in

14 Daftar Mall Terbesar di Indonesia, Tertarik untuk Berkunjung?

pexels.com

Mall Terbesar di Indonesia – Indonesia adalah salah satu pasar ekonomi yang begitu menjanjikan bagi para pengusaha. Tak heran banyak pengusaha dalam maupun luar negeri yang mulai menjalankan bisnis mereka di negara Indonesia.

Salah satu bukti jika Indonesia adalah salah satu pasar ekonomi yang menjanjikan adalah adanya banyak mall besar yang berdiri megah. Setiap mall tersebut akan dihuni berbagai macam gerai pelaku bisnis dalam berbagai macam bidang.

Mulai dari fashion, food hingga teknologi dan lain sebagainya. Itu artinya daya jual akan produk dari suatu brand memang begitu kuat di Indonesia di tengah maraknya kompetitor baru yang terus muncul.

Namun, tahukah Anda jika dari sekian banyaknya mall yang berdiri megah di Indonesia ada beberapa yang mendapatkan predikat mall terbesar dan terluas. Nah jika belum begitu tahu Anda bisa membaca daftar mall terbesar di Indonesia dengan penjelasan di bawah ini.

Mall Terbesar di Indonesia

1. Pakuwon Mall Surabaya

kompas.com

Sebagian orang mungkin berpikir jika mall terbesar di Indonesia terletak di Jakarta. Namun sebenarnya mall terbesar di Indonesia ada juga yang terletak di kota Surabaya yaitu Pakuwon Mall Surabaya.

Pakuwon Mall Surabaya sendiri memiliki luas lantai hingga 200.000 meter persegi. Selain itu mall ini juga memiliki tiga lantai dengan luas bangunan sebesar 90.000 meter persegi. Sedangkan untuk atrium dasar dari Pakuwon Mall Surabaya memiliki luas hingga 1.200 meter persegi.

Memiliki tiga lantai basement yang dilengkapi dengan enam lantai mall serta 1 lantai exhibition hall menjadikan Pakuwon Mall Surabaya begitu banyak dikenal orang. Bahkan tenant yang berada di Pakuwon Mall Surabaya juga terbilang cukup lengkap dengan keberadaan brand-brand besar.

Pakuwon Mall Surabaya tak hanya digunakan sebagai pusat perbelanjaan saja. Namun mall ini juga kerap digunakan untuk berbagai macam acara seperti promosi, pameran, pertemuan hingga acara pernikahan. Kehadiran Pakuwon Mall Surabaya menjadikan pilihan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai macam acara Anda.

Pakuwon Mall Surabaya terletak di Jl. Mayjend. Jonosewojo No.2, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur dan sudah mulai beroperasi mulai tahun 2003 lalu.

2. Tunjungan Plaza

kompas.com

Berikutnya ada Tunjungan Plaza yang berlokasi di Surabaya atau lebih tepatnya di Jl. Jenderal Basuki Rachmat No.8-12, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Bandung, Jawa Timur. Mall ini memiliki luas sebesar 17.000 meter persegi.

Tunjungan Plaza juga terbagi menjadi 6 pusat perbelanjaan yang diantaranya adalah Tunjungan Plaza I, Tunjungan Plaza II, Tunjungan Plaza III, Tunjungan Plaza IV, Tunjungan Plaza V, dan Tunjungan Plaza VI.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Perlu diketahui jika Tunjungan Plaza juga masih dimiliki oleh Grup Pakuwon. Tak bisa dipungkiri jika Grup Pakuwon adalah perusahaan yang bergerak dibidang properti terbesar di Surabaya. Tak hanya memiliki Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall saja.

Namun, Grup Pakuwon juga memiliki bisnis properti lain seperti Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, dan Pakuwon Town Square.

Awal pembangunan Tunjungan Plaza berada di tahun 1985 dan mulai beroperasi pada tahun 1986. Sejak awal beroperasi Tunjungan Plaza masih terus melakukan perkembangan hingga dibangunnya Tunjungan Plaza VI pada tahun 2017 lalu.

3. Summarecon Mall Kelapa Gading

Mall Terbesar di Indonesia
id.wikipedia.org

Summarecon Mall Kelapa Gading juga termasuk salah satu mall terbesar di Indonesia yang berikutnya. Summarecon Mall Kelapa Gading sendiri awal dibangun pada tahun 1975. Dan mengalami tiga kali renovasi serta perluasan di tahun 1990, 2003 dan 2007. Hingga saat ini mall ini memiliki luas sekitar 150.000 meter persegi.

Kebanyakan orang menyebut mall ini dengan istilah MKG yang terletak di Jalan Boulevard Kelapa Gading Raya no. 13, Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara. Selain itu Summarecon Mall Kelapa Gading juga memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti Gading Food City, Hotel Harris, La Piazza Lifestyle Center hingga pusat perbelanjaan

Summarecon Mall Kelapa Gading berada di bawah PT Summarecon Agung dan memiliki banyak agenda acara rutin yang digelar di dalamnya. Salah satunya adalah adanya acara jakarta Fashion and Food Festival yang juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

4. Grand Indonesia

Mall Terbesar di Indonesia
grand-indonesia.com

Berikutnya, ada Grand Indonesia yang terletak di Jalan M.H. Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat 10310. Grand Indonesia sendiri memiliki luas lantai sebesar 140.000 meter persegi yang juga dibagi menjadi tiga area.

Tiga area yang ada di Grand Indonesia meliputi mall barat dengan 9 lantai, mall timur dengan 8 lantai dan skybridge yang memiliki 5 lantai. Grand Indonesia sudah mulai beroperasi pada tahun 2007 lalu dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tak hanya itu saja, pasalnya Grand Indonesia juga menawarkan berbagai macam fasilitas yang terbilang begitu lengkap. Mulai dari pusat perbelanjaan pakaian, pusat kuliner, pusat elektronik, toko buku hingga bioskop sudah tersedia di Grand Indonesia.

Konsep yang diusung dari Grand Indonesia adalah Family Friendly Lifestyle Mall, yang mana mall tersebut akan menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat sekaligus. Tak hanya itu saja, keberadaan Grand Indonesia juga kerap dijadikan melting pot bagi warga Jakarta maupun luar daerah tersebut untuk bertemu maupun hanya sekedar hangout bersama.

5. Mall Taman Anggrek

https://infopromodiskon.com/

Ada juga Mall Taman Anggrek yang terletak di Jalan Letjen. S. Parman Kav. 28, Tanjung Duren Selatan, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat dan menjadi salah satu mall terbesar di Indonesia. Mall yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1966 ini memiliki luas sekitar 130.000 meter persegi serta dibangun bersebelahan langsung dengan apartemen.

Mall Taman Anggrek juga kerap disebut sebagai MTA ini didirikan oleh Salimin Prawiro Sumarto yang juga sebagai mall pertama penyedia layanan arena ice skating indoor.

Banyak fasilitas yang ditawarkan oleh Mall Taman Anggrek. Mulai dari pusat perbelanjaan, bioskop, restoran hingga klinik perawatan. Selain itu, Anda juga akan mudah menemukan produk berkelas di Mall Taman Anggrek.

6. Central Park

Mall Terbesar di Indonesia
id.wikipedia.org

Selanjutnya, ada Central Park yang juga termasuk ke dalam daftar mall terbesar di Indonesia. Central Park terletak di Letjen S. Parman.kav.28, Tanjung Duren Selatan, Grogol petamburan, Jakarta Barat.

Mall ini memiliki 1 lantai basement dan 7 lantai yang digunakan untuk pusat perbelanjaan. Mall mulai beroperasi pada tahun 2009 lalu dan saat itu diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Penggunaan Central Park kabarnya diadopsi dari nama Central Park yang ada di Manhattan New York City. Keberadaan Taman Tribeca juga menjadi salah satu ikon dari Central Park. Taman ini menyediakan ruang publik yang begitu luas dan kerap dijadikan salah satu spot favorit para pengunjung setelah berbelanja di mall tersebut.

Menariknya Central Park sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari pusat perbelanjaan, bioskop, gerai fesyen, pusat kuliner dan lainnya. Tak hanya keberadaan Taman Tribeca saja yang menjadikan Central Park berbeda dari lainnya. Namun mall ini juga miliki Jakarta Aquarium.

Hal ini yang menjadikan Central Park tak hanya bisa dikunjungi untuk berbelanja saja. Namun Central Park juga bisa digunakan sebagai tempat wisata edukasi bersama dengan keluarga.

7. Hartono Mall

Mall Terbesar di Indonesia
pakuwonjati.com

Hartono Mall yang terletak di Jalan Pajajaran, Condongcatur, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta juga menjadi salah satu daftar hotel terbesar di Indonesia. Hartono Mall memiliki luas sebesar 777.266 meter persegi.

Dengan luas tersebut mampu menjadikan Hartono Mall memiliki 6 lantai dengan 279 tenant. Selain itu Hartono Mall juga memiliki atrum seluas 900 meter persegi. Mall ini pertama kali dibuka pada tahun 2015.

Karena menjadi salah satu deretan mall terbesar di Indonesia tentunya Hartono Mall juga memiliki berbagai macam fasilitas di dalamnya. Mulai dari pusat perbelanjaan, pusat kuliner, pusat rekreasi hingga pusat gaya hidup sudah tersedia lengkap di Hartono Mall.

Meskipun berada di Kota Yogyakarta, ternyata Hartono Mall berada di bawah manajemen Pakuwon Jati. Dimana Pakuwon Jati sendiri juga telah menaungi dua mall besar lain yaitu Pakuwon Mall dan Tunjungan Plaza.

8. Paris Van Java Mall

tripadvisor.com

Paris Van Java Mall berada di Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat dan juga masuk ke dalam daftar mall terbesar di Indonesia. Paris Van Java Mall memiliki total luas sebesar 4.700 meter persegi serta mampu dihuni hingga 200 tenan.

Paris Van Java Mall sendiri memiliki 4 lantai yang dibuka pada bulan Juli 2006 lalu. Menariknya, Paris Van Java Mall berada di lokasi yang cukup strategis karena dekat dengan akses jalan tol, bandara dan juga stasiun kereta api.

Selain itu, kebanyakan orang menyebut Paris Van Java Mall dengan nama PVJ. Sedangkan untuk konsep yang diusung oleh Paris Van Java Mall adalah konsep indoor dan outdoor dengan nuansa Eropa yang cukup kental.

Paris Van Java Mall menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari pusat kuliner, pusat perbelanjaan, pusat gaya hidup hingga adanya area bermain ice skating yang bisa Anda gunakan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan bersama dengan keluarga tercinta.

9. Beach Walk Shopping Center

https://www.befreetour.com/

Beach Walk Shopping Center menjadi salah satu mall terbesar yang ada di Indonesia berikutnya. Dimana Beach Walk Shopping Center terletak di Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Tentunya bagi Anda yang berada di Bali tak boleh melewatkan Beach Walk Shopping Center sebagai salah satu tempat untuk dikunjungi.

Mall yang sudah berdiri sejak tahun 2012 ini mengusung tema yang berbeda dari mall lainnya yaitu konsep gaya etnik yang begitu cantik.

Beach Walk Shopping Center memiliki desain lebih terbuka yang dilengkapi dengan tanaman hijau nan luas. Tak hanya bisa berbelanja saja, pasalnya para pengunjung juga bisa menikmati pemandangan pantai dari atas jendela.

Beach Walk Shopping Center sendiri memiliki luas sekitar 3,7 hektar ini juga banyak menyediakan spot untuk swafoto Anda. Tentunya Anda bisa berfoto di Beach Walk Shopping Center sambil mendapatkan latar belakang pemandangan yang begitu menakjubkan.

Layaknya mall pada umumnya, Beach Walk Shopping Center juga menyediakan fasilitas yang begitu lengkap. Mulai dari belanja fesyen, pusat kuliner hingga pusat gaya hidup sangat mudah ditemukan di Beach Walk Shopping Center.

10. Senayan City

https://www.agungpodomoroland.com/

Senayan City juga masuk ke dalam daftar mall terbesar di Indonesia berikutnya. Senayan City sendiri terletak di Jl. Asia Afrika, Gelora, Kec.Tanah Abang, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270.

Senayan City berada di bawah naungan Agung Podomoro Land yang sudah mulai beroperasi untuk umum pada tahun 2016 lalu. Luas yang dimiliki oleh mall ini adalah sekitar 68.000 meter persegi. Dimana dengan luas tersebut, Senayan City mampu menampung sebanyak 350 tenant.

Bisa dibilang jika Senayan City juga merupakan pusat gaya hidup di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Hal ini karena fasilitas yang disediakan oleh Senayan City sangat lengkap. Mulai dari pusat perbelanjaan fesyen, makanan hingga pusat gaya hidup sangat mudah ditemukan di Senayan City.

11. Pondok Indah Mall

pondokindah.id

Pondok Indah Mall yang berada di perumahan elit Pondok Indah Jakarta Selatan juga menjadi salah satu daftar mall terbesar di Indonesia. Pondok Indah Mall lebih kerap disebut dengan nama PIM.

Mall ini memiliki luas Pondok Indah Mall sebesar 103.000 meter persegi yang terdiri dari PIM 1, PIM3, Street Gallery serta PIM 3. Pondok Indah Mall sendiri berada di bawah naungan PT Metropolitan Kentjana Tbk.

Menariknya, Pondok Indah Mall tak hanya sebagai pusat perbelanjaan saja. Namun Pondok Indah Mall juga merupakan satu-satunya mall di Indonesia yang sudah terintegrasi dengan Water Park. Selain itu Pondok Indah Mall juga menjadi tempat gerai Uniqlo terbesar yang ada di Indonesia.

12. Plaza Indonesia

tripadvisor.com

Plaza Indonesia menjadi salah satu mall termewah di Indonesia. Plaza Indonesia sendiri terletak di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat. Mall ini awal dibuka untuk umum pada tahun 1990. Sedangkan untuk luas lahan yang dimiliki oleh Plaza Indonesia sampai mencapai 105.000 meter persegi. Tentunya Anda akan banyak menemukan brand-brand ternama yang ada di dalam Plaza Indonesia.

13. Plaza Senayan

id.wikipedia.org

Plaza Senayan bisa dibilang sebagai salah satu mall termewah dan mall terbesar yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Plaza Senayan menjadi tempat pusat perbelanjaan yang memiliki luas bangunan hingga 130.500 meter persegi.

Plaza Senayan sendiri sudah mulai beroperasi sejak tahun 1996 lalu. Selain itu, Anda akan mudah menemukan brand-brand internasional ketika berada di Plaza Senayan. Menarikny lagi mall ini terletak di lokasi yang begitu stratgeis.

Hal ini tak lain karena Plaza Senayan berada di dekat pusat hiburan Plaza Senayan Arcadia, apartemen Plaza Senayan dan juga gedung perkantoran Sentral Senayan. Plaza Senayan sendiri memiliki fasilitas parkir yang diklaim mampu menampung sekitar 3.600 mobil sekaligus.

14. Ciputra World

id.wikipedia.org

Meski bukan mall terbesar di Indonesia, namun Ciputra World termasuk ke dalam salah satu jajaran mall terbesar di kota Surabaya. Ciputra World sendiri terletak di Jalan Mayjend Sungkono No 89, Kecamatan Dukuh Pakis.

Ciputra World memiliki luas sekitar 150.000 meter persegi yang terdiri dari 6 lantai. Selain itu terbilang sebagai superblock serba ada. Mulai dari hotel, apartemen, perkantoran hingga pusat perbelanjaan dan hiburan bisa ditemukan di Ciputra World.

Bahkan, ketika Anda berkunjung ke Ciputra World akan lebih mudah menemukan brand-brand ternama di dalamnya.

Nah itulah beberapa daftar mall terbesar di Indonesia yang bisa Anda kunjungi bersama teman terdekat atau keluarga. Jadi, mall terbesar mana yang akan kamu kunjungi nanti?

Bicara soal mall pastinya tak bisa dilepaskan dari yang namanya bangunan. Jika ingin mencari buku tentang bangunan, kamu bisa mencarinya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

BACA JUGA:

  1. 10 Kampus Terbesar di Indonesia 
  2. Daftar Bandara Terbesar di Dunia
  3. 10+ Negara Terindah di Dunia yang Perlu Anda Kunjungi
  4. 18 Kota Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi 
  5. 10 Pulau Terbesar di Indonesia Beserta Luas dan Letaknya
  6. 10 Pulau Terbesar di Dunia yang Perlu Kamu Ketahui 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.