in

Ternyata Ini, Makanan Yang Bikin Gemuk

Makanan yang bikin gemuk – Banyak orang ingin menurunkan berat badan karena merasa tidak percaya diri dengan tubuhnya yang gemuk atau tidak ideal, dan banyak makanan yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan, sampai metode diet.

Namun, dari berbagai makanan yang ada, ternyata ada makanan sehat tapi bisa bikin gemuk, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak memperhatikan porsinya. Bahkan, bisa mengganggu kesehatan.

Semua jenis makanan, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, ikan, daging adalah makanan sehat yang kaya akan gizi dan nutrisi, serta banyak manfaatnya untuk tubuh kita dalam melawan resiko penyakit.

Kira-kira makanan apa saja ya yang bikin cepat gemuk, simak beberapa makanan ini, yang ternyata bisa membuat badanmu gemuk!

Makanan Yang Gampang Bikin Gemuk

pixabay

Berikut deretan makanan yang ternyata gampang bikin gemuk yang perlu kamu ketahui.

1. Nasi

Nasi dikenal sebagai makanan pokok orang Indonesia. Terlebih lagi, banyak orang Indonesia yang beranggapan kalau belum makan nasi, seperti belum makan (belum kenyang). Namun rupanya, nasi bisa membuat berat badanmu naik.

Nasi merupakan sumber karbohidrat dan kalori. Dalam 100 gram nasi terdapat 129 kal dan 29 gram karbohidrat.

Umumnya, masyarakat Indonesia biasanya mengonsumsi nasi dalam jumlah yang banyak dan melebihi porsi yang dianjurkan, belum lagi ditambah lauk pauk lainnya yang tinggi kalori, tentu akan semakin gampang membuat tubuh kamu cepat gemuk.

2. Susu

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun ada yang konsumsi susu secara rutin, baik untuk menjaga kesehatan ataupun untuk menambah massa otot.

Nah, susu ternyata gampang bikin badan kamu jadi gemuk, apalagi kalau kamu yang malas berolahraga. Hal ini karena susu mengandung sumber protein yang tinggi, sehingga mengonsumsi susu dalam jumlah yang banyak tapi malas berolahraga, maka kalori dalam tubuh kita akan menumpuk, dan berat badan pun akan naik.

3. Kacang-kacangan dan Selai

Kacang-kacangan dan selai, khususnya selai kacang, termasuk makanan yang bisa menambah berat badanmu naik, dalam kacang setidaknya mengandung 180 kkal, dan 7 gram protein, yang mana dalam kacang-kacangan memang termasuk porsi yang pas.

Namun, buat kamu yang suka ngemil, maka ngemil kacang-kacangan secara terus-menerus ini juga bisa membuat badan kamu cepat gemuk.

4. Daging Merah

Daging merah juga dikenal sebagai makanan yang sehat, karena tinggi protein, daging merah juga sangat bagus untuk membentuk massa otot.

Pada daging steak, terdapat leusin dan asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk massa otot dan jaringan otot baru. Akan tetapi, biasanya daging juga tinggi akan lemak, jadi kalau kamu suka makan daging, usahakan untuk olahraga rutin, agar lemak tidak menumpuk, sehingga kolesterol terjaga dan tidak mengalami obesitas.

5. Pasta

pixabay

Pasta merupakan sumber karbohidrat lain sebagai pengganti makanan berat seperti nasi. Biasanya, makanan ini juga dikonsumsi untuk camilan.

Dalam makanan siap saji seperti spaghetti, mengandung tinggi kalori, hampir 400 kalori, sehingga walaupun tidak makan nasi, kamu akan merasa kenyang.

6. Alpukat 

Diketahui bahwa dalam buah alpukat mengandung lemak sehat dan termasuk buah yang tinggi kalori. Buah ini dapat membantu kamu menaikkan berat badan.

Jadi, kalau kamu sedang berusaha diet atau menurunkan berat badan, ya jangan terlalu banyak makan alpukat. Konsumsi buah alpukat dalam jumlah banyak akan membuatmu cepat gemuk. Jadi, tetap bijak dalam mengonsumsi alpukat, Grameds.

7. Keju

pixabay

Anak kecil pun banyak yang menyukai keju, dan banyak sekali macam-macam jajanan yang ditaburi keju.

Selain rasanya yang enak dan gurih, keju juga mengandung kalori yang tinggi dan kandungan lemak. Oleh sebab itu, keju sering dijadikan makanan untuk menaikkan berat badan. Buat kamu yang enggak suka gemuk, jangan banyak-banyak makan keju ya!

8. Ikan Salmon 

Ikan salmon memiliki protein yang tinggi dan lemak sehat yang penting, sehingga salmon sering dijadikan sebagai pilihan makanan yang sehat untuk menambah berat badan, ikan salmon juga mengandung omega 3 yang sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

Meski begitu, mengonsumsi ikan salmon dalam jumlah yang besar ditambahkan dengan makan-makanan yang tinggi kalori lainnya, bisa membuat badan kamu kegemukan. Jadi, jangan mengonsumsi ikan salmon secara berlebihan, Grameds.

9. Telur  

Telur merupakan makanan yang sehat dan mengandung sumber protein dan lemak sehat, mengonsumsi telur juga bagus untuk kamu yang sedang menambah massa otot.

Namun, konsumsi telur dalam jumlah berlebih dapat menaikkan kadar kolesterol dalam tubuhmu, selain itu, makanan ini juga bisa membuatmu jadi gemuk.

10. Kentang 

kentang merupakan makanan karbohidrat seperti nasi. Kentang juga sering kali digunakan untuk pilihan makanan penambah berat badan yang sehat.

Selain kentang, ada juga makanan padat lainnya seperti ubi jalar, gandum, jagung, dan labu, juga dapat meningkatkan berat badan.

Setelah membaca deretan makanan ini, tentunya kamu tahu kan, kalau makanan sehat yang kita konsumsi setiap hari ternyata bisa menaikkan berat badan ya!

Buat kamu yang malas diet, tapi ingin punya tubuh ideal, mungkin buku Body Intelligence,Menurunkan Dan Menjaga Berat Badan Tanpa Diet! bisa kamu jadikan referensi agar diet yang kamu lakukan berjalan dengan baik.

 

Gaya Hidup Sehat

Banyak orang bingung dalam menerapkan gaya hidup sehat, baik sehat fisik maupun sehat mental. Padahal Gaya hidup sehat juga mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan seseorang.

Seseorang yang bahagia dan sehat, itulah kunci panjang umur. Artinya, seseorang yang bahagia, maka besar kemungkinan seseorang dapat hidup lebih lama.

Yuk, terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang! dengan ikuti beberapa kiat-kiat di bawah ini.

1. Kelola Stres

Rutinitas harian kita dirumah atau mungkin deadline kerjaan yang tak kunjung selesai, macet dijalan, permasalahan financial, hubungan asmara yang sedang konflik, dan berbagai problematika kehidupan seringkali membuat seseorang mengalami stres berat.

Saat kamu mengalami stres, maka sistem imun tubuh akan melemah, sehingga kamu bisa cepat jatuh sakit, yang tentu ini akan mengganggu kondisi kesehatanmu.

Bila kamu stres, cobalah untuk tenangkan pikiran dan ambil nafas dalam-dalam lalu hembusan perlahan, dan cobalah istirahatkan anggota tubuh sejenak, lakukan ini sampai kamu merasa rileks.

Lalu, cobalah untuk lakukan aktivitas lain untuk membuang rasa jenuh, seperti jalan-jalan, menonton film, ke salon, atau membaca buku.

2. Sering Cuci Tangan 

Tangan yang kotor adalah sumber penyakit, karena berbagai aktivitas yang kita lakukan semua menggunakan tangan, maka kebersihan tangan sangat lah penting.

Cucilah tanganmu setelah melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas, dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan produk pembersih tangan seperti hand sanitizer.

3. Rutin Berolahraga

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Banyak orang yang ingin kurus atau sedang program menurunkan berat badan tapi malas untuk berolahraga, tentu hasilnya akan nihil.

Rutin olahraga juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan, olahraga tidak harus pergi ke gym, kamu bisa olahraga yang ringan dirumah, atau jogging, naik sepeda santai, atau senam ringan.

Dengan rutin berolahraga sama saja kamu sudah menerapkan pola hidup sehat loh, karena tubuhmu aktif bergerak setiap hari. Dengan berolahraga, maka tubuh akan membakar kalori yang berlebih. Selain itu, peredaran darah menjadi lancar dan tubuh pun menjadi sehat.

Buat kamu yang bekerja dikantor dan tidak punya banyak waktu untuk berolahraga, maka usahakan kamu melakukan gerakan ringan atau sederhana guna memastikan tubuhmu bergerak, seperti meregangkan tangan dan kaki beberapa menit agar otot-otot tidak kaku dan rileks.

Kamu juga bisa jalan-jalan santai ketika makan siang, atau naik tangga ketika menuju ruang kantor, hal-hal kecil seperti ini juga membuat tubuhmu lebih aktif bergerak.

4. Batasi Konsumsi Gula

Jika kamu sering mengonsumsi gula, sebaiknya cobalah untuk menguranginya. Selain itu, hindari berbagai makanan manis yang lain secara berlebihan.

Pastinya sudah banyak yang tahu ya, jika mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit diabetes. Jika sudah terkena diabetes, kamu harus extra mengurangi porsi makanan yang manis, bahkan menghindarinya.

Konsumsilah gula sesuai keperluan saja ya, jika kamu biasa minum teh dengan dua sendok gula, maka sekarang cobalah satu sendok saja. Perlahan, kamu pasti bisa menghindari gula demi menerapkan pola hidup sehat.

5. Minum Air Putih Yang Banyak

Hampir sepertiga dari tubuh kita adalah cairan, dan setiap hari tubuh kita membutuhkan air untuk seluruh aktivitas metabolisme tubuh. Cairan dalam tubuhmu akan berkurang jika kamu berkeringat atau buang urine.

Untuk itu, air sangatlah penting untuk tubuh kita dalam memenuhi cairan tubuh, sehingga tidak mengalami dehidrasi.

Jadi, minum air putih sangat lah penting, kamu perlu menyediakannya, dan membawa air putih kemanapun kamu pergi, atau dalam berbagai aktivitas, baik berolahraga maupun bekerja.

6. Cukup Istirahat atau Tidur

Selain harus rutin berolahraga dan konsumsi makanan yang bergizi, kamu harus cukup istirahat, jika tidak, maka akan berakhir sia-sia, karena istirahat merupakan kebutuhan mendasar manusia untuk hidup sehat.

Sebab, jika kita kurang tidur, maka akan banyak gangguan kesehatan seperti tidak fokus, sakit kepala bahkan migrain, tubuh terasa lemas, dan lain sebagainya.

Jika kita cukup tidur, maka sistem tubuh dan pikiran akan rileks. Minimal cukupi kebutuhan tidur kamu setidaknya 7 sampai 8 jam ya!

7. Jauhi Kebiasaan Buruk

Jika kamu ingin menerapkan pola hidup sehat, kamu juga harus bisa mengurangi kebiasaan buruk sehari-hari ya, seperti merokok, dan jauhi alkohol.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, merokok dapat menyebabkan berbagai masalah penyakit, seperti penyakit jantung, paru-paru, gangguan pernapasan, bahkan stroke. Selain itu, asap rokok juga berbahaya bagi orang lain yang ikut terpapar atau menghirupnya.

Namun, sering kali seseorang sulit untuk menghindarinya, padahal kebiasaan buruk seperti ini jauh dari pola hidup sehat. Jika kamu perokok, cobalah untuk berhenti.

8. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan memang menjadi suatu hal yang wajib.

Sebab, lingkungan dan rumah yang bersih merupakan ciri gaya hidup seseorang.

Jika dia menyukai kebersihan, maka ia akan menjaga rumah dan lingkungannya tetap bersih. Rumah yang sehat adalah yang terkena sinar matahari, serta adanya ventilasi untuk menjaga kelembaban dan sirkulasi udara yang cukup.

9. Cek Kesehatan Secara Rutin

Pola hidup sehat selanjutnya ialah rutin cek kesehatan secara berkala, untuk mengetahui jika ada gejala masalah kesehatan, sehingga dapat ditangani sedini mungkin.

Kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk penanganan dan mencari solusinya.

10. Pilih Makanan Yang Tepat

Memilih makanan yang tepat merupakan bagian dari pola hidup sehat, jadi kita tidak boleh sembarangan mengkonsumsi segala jenis makanan, yang mungkin malah akan menimbulkan masalah bagi kesehatan tubuh kita.

Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi, serta makanan yang tidak menyebabkan alergi, serta sesuaikan pula porsinya. Perhatikan juga porsi makanmu, jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, maka makan terlalu banyak akan membuatmu kegemukan dan rentan terhadap berbagai penyakit.

Nah, selain memilih makanan yang tepat, kamu juga harus bijak mengolahnya. Hindari memasak dengan cara digoreng, apalagi dilakukan setiap hari atau terus-menerus. Dengan mengurangi minyak, kamu bisa mengolahnya dengan dikukus, ditumis, atau direbus, tentu ini lebih sehat.

 

Cara Menurunkan Berat Badan 

Seseorang yang kelebihan berat badan tentunya sangat tidak percaya diri. Biasanya, dia akan minder dan stres, tetapi itu hanya akan memperburuk kesehatanmu.

Oleh sebab itu, coba lakukan tips di bawah ini untuk menurunkan berat badanmu :

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Banyak yang mengatakan, tidak makan pagi atau sarapan dapat mengurangi berat badan, tapi anggapan itu salah loh, tidak sarapan pagi akan membuat kita merasa lapar yang berlebih saat siang harinya. Bisa jadi, makan siang pun begitu lahap atau tidak terkontrol, hingga diluar porsi yang seharusnya.

2. Hindari Minuman Terlalu Manis

Seperti yang sudah kita tahu, banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis berlebihan sangatlah tidak baik, karena gula akan menumpuk dalam tubuh dan dapat memicu penyakit diabetes. Sebaiknya minum air putih lebih bagus.

3. Minum Air Putih Sebelum Makan

Banyak minum air putih bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita, jangan sampai kamu dehidrasi. Minum air putih sebelum makan dipercaya dapat menenangkan metabolisme tubuh sebelum bekerja atau mencerna makanan.

4. Batasi Konsumsi Produk Instan/Kaleng

Usahakan hindari makanan-makanan instan atau produk kaleng, karena beberapa produk kaleng sedikitnya pasti terdapat pengawet, zat pewarna atau lainnya, lebih baik menggantinya dengan makanan sehat lain, seperti banyak makan buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian.

5. Makan Secara Perlahan

Biasanya kita makan 3 kali dalam sehari, dan mungkin dalam jumlah yang banyak, sehingga kenaikan berat badan pun tak terelakkan.

Cobalah makan sedikit demi sedikit, dan perlahan-lahan, karena cara ini akan membuat kamu tetap kenyang namun tidak makan dalam porsi yang besar.

6. Olahraga Rutin

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan, selain itu, kita juga bisa memperoleh sinar matahari pagi yang sehat. Jika rutin berolahraga, maka metabolisme tubuh akan meningkat, sehingga tubuh pun akan terasa bugar.

7. Istirahat Yang Cukup

Selain olahraga rutin, tentunya istirahat yang cukup juga diperlukan untuk pola hidup sehat, sehingga tubuh kita tetap sehat. Begadang atau kurang istirahat akan membuatmu lelah, dan gampang sakit.

Jadi, menerapkan gaya hidup sehat memang tidak mudah, namun kita tetap harus mencobanya. Sebab, pola hidup sehat dan menjaga kebersihan, sangat bermanfaat untuk kesehatan diri kita sendiri dan lingkungan sekitar.

Demikian pembahasan tentang makanan yang bikin gemuk. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, semoga saja kamu jadi lebih mudah dalam melakukan diet.

Jika ingin mencari buku tentang diet, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Veronika Novi

Rujukan:

  • https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/makanan-sehat-yang-membuat-cepat-gemuk/%3famp=1
  • https://www.orami.co.id/magazine/makanan-yang-membuat-gemuk
  • https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tren/read/2022/05/30/150000765/20-makanan-penambah-berat-badan-yang-baik-untuk-kesehatan


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy