in

Kemampuan Nami One Piece dan 13 Fakta Unik-Nya!

One Piece

Kemampuan Nami One Piece – Dalam seri One Piece, tak banyak karakter yang semenarik dan seikonik Nami. Nami adalah navigator dari kru bajak laut Topi Jerami sekaligus sebagai salah satu kru awal dalam kelompok ini.

Kemampuan Nami One Piece
https://practicaltyping.com/

Selain karena kemampuan Nami, kepopulerannya juga sangat luar biasa, bahkan ia menempati peringkat ketiga dalam poling mengenai popularitas karakter One Piece di seluruh dunia yang diadakan pada awal 2021 silam.

Kemampuan Nami Si Navigator

kemampuan nami
https://www.greenscene.co.id/

Ada berbagai hal yang memang membuat Nami menjadi menarik, populer, dan juga ikonik. Seperti penampilannya yang manis, tubuh yang seksi, dan juga bila diperhatikan, Nami selalu mengenakan pakaian yang sedikit terbuka.

Meski menjadi salah satu daya tarik Nami, tetapi hal ini juga merupakan hal yang kerap dikritik oleh fans, karena Nami dianggap sebagai karakter yang terlalu terbuka dan hanya mengedepankan fan service.

Meski begitu, hal yang mungkin tak banyak fans sadari ialah terdapat kemungkinan alasan tertentu mengapa kemudian Nami kerap kali memakai pakaian yang terbuka. Hal tersebut ada kaitannya dengan kekuatan rahasia yang dimiliki Nami. Sebagai seorang navigator, Nami selalu memakai posisi dan perspektifnya untuk dapat keluar dari bahaya yang mengancam kelompoknya.

Nami juga bukan merupakan sosok petarung yang hebat dalam kru bajak laut Topi Jerami. Karena hal ini juga peran serta posisi Nami sedikit berbeda dari kebanyakan kru yang lain. Meski Luffy, Zoro, dan Sanji adalah tiga orang anggota terkuat dalam kru Topi Jerami, tetapi Nami sudah sangat sering menyelamatkan nyawa dari kru lainnya dari berbagai bahaya berkat kemampuan Nami untuk memprediksi cuaca.

Bagaimana Nami dapat memprediksi cuaca tentunya menjadi salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak fans. Selain melihat angin dan posisi awan, terdapat sebuah teori yang menjelaskan bahwa kulit Nami mampu memberikan informasi mengenai cuaca dan membuat Nami pada akhirnya dapat memprediksi cuaca yang akan datang.

Kulit Nami disebut mampu merasakan pola cuaca serta perubahannya dan karena hal tersebit Nami sering diperlihatkan memakai pakaian yang terbuka. Bahkan, poster buruan Nami sendiri memperlihatkannya sedang memakai bikini. Meski mungkin terdapat sedikit alasan bahwa hal tersebut hanyalah untuk fan service, tetapi rasanya masuk akal bila kemudian ada alasan mendalam mengenai hal tersebut.

Sejak kru Topi Jerami mulai memasuki wilayah Grand Line, kemampuan Nami untuk memprediksi cuaca menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dapat membuat seluruh kru Topi Jerami bertahan hidup. Dari apa yang diperlihatkan dalam cerita, Nami telah beberapa kali ganti pakaian. Dalam Water 7 Saga, Nami mengganti pakaiannya ketika terjadi badai Aqua Laguna.

Meski Paulie pernah menegur Nami karena mengganti pakaian, terutama dengan ada banyaknya pria di sekitar Nami pada saat itu, Nami tak mengerti mengapa hal tersebut menjadi masalah. Dengan mengganti pakaiannya, Nami dapat dianggap mampu memakai kekuatannya secara penuh yang dapat menyelamatkan nyawa semua orang.

Apabila kemudian teori ini benar, maka pakaian Nami pasca time-skip di mana ia hanya mengenakan bikini pada bagian dadanya dan celana jeans merupakan pakaian Nami yang paling hebat karena dengan pakaian tersebut, ia dapat merasakan cuaca dengan hampir seluruh bagian kulitnya. Di sisi lain, bila hal tersebut benar, maka ini menjadi salah satu kemampuan paling unik yang dihadirkan dalam seri One Piece.

Seperti yang kita ketahui, Oda (Pencipta manga One Piece) selalu pintar dalam menyembunyikan petunjuk atau sesuatu yang dianggap penting, seperti kemampuan Nami dalam merasakan pola cuaca dengan kulitnya. Dengan anggapan bahwa pakaian yang dipakai oleh Nami hanya sekadar fan service, artinya misi Oda telah berhasil. Mungkin, hal ini juga menjadi alasan mengapa kemampuan Nami untuk membaca serta memprediksi cuaca semakin bertambah setelah time-skip.

Fakta Menarik Nami

kemampuan nami
sumber: Imdb

Nami adalah salah satu anggora di antara kru Topi Jerami yang paling awal serta menjadi kru paling penting sebagai navigator kapal. Nami sangat berterima kasih kepada Luffy yang membalaskan dendamnya kepada Arlong yang telah membunuh kakaknya dan menghancurkan desanya.

Ketika Luffy menawarkan Nami untuk bergabung menjadi krunya, Nami seolah tidak memiliki pilihan lain karena ia sudah tak memiliki keluarga lagi. Selain itu, Nami sangat tertarik dengan peta dunia dan hal tersebut membuatnya bersedia bergabung dengan Luffy menjadi kru bajak laut Topi Jerami. Nami memiliki mimpi untuk menggambar sendiri peta seluruh dunia.

Selain obsesinya yang luar biasa, ada berbagai hal mengenai pribadi Nami yang terlewatkan dalam setiap cerita di anime maupun manga. Hal ini kerap kali membuat Nami dipandang remeh. Walaupun begitu, navigator cantik ini terus menampilkan pesona sekaligus kekuatan yang memukau dan selalu memiliki banyak akal. Berikut ini fakta menarik dari Nami.

1. Orang Penting Di Kru Bajak Laut Topi Jerami Setelah Luffy

Kru bajak laut Topi Jerami dipimpin oleh Kapten Monkey D Luffy, salah satu bajak laut yang berasak dari Generasi Terburuk. Meski demikian, Luffy terkadang menjadikan Nami sebagai salah satu orang penting di kapal.

Meskipun Nami bukanlah berada di posisi kapten, tetapi ia lebih sering bertindak seperti kapten yang memiliki kuasa penuh atas kapal. Meski Zoro adalah wakil kapten, tetapi dapat dikatakan bahwa Nami merupakan orang terpenting kedua di dalam kru, setelah Luffy.

2. Untuk Usia, Nami Tergolong Muda Di Topi Jerami

HIngga saat ini, setelah timeskip, umur Nami adalah 20 tahun, dan termasuk sebagai anggota termuda di kelompok Topi Jerami.

Sebagai pembanding, kru yang paling muda ialah Chopper yang berumur 17 tahun, kemudian Luffy dan Usopp juga lebih muda dari Nami, yakni 19 tahun. Kru lainnya memiliki umur di atas Nami, seperti Zoro dan Sanji yang sama-sama 21 tahun, kemudian tersisa empat kru lain (termasuk Jinbe) menjadi anggota tertua dari kru Topi Jerami.

3. Terobsesi Dengan Uang

Obsesi Nami dengan uang telah dimulai semenjak masa kecilnya yang penuh kesengsaraannya di Arlong Park. Obsesi tersebut merupakan dampak dari kehidupannya yang kurang beruntung serta ingin membebaskan desa Cocoyashi dari cengkeraman Arlong.

Karena hal tersebut, Nami terpaksa mencuri uang dari bajak laut dan rencananya uang tersebut akan digunakan untuk membeli desanya kembali. Selain itu, meski telah memenuhi impiannya untuk membebaskan desa dan bergabung dengan kru Topi Jerami, obsesi Nami terhadap uang masih kuat dan seakan tak pernah luntur.

4. Di Versi Anime, Nami Jadi Nakama Pertama Luffy Yang Muncul

Nakama pertama Luffy adalah Zoro, tetapi yang muncul atau diperlihatkan pertama di anime adalah Nami. Nami memang muncul lebih cepat di anime, yakni pada episode 1, sedangkan di dalam manga Nami baru muncul pada chapter 8. Uniknya, di manga juga Nami muncul bersama dengan Luffy dan Shanks pada sampul manga One Piece chapter 1. Hal tersebut membuat Nami menjadi nakama yang muncul pertama kali.

5. Orang Tua Nami

Meskipun Nami merupakan salah satu anggota terpenting dalam kru Topi Jerami dan salah satu anggota paling awal, tetapi masa lalunya sebagian besar belum diketahui. Meski dalam arc Arlong Park menceritakan kehidupannya, masih banyak hal yang belum diketahui tentang Nami.

Ia bersama dengan Nojiko ketika masih bayi, tetapi bagaimana Nojiko menemukannya hingga saat ini belum diketahui. Orang tua biologis Nami juga tak diketahui secara pasti. Walau demikian, ia menganggap Bell-mère sebagai ibunya sendiri.

6. Kemeja Nami

Menjadi seorang seniman kreatif, Eiichiro Oda (Pembuat manga One Piece) tak segan-segan untuk memberi karakternya jenis pakaian yang luas, membawa rasa perubahan di tiap-tiap pulau yang dikunjungi oleh kru bajak laut Topi Jerami. Nami menjadi salah satu kru yang paling seksi dan juga tampak modis ketika tampil dengan berbagai kemeja yang ia kenakan.

7. Tidak Pernah Tampak Menggunakan Buku Catatan

Meski menjadi navigator sekaligus sebagai orang dengan tanggung jawab terbesar yang dapat dibilang sebagai kru, tetapi Nami hampir tak pernah terlihat menulis di buku catatannya. Mungkin saja ia sama sekali tidak menyimpan catatan petualangannya. Meski begitu, sebagai seorang navigator akan sulit bila Nami tidak memiliki catatan sama sekali.

8. Nami Punya Strategi Sendiri Saat Berkelahi

Nami adalah salah satu kru yang lemah dari segi fisik. Hal tersebut membuatnya menjadi sebagao seorang penakut dan ketika beberapa kali bertemu musuh, ia memilih untuk menghindar. Maka dari itu, Nami memiliki caranya sendiri ketika memutuskan untuk bertarung atau memilih untuk pergi. Hal inilah yang lantas, menjadikan Nami disebut sebagai Kucing Pencuri karena dapat bermain cerdas serta membantah prasangka banyak orang yang menganggap dirinya sebagai pengecut.

9. Memilih Menghindari Masalah

Nami lebih memilih untuk hidup dengan santai dan berhati-hati, bahkan tak perlu takut ketika Marinir mengejarnya sepanjang waktu. Walaupun Nami lebih dari mampu untuk melawan mereka, ia lebih senang untuk menghindari konflik yang berkepanjangan.

Ia adalah kebalikan dari sebagian besar kru Topi Jerami yang kerap menantang para musuhnya. Saat bounty kru naik, Nami adalah satu-satunya orang yang terlihat tidak senang karena hal tersebut mengundang perhatian yang tidak diinginkan dari pemburu hadiah dan Marinir.

10. Sangat Senang Anak-Anak

Nami sangat senang dan mencintai anak-anak. Hal tersebutlah yang barangkali menjadi kelemahan sekaligus kekuatannya. Hal inilah yang Nami perlakukan ketika mengasuh Momonosuke dengan penuh perhatian dan cinta.

Selain itu, Nami juga menampilkan sikap pedulinya kepada anak-anak di Punk Hazard, ketika banyak anak-anak yang dijadikan sebagai kelinci percobaan oleh Caesar untuk menciptakan senjata mematikan. Oleh sebab itu, Nami tidak dapat memaafkan Caesar hingga kapan pun.

11. Hubungan Nami Dan Luffy

kemampuan nami
https://www.opfanpage.com/

Menjadi anggota berharga dari kru bajak laut Topi Jerami, Nami dihormati oleh semua kru, terutama Luffy. Faktanya, Nami merupakan salah satu dari sedikit rekan kru yang pernah mengenakan atribut Luffy. Hal tersebut dapar dilihar di Arlong Park, setelah Nami meminta bantuan Luffy untuk mengalahkan Arlong atas semua rasa sakit yang disebabkan padanya. Nami adalah satu-satunya orang yang dipercaya oleh Luffy untuk memakai topinya.

12. Nami Pernah Mendahului Luffy Menawari Seorang Calon Anak Buah Untuk Gabung

Berg-anime on DeviantArt

Orang pertama yang hingga saat ini pernah mengundang nakama baru sebelum Luffy, yaitu Nami. Nakama yang diundang oleh nami adalah Chopper. Ketika Nami tengah berada di bawah perawatan si dokter rusa ini. Meski belum bergabung, barulah ketika Luffy meminta Chopper bergabung, kru Topi Jerami jadi mempunyai seorang dokter.

13. Sempat Jadi Topi Jerami Pertama Yang Mengkhianati Luffy

Dari seluruh nakama Luffy, hanya ada empat yang pernah keluar dan kemudian bergabung kembali sebagai kelompok Topi Jerami. Empat orang itu adalah Nami, Usopp, Robin, dan Sanji. Dari empat nama tersebut, Nami merupakan orang pertama yang keluar dari kru, kemudian bergabung kembali.

Saat itu, Nami kabur dari kru Topi Jerami untuk kembali dengan Arlong demi menyelammatkan desanya, barulah Luffy datang untuk mengambil Nami kembali dan mengalahkan Arlong.

Nah, itulah beberapa kemampuan Nami dan juga fakta-fakta unik dari Nami. Setelah mengetahui kemampuan Nami, apakah kamu tertartik untuk memiliki kekuatan Nami? Jika ingin mencari komik Jepang One Piece, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.