in

10 Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut dan Mengenal Siklus Hidupnya

pixabay.com

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut – Semua orang memiliki kemungkinan untuk terkena kutu rambut. Hal ini karena kutu rambut ini mudah sekali menular ke orang lain. Kutu rambut juga dapat berkembang biak serta menghasilkan telur-telur yang biasanya akan dibiarkan menempel pada batang rambut hingga akhirnya menetas. Bahkan, adanya kutu pada rambut ini bisa membuat rambut menjadi semakin gatal.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan telur kutu rambut dan juga telurnya. Cara menghilangkan telur kutu rambut ini ada yang alami dan ada juga yang melalui pengobatan medis. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara menghilangkan telur kutu rambut. Namun, sebelum itu, kita akan membahas lebih dulu tentang siklus hidup kutu rambut.

Siklus Hidup Kutu Rambut

Jika bicara tentang siklus kutu rambut ada tiga, mulai dari telur, larva, dan kutu dewasa. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Telur

Siklus kutu rambut yang pertama adalah telur. Bentuk telur cukup sulit untuk diidentifikasi serta sering kali tersamarkan dengan adanya ketombe atau tetesan semprotan rambut. Bentuknya yang bulat, dengan ukuran 2–3 milimeter serta berwarna kekuningan.

2. Larva atau nymph

Nymph adalah kutu yang baru saja menetas serta membutuhkan waktu 2–3 minggu untuk tumbuh menjadi kutu dewasa.

3. Kutu dewasa

Kutu rambut dewasa telah berukuran sebesar biji wijen dan dapat hidup dalam waktu 30 hari kemudian melekat pada rambut serta mendapatkan makanan dari darah inangnya.

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut
pixabay.com

Infeksi kutu rambut ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena dapat menyebabkan rasa geli, gatal, atau bahkan luka kemerahan pada area kulit kepala. Oleh sebab itu, kutu rambut beserta telurnya perlu diatasi dengan cara yang tepat. Cara utama untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya ialah dengan menggunakan sisir serit yaitu sisir bergigi halus dan rapat yang memang dibuat secara khusus untuk membersihkan kutu rambut.

Namun, ada juga beberapa cara lainnya yang ampuh untuk menghilangkan kutu rambut, antara lain:

1. Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut dengan Kondisioner

Oleskan kondisioner pada rambut lalu sisir dengan menggunakan sisir serit adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Cara yang satu ini juga mudah untuk dilakukan, berikut langkahnya:

  1. Cuci rambut dengan menggunakan sampo hingga bersih
  2. Oleskan kondisioner pada seluruh area permukaan rambut dan kulit kepala. Sisir rambut selagi basah menggunakan sisir serit, mulai dari akar hingga area ujung rambut.
  3. Bersihkan juga kutu, telur, dan kotoran yang terperangkap di sisir serit dengan memasukkannya ke dalam wadah yang berisi air hangat.
  4. Lakukan penyisiran basah ini secara rutin, yaitu 2?3 kali seminggu, hingga kutu rambut beserta telurnya akhirnya benar-benar hilang.

2. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Zaitun atau Minyak Almond

Menyisir rambut dengan sisir serit yang dioleskan minyak zaitun ataupun minyak almond bisa juga kamu jadikan sebagai cara untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya. Berikut adalah langkahnya:

  1. Oleskan minyak zaitun ataupun minyak almond pada rambut.
  2. Pisahkan dan jepit rambutmu menjadi beberapa bagian.
  3. Sisir setiap bagian rambutmu dengan menggunakan sisir serit, mulai dari akar rambut hingga ke bagian ujungnya.
  4. Bersihkan kutu, telur, ataupun kotoran yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukkannya pada wadah berisi air hangat.
  5. Setelah selesai menyisir rambut, cucilah rambutmu dengan menggunakan sampo hingga bersih.
  6. Ulangi langkah ini setiap hari hingga kutu rambut serta telurnya benar-benar hilang sepenuhnya.

3. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Esensial

Sejumlah minyak esensial ini telah terbukti efektif untuk mengatasi kutu rambut dan telurnya. Adapun minyak esensial yang dimaksud, seperti tea tree oil, minyak lavender, minyak kayu putih, minyak menthol, minyak nimba, minyak cengkeh, minyak kayu manis, dan minyak pala. Adapun caranya menggunakan minyak esensial untuk mengatasi kutu rambut.

  1. Campurkan 4 sendok makan minyak zaitun ataupun minyak kelapa dengan 15–20 tetes minyak esensial.
  2. Kemudian, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala serta seluruh permukaan rambut, lalu diamkan dalam 12–24 jam. Jika kamu ingin mengoleskannya di malam hari sebelum tidur, kamu dapat menggunakan shower cap. Setelah didiamkan, sisirlah juga rambut mulai dari akar rambut hingga kepada ujung rambut dengan sisir serit.
  3. Bersihkan kutu, telur, ataupun kotoran rambut yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukkannya kepada wadah berisi air hangat.
  4. Cuci rambut dengan sampo hingga bersih kemudian Lakukan cara ini hingga rambutmu bebas dari kutu dan telurnya.

4. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Obat Kutu

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut
pixabay.com

Menghilangkan kutu dan telurnya juga dapat dilakukan dengan menggunakan obat kutu yang bisa kamu beli secara bebas tanpa resep dokter, baik di apotek ataupun supermarket. Obat kutu ini umumnya kemudian tersedia dalam bentuk lotion ataupun semprotan. Untuk mengatasi kutu dan telurnya dengan obat, kamu bisa simak caranya di bawah ini.

  1. Hindari penggunaan kondisioner sebelum menggunakan obat kutu.
  2. Gunakan sisir serit untuk membersihkan kutu serta telurnya dari rambut setelah 8–12 jam penggunaan obat kutu.
  3. Hindari mencuci rambut dalam 1–2 hari setelah menggunakan obat kutu.
  4. Jika setelah 2 hari penggunaan obat, kutu masih aktif dan tidak mati, ini berarti obat yang kamu gunakan tidak bekerja dengan baik.
  5. Jika demikian, konsultasikan hal ini kepada dokter. Dokter mungkin akan meresepkan obat antiparasit untuk kemudian mengatasi infeksi kutu, seperti diantaranya ivermectin, permethrin, spinosad, ataupun malathion.
  6. Sebaliknya, jika setelah 3 minggu perawatan, baik dengan pengobatan alami atau medis, sudah tidak terlihat kutu yang hidup, itu artinya kamu sudah sembuh dari infeksi kutu rambut. Walau terkadang cangkang telur kutu masih juga tertinggal, lama-kelamaan cangkang ini kemudian akan hilang dengan sendirinya.
  7. Perlu diingat bahwa kutu rambut sangat mudah menular. Jadi, untuk memastikan bahwa kutu rambut serta telurnya sudah dibasmi tuntas dan kemudian mencegahnya agar tidak kembali lagi, orang yang tinggal sekamar ataupun serumah denganmu juga perlu melakukan langkah-langkah di atas untuk menghilangkan kutu rambut.

5. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Lemon Buah

Lemon memiliki kandungan asam cukup tinggi serta kurang lebih kandungan asamnya hampir mirip dengan cuka asam. Jadi, tidak heran apabila lemon sangat direkomendasikan untuk hilangkan kutu rambut beserta telurnya. Adapun cara menghilangkan kutu rambut dengan lemon, sebagai berikut.

  1. Potong 2 buah lemon kemudian peras airnya dan Sediakan air sebanyak 100ml.
  2. Campurkan ke 2 bahan di atas hingga merata kemudian Teteskan cairan tersebut pada kulit kepala lalu pijit-pijit dalam waktu 5 sampai 10 menit.
  3. Biarkan selama 30 hingga 40 menit dan Keramasilah rambut dengan air hangat.

6. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bawang Putih

Cara menghilangkan telur kutu selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih yang memiliki kandungan capsaicin. Meski tidak sebanyak cabai, tetapi kandungan di dalam bawang putih dapat membunuh kutu serta mengusir telurnya. Berikut langkahnya:

  1. Siapkan 10 siung bawang putih dan Masukkan ke dalam blender dan giling hingga halus
  2. Siapkan 3 sdt air jeruk nipis, kemudian campurkan dan Oleskan pada kulit kepala hingga merata.
  3. Gunakan shower cap untuk menutup rambut dan Biarkan selama 30 menit.
  4. Keramasilah rambutmu hingga bersih.

7. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cuka

Cuka diketahui dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kutu rambut beserta telurnya dengan cepat karena sifatnya yang sangat asam. Namun harus tetap digunakan secara hati-hati. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyebabkan iritasi.

  1. Siapkan 2 sdm cuka kemudian sdm minyak kelapa.
  2. Campuran kedua cairan tersebut hingga merata.
  3. Oleskan pada kulit kepala sebelum tidur dan Gunakan penutup kepala (shower cap) serta tidurlah.
  4. Diamkan hingga besok pagi. Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambut dengan menggunakan sampo.

8. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut
pixabay.com

Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak jenuh yang mampu untuk menghilangkan kutu di rambut Panjang serta mengandung Vitamin E yang mampu menyehatkan serta melembutkan rambut. Berikut cara menghilangkan kutu rambut dalam 1 hari dan telurnya:

  1. Siapkan 2 sdm minyak kelapa kemudian hangatkan sebentar.
  2. Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala kemudian pijatlah dengan lembut selama kurang lebih 15 menit.
  3. Pasang penutup rambut pada kepala kemudian tidurlah, sambil mendoakannya hingga besok pagi.
  4. Setelah bangun dari tidur, keramasilah rambutmu dengan menggunakan sampo.

9. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Sisir Halus

Biasanya telur kutu berada pada bagian batang rambut, dekat dengan kulit kepala. Tempat ini dipilih karena memiliki suhu yang sempurna untuk tetap hangat hingga menetas. Telur kutu tersebut juga akan menetas dalam waktu satu hingga dua minggu setelah diletakkan.

Terkadang, telur kutu juga akan terlihat seperti ketombe, namun tidak dapat dihilangkan dengan cara disikat. Setelah menetas menjadi nimfa, cangkang yang tersisa kemudian akan terlihat putih ataupun bening, dan tetap melekat kuat pada batang rambut. Minta anak untuk menundukkan kepalanya, kemudian sisir rambut anak dari atas ke bawah. Bisa juga minta anak untuk duduk, membagi rambut kepada beberapa bagian, kemudian perlahan sisir serta cermati telur kutu yang terlihat.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mengubah Kebiasaan

  1. Hindari kontak rambut dengan barang-barang yang kemudian digunakan bersama seperti mainan dan karpet.
  2. Hindari penggunaan bersama benda-benda pribadi yang kamu gunakan dan telah menyentuh rambut seperti sisir, handuk, topi dan lain-lain.
  3. Rendam sisir yang digunakan penderita di dalam air panas dalam waktu 5–10 menit.
  4. Cuci baju dan kain yang kemudian sempat bersentuhan dengan rambut penderita dalam air panas serta jemur di bawah terik matahari.
  5. Benda-benda yang tidak dapat dicuci kemudian harus disimpan dalam wadah tertutup rapat dalam waktu 2 minggu.
  6. Bersihkan sofa dan furniture sejenis dengan menggunakan vacuum cleaner secara berkala.

Demikian pembahasan tentang siklus dari kutu dan juga cara menghilangkan telur kutu rambut. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, semoga saja kamu menjadi lebih mudah dalam mengatasi permasalahan pada kutu atau telur kutu rambut.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Cara Menghilangkan Kutu Rambut

1. Tata Rias Wajah dan Rambut Keluarga Pengantin Modern

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Saat pesta pernikahan dilangsungkan, bukan hanya sang mempelai saja yang harus dirias. Ibu sang pengantin, tante-tante, saudara, flower girl, bridesmaid, hingga para panitia putri juga membutuhkan tata rias wajah maupun rambut. Riasan ini haruslah cantik, rapi, dan serasi dengan busana yang dikenakan, namun tetap tidak “”mengalahkan”” tata rias sang mempelai sendiri.

Jenis riasan wajah dan tata rambut dalam bentuk sanggul modern bagi para perempuan keluarga pengantin ini yang ditampilkan dalam buku ini. Di sini terdapat inspirasi penerapan make-up yang sesuai untuk wanita usia matang (di atas 35 tahun), wanita usia 20-an, dan remaja putri yang pas dan elegan, sesuai dengan tataran usia dan gaun pesta yang dikenakan.

2. Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Kulit yang sehat, halus serta bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita termasuk kamu. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih fresh, cantik serta awet muda. Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit. Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar?

Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM. Jangan sampai produk yang berbahaya ini masih ada di tangan dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang kamu dapatkan justru sebaliknya.

3. Cara Mudah Perawatan Tangan dan Kaki

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Wanita mana yang tidak menginginkan keindahan tangan dan kaki, khususnya kuku. Karena bagian ini selain menambah kecantikan seseorang juga meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, dengan kuku yang bersih membuat image jika orang tersebut sangat peduli dengan kebersihan dan kesehatan. Tentu kamu juga sepakat bukan? Jika iya, mulai saat ini sangat penting dengan perawatan tangan dan kaki. Tidak perlu harus ke salon yang mahal karena bisa kamu lakukan di rumah saat tidak sibuk.

Dan buku inilah jawabannya mengenai cara mudah perawatan tangan dan kaki. Diantara tips-tips yang tersaji dalam buku ini adalah: kuku cantik dengan pedicure & manicure spa; tips manicure pedicure praktis; perawatan tangan dengan cara sederhana; mengatasi telapak kaki pecah-pecah; tips perawatan kuku kaki dan tangan agar tampak indah dan sehat; tips perawatan kaki.Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

4. Perawatan Ratus – V Spa

Cara Menghilangkan Telur Kutu Rambut

Vital jika kita sebagai perempuan meremehkan bagian kewanitaan, karena dipastikan menyesal seandainya terjadi hal yang tidak kita inginkan akibat kita tidak merawatnya dengan baik. Salah satu perawatan adalah dengan ratus v spa, selain itu juga perawatan keseharian yang lain. Buku ini tepat di tanganmu! Karena buku ini mengulas seputar perawatan daerah kewanitaan.

Diantaranya, tentang ratus: perawatan kewanitaan (perawatan bagian intim wanita dengan ratus-V Spa); tips-tips tahapan ratus; tips cara merawat organ seks perempuan; rahasia perawatan vagina: agar vagina menjadi legit dan peret; agar vagina menjadi kering; agar vagina menjadi harum; apakah pantyliner berbahaya; tips memilih pembalut: hati-hati alergi pembalut; daya serap pembalut; tips mencukur daerah kemaluan wanita; tips mengatasi bau tak sedap pada vagina, dll.

Namun kamu jangan khawatir, karena buku ini juga menyajikan tips-tips untuk mengatasinya. Buruan dapatkan segera informasi lengkap dalam buku ini! Selamat membaca, semoga bermanfaat!

Jika kamu ingin mencari buku tentang rambut atau tata rias, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: Dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 15 Cara Merawat Rambut dengan Mudah
  2. 13 Shampo untuk Rambut Rontok agar Rambut Kembali Sehat
  3. 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Perawatan Rambut, Kenali Tanamannya
  4. 10 Tips dan Cara Meluruskan Rambut Secara Alami 
  5. 13 Cara Melemaskan Rambut agar Tidak Mengembang dan Kaku 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda