in

25 Macam Kepang Rambut Untuk Rambut Panjang dan Pendek

Kepang Rambut – Kepang rambut adalah salah satu gaya rambut yang ternyata sudah ada sejak dahulu kala. Sebagian besar orang pasti menganggap kepang rambut itu hanya diperuntukkan pada wanita saja, padahal sebenarnya para pria di zaman dahulu justru sudah menata rambutnya dengan cara mengepang.

Yap, baik perempuan maupun laki-laki itu boleh-boleh saja kok mengepang rambut mereka untuk kepentingan fashion.

Grameds pasti tahu dong bahwa bentuk kepang rambut itu memiliki pola zig-zag ke arah depan dan tumpang tindih pada satu untaian rambut ke untaian rambut lainnya. Nah, memang umumnya, kepang rambut itu akan dibuat dengan “menganyam” 3 untaian rambut, tetapi semakin canggihnya dunia fashion maka kepang rambut pun dapat dilakukan dengan lebih dari 3 untaian rambut tersebut.

Menurut sejarah, keberadaan kepang rambut ternyata sudah ada sejak 30 ribu tahun yang lalu dan menyebar ke berbagai budaya di dunia. Itulah mengapa, setiap budaya di dunia ini memiliki persepsi tertentu akan kepang rambut. Misalnya orang-orang Afrika menganggap kepang rambut adalah cara untuk mengidentifikasi suku asalnya.

Semakin berkembangnya zaman, maka tentu saja kepang rambut ini menjadi bagian dari fashion sehingga sering digunakan oleh masyarakat umum. Lantas, apa saja sih macam-macam kepang rambut yang dapat Grameds tiru untuk mempercantik rambut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kepang Rambut
https://www.pexels.com/

15 Macam Kepang Rambut Untuk Rambut Panjang

1. Box Braids

Kepang Rambut
https://www.thetrendspotter.net/

Macam kepang rambut yang pertama adalah Box Braids yang terlihat begitu klasik untuk rambut Afro. Sedikit trivia saja nih, rambut afro adalah jenis potongan rambut yang memiliki karakteristik berupa bentuknya bulat, keriting halus, warna hitam pekat, dan biasanya dimiliki oleh etnis Afrika.

Nah, pada rambut kepang Box Braids ini terlihat begitu tebal pada untaian rambutnya. Sayangnya, untuk membuat kepang rambut macam ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan sebaiknya jangan dilepas begitu saja kepangannya karena akan lebih baik jika dipertahankan selama berminggu-minggu,

2. French Braid

Kepang Rambut
https://www.thetrendspotter.net/

Terutama bagi Grameds yang ingin tampil dengan gaya rambut feminim, dapat memilih kepang rambut jenis French Braid ini. Jenis kepang yang satu ini dapat digunakan ketika hendak pergi ke gym, kantor, jalan-jalan ke tempat wisata, dan lainnya.

Hal lain yang menonjol dari kepang jenis ini adalah kepangnya hanya separuh rambut saja. Lalu pada sisa rambut, dibiarkan menjuntai supaya terlihat feminim dan cantik.

3. Braided Ponytail

Kepang Rambut
https://www.thetrendspotter.net/

Kepang rambut yang umumnya “menganyam” 3 untaian rambut, tidak selamanya dibiarkan menjuntai begitu saja ya… Dapat juga kok kepang-kepang rambut tersebut dikuncir ala-ala ponytail. Tidak perlu tinggi kuncirannya karena bisa membuat kepala terasa sakit.

4. Dutch Braid

https://www.thetrendspotter.net/

Selanjutnya ada Dutch Braid yang terlihat mirip dengan French Braid, hanya saja kepangan rambutnya selesai sampai ujung rambut. Kepang rambut yang satu ini terlihat begitu standar karena dimulai dari rambut bagian atas kemudian mengikuti pola yang sama sampai ke ujung rambut. Namun jangan khawatir karena Dutch Braid tetap membuatmu terlihat rapi.

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

5. Lemonade Braids

https://www.thetrendspotter.net/

Kepang rambut jenis ini dipopulerkan oleh penyanyi Beyoncé yang juga turut digunakan pada foto sampul albumnya yang bertajuk “Lemonade”. Untuk membuat kepang ini, secara keseluruhan menggunakan teknik cornrows yang untaian kepangannya sangat rapi, rata, dan rapat dari sisi kanan ke kiri.

6. Fishtail Braid

Kepang Rambut
https://www.thetrendspotter.net/

Jenis gaya rambut Fishtail Braid memang terlihat sederhana dan memiliki pola yang tidak rumit, padahal sebenarnya hal yang membuatnya susah ditiru adalah memisahkan bagian-bagian rambut yang pendek. Yap, anak rambut alias rambut yang memiliki ukuran panjang pendek-pendek itu tetap dianyam menjadi kepang. Tekniknya pun serupa dengan French Braid atau Dutch Braid.

7. Braided Buns

https://www.thetrendspotter.net/

Braided Buns ternyata sudah menjadi gaya rambut para remaja pada tahun ‘90-an! Secara keseluruhan memang gaya rambut ini adalah gabungan antara kepang rambut dengan sanggul di bagian atas kepala. Cara menciptakan gaya kepang yang satu ini adalah dengan mengepang rambut dari rambut bagian atas hingga ujung. Lalu, bagian yang terurai itu, baru “diangkat” ke arah atas dan dijadikan sebagai sanggul.

Perlu diperhatikan bahwa gaya kepang ini cocok untuk Grameds yang memiliki rambut panjang.

8. Tribal Braids

Kepang Rambut
https://www.thetrendspotter.net/

Menurut thetrendspotter.net, gaya kepang yang satu ini berasal dari suku-suku etnis Afrika yang memiliki pola dan gaya unik. Tidak hanya itu saja, Tribal Braids juga secara tradisional sering digunakan oleh para masyarakat suku etnis Afrika untuk mengekspresikan warisan dan status diri.

9. Fulani Braids

https://www.thetrendspotter.net/

Sepertinya, memang jenis-jenis kepang rambut itu kebanyakan berasal dari Afrika ya… Begitu pula dengan Fulani Braids yang menjadi jenis kepang rambut khas suku Fula yang tersebar di Afrika Barat hingga Afrika Tengah.

Nantinya, rambut bagian belakang akan dikepang dengan 3 untaian rambut saja tanpa harus membagi-baginya lagi, kemudian barulah ditempatkan mengelilingi kepala. Lalu, pada rambut bagian depan alias sisa-sisa anak rambut juga dikepang menjuntai. Supaya tampilan rambut semakin unik, pada juntaian rambut tersebut dapat diberi manik-manik.

10. Waterfall Braids

https://www.thetrendspotter.net/

Waterfall Braid sepertinya cocok untuk Grameds yang ingin tampil menawan dan terlihat begitu feminim tanpa harus menghilangkan kesan rambut panjang. Sebenarnya, jenis kepang rambut ini adalah bentuk modifikasi dari French Braid, hanya saja perbedaannya adalah tidak secara keseluruhan rambut yang dikepang.

Yap, rambut yang dikepang hanya bagian atas, tetapi dengan teknik menyamping, bukan dari atas ke bawah. Lalu, sisanya dibiarkan menjuntai dengan bebas. Uniknya, jenis gaya kepang ini biasanya akan digunakan untuk para pengantin wanita atau acara pernikahan.

11. Crown Braid

Kepang Rambut
https://www.thetrendspotter.net/

Selanjutnya ada Crown Braid yang cocok digunakan untuk acara-acara khusus, mulai dari prom night di sekolah atau acara pernikahan. Melalui gaya kepang rambut yang satu ini, membuatmu lebih elegan dan memperlihatkan leher yang jenjang. FYI nih, gaya rambut ini juga bisa lho menyamarkan keadaan rambut yang belum sempat keramas!

12. Mohawk Braid

https://www.thetrendspotter.net/

Bagi Grameds yang menyukai hal-hal tentang punk termasuk juga pada gaya rambut mohawk, dapat meniru gaya rambut kepang yang satu ini. Mohawk Braid juga cocok bagi Grameds yang memang suka menjadi pusat perhatian orang-orang.

Caranya adalah dengan mengepang rambut dengan teknik Dutch Braid dari bagian samping rambut ke arah dahi. Setelah rambut sudah “habis” dikepang, lipatlah kembali kepangan tadi hingga membentuk mohawk membulat. Untuk menciptakan gaya rambut ini, sebaiknya pada rambut yang lurus dan tebal ya.

13. Snake Braid

https://www.thetrendspotter.net/

Apabila Grameds ingin rambut panjang tetap terurai bebas, tetapi juga ingin ada kepang rambutnya, dapat meniru gaya Snake Braid ini. Caranya adalah dengan mengepang rambut secara tipis di bagian pelipis kepala. Kepanglah ke arah belakang layaknya menguncir separuh.

14. Halo Braid

Kepang Rambut
https://www.thetrendspotter.net/

Halo Braid terlihat memang seperti Crown Braid, hanya saja lebih rapi dan tidak ada sisa rambut yang menjuntai secara bebas. Setelah mengepang rambut dari arah atas ke bawah, kemudian kepangan tersebut dililitkan ke kepala. Penampilan Grameds akan tambah menawan jika menggunakan anting-anting yang selaras dengan warna pakaiannya.

15. Ombre Braid

https://www.thetrendspotter.net/

Apabila Grameds memiliki rambut ombre alias yang mewarnai dengan warna gradasi gelap-terang, juga bisa lho menjadikan kepang rambut sebagai langkah untuk semakin mempercantik rambut. Gunakan saja teknik kepang yang sederhana yakni dengan menganyam 3 untaian rambut saja. Semakin rapi, maka rambut ombre milikmu akan semakin terlihat keren.

Bicara soal rambut, pastinya tak bisa dilepaskan dari yang namanya haircuts atau potongan rambut. Terlebih lagi, potongan rambut dari tahun ke tahun tak selamanya sama. Untuk kamu yang sedang mencari referensi potongan rambut, maka buku Short Story Haircuts for Short Hair adalah jawabannya.

 

10 Macam Kepang Rambut Untuk Rambut Pendek

1. Short Side Braid With Rose Gold Hair

Kepang Rambut
https://www.thetrendspotter.net/

Bagi Grameds yang menyemir rambutnya dengan warna rose gold, pasti ketika bercermin akan terlihat begitu feminim dan elegan. Nah, supaya tampak semakin menawan, dapat mengepang untaian rambutnya di bagian sebelah saja. Gaya rambut ini cocok untuk acara non formal seperti menonton konser maupun jalan-jalan di mall.

2. Half Up Half Down Braids With Rings

https://www.thetrendspotter.net/

Selanjutnya adalah Half Up Half Down Braids With Rings yang terlihat memiliki cepol rambut di bagian atas kepala. Uniknya, pada bagian kepangan rambut dapat diberi aksesoris berupa cincin yang seolah merantai satu sama lain.

3. Short Side Braids With Loose Hair

https://www.thetrendspotter.net/

Salah satu gaya rambut kepang yang tampak sederhana tetapi tetap keren adalah Short Side Braids With Loose Hair ini. Kepangan rambutnya hanya pada bagian depan rambut saja dan ujungnya tidak diikat dengan karet, melainkan diuraikan begitu saja.

Pernikahan merupakan suatu hal yang bahagia, sehingga calon suami istri pun akan selalu berusaha untuk tampil maksimal, terutama calon istri. Namun, terkadang beberapa calon istri pun bingung untuk menentukan tata rias wajah dan rambut yang tepat. Tak perlu khawatir, karena dalam buku Tata Rias Wajah Dan Rambut Keluarga Pengantin Modern bisa dijadikan sebagai referensi dalam memilih tata rias dan rambut pengantin yang sesuai dengan karakteristik wajah.

4. Short Dutch Braids With Ponytails

https://www.thetrendspotter.net/

Model rambut kepang yang satu ini adalah inovasi dari Dutch Braid yang menonjolkan kepang rapat dan kencang. Dibandingkan mengepang secara keseluruhan, lebih baik dikepang saja bagian tengahnya. Lalu pada sisa rambut lainnya dikuncir biasa dengan diikat dengan karet.

Sementara pada anak rambut yang ada di belakang telinga dan sekitar pelipis, dapat dikepang kecil.

5. Small Cornrow Braids

https://www.thetrendspotter.net/

Selanjutnya adalah Small Cornrow Braids yang menggunakan teknik cornrow tetapi dengan pola yang unik. Untuk mengepangnya, lebih baik dari rambut bagian atas ke arah ke bawah dengan untaian rambut yang tipis. Pada ujung rambut, jangan lupa diberi aksesoris berupa karet warna-warni.

6. Short Loose Braids With Platinum Blonde Hair

https://www.thetrendspotter.net/

Bagi Grameds yang ingin mengecat rambut dengan warna icy blonde tetapi bingung akan dimodifikasi dengan gaya rambut apa, dapat mencoba Loose Braids With Platinum Blonde Hair ini. Sebenarnya, gaya rambut ini adalah Crown Braid versi rambut pendek.

7. Short Dutch Braid Pigtails

https://www.thetrendspotter.net/

Untuk Grameds yang memiliki rambut ukuran sebahu, dapat mencoba gaya rambut ini. Sekilas, justru Short Dutch Braid Pigtails ini terlihat rapi dan formal. Itulah mengapa, gaya rambut yang satu ini cocok untuk kegiatan formal.

8. Short Waterfall Braids

https://www.thetrendspotter.net/

Gaya kepang rambut Waterfall Braids ternyata tidak hanya diperuntukkan untuk rambut panjang saja lho, tetapi juga rambut pendek juga. Ditambah lagi, jika rambutmu di-ombre dengan warna kalem, maka akan terlihat begitu soft dan feminim. Jangan lupa untuk memberi aksesoris senada dengan warna pakaian.

9. Short Faux Undercut With Side Braids

https://www.thetrendspotter.net/

Siapa yang suka dengan potongan rambut undercut tetapi tidak ingin mencukurnya demikian? Nah, dapat menggunakan gaya rambut Short Faux Undercut With Side Braids yang terlihat seperti potongan undercut.

Pada bagian sisi kiri maupun kanan (opsional), dapat dikepang seperti biasa secara tipis saja. Lalu sisa rambutnya dibiarkan terurai layaknya potongan rambut undercut.

Ketika hari pernikahan tiba, sang wanita pun akan berusaha semaksimal mungkin untuk tampil cantik. Terlebih lagi, pemilihan model atau potongan rambut harus sesuai dengan karakteristik dan bentuk wajahnya. Nah, untuk kamu yang masih bingung mencari referensi dalam menemukan ide tata rias rambut, maka buku Enchanting Angel – Kreasi Tata Rambut Pengantin Internasional adalah jawabannya.

10. Short Dutch Braid With Ponytail

https://www.thetrendspotter.net/

Terakhir ada Short Dutch Braid With Ponytail yang menggabungkan antara kuncir kuda dengan kepang rambut di bagian tengah. Perlu diperhatikan bahwa gaya rambut ini hanya mengepang satu bagian rambut saja yakni di bagian tengah rambut dengan kepangan lumayan tebal. Lalu sisa rambutnya dapat diikat seperti biasa dengan karet.

Nah, itulah rekomendasi kepang rambut yang bisa kamu coba di rumah atau saat pergi berakitvitas. Setelah mengetahui rekomendasi kepang, kepang seperti apa yang akan kamu gunakan?

Jika ingin mencari buku tentang kecantikan, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Sumber:

https://www.thetrendspotter.net/

Baca Juga!

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela G

Dunia fashion memang tak ada matinya, bahkan hampir setiap tahun akan muncul tren fashion terbaru. Selain fashion penampilan rambut pun memang tak ada habisnya.