini nantinya bisa Anda minum secara rutin hingga penyakit asma yang diderita hilang serta tidak mudah kambuh lagi.

14. Membantu Mengatasi Masalah Peradangan

Daun ciplukan dipercaya mampu membantu mengatasi masalah peradangan. Hal ini karena daun ciplukan memiliki senyawa withanolides. Dimana senyawa tersebut bisa membantu meningkatkan aliran darah ke daerah yang terasa nyeri.

Hal tersebut dipercaya mampu mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Selain itu senyawa ini juga mampu bekerja melawan efek peradangan yang diakibatkan oleh radang usus. Sehingga kandungan senyawa withanolides yang ada di dalam daun ciplukan bisa berpotensi menurunkan resiko kanker usus besar.

15. Mengatasi Rematik

Manfaat daun ciplukan bagi kesehatan yang lainnya adalah mampu membantu mengobati penyakit rematik. Penyakit rematik adalah salah satu penyakit yang begitu identik oleh orang tua. Meski begitu penyakit ini tetap memiliki resiko dialami oleh orang yang jauh lebih muda.

Rematik akan bisa menimbulkan rasa pegal pada bagian anggota gerak. Beberapa kondisi rematik memiliki tanda-tanda yang berbeda-beda tergantung dari penyakit rematik mana yang dialaminya.

Namun penyakit rematik tersebut bisa diatasi dengan bantuan daun ciplukan. Anda hanya perlu menumbuk daun ciplukan yang diberi kapur sirih. Kemudian Anda bisa mengkompreskan pada bagian yang terasa pegal dan sakit. Dengan menggunakan cara ini dinilai mampu menyembuhkan penyakit rematik jika dilakukan secara rutin.

 

16. Membantu Mengatasi Gusi Berdarah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika buah ciplukan kaya akan kandungan vitamin C yang bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan sariawan hingga mengobati gusi berdarah. Dimana Anda hanya perlu mengkonsumsi 30 buah ciplukan setiap hari agar bisa mengobati kondisi gusi yang berdarah.

17. Membantu Mengobati Bronkitis

Tumbuhan ciplukan juga bisa memberikan pengobatan terhadap penyakit bronkitis. Penyakit bronkitis merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan adanya batuk kering di awal dan berkelanjutan menjadi batuk berdahak.

Selain itu penyakit bronkitis juga ditandai dengan dada bagian tengah terasa panas dan nyeri, sulit bernapas, demam hingga bersin-bersin. Untuk bisa mengobati penyakit bronkitis Anda hanya perlu merebus semua bagian tanaman ciplukan hingga mendidih.

Tunggu hingga 5 atau 10 menit lamanya. Jika sudah mendidih, Anda bisa menyaringnya dan dinginkan. Minum air rebusan tanaman ciplukan setiap hari sebanyak dua kali.

18. Membantu Mengatasi Penyakit Bisul

Daun ciplukan terbukti efektif untuk bisa mengobati penyakit bisul. Daun ciplukan yang digunakan untuk mengobati penyakit bisul tidak dijadikan sebagai obat yang dikonsumsi melainkan dijadikan sebagai obat luar.

Anda hanya perlu mencampur dan remas-remas satu genggam daun ciplukan, satu sendok teh adas pulosari, satu lembar daun sirih dan juga garam. Setelah semua tercampur dengan lembut baru dioleskan pada area bisul. Obat herbal ini akan membuat bisul cepat pecah dan juga kering.

19. Membantu Mengatasi Penyakit Borok

Siapa sangka jika daun ciplukan juga dipercaya mampu membantu menyembuhkan luka borok. Menariknya untuk bisa merasakan manfaat yang diberikan oleh daun ciplukan ternyata cara yang digunakan cukup mudah.

Anda hanya perlu mencampur satu genggam daun ciplukan dengan dua sendok teh air kapur sirih. Ketika sudah tercampur, tubuh sampai halus campuran tersebut. Jika sudah, Anda bisa mengoleskan campuran tersebut ke area yang terluka atau ke area borok.

20. Mengatasi Penyakit Batu Ginjal

Ciplukan dipercaya mampu membantu mengatasi penyakit seperti batu ginjal. Kandungan antibakteri yang ada di dalam ciplukan bisa menurunkan endapan kalsium dalam ginjal.

Itulah beberapa manfaat daun ciplukan dan buahnya untuk kesehatan tubuh.

Apakah Ada Efek Samping dari Mengonsumsi Daun Ciplukan?

Manfaat Daun Ciplukan
kompasiana

Sejauh ini dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan masih belum ada efek samping yang begitu serius dari mengkonsumsi ciplukan, baik itu dari daun maupun buah hingga batang dan akarnya. Hal ini menandakan jika ciplukan aman untuk dikonsumsi.

Ciplukan memiliki manfaat yang begitu luar biasa. Bahkan hampir semua bagian yang dari pohon, daun, buah hingga akar bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak ada salahnya jika Anda ingin menanam secara pribadi di pekarangan rumah tumbuhan ciplukan ini. Mengingat keberadaan tumbuhan ciplukan saat ini sudah jarang ditemui.

Demikian ulasan mengenai manfaat daun ciplukan. Grameds bisa membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #lebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. 15 Manfaat Daun Sangket untuk Kesehatan Tubuh
  2. 10 Manfaat Daun Bidara yang Jarang Diketahui
  3. 10 Manfaat Daun Binahong, Punya Khasiat Tinggi
  4. 15 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh
  5. 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan 
  6. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Singkong


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda