in

Love Yourself Artinya Mencintai Dirimu Sendiri, Simak Caranya Disini!

Love Yourself Artinya – Berdamai dengan diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik tentu saja sangat baik untuk kesehatan mental seseorang. Bahkan banyak dari mereka yang telah mencoba mencintai dirinya sendiri menjadi pribadi yang lebih tenang dan ceria daripada sebelumnya.

Mencintai diri sendiri adalah sebuah cara untuk menenangkan mental seseorang yang sering merasa tidak percaya diri, kurang kasih sayang, dan putus asa karena sering dibanding-bandingkan dengan orang lain. Tidak ada salahnya mencoba mencintai diri sendiri jika itu memang hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menenangkan diri agar terhindar dari stres atau depresi yang tidak baik untuk mental seseorang.

Namun, apakah sobat grameds sekalian sudah mulai mencoba untuk mencintai diri sendiri juga? Hal itu sangat baik jika sudah dilakukan namun jika belum pada pembahasan kali ini kami telah mencoba merangkum makna dan cara agar sobat grameds bisa memulai untuk mencintai diri sendiri.

Selanjutnya pembahasan tersebut telah kami sajikan di bawah ini!

Makna Mencintai Dirimu Sendiri (Love Yourself)

Love Yourself Artinya

Jadi, apa yang kita dimaksud dengan Love yourself’? Love yourself  atau mencintai dirimu sendiri berarti menjunjung tinggi kesejahteraan dan kebahagiaan diri sendiri.

Love yourself berarti sudah memenuhi kebutuhan sobat grameds sendiri dan tidak mengorbankan kesejahteraan dirimu untuk menyenangkan orang lain. Singkatnya, love yourself atau mencintai dirimu sendiri berarti tidak menerima kekurangan yang ada pada dirimu sendiri

Mencintai dirimu sendiri atau love yourself bukan berarti Anda egois dan mengembangkan kepribadian narsistik yang menyimpang.

Sebaliknya, Anda merangkul semua kekuatan Anda tanpa menjadi sombong, tetapi Anda juga memiliki rahmat untuk merangkul semua kelemahan Anda tanpa kewalahan. Sederhananya, cinta diri harus lengkap dan tanpa syarat.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Mencintai diri sendiri berarti memenuhi semua kebutuhan Anda dan tidak mengorbankan kesejahteraan Anda untuk menyenangkan orang lain.

Ini juga bisa berarti mengutamakan diri sendiri, percaya pada diri sendiri, jujur ??atau tidak membohongi diri sendiri, bersikap baik pada diri sendiri dan memaafkan diri sendiri ketika melakukan kesalahan pada diri sendiri.

Mencintai diri sendiri dengan sepenuh hati dapat membawa banyak manfaat bagi diri sendiri dan orang yang Anda cintai. Kamu bisa bebas dari beban sosial karena kamu tidak  membandingkan dirimu dengan orang lain

Dikutip dari Bustle, seorang psikoterapis di Denver, Colorado Arianna Smith, LPC, EMDR, mengatakan bahwa pada dasarnya cara untuk mencintai dirimu sendiri merupakan keyakinan yang tak tergoyahkan dan tanpa kompromi bahwa seseorang layak untuk dicintai, dihormati, aman, dan dimiliki.

Rasa akan untuk mencintai dirimu sendiri ini tentu saja terlepas dari pikiran, perasaan, atau tindakan.

“Salah satu yang termudah, tetapi paling sulit, ukuran love yourself  atau mencintai dirimu sendiri adalah dengan melihat seberapa besar kita menghormati batasan dan kebutuhan diri kita sendiri,” ujar psikoterapi yang memiliki pengalaman ekstensif dalam mendorong seseorang untuk mencintai dan menerima diri mereka sendiri.

Smith mengatakan bahwa self love adalah kata kerja. Ini berarti komitmen terus-menerus untuk tampil untuk diri sendiri setiap hari, bahkan ketika sobat grameds merasa tidak pantas mendapatkannya.

“Salah satu cara terbaik untuk mengenali cara untuk love yourself adalah jika kita tidak memberi diri kita cinta dan rasa hormat. Love yourself adalah bagaimana kita memperlakukan tubuh kita, pikiran kita, hati kita, dan waktu kita,” jelasnya.

Ada beberapa pertanyaan yang dapat sobat grameds tanyakan pada diri kalian sendiri untuk memberikan semacam ukuran tentang love yourself. Apakah sobat grameds sudah merasa bahagia dan berdamai dengan diri sendiri?

Apakah sobat grameds terus berteman atau tetap menjalin hubungan dengan orang yang toxic untuk sobat grameds? Apakah sobat grameds sekalian mempercayai semua pikiran negatif tentang diri kalian sendiri tanpa bertanya-tanya? Apakah kalian secara konsisten mengatakan ‘ya’, ketika kalian lebih suka mengatakan ‘tidak’?

Menurut Psikolog sekaligus Relationship Expert Dian Wisnuwardhani, love yourself merupakan cara yang kita lakukan untuk membuat diri kita bisa menerima keadaan diri seutuhnya. Ya, memang butuh proses untuk bisa sampai ke titik tersebut.

Namun jangan khawatir, sobat grameds. Kalian bisa melakukan berbagai macam cara untuk mulai menerapkan cara mencintai dirimu sendiri karena setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mulai menyayangi dirinya.

Untuk itu penting sekali menerima kekurangan dan berdamai dengan diri sendiri sebagai salah satu cara untuk memulai mencintai dirimu sendiri.

Love Yourself Artinya

Cara Mencintai Dirimu Sendiri (Love Yourself)

Konsep untuk mencintai dirimu sendiri begitu populer dan banyak dibicarakan orang di kehidupan sekarang ini. Karena mencintai diri sendiri adalah salah satu aspek terpenting dari kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Mencintai diri sendiri berarti Anda mencintai dan menerima segala sesuatu yang ada di dalam diri Anda. Seseorang yang menerima kelebihan dan kekurangannya akan lebih mudah mengendalikan emosinya saat sedih, marah, dan frustasi.

Kita sering sibuk mencintai sesama kita dan lupa bahwa kita sendiri membutuhkan cinta. Bukan dari orang lain, tapi cinta dari diri kita sendiri. Mulailah mencintai diri sendiri, berhenti memandang rendah diri sendiri dan cobalah menjadikan diri Anda prioritas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan, agar tidak terlalu mencintai diri sendiri. Jika berlebihan, orang tersebut cenderung narsis dan menganggap dirinya paling benar. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mulai mencintai diri sendiri.

1. Mengenal dan menerima diri sendiri

Langkah pertama untuk mencintai diri sendiri adalah belajar mengenal diri sendiri dan beradaptasi dengan keadaan Anda saat ini. Belajarlah untuk menerima kekuatan dan kelemahan Anda.

Mulailah mencintai diri sendiri dengan memaafkan apa yang terjadi di masa lalu. Hanya sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk maju hanya karena pengalaman masa lalu. Fokus pada diri sendiri saat ini.

Terkadang Anda dapat melihat ke cermin dan berbicara kepada diri sendiri sebagai terapi. Katakan bahwa Anda berharga dan hidup Anda penting. Saat Anda mulai menerima diri sendiri, pikiran Anda akan lebih positif dan mengurangi stres atau depresi.

2. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain

Sekarang sangat mudah bagi Anda untuk melihat kehidupan orang lain di jejaring sosial. Namun dibalik itu semua, bisa jadi ada efek negatifnya yaitu sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan kehidupan orang lain di jejaring sosial.

Kurangi permainan media sosial yang membuat Anda merasa rendah diri atau tidak aman. Terimalah bahwa setiap orang itu unik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perluas komunikasi dengan teman atau keluarga dalam kehidupan nyata. Jangan fokus pada dunia maya, yang tidak selalu sama dengan dunia nyata.

Gunakan internet dengan bijak dan motivasi diri sendiri. Jangan tertipu oleh kesempurnaan palsu media sosial. Jangan bandingkan dengan hidupmu yang hanya menambah stres.

3. Menetapkan Prioritas Sendiri

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan dari kita sering dipengaruhi oleh pendapat orang lain. Lakukan sesuatu karena menurut orang lain itu baik dan terbaik. Jika Anda melakukan sesuatu hanya untuk menanggapi kata-kata orang lain, lama kelamaan Anda akan lelah.

Mulailah mencintai diri sendiri, jangan melulu terpengaruh pendapat orang tua, teman atau tetangga Anda. Jangan terlalu khawatir tentang pendapat orang lain yang menghentikan Anda melakukan atau memutuskan sesuatu. Ikuti kata hati Anda dan jika Anda benar-benar ingin, lakukanlah.

Dengan belajar mencintai diri sendiri, Anda dapat lebih mudah mengembangkan harga diri yang sehat. Jika kita dapat mengembangkan harga diri yang positif, lebih mudah untuk menghindari kecemasan yang berlebihan. Tentu saja, itu mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

4. Menjaga kesehatan tubuh

Cinta diri tidak hanya terbatas pada kebutuhan psikis, tetapi juga pada kebutuhan fisik atau tubuh. Cara mencintai diri sendiri adalah dengan memperhatikan kesehatan tubuh dan menjaga pola hidup sehat.

Olahraga aktif, minum air putih yang cukup, makan makanan bergizi adalah beberapa cara untuk memberikan cinta pada diri sendiri. Tubuh yang sehat tidak diragukan lagi merupakan hadiah terbaik dan paling berharga untuk Anda.

Jika kita mencintai diri sendiri, kita juga harus mengembangkan gaya hidup sehat. Manfaat yang dirasakan dalam tubuh antara lain mengurangi stres. Tubuh lebih cerah dan dapat mengirimkan aura positif dari diri Anda.

5. Melakukan ritual

Ini adalah ritual untuk mencintai diri sendiri. Anda bisa melakukan hobi atau hal-hal menyenangkan sebagai ritual untuk memberi energi pada diri sendiri. Tidak harus hal-hal besar, cukup aktivitas kecil seperti merawat tubuh dengan perawatan kulit favorit, membaca buku atau menonton film.

Manfaat melakukan ritual ini adalah Anda dapat menemukan kepuasan dalam hidup Anda, menerima situasi hidup Anda dan bertanggung jawab atas keputusan atau tindakan Anda. Anda harus bersenang-senang dan mungkin terkadang menertawakan absurditas hidup Anda.

Ketika Anda berhasil, rayakan, meskipun itu hanya kesuksesan kecil. Dengan cara ini, seseorang merasa lebih berharga dan termotivasi.

6. Habiskan waktu tanpa perangkat elektronik

Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan memberi diri Anda istirahat dari melihat layar ponsel atau laptop Anda. Seringkali pikiran diambil alih oleh penggunaan gawai akibat pekerjaan atau lingkungan sosial.

Sebagai gantinya, Anda bisa bertemu teman atau melakukan hal baru yang bisa mengasah kreativitas Anda. Ini akan membantu Anda memahami apa yang dapat dilakukan tanpa elektronik.

Love Yourself Artinya

7. Temukan waktu untuk diri sendiri

Cara mencintai diri sendiri selanjutnya adalah dengan menemukan waktu untuk diri sendiri. Meskipun sulit, cobalah mencari waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai. Bila perlu, aktivitas yang membuat Anda merasa senang dan bahagia bisa diprioritaskan setiap harinya.

Misalnya, Anda dapat membaca buku, bermain teka-teki silang atau sudoku, mendengarkan musik, dan hal lain yang menyibukkan Anda. Meski terkesan biasa saja, cara ini sebenarnya bisa membantu Anda menghargai dan mencintai diri sendiri, mengurangi stres dan mendatangkan kepuasan.

8. Membersihkan rumah atau kamar

Membersihkan dan merapikan rumah atau kamar adalah salah satu cara termudah untuk mencintai diri sendiri, yang terkadang terabaikan.

Nyatanya, rumah yang bersih dan  rapi bisa memberikan suasana baru yang menggairahkan bagi Anda. Anda juga dapat mengurangi kecemasan atau bahkan menemukan inspirasi baru untuk diri sendiri.

9. Ingatlah bahwa tidak ada orang yang sempurna

Jika Anda melakukan kesalahan, Anda tidak perlu terus-menerus merasa minder dan menyalahkan diri sendiri. Ingatlah bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan. Kesalahan yang kamu lakukan bisa memberimu pengalaman dan pelajaran untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

10. Jangan khawatirkan pendapat orang lain

Anda harus ingat bahwa  dalam hidup tidak mungkin membuat semua orang bahagia. Karena jangan terlalu membebani dirimu dengan penilaian orang lain tentangmu. Juga, orang-orang yang tidak tertarik dengan hidup Anda,  sebaiknya Anda abaikan saja.

11. Mengetahui rasa takut

Setiap orang memiliki rasa takut. Alih-alih menghindarinya, Anda harus mencoba berdamai dengan rasa takut. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai dengan menilai penyebabnya, setelah itu Anda perlu mencari solusi agar rasa takut tidak menjadi beban dalam hidup Anda.

Perasaan takut itu wajar dan manusiawi, seolah-olah Anda sedang melakukan kesalahan. Jangan menyangkal ketakutan Anda dan mengerti.

Hal ini sehat ini bisa sangat membantu kesehatan mental Anda.

Menjelajahi dan mengevaluasi ketakutan Anda dapat membantu Anda mendapatkan kejelasan dan mengungkap masalah dalam hidup Anda yang menyebabkan kecemasan.

12. Fisik bukanlah segalanya

Begitu banyak hal di dunia ini yang ingin menjauhkan Anda dari kebenaran yang kokoh.

Kadang-kadang bahkan seksisme internal Anda memperkuat pikiran tentang ketidakmampuan. Anda berharga untuk diri Anda sendiri, bukan untuk tubuh Anda.

Jadi, pakailah apa yang membuatmu nyaman. Baik itu banyak atau sedikit, kenakan sesuatu yang membuat Anda merasa percaya diri, nyaman, dan bahagia.

13. Hindari Orang Toxic

Tidak semua orang bertanggung jawab atas energi yang mereka pancarkan ke dunia.

Jika seseorang membawa racun ke dalam hidup Anda dan mereka tidak mau bertanggung jawab, itu bisa berarti Anda harus menjauh dari mereka.

Jangan takut melakukannya. Itu membebaskan dan penting, meskipun itu bisa menyakitkan.

Lindungi energi Anda, jangan kasar atau tidak jujur ??saat meninggalkan situasi atau mengikuti orang yang menguras energi Anda atau orang beracun.

14. Berani mengambil keputusan

Bagi Anda yang pernah  ragu sebelum mengambil  keputusan. Maka Anda harus mencintai diri sendiri. Karena ketika Anda mencintai diri sendiri, secara alami Anda  menjadi lebih sadar akan semua hal yang terbaik untuk Anda. Ini mendorong Anda untuk lebih berani dalam pengambilan keputusan, dengan mempertimbangkan semua risiko yang mungkin terjadi.

15. Mengekspresikan Isi Hati

Jika Anda menjumpai suatu peristiwa yang membuat Anda sedih, marah atau kecewa, jangan disimpan di dalam hati. Mengekspresikan isi hati bisa menjadi cara untuk melepaskan emosi yang terpendam.

Anda dapat mengungkapkannya dengan menulis di jurnal atau berbicara kepada diri sendiri atau di dalam hati, di kamar mandi atau di depan cermin.

Ketika Anda berbicara kepada diri sendiri, cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi orang lain yang sedang berbicara dengan Anda. Isi percakapan ini akan mengajarkan Anda untuk mengevaluasi secara lebih objektif. Alhasil, Anda menjadi lebih fokus dan termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

16. Singkirkan pikiran negatif

Curhat masalah pernikahan dengan teman dan keluarga Anda karena Anda juga perlu menyingkirkan tidak hanya emosi yang terperangkap, tetapi juga pikiran negatif. Terkadang pikiran negatif ini membuat Anda menderita dan seringkali mempermalukan Anda.

Cobalah memikirkan hal-hal positif untuk menjadi lebih percaya diri dan mencintai diri sendiri sebagai kelebihan Anda.

Sekian pembahasan mengenai apa itu Love Yourself dan cara untuk mencintai dirimu sendiri yang tepat agar kamu selalu bahagia dan bisa menjalani hidup dengan energi positif.

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

Memahami Arti Cinta dari Berbagai Sudut Pandang Yang Ada!

19 Cara Melewati Masa Putus Cinta dan Move On yang Ampuh!

Rekomendasi Novel Romantis Cinta Terbaru

Tanda-Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Apa Saja?

Apa Itu Cinta Monyet? Ini Ciri-Cirinya Anda Sedang Cinta Monyet



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.