in

15 Arti Mimpi Potong Rambut Sebagai Pertanda Baik Atau Buruk?

All Things Hair

Arti Mimpi Potong Rambut – Bagi sebagian orang beranggapan bahwa mimpi yang terjadi saat tidur memiliki artinya tersendiri. Salah satu mimpi yang penuh dengan arti adalah mimpi potong rambut. Lalu, apakah arti mimpi potong rambut menjadi pertanda baik atau pertanda buruk?

Pengertian Mimpi

Arti Mimpi Potong Rambut
pixabay.com

Mimpi selalu disebut sebagai bunga tidur, tetapi tidak sedikit yang juga bertanya-tanya apakah mimpi yang terjadi dalam tidur itu memiliki sebuah arti terhadap kehidupan nyata. Setiap dari kita pasti pernah bermimpi mengenai sesuatu yang jelas dan bisa diingat, tetapi kadang kita juga bermimpi mengenai sesuatu yang sangat abstrak dan tidak jelas sama sekali.

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming.

Mimpi seringkali dikaitkan dengan tidur nyenyak. Orang-orang percaya bahwa jika bermimpi, terutama apabila mimpinya cukup aneh, maka menjadi tanda kalau tidur seseorang tidak nyenyak. Namun ternyata, itu adalah pendapat yang salah.

Rustika Thamrin, seorang psikolog dari Brawijaya Women and Children Hospital mengungkapkan bahwa tidur yang nyenyak justru adalah tidur yang tak disertai mimpi. Tanda bahwa Anda sudah mendapatkan tidur yang berkualitas adalah adanya rasa segar ketika bangun tidur.

Rustika menambahkan bahwa tidur yang nyenyak adalah tidur yang menyebabkan otak berada di gelombang delta, sama seperti gelombang yang dialami oleh bayi. Tidur yang baik ini bisa bermanfaat banyak pada kesehatan, salah satunya adalah kecantikan kulit.

Gelombang delta terjadi ketika orang tidur sangat nyenyak seperti bayi. Aktivitas gelombang delta pada otak akan membuat tubuh benar-benar beristirahat serta membantu proses regenerasi kulit. Untuk mencapai tidur yang nyenyak dengan aktivasi gelombang delta ini, maka kamu harus dapat membuat pikiran tenang dan berusaha untuk tidur dalam kurun waktu jam 8 malam sampai jam 4 pagi karena kerja gelombang delta di otak berjalan dengan baik.

Jika kamu tidur dengan banyak pikiran, beban, perasaan cemas, serta stres, maka kamu tidak bisa tidur nyenyak, sehingga bisa memunculkan mimpi-mimpi buruk dalam tidur. Memang mimpi hanyalah bunga tidur yang tidak bermakna apa-apa, tetapi mimpi dapat terjadi karena otak kita tetap bekerja aktif walaupun kita sedang tidur. Meskipun begitu, percaya atau tidak terkadang beberapa mimpi bisa menjadi sebuah peringatan untuk kejadian yang akan terjadi.

Bagi sebagian orang, kegiatan memotong rambut dianggap sebagai suatu cara untuk memberikan penampilan yang baru dan lebih keren. Namun, apa jadinya apabila kamu bermimpi sedang memotong rambut? Pada dasarnya, arti mimpi potong rambut tidak semua berakhir baik ataupun sebaliknya.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa seseorang yang bermimpi potong rambut berarti si pemimpi akan mengalami nasib buruk. Akan tetapi, ada juga tafsir lain yang mengatakan bahwa mimpi potong rambut tak selamanya berarti buruk.

Dalam sebuah tafsir mimpi, arti mimpi potong rambut pendek bisa memiliki banyak sekali arti. Baik itu, arti yang baik ataupun yang buruk. Bahkan dalam dunia psikologi, arti mimpi potong rambut bisa menjadi pertanda bahwa seseorang sedang tertekan atau frustasi.

Meski begitu, arti mimpi potong rambut bisa kamu jadikan sebagai tolak ukur, apakah kamu akan mendapatkan rezeki atau mendapatkan bahaya.

Macam-Macam Teori Tentang Arti Mimpi

Arti Mimpi Potong Rambut
pixabay.com

Melihat mimpi dari sisi sains, ada banyak sekali teori yang dijelaskan oleh para ahli mengenai makna mimpi. Berikut penjelasannya dari berbagai sumber:

1. Mimpi pertanda keinginan bawah sadar

Teori pertama yakni dikemukakan oleh Psikolog Sigmund Freud. Bapak psikolog ini banyak berbicara tentang mimpi. Freud menyebutkan bahwa mimpi itu membantu melindungi seseorang untuk bangun lebih awal ketika ada cahaya atau suara yang mengganggu tidur mereka.

Selain itu, Freud juga percaya bahwa mimpi menunjuk pada keinginan yang terpendam pada diri kita. Otak Anda yang sedang tidur menciptakan apa yang disebutnya sebagai “mimpi termanifestasi” dari potongan gambar, pengalaman, dan kenangan sehari-hari.

Mimpi nyata menyederhanakan, mengatur ulang, dan menutupi “mimpi laten”, atau keinginan Anda yang tertekan dan tidak disadari. Dengan kata lain, mimpi nyata menggunakan berbagai simbol dan gambar aneh atau tidak biasa untuk menyembunyikan mimpi laten, atau apa yang sebenarnya Anda impikan.

2. Mimpi sebagai penggambaran diri

Hampir sama seperti Teori Freud, Carl Jung juga percaya bahwa sebuah mimpi memiliki makna. Jung berfokus pada arketipe, atau pola tertentu, yang muncul secara simbolis dari mimpi.

Jadi, dalam teorinya ini, Jung berpendapat bahwa mimpi dapat membantu menjelaskan kejadian sehari-hari dan menyeimbangkan aspek diri kamu yang belum kamu sadari. Ia pun memberikan contoh dalam teori kompensasi yang dimaksudnya ini.

Mimpi sebagai penggambaran diri dicontohkan, kamu memiliki hubungan yang sederhana dan kuat bersama pasangan kamu. Lalu, kamu menikmati hobi yang sama, memiliki chemistry seksual yang hebat, dan bergaul dengan baik, tetapi di alam bawah sadar Anda yang paling dalam ada suatu perasaan yang hilang dari hubungan kamu tersebut.

Ketika suatu malam kamu bermimpi sedang berduaan dengan pasangan kamu, melihat-lihat daftar perumahan bersamanya, lalu berkeliling di bagian furniture sebuah department store, kemudian tiba-tiba di dalam mimpi tersebut kalian berjalan-jalan santai melalui taman yang tenang.

Saat bangun, kamu mungkin menyadari bahwa mimpi kamu mengungkap beberapa hal yang biasa yang tidak ada dalam hubungan Anda dengan pasangan. Selain itu, mimpi tersebut juga bisa mengartikan bahwa kamu mungkin menginginkan hubungan yang memiliki perencanaan yang matang untuk masa depan bersama dengan kesenangan.

3. Mimpi bagian dari pikiran saat tidur

Peneliti mimpi lainnya juga telah memberikan teori mereka sendiri tentang arti dari sebuah mimpi saat tertidur. Psikolog Calvin S. Hall beranggapan bahwa mimpi adalah bagian dari proses kognisi, atau pikiran-pikiran yang terjadi saat Anda tidur. Hal itu menjadi mungkin menurut Hall, karena gambar yang muncul dalam mimpi kerap mencerminkan elemen kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu, Hall meyakini bahwa mimpi dapat memberikan pengetahuan penting tentang bagaimana Anda memandang diri sendiri dan orang lain, masalah dan konflik kehidupan yang sedang Anda alami, dan mengenai dunia secara umum.

4. Mimpi bagian dari kesulitan nyata

Ahli bahasa dan filsuf George Lakoff percaya bahwa mimpi merupakan pandangan metaforis tentang tantangan sehari-hari dan peristiwa kehidupan. Dengan kata lain, simbol abstrak yang muncul dalam mimpi Anda mewakili kesulitan nyata.

5. Mimpi merupakan pelampiasan emosional

Lain halnya dengan beberapa teori tentang mimpi lainnya, Psikolog dan peneliti mimpi Rosalind Cartwright juga mengaitkan mimpi dengan peristiwa kehidupan dan pengalaman emosional. Dia meyakini bahwa mimpi memainkan peran penting dalam proses kognitif, termasuk memori dan regulasi emosi.

6. Mimpi merupakan pengalaman sehari-hari

Hampir serupa seperti yang diungkapkan oleh Calvin S. Hall, Profesor g. William Domhoff juga menghubungkan mimpi dengan pengalaman sehari-hari. Hal-hal yang Anda lakukan dan pikirkan di siang hari dapat muncul kembali dalam mimpi, dan pola pikir emosional Anda membantu membuat mimpi yang dialami menjadi aneh atau unik sampai tidak bisa dimengerti sendiri.

7. Mimpi sebagai pengatur emosi

Jika di atas mimpi disebutkan sebagai pelampiasan emosional, maka teori lainnya justru menyebutkan bahwa mimpi sebagai pengatur emosi. Adapun emosi yang dimaksud, seperti kecemasan, rasa bersalah, kesedihan, atau ketakutan bisa dengan cepat menjadi suatu hal yang luar biasa.

Emosi-emosi tidak menyenangkan atau tidak diinginkan yang Anda alami dalam kehidupan sehari-hari dapat muncul dalam mimpi Anda juga. Beberapa ahli telah berteori bahwa mengatur perasaan ini di alam mimpi dapat membantu Anda mulai menyelesaikan perasaan ini tanpa stres.

8. Mimpi sebagai simulasi ancaman

Beberapa peneliti mimpi menyebutkan bahwa mimpi juga bisa merepresentasikan sebagai simulasi ancaman. Menurut teori simulasi ancaman, mimpi memberikan kesempatan untuk berlatih mengidentifikasi, menghindari dan menangani potensi ancaman.

Dengan menangani ancaman ini secara aman dalam mimpi, maka Anda akan merasa lebih aman dalam kehidupan nyata.

Hal ini diyakini oleh para peneliti dengan melihat hasil temuan penelitian pada tahun 2009, di mana mereka membandingkan mimpi anak-anak yang mengalami trauma dengan anak-anak yang tidak memiliki trauma apapun.

Namun, teori ini pun tidak berdiri sendirian. Dengan kata lain,, teori mimpi sebagai simulasi ancaman ini juga dikaitkan dengan beberapa teori di atas seperti pengalaman sehari-hari, kesulitan nyata, mengatur emosi dan pelampiasan emosional.

Contohnya, anak-anak yang mengalami trauma tersebut, dapat mengalami mimpi yang lebih mengancam, karena mereka sering merasa takut dalam kehidupan sehari-hari.

9. Mimpi bagian gambar acak kehidupan nyata

Menurut teori sintesis-aktivasi, mimpi tidak lebih dari kumpulan gambar dan pikiran acak, yang diproyeksikan selama tidur sebagai hasil dari aktivitas otak normal. Gambar-gambar ini tidak mengikuti struktur naratif apapun, sehingga mimpi bisa terasa aneh, karena gambar acak ini seringkali tidak masuk akal jika digabungkan.

Arti Mimpi Potong Rambut

Mimpi memang dipercaya sebagai pemberi suatu sinyal bagi kehidupan manusia. Namun, tetap saja kita harus percaya akan petunjuk Tuhan. Dengan kata lain, ada kalanya mimpi hanya menjadi bunga tidur saja dan tidak perlu dikaitkan dengan kehidupan nyata. Sama halnya dengan mimpi potong rambut yang memiliki arti, diantaranya:

1. Rambut dipotong orang lain

Arti Mimpi Potong Rambut
suara.com

Jika Anda bermimpi rambut dipotong orang lain, hal ini bisa menandai adanya relasi dengan perasaan Anda di dunia nyata. Mimpi rambut dipotong orang lain dapat diartikan bahwa si pemimpi memiliki kecemasan dalam hatinya.

2. Potong rambut sendiri

Arti Mimpi Potong Rambut
Orami

Sama seperti potong rambut oleh orang lain, mimpi potong rambut sendiri ternyata masih berkaitan dengan dunia nyata yang di mana sedang menghadapi suatu hal. Selain itu, mimpi potong rambut sendiri juga bisa diartikan sebagai adanya perasaan galau, takut kehilangan, hingga kesulitan mengontrol emosi.

3. Memotong rambut orang lain

Jika Anda bermimpi memotong rambut orang lain, maka dapat diartikan bahwa Anda menginginkan sebuah kekuasaan yang luas. Tak hanya kekuasaan, memotong rambut orang lain juga bisa diartikan bahwa Anda akan menemukan solusi atas permasalahan yang selama ini Anda anggap sulit.

4. Memotong rambut anak-anak

Arti Mimpi Potong Rambut
haibunda.com

Mimpi memotong rambut anak-anak memiliki arti yang positif. Tafsir dari mimpi ini adalah Anda akan mendapatkan banyak rezeki di waktu yang mendadak. Namun, mimpi memotong rambut anak-anak juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuhmu akan terserang penyakit dalam waktu dekat.

5. Potong rambut saat malam hari

Mimpi potong rambut di malam hari bisa menjadi pertanda hal yang negatif. Jika kamu bermimpi seperti itu, maka dapat diartikan bahwa akan banyak keinginan yang belum bisa terwujud dalam waktu dekat.

6. Potong rambut saat siang hari

Berbeda dari potong rambut saat malam hari, arti potong rambut di siang hari bisa dibilang sebagai pertanda baik. Jika kamu mengalami mimpi potong rambut di siang hari, maka kamu boleh merasa bahagia.

Hal ini karena, arti mimpi potong rambut pendek di siang hari ini adalah sebuah pertanda baik dan keinginan kalian akan segera terwujud. Tentu, kalian harus tetap mempertahankan semangat untuk meraihnya.

7. Potong rambut pendek

Terkadang ada orang yang memotong rambutnya hanya sedikit dan masih terlihat panjang. Selain itu, ada pula orang yang memotong rambutnya hingga menjadi pendek. Namun, bagaimana jika Anda bermimpi potong rambut menjadi pendek? Untuk Anda yang bermimpi potong rambut pendek, tandanya Anda akan mendapatkan rezeki secara tiba-tiba.

8. Potong rambut hingga botak

Tidak hanya potong rambut pendek, mimpi potong rambut hingga botak pun memiliki tafsir tersendiri. Namun, mimpi ini bisa menandakan akan terjadinya suatu musibah. Tidak hanya itu, mimpi rambut hingga botak juga bisa mewujudkan perasaanmu yang merasa cemas terhadap suatu hal.

9. Potong rambut tidak sesuai dengan keinginan

Arti Mimpi Potong Rambut
pixabay.com

Dalam dunia nyata, terkadang kamu mengalami hasil potong rambut yang tak sesuai dengan keinginan. Hal ini ternyata bisa terjadi di dalam mimpi. Arti mimpi potong rambut yang hasilnya tidak sesuai dengan keinginan adalah Anda harus lebih waspada karena ada orang berniat buruk yang berusaha menjatuhkan.

Meskipun demikian, mimpi ini bisa diartikan sebagai hal lain, yakni pertanda bahwa Anda sebaiknya bisa beradaptasi dengan perubahan yang mungkin terjadi.

10. Potong rambut poni

Arti Mimpi Potong Rambut
prosafe.co.id

Mimpi potong rambut poni bisa diartikan sebagai akan terjadi hal yang kurang baik, seperti sakit. Oleh karena itu, ketika kamu mimpi ini, sebaiknya cek kondisi kesehatan dan fokus menjaga kesehatan.

11. Potong rambut di depan cermin

Arti Mimpi Potong Rambut
Suara.com

Jika di dalam mimpi, kamu menyadari kalau sedang memotong rambut di depan cermin, maka bisa menjadi pertanda bahwa akan terjadi hal-hal yang baik. Mimpi ini dapat diartikan sebagai rezeki berupa umur panjang dan mendapatkan kesehatan yang baik.

12. Rambut dipotong oleh saudara sendiri

Kemudian, arti mimpi potong rambut pendek yang lainnya yaitu, ada arti mimpi potong rambut pendek yang dilakukan oleh saudara. Jika bermimpi tentang rambut kamu sedang dipotong oleh saudara, maka kamu perlu waspada.

Mungkin saja ini jadi pertanda buruk. Pasalnya, arti mimpi potong rambut saudara juga melambangkan penyakit. Penyakit ini bisa saja menyerang anggota keluarga atau kamu sendiri. Jadi, berdoa pada Tuhan untuk memohon kesehatan pada kalian ataupun keluarga.

13. Rambut dipotong oleh mertua

Potong rambut yang dilakukan oleh mertua memiliki relasi dengan perasaanmu di dunia nyata. Mimpi ini bisa menandakan bahwa Anda sedang mengalami ketakutan terhadap sesuatu yang belum pernah terjadi.

14. Potong rambut, namun panjang kembali

Di dunia nyata, setelah dipotong, rambut akan terlihat lebih pendek, bukan? Namun, dalam dunia mimpi, rambut yang telah dipotong bisa saja kembali panjang dalam waktu sekejap.

Mimpi ini bisa diartikan kalau kamu akan bertemu dengan seseorang di masa lalu. Akan tetapi, pertemuan itu hanya singkat, dan kamu tidak akan bertemunya kembali.

15. Potong dan mewarnai rambut

Arti Mimpi Potong Rambut
pixabay.com

Setelah potong rambut, kemudian mewarnai rambut merupakan hal lumrah di dunia nyata. Namun, lain halnya di dalam mimpi, ketika kamu bermimpi potong rambut dan mewarnai rambut, maka mimpi itu bisa diartikan sebagai ada suatu hal yang kamu inginkan akan terwujud berkat kerja keras yang telah dilakukan.

Penutup

Terkadang memang bermimpi yang tidak biasa membuat seseorang berpikir setelah bangun dari tidurnya. Begitu juga dengan mimpi potong rambut yang di mana memiliki banyak arti. Untuk percaya atau tidaknya terhadap arti mimpi potong rambut yang telah dijelaskan di atas, dikembalikan lagi kepada pembaca.

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 17 Arti Mimpi yang Sering Terjadi Beserta Penjelasannya 
  2. 16 Arti Mimpi Menikah dan Sebab Kejadian Tersebut 
  3. 23 Arti Mimpi Dilamar Berdasarkan Psikologi dan Primbon Jawa 
  4. 26 Arti Mimpi Naik Pesawat dari Berbagai Macam Pandangan 
  5. Arti Mimpi Mandi yang Perlu Diketahui, Bisa Jadi Pertanda Baik 
  6. 16 Arti Mimpi Istri Selingkuh dari Berbagai Sudut Pandang 
  7. Ketahui 9 Arti Mimpi Membunuh Orang Menurut Primbon dan Psikologi 
  8. 23 Makna Mimpi Bertemu Ular, Salah Satunya Mimpi Ular Kobra 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda